SAVASA, Smart Township Berkualitas Jepang di Kota Deltamas Cikarang

By Dewi Sulistiawaty - September 22, 2018

Credit by savasa.id
Umumnya rumah termasuk dalam salah satu wishlist penting yang ingin dimiliki setiap orang, apalagi jika sudah memasuki jenjang pernikahan. Selain sebagai tempat untuk bernaung, rumah juga bisa dijadikan investasi yang nilainya akan terus naik dari tahun ke tahun, sebuah aset yang sangat menjanjikan. Letak yang strategis, akses yang mudah, bebas banjir, situasi yang nyaman dan aman biasanya menjadi kriteria bagi setiap orang jika ingin membeli rumah.

Jika dulu orang berbondong-bondong untuk bisa memiliki rumah di Jakarta, karena dianggap lebih strategis dan punya nilai lebih, maka saat ini keinginan tersebut mulai bergeser. Sempitnya lahan dengan harga yang mahal, kurangnya pilihan rumah yang sesuai dengan keinginan, rawan banjir, dan masalah keamanan menjadi penyebab sebagian orang akhirnya memilih untuk mencari rumah di daerah luar Kota Jakarta (bodetabek). Lalu dari sekian banyak perumahan yang ada di daerah bodetabek, bagaimana caranya memilih rumah yang pastinya menjadi idaman setiap orang?

Pernah mendengar rumah dengan konsep Smart Home? Konsep ini sudah pernah dan sukses dikembangkan oleh Panasonic Homes di Jepang. Nah, konsep ini pun ingin diterapkan di Indonesia oleh Sinar Mas Land, sebuah perusahaan pengembang properti terbesar di Asia Tenggara. Menggandeng Panasonic Homes, Sinar Mas Land untuk pertama kalinya mengembangkan sebuah unit residen dengan terobosan terbaru berkonsep Smart Home di Kota Deltamas, Cikarang.

Informasi lengkap mengenai pengembangan perumahan ini disampaikan saat acara Grand Opening Marketing Gallery SAVASA pada hari Sabtu, 15 September 2018 di Kota Deltamas, Cikarang. Yup, proyek pembangunan kerja sama antara Sinar Mas Land dan Panasonic Homes ini adalah SAVASA. SAVASA dengan tagline Smart Lifestyle akan dibangun secara bertahap di lahan seluas 37 hektar, dengan mengusung 4 konsep, yaitu Smart Township, Smart Security, Smart Home, dan Smart Community. 



Pada acara Opening Ceremony Marketing Gallery SAVASA hadir para petinggi dari Sinar Mas Land dan Panasonic Homes, diantaranya Mr. Kazuhiko Tanaka, selaku President Director PT. Panahome Deltamas Indonesia, Bapak Rachmat Gobel, selaku Presiden Komisaris Group Panasonic Gobel, Hongky Jeffry Nantung, selaku President Director PT. Puradelta Lestari, dan Monik William, selaku Deputy CEO Group Sinar Mas Land. Acara diawali dengan menyaksikan pertunjukan angklung dari SMK Mitra Industri Bekasi, dan dilanjutkan dengan Japanese Taiko Benteng yang menampilkan kesenian asal Jepang berupa tabuhan musik dari drum.


SMK Mitra Bekasi persembahkan beberapa lagu yang dimainkan dengan alat musik angklung
Japanese Taiko Benteng performance
Saya agak excited ketika mengetahui bahwa salah satu MC dari acara ini adalah Hiroaki Kato. Selama ini saya hanya bisa menonton Hiro menyanyikan lagu Ruang Rindu nya Letto (salah satu band kesukaan saya) dalam bahasa Jepang di YouTube. Ternyata pada acara ini saya bisa bertemu langsung dengan Hiro. Tentu saya sangat senang, mana orangnya ramah banget :D


Maafkan kalau saya gagal fokus dengan Hiroaki Kato XD
Dalam sambutannya Mr. Kazuhiko Tanaka mengatakan bahwa sudah 60 tahun Jepang melakukan hubungan diplomatik dengan Indonesia. Diharapkan dengan adanya proyek SAVASA ini dapat memperkuat lagi hubungan antar kedua negara. Untuk itu Mr. Tanaka mengharapkan dukungan dari semua pihak agar hubungan ini bisa bertambah erat.


