JLC Award 2019, Ajang Apresiasi untuk Pelanggan Setia JNE

By Dewi Sulistiawaty - Februari 19, 2019

Tahun ini ajang JLC Award kembali digelar oleh JNE Indonesia. Ini merupakan perhelatan yang kedua kalinya setelah sukses dilaksanakan untuk pertama kalinya pada tahun 2018 lalu. Bagi yang belum tahu, JLC ini merupakan singkatan dari JNE Loyalty Card, dan diperuntukkan bagi pelanggan yang ingin bergabung menjadi member setia JNE.

JLC sebenarnya sudah ada sejak tahun 2009, dan semua diperbolehkan bergabung menjadi member JLC. Jika kamu berminat, silakan bergabung dengan mendaftarkan diri di website www.jlc.jne.co.id. Nah, JLC Award merupakan salah satu bentuk apresiasi pihak JNE kepada seluruh member JLC yang selama ini telah setia menggunakan jasa JNE.

Saat ini sudah tercatat lebih dari 140 ribu member di seluruh Indonesia. JNE yang mempunyai keinginan yang kuat untuk mendukung kemajuan para UKM pelanggan setianya, khususnya member JLC ingin memberikan apresiasinya pada member setianya dengan digelarnya ajang JLC Award. Pada JLC Award tahun ini, tema yang diusung adalah “Dream Big, Dream Bigger”. Dengan tema ini pihak JNE ingin agar member JLC sebagai pelaku UKM dapat terus meningkatkan kualitas bisnisnya dengan keinginan yang lebih besar lagi dari waktu ke waktu.

Jika tahun lalu bentuk apresiasi yang diberikan JNE pada para pemenang berupa hadiah paket wisata ke luar negeri, perangkat elektronik, mobil, motor, bahkan city tour menggunakan helikopter, maka untuk tahun ini hadiahnya lebih fantastis lagi. Sepertinya tahun ini hadiahnya lebih banyak dan nilainya lebih tinggi. Wow!



Informasi ini saya dapatkan saat menghadiri acara konferensi pers, yang dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Februari 2019 di Hotel Pullman Central Park, Jakarta. Bapak Eri Palgunadi, selaku VP of Marketing JNE mengatakan jika dilihat 10 tahun lalu, maka bisa dipastikan bahwa konsumen JNE adalah orang-orang yang mengantarkan barang saja ke konter JNE. Namun saat ini, dengan lebih dari 7.000 titik JNE yang tersebar di seluruh Indonesia, maka yang datang ke konter lebih beragam lagi, seperti buyer dan seller yang bertransaksi via online, sehingga pengiriman barang harus dilakukan hingga sampai ke pelosok desa.

Bpk Eri
“Kami percaya, ekosistem ini akan terus tumbuh. Bahkan kami menjadi bagian dari tumbuh kembang bisnis ini selama satu dekade belakangan. Kami optimis dengan 7.000 titik JNE dengan sekitar 45 ribu satria JNE yang melakukan proses pengiriman barang, menjadi bagian untuk menjadikan Indonesia menjadi lebih baik lagi,” ujar Bapak Eri.

Bapak Meilan Handar Prasetyo selaku Head of Marcomm JNE kemudian menjelaskan lebih lanjut lagi mengenai JNE dan JLC Award 2019. Bahwa JNE sendiri telah hadir selama hampir 28 tahun di Indonesia. Dimana JNE ingin membangun bersama para pelaku UKM di seluruh Indonesia, makanya JNE menyelenggarakan bebagai macam program, dan salah satunya adalah JLC.

JLC yang hadir pada tahun 2009 ini dulunya masih berbentuk kartu, kemudian bertransformasi menjadi digital, dengan hadirnya sebuah website. Dan rencananya nanti akan dikembangkan lagi menjadi sebuah mobile apps. Bapak Melan pun menceritakan pengalamannya ketika ada generasi muda yang tertarik menjadi member JLC.

Bpk Meilan
“Saya sangat excited ketika datang ke Salatiga untuk menghadiri suatu acara. Di sana ada anak muda yang bertanya pada saya bagaimana caranya menjadi member JLC. Seorang anak SMK sudah tertarik berjualan online shop. Kalau dulu kan kita pengennya jadi pegawai negeri, karyawan swasta, maka anak sekarang jika ditanya inginnya jadi YouTuber, Vlogger, Blogger, Online Shop, intinya ingin jadi pengusaha. Jadi kita men-capture itu, keinginan dari semua pelaku UKM di seluruh Indonesia untuk bergabung bersama JLC agar kita bisa bertumbuh bersama,” papar Bapak Meilan.

Ajang awarding seperti JLC Award ini akan rutin diselenggarakan setiap tahun oleh JNE, sebagai ucapan terima kasih pada seluruh pelanggan setianya. Sama seperti tahun sebelumnya, pada tahun ini JNE juga menggelar dua program berhadiah, yaitu JLC Lucky Draw dan JLC Race.

JLC Draw dilakukan dengan cara penukaran poin oleh member, yang telah dikumpulkan sepanjang tahun 2018. Pengundian poin pada JLC Lucky Draw telah dilakukan pada tgl 21 Desember 2018 lalu, dengan terpilihnya 100 member JLC yang beruntung. Hadiahnya berupa paket wisata ke Korea dan Bali, motor, peralatan elektronik, logam mulia, dan puluhan voucher belanja.

Sedangkan untuk JLC Race merupakan pemilihan pemenang berdasarkan transaksi tertinggi dan jumlah pengiriman terbanyak yang dimiliki oleh member JLC. Tak tanggung-tanggung, jumlah pemenangnya lebih banyak dari tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 26 pemenang lho! 10 pemenang untuk tingkat nasional, dengan 5 member yang memiliki transaksi tertinggi dan 5 member dengan pengiriman terbanyak.

Untuk yang 16 pemenang lagi dipilih dari tingkat regional, yang terdiri dari 8 regional. Berarti dari masing-masing regional dipilih dua orang pemenang, yang satu dengan nilai transaksi terbanyak, dan satunya lagi dengan jumlah pengiriman terbanyak. Hadiah untuk JLC Race 2019 ini benar-benar bikin mupeng. Untuk pemenang tingkat nasional dengan kategori nilai transaksi tertinggi diberikan hadiah berupa mobil Toyota All New Rush, sepeda motor Royal Enfield, paket wisata ke New Zealand, sepeda motor Honda CBR, dan logam mulia.

Lalu untuk pemenang tingkat nasional dengan kategori jumlah pengiriman terbanyak diberi hadiah berupa mobil Toyota All New Cayla, paket wisata ke Dubay dan Turki, sepeda motor Honda PCX, iPhone Xs, sert kamera Fuji Film. Sedangkan hadiah untuk pemenang tingkat regional, masing-masingnya mendapatkan 1 unit motor Vario125 CBS untuk kategori nilai transaksi tertinggi, serta 1 unit Samsung Galaxy Note 9  untuk kategori jumlah pengiriman terbanyak. Keren! Saya jadi tertarik untuk menjadi member JLC, haha….

Bpk Vicky, salah satu member JLC Jakarta
Bapak Vicky selaku perwakilan dari member JLC Jakarta sempat memberikan testimoninya juga pada acara ini. Bapak Vicky yang memiliki usaha online shop sangat membutuhkan jasa pengiriman barang dari JNE. Sejak pertama memulai bisnis online pada tahun 2015, beliau sudah menggunakan jasa JNE, karena memang waktu itu cabang JNE inilah yang paling dekat dari rumahnya. Selama menggunakan jasa JNE, hingga kemudian bergabung menjadi member JLC, Bapak Vicky merasa sangat puas dengan layanan yang didapatkannya dari JNE.

Seperti biasa, dibalik kemeriahan ajang JLC Award, JNE tak lupa untuk menyisihkan sebagian dananya untuk kegiatan sosial. Jika tahun lalu JNE memberikan dukungan pada Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) untuk program Pengelolaan Sampah (Waste Management) di Wakatobi, maka tahun ini JNE kembali memberikan dukungan pada YKAN untuk program Pelestarian Alam.

Kerja sama JNE dengan YKAN kali ini melibatkan member JLC. Program ini dinamakan member points redemption. Di sini JNE memberikan fasilitas pada member JLC untuk berdonasi pada YKAN dengan cara menukarkan poinnya. Nantinya donasi yang terkumpul akan digunakan untuk kegiatan perlindungan habitat orang utan, penyu, terumbu karang, dan hutan mangrove.

Bpk Lastyo
“Kerja sama ini sangat luar biasa, dengan melibatkan para pelanggan JNE untuk terlibat dalam mengedepankan konservasi alam. Kita sadar bahwa alam ini merupakan bagian dari hidup kita. Kami memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya pada JNE, yang sangat perhatian pada lingkungan. Tentu saja kami juga berharap hal ini juga menjadi perhatian bagi masyarakat luas,” jelas Bapak Lastyo Lukito selaku Director External Affair and Sustainable Practices YKAN.

Dalam acara JLC Award 2019, Bapak M. Feriadi selaku Presiden Direktur JNE Indonesia mengucapkan syukur dan terima kasihnya pada dukungan yang diberikan semua pihak, baik member JLC, karyawan JNE, maupun media, sehingga kegiatan awarding ini bisa terlaksana dengan baik. JNE sebagai perusahaan anak negeri dengan tagline-nya “Connecting Happiness” akan terus melakukan inovasi dan melahirkan ide-ide baru, dalam rangka agar JNE bisa tetap menjadi pilihan bagi seluruh masyarakat, khususnya pelanggan setia.

Bpk Feriadi
“Kontribusi semua member JLC yang saat ini sudah mencapai lebih dari 140 ribu sangat berarti bagi perusahaan. Kami berharap dengan diselenggarakannya awarding malam ini, para member JLC akan terus membantu kami untuk menyuarakan JNE, sekaligus mengajak teman, saudara atau siapapun yang sekiranya bisa menjadi pelanggan setia JNE. JNE akan terus membuat pelanggannya menjadi pelanggan yang berarti, yang memang bisa memenuhi setiap keinginan dari pelanggan,” jelas Bapak Feriadi.

Pemberian bantuan pada anak yatim dari Yayasan Nurul Yaqin, Keayoran Lama
Para petinggi JNE berfoto bersama anak-anak dari Yayasan Nurul Yaqin


Oya, seperti yang disampaikan oleh Bapak Feriadi bahwa JNE selalu menyisihkan setiap pendapatan yang diperoleh dalam bisnis untuk anak-anak yatim. Sehingga secara tidak langsung para pelanggan JNE pun sudah ikut menabung untuk tabungan akhirat. Kegiatan ini merupakan salah satu budaya yang ada di JNE. Di akhir sambutannya Bapak Feriadi meminta dukungan dari semua pihak, agar apa yang JNE lakukan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, nusa dan bangsa. Amiin….

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. membaca tulisan tentang JNE jadi inget dan nunggu nunggu lagi paketan yang akan datang :-)

    BalasHapus