Mr. Tanaka
"Sebenarnya proyek ini sudah di mulai sejak April 2015 atau kurang lebih 3 tahun yang lalu. Pihak kami bersama dengan mitra kerja kami yaitu Sinar Mas Land sudah mempertimbangkan berbagai hal, misalnya apakah bangunan yang tepat untuk kota di Indonesia. Proyek SAVASA memiliki konsep Smart Lifestyle yang berorientasi pada masa depan. Kami akan terus berusaha untuk memenuhi impian di bidang perumahan untuk masyarakat Indonesia," ujar Mr. Tanaka.

Sedangkan Bapak Hongky J. Nantung menjelaskan bahwa SAVASA merupakan proyek dunia modern, kerja sama antara Sinar Mas Land dan Panasonic Homes. Kedua perusahaan ini kemudian membentuk sebuah perusahaan join venture dengan nama PT. PanaHome Deltamas Indonesia, untuk mengembangkan perumahan dengan konsep sustainable smart town yang terintegrasi dengan distrik industri di Kota Deltamas. 


Bapak Hongky
 "Sebagai anak perusahaan Sinar Mas Land, PT. Puradelta Lestari, Tbk sudah lebih dari 20 tahun mengembangkan Kota Deltamas secara bertahap, dengan total luas kawasan 3.177 hektar. Kini Kota Deltamas telah menjadi sebuah kota mandiri terpadu yang modern. Deltamas  adalah salah satu proyek pembangunan infrastruktur kota di Indonesia, yang menggabungkan antara hunian, komersil, dan kawasan industri bertaraf internasional, yang dilengkapi juga dengan berbagai fasilitas dan infrastruktur kelas dunia," ungkap Bapak Hongky.    

Sinar Mas Land berkomitmen untuk terus menghadirkan fasilitas serta sarana dan prasarana terbaik untuk Kota Deltamas, termasuk di dalamnya kawasan industri yang dikenal dengan sebutan Green Land International Industrial Center (GIIC), dengan luas lahan 1.458 hektar. SAVASA merupakan rumah modern berbasis teknologi masa depan, yang memberi kemudahan, kenyamanan, dan menjamin keamanan penghuninya. 


Bapak Rachmat Gobel
Selanjutnya Bapak Rachmat Gobel menjelaskan bahwa Panasonic akan terus melanjutkan komitmennya untuk bisa berperan dalam pembangunan ekonomi nasional. Lepas dari permasalahan ekonomi global saat ini, beliau memiliki komitmen dan optimisme mengenai ekonomi Indonesia itu sendiri. Bapak Rachmat melihat bahwa Indonesia adalah negara besar, dengan pertumbuhan ekonomi berada di atas 5%. 

"Kami yakin tahun depan ekonomi Indonesia akan terus membaik. Pemerintah sendiri saat ini sedang giat-giatnya membangun infrastruktur di berbagai sektor. Untuk itulah, kami tidak saja sekedar memproduksi alat rumah tangga saja, tapi bagaimana sebuah kekuatan yang dimiliki oleh Panasonic dengan teknologinya bisa didistribusikan untuk pasar Indonesia. Untuk itulah rumah yang kami jual hanya ada dua kata, yaitu bagus atau bagus sekali," jelas Bapak Rachmat sambil tersenyum.   

Usai mendengarkan kata sambutan dari para pejabat tinggi masing-masing perusahaan, acara dilanjutkan dengan prosesi pembacaan do'a. Dalam do'a yang dipimpin oleh Bapak Abdullah Syafei tersebut disampaikan permohonan pada Yang Kuasa agar acara ini dapat berjalan dengan lancar dan agar SAVASA nantinya dapat memberi keberkahan bagi seluruh umat. Setelah pembacaan do'a, acara dilanjutkan dengan pemutaran video SAVASA, yang dapat dilihat di akun YouTube SAVASA Deltamas. Usai itu barulah masuk ke acara inti, yaitu prosesi Opening Ceremony Marketing Gallery SAVASA. Acara ditandai dengan penanaman pohon dan pengguntingan pita di depan bangunan SAVASA Show Unit.  

Penanaman pohon secara simbolis
Seremoni pengguntingan pita
Setelah itu, semua tamu undangan pun tak sabar untuk melihat-lihat penampilan dari rumah di SAVASA Show Unit. Bagaimana desain bagian dalam dan luar rumah dan teknologi apa saja yang digunakan pada rumah tersebut. Berikut saya rangkum keunggulan yang dimiliki oleh SAVASA Deltamas.

SAVASA Marketing Gallery

Akses yang Mudah

Unit perumahan SAVASA Deltamas, Cikarang terletak di jantung Kota Deltamas. Letak yang sangat strategis sehingga mudah jika ingin kemana-mana. Jika ingin bepergian dari SAVASA tinggal menuju ke Jalan Tol Jakarta – Cikampek yang dapat diakses langsung dari Pintu Keluar KM 37 Cikarang Pusat. Bagi pengguna commuter line, terdapat Stasiun Cikarang Baru yang jaraknya sekitar 15 km dari SAVASA.


Ingat dengan kereta cepat Jakarta – Bandung yang sedang dibangun oleh pemerintah? Nah, kereta cepat ini nantinya akan melewati Stasiun Karawang, yang jaraknya hanya 1 km dari SAVASA. Mau ke bandara Halim di Cawang pun dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 60 menit. Belum lagi rencananya nanti akan dibangun jalan layang dan gerbang tol baru di KM 41,6. Semua akses ini dapat memudahkan seluruh penghuni SAVASA untuk berinteraksi dengan kota lain di luar Kota Deltamas.

Fasilitas di SAVASA Deltamas

Belum lengkap sebuah perumahan jika tidak ditunjang dengan berbagai fasilitas publik untuk memenuhi segala kebutuhan penghuninya, seperti sekolah, rumah sakit, tempat ibadah, pasar, dan lain sebagainya. Di kota mandiri Deltamas sudah terdapat Sekolah Pangudi Luhur Bernardus, SMK Ananda Mitra Industri Deltamas, Korean Education Complex, Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB), Deltamas Sport Center, dan Le Premier Hotel & Service Apartment. Bahkan pusat pemerintahan Kabupaten Bekasi terdapat di dalam kawasan Kota Deltamas.

Itu saja tentu belum cukup. Tak lama lagi sebuah pusat perbelanjaan terbesar AEON Mall akan ikut meramaikan Kota Deltamas. Fasilitas di Deltamas pun akan dilengkapi dengan akan dibangunnya Mitra Keluarga Deltamas Hospital dan East Jakarta Japanese School (sekolah khusus bagi warga Jepang yang bekerja di Indonesia). Dengan lahan seluas 3.177 hektar yang dimiliki Kota Deltamas, tentu masih akan banyak lagi fasilitas lainnya yang akan dikembangkan untuk mendukung aktivitas penghuninya.

Desain SAVASA Deltamas 

·        

     Sun Orientation

Masing-masing rumah menghadap ke arah utara atau selatan. Hal ini berfungsi untuk menghindari panas langsung dari matahari.


·         Arah Angin

Semua jalan di dalam cluster SAVASA dirancang dengan memasukkan fitur-fitur yang memberikan efek pendinginan pasif.

·         Jalur Angin

Untuk membuat jalur angin, jalan di SAVASA ditata sesuai dengan aliran angin.
  

·         Kontrol Iklim Mikro

Iklim Mikro yang nyaman penting untuk menciptakan lingkungan hidup yang berkualitas. Untuk mengurangi konsumsi energi, SAVASA di desain dengan menerapkan konsep desain pasif matahari. Maksudnya dengan mempertimbangkan terik matahari pagi dan sore.

Semua taman dan penerangan jalan di SAVASA menggunakan sistem tenaga surya sehingga lebih ramah lingkungan.  

·         Rumah Bertingkat dengan Desain Pasif

Semua unit hunian di SAVASA menerapkan prinsip efek bertumpuk, sehingga udara panas dapat naik secara alami dan keluar dari rumah, termasuk udara panas yang ada di loteng.


·         Ventilasi Silang

Dengan Puretech Air Filtration dan Ventilation System memungkinkan udara untuk melewati rumah dengan memanfaatkan sumber pendingin yang alami, sehingga penghuni dapat mengurangi penggunaan AC dan listrik.




·         Sistem Satu Pintu

SAVASA hanya memiliki satu gerbang masuk yang dilengkapi dengan pos keamanan. Dengan begitu pemeriksaan hanya terpusat pada satu lokasi saja. Mengusung konsep Smart Security, maka seluruh dinding pembatas luar SAVASA  dilengkapi dengan infrared beam sensor dan kamera CCTV di jalur akses utama untuk melindungi area dari penyusup.

·         Panasonic Home Network System


Semua hunian di SAVASA dilengkapi dengan Panasonic Home Network System, yang terdiri dari 2 kamera CCTV (di dalam dan luar rumah), 1 sensor gerak, 1 unit hub, 1 unit sensor jendela/ pintu, 1 colokan pintar, dan 1 unit telpon digital tanpa kabel yang berfungsi sebagai pengendali. Semua barang elektronik di rumah dapat terkoneksi dengan smartphone/ tablet. 
  




Penghuni dapat memonitor keadaan rumah dari smartphone menggunakan sensor di pintu atau kamera yang dilengkapi dengan sensor gerak yang terdapat di dalam rumah. Melalui smartphone, orangtua yang sedang berada di luar rumah dapat berkomunikasi dengan anak-anaknya di rumah menggunakan kamera yang dilengkapi dengan mic dan speaker, yang ada di dalam rumah.

Begitu pun jika ada orang atau tamu yang berkunjung ke rumah. Penghuni dapat memeriksanya melalui kamera luar dengan video pendeteksi gerak. Gunakan speaker dan mikropon smartphone / tablet untuk berbicara atau mengirimkan pesan pada pengunjung yang berada di luar rumah. Cara ini berguna untuk melindungi penghuni dari pengunjung yang tak diinginkan.

Penghuni juga dapat mengontrol semua peralatan elektrik di rumahnya, seperti lampu dari smartphone atau tablet, atau menghidup matikan lampu secara terjadwal. Ini merupakan salah satu langkah mudah untuk menghemat penggunaan listrik di rumah.  


SAVASA Type A dan Type B

Unit perumahan di SAVASA terdiri dari 2 tipe yaitu Type A dan Type B. Desain kedua unit ini sama, hanya untuk Type A terdiri dari dua kamar tidur, sedangkan Type B terdiri dari 3 kamar tidur.

SAVASA Unit Show


SAVASA Type A

  • Terdiri dari 2 varian, yaitu luas 6 x 11 dan 6 x 12
  •  Luas tanah 66 m2 (6 x 11) dan 72 m(6 x 12)
  •  Luas bangunan 64 m2
  • Terdiri dari 2 kamar tidur dan 2 kamar mandi 

SAVASA Type B
  • Terdiri dari 2 varian, yaitu luas 7 x 12 dan 7 x 13
  • Luas tanah 84 m2 (7 x 12) dan 91 m(7 x 13)
  •  Luas bangunan 80 m2
  • Terdiri dari 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi 
-     
-   Keunggulan lain dari perumahan SAVASA adalah konsep pembangunannya yang kokoh menggunakan sistem anti gempa, serta dibangun dengan struktur W-PC (Wall Precast Concrete) + ALC Method, sehingga bangunan bisa diselesaikan lebih cepat karena metode ini dapat memangkas waktu pembangunan selama 3 bulan. Semua material pembangunan menggunakan bahan berkualitas terbaik, seperti Gypsum Board untuk plafon dalam rumah dan GRC untuk plafon di luar rumah, cat yang tahan terhadap segala cuaca, biotech filter septic tank, dll. Trus setiap rumah dilengkapi listrik dengan kapasitas 2200 Watt dan air PDAM.


Rencananya untuk pembangunan SAVASA tahap pertama akan diterapkan pada lahan seluas 13 hektar. Nantinya akan dibangun 4 clusters (Asa, Niwa, Hana, dan Yuta), yang terdiri dari 811 unit rumah dan 33 unit ruko. Lalu berapakah harga yang dipatok untuk bisa memiliki rumah di SAVASA? Untuk tahap pertama ini harga rumah di SAVASA ditawar dengan harga mulai dari 978 juta rupiah. Harga yang terbilang murah dengan segala fasilitas yang bisa didapatkan oleh penghuninya.   

SAVASA dengan konsep Smart Lifestyle dan Green Life mengajak kita untuk bisa memiliki Smart Living dengan Smart Home, Smart Community, dan Smart Security di tengah Smart Township. Kemudahan, kenyamanan dan keamanan sebuah hunian yang tentu saja didambakan bagi setiap orang. So, berminat untuk memiliki rumah di SAVASA Deltamas? Cukup sediakan booking fee 10 juta rupiah, dimana kamu bisa setor  5 juta rupiah dulu, yang dapat dikembalikan 100% jika kamu batal mengambil unit rumah saat SAVASA Deltamas resmi diluncurkan nanti. Namun jika kamu sudah memilih sebuah unit rumah saat peluncuran nanti, kamu mesti melunasi atau melengkapi kekurangan booking fee yang 5 juta rupiah lagi ya.  

For your information, 50 pembeli pertama akan mendapatkan masing-masing untuk pembeli rumah tipe A dapat 2 unit AC, sedangkan pembeli rumah tipe B dapat 3 unit AC, kulkas, TV, dan mesin cuci Panasonic lho! Untuk informasi lebih lengkap mengenai SAVASA silakan mengunjungi Marketing Gallery SAVASA di Greenland Square Blok BA No.1, Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Atau bisa juga via phone di 021 – 899-15888 dan email ke info@savasa.id  


Foto-foto: pribadi dan savasa.id

  • Share:

You Might Also Like

50 comments

  1. Pengin punya handle pintu yang finger print itu. 😃

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Sistem sirkulasi udaranya bagus ya, rumah jadi berasa lega ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba. Salah satu yang saya suka ta itu, sistem penyaring udaranya ini keren bingit :)

      Hapus
  4. Savasa namanya bagus banget ya, kalau daerah Deltamas sering lewat kalau mau ke arah Puncak dan Bandung. Saya baru tahu nih, merancang sebuah bangunan itu perlu memperhatikan arah angin ya. Terpenting jangan hadap barat dan timur ya? hihihii padahal kepingin punya rumah yang hadap timur, biar dapat sinar matahari pagi terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba. Katanya Savasa itu artinya kebahagiaan. Kalo aku pernah baca sih mengenai rumah bagusnya ngadap mana ini hehe

      Hapus
  5. Wah bagus banget, ya...jaminan keamanannya juga canggih. Bisa dipantau dari smartphone. Fasilitasnya lengkap juga. Rumah impian, deh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget Mba. Aku aja mupeng punya rumah di Savasa. Teknologinya itu lho, keren!

      Hapus
  6. sirkulasi udaranya keren banget... jadi insya Allah nggak bakalan kegerahan dan terlalu lembab ya ruangannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mba. Aku suka dengan teknologi pada sistem sirkulasi udaranya ini :)

      Hapus
  7. ini rumahnya jepang banget ya, mungil tapi efektif penempatan ruangan dan sirkulasi udaranya. keren ih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kebanyakan konsep rumah rumah di Jepang kek gitu Mba. Minimalis dan efektif :)

      Hapus
  8. Saya pernah nonton reality show tentang rancangan rumah-rumah di Jepang. Rumahnya mungil-mungil, tapi jadinya bagus. Ternyata di Indonesia ada juga. Keren memang teknologi Jepang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun. Mungil, tapi efektif. Penataannya rapi dan bagus ya

      Hapus
  9. Waahhh sukak bgd dah sm savasa, semuanya diperhatikan betul, arah angin, cahaya matahari, duh keceee

    BalasHapus
  10. Rumah smart yang oke banget ya mba.. ayo ambil 1 unit

    BalasHapus
  11. Wuiih rumahnya canggih2 amat. Kalau berkonsep jepang yg kebayang adalah bakal bersih banget dan tertata rapih :)

    BalasHapus
  12. Keren konsepnya..pengen punya satu :)

    BalasHapus
  13. Wooww, keren yah mba. Rumah impian. BTW hadiah 50 pembeli pertamanya lumayan menggiurkan hehehe...

    BalasHapus
  14. Mupeng jadi 50 pembeli pertama. Selain dapet hunian Savasa, bonusnya bikin melted. Aksesnya mudah dan kayaknya hommy banget

    BalasHapus
  15. Cakep bener desain rumah di savasa.
    Memang rumah ini penting banget...yang penghuninya merasa nyaman dan aman.

    BalasHapus
  16. Kapan hari liat temen posting foto backgroundnya rumah di Savasa ini. Trus saya jadi kepoin deh. Keren ya Mbak penerapan tehnik bangunannya.

    BalasHapus
  17. Hunian yang keren, idaman banget buat para papa mama muda, pengen punya satu Mba. Heheheh keren suka

    BalasHapus
  18. keren ya mba paket lengkap dan canggih bisa dipantau pake smartphone alamak jadi pengen deh

    BalasHapus
  19. Sekarang ini nyari rumah lbh mudah. Desain rumah dari Savasa juga oke. Yang ada tamannya seru tuh, bisa sambil bercocok tanam

    BalasHapus
  20. ngarep banget aku bisa punya satu unit di SAVASA ini dari kemarin muncul terus di feed

    BalasHapus
  21. Aku kok gagal fokus sama Hiroaki Kato. Udah ngefans sejak jaman dia belajar bahasa Indonesia di Jogja. Kalau pas ada festival Jepang, Hiro sering jadi bintang tamu

    BalasHapus
  22. Menurut temanku yang pernah tinggal di Jepang, konsep rumah di sana sangat ramah lingkungan, nggak boleh sembarangan buang sisa makanan ke pencucian piring, bisa kena denda, nah kalau konsep smarthome SAVASA kayak gitu juga nggak ya?

    BalasHapus
  23. Segi keamanan dan aksesibilitasnya kereen banget! Banyak dicari perumahan yang seperti ini ya, Mbak.

    BalasHapus
  24. Lihat penataan rumah contohnya jadi pengen..hehe.. Minimalis tp cakep ya ..

    BalasHapus
  25. Kalau ada hunian dengan fasilitas lengkap seperti ini, aku mauuu. DUa tipe yang ditawarkan memang benar benar menarik ya. Jadi binggung mau pilih yang mana. Kawasan ini bisa di bilang kota masa depan deh :p

    BalasHapus
  26. Aku booking satu ya sis jangan lupa buat kado ultah aku :-D

    BalasHapus
  27. Desain Rumahnya keren. Tahan terhadap gempa pula 👍

    BalasHapus
  28. Fasilitasnya lengkap juga ya...bisa jadi alternatif pilihan keluarga. Desain interiornya juga baguus..!

    BalasHapus
  29. Kereeeen dan canggih banget. Mau punya rumah impian masa depan. Smarthome SAVASA ini konsepnya keren. Semoga punya satu nanti. Aamiin

    BalasHapus
  30. Keren dan canggih banget ya Mbak ini konsepnyaaa. Senangnya yg bisa punya hunian seperti ini.
    Fasilitas jg lengkap.

    BalasHapus
  31. wow... model bangunannya benar-benar mikirin keselamatan penghuni. Btw harga hampir 1 M itu hanya rumah? Atau udah lengkap dengan peralatan Panasonic yang canggih tadi?

    BalasHapus
  32. waahh kereeeenn konsep smartnya. Bikin aman dan nyaman tinggal di situ ya mba.

    BalasHapus
  33. Wah.
    Emang jepang selalu memperhatikan lingkungan dan keselamatan ya.

    Jadi pengen langsung berkunjung ke jepang dan mengecek rumahnya disana. Hehehe

    BalasHapus
  34. Hmm... jadi hunian idaman kalau lihat fasilitasnya seperti ini.

    BalasHapus
  35. Waw smart home ya
    Desainnya juga minimalis and cakep

    BalasHapus
  36. lengkap bgt fasilitasnya nanti mbak. Penasaran daerah mananya, kebetulan lg melipir ke rmh adek di deket Cikarang ini

    BalasHapus
  37. Ini harus kekepin dompet banget nih kalau pengen hunian yang kayak gitu. Suka banget sama konsepnya, putih dan bersih. Cocok ya kalau di iklim tropis seperti negara kita ini.

    BalasHapus
  38. Sinar Mas Land sudah tidak diragukan lagi kalau untuk urusan properti.
    Di Balikpapan, mereka, juaranya!
    Semua clusternya mencuri hati warga Balikpapan.



    BalasHapus
  39. smart home selama ini cuma liat di film korea aja sekarang sudah ada di negara kita rasanya gimana ya. perkembangan teknoligi dirasakan disemua segi

    BalasHapus
  40. Aaah aku suka deh lihat design rumahnya. Jadi tertarik beli, tp jauh dari tempat kerja :(

    BalasHapus
  41. Hi!!! Ibu Dewi, terima kasih sudah menyempatkan waktu dan space blog nya untuk SAVASA, dan terima kasih juga telah menyempatkan waktu untuk menghadiri Acara Opening Ceremony SAVASA Marketing Gallery dan Show Unit kami di Kota Deltamas pada tanggal 15 September 2018 yang lalu. Jika Smart People ingin tahu lebih lanjut tentang SAVASA, silahkan menghubungi Marketing Gallery kami di nomor 021-899-15888 (Greenland Square Blok BA No.1, Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Kab.Bekasi) atau lsg ke Sales Supervisor kami, sdr.Andry Heryandi di HP 0813-1842483

    BalasHapus
  42. Pasti hunian ini sangat diminati oleh kaum urban kota.

    BalasHapus
  43. System teknologinya bikin penghuni merasa aman dan nyaman ya. Ayok beli rumah buat investasi *ehhh

    BalasHapus