Belajar SEO bersama JadiMandiri

By Dewi Sulistiawaty - Agustus 15, 2018

Kalau ditanya ke semua blogger, pasti pada senang kalau artikel di blognya nongol di halaman pertama mesin pencarian google atau browser lainnya. Iya nggak sih? Walaupun diantaranya ada yang memang nggak niat artikelnya harus nangkring di halaman pertama, dan fokus pada kontennya saja. Ibarat kata, content is king!  Tapi nggak ada salahnya dong, selain konten yang apik, artikel kita juga bisa bertengger di halaman pertama google. Dengan begitu konten tersebut akan mempunyai peluang lebih besar untuk dibuka dan dibaca, sehingga konten yang kita tulis dapat memberikan manfaat buat pembacanya. Ya nggak! :D

Ternyata ada caranya lho, gimana agar artikel di blog atau website kita bisa nongol di halaman pertama mesin pencarian google. Teknik ini dinamakan dengan teknik SEO atau Search Engine Optimization. Nah, belum lama ini saya mendapatkan ilmu dasar SEO, yaitu saat hadir pada workshop “Penulisan SEO bersama JadiMandiri”, yang dilaksanakan pada hari Selasa, 7 Agustus 2018 di Gedung Mandiri Inkubator Bisnis, Jakarta.

Gedung yang didirikan oleh Bank Mandiri ini merupakan ruang atau wadah bagi pengusaha muda untuk mengembangkan potensi bisnisnya, khususnya yang terkait dengan inovasi teknologi dan layanan keuangan. Makanya sebelum workshop SEO di mulai, saya dan blogger yang hadir disambut oleh Ibu Maristella Triharyanti, selaku Asisten Vice President Corporate Communication Bank Mandiri dan Ibu Fushiko Binar Ardani, selaku Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri.

Belajar SEO JadiMandiri
Ibu Maristella saat memberi sambutan
Di sesi pertama, Ibu Fushiko atau yang akrab dipanggil Ibu Chiko menjelaskan sedikit mengenai Mandiri Online. Sebagai salah seorang nasabah Bank Mandiri, saya sudah kenal dengan istilah yang satu ini, karena saya sendiri pengguna aplikasi Mandiri Online :D Banyak kemudahan yang saya dapatkan dari Mandiri Online ini, seperti mudahnya untuk bertransaksi secara online, beli pulsa, bayar tagihan, mau transfer, dll. Semuanya bisa saya lakukan kapanpun dan dimanapun (selama sinyal dan jaringan internet mendukung yes). Di situlah saya merasa terbantu, karena saat lagi butuh pulsa atau harus transfer uang di tengah malam, saya nggak harus keluar rumah mencari konter pulsa atau mesin ATM :)

Menurut Ibu Chiko, dengan Mandiri Online nasabah nggak perlu repot-repot lagi ke kantor cabang jika ingin bertransaksi. Jika dulu nasabah harus menggunakan hard token + SMS untuk otentifikasi setiap transaksi via Mandiri Online, maka saat ini ditambahkan dengan metode otentifikasi baru via mobile apps. Bagi nasabah yang belum/ tidak menggunakan smartphone, transaksi bisa dilakukan mengggunakan Mandiri SMS, dengan cara ketik perintah transaksi, lalu kirim ke 3355.

Belajar SEO JadiMandiri
Ibu Chiko
“Syarat untuk pendaftaran Mandiri Online, cukup dengan datang sekali saja ke kantor cabang Mandiri untuk registrasi, karena nasabah harus terdaftar di SMS Banking Financial. Buat PIN SMS Banking (MPIN) dan boleh juga membeli hard token-nya. Nanti nasabah akan diminta untuk membuat User ID dan PIN untuk login, trus melakukan verifikasi nomor hape dan jenis hape. Nah, nasabah sudah bisa menggunakan Mandiri Online,” ujar Ibu Chiko.


Belajar SEO JadiMandiri

Masuk ke sesi selanjutnya, yaitu materi inti mengenai penulisan SEO. Materi ini disampaikan oleh Mas Rendy Doroii Herison atau yang kerap disapa Mas Doroii. Mas Doroii merupakan bagian dari Medialogy Digital Agency, sehingga sering berkecimpung dengan yang namanya SEO. Awalnya Mas Doroii menjelaskan bahwa teknik SEO tiap orang berbeda, dan bahkan algoritmanya berubah-ubah serta berevolusi dari tahun ke tahun. Namun hingga saat ini, beberapa teknik yang akan diberikan oleh Mas Doroii ini masih berfungsi (kata Mas Doroii yaaa. Jitak aja Mas Doroii jika ternyata tekniknya nggak berfungsi, wakaka :D)

Belajar SEO JadiMandiri
Mas Doroii
“Tampil di halaman pertama google itu tidak mudah, tapi juga tidak susah kok. Memang banyak sekali teori SEO di luar sana, tapi saya akan berikan teori SEO versi saya dan tim Medialogy biasa gunakan untuk project-project kita,” jelas Mas Doroii.


Copy Writing vs Content Writing

Copy Writing adalah perpaduan antara seni dan ilmu pengetahuan tentang menulis sebuah kalimat atau konten yang digunakan pada iklan atau materi promosi lainnya.

Content Writing lebih spesifik dibandingkan Copy Writing, yaitu orang yang secara khusus menyediakan sebuah konten pada sebuah website. Content Writer biasanya bisa menghasilkan sebuah konten yang diambil dari dua subjek yang berbeda. Misalnya menuliskan sebuah konten yang didalamnya terdapat kata kunci ‘mobil’ dan ‘pantai’. Kedua kata kunci ini bisa dikoneksikan sehingga menjadi sebuah tulisan.


Fokus Keyword

- Tempatkan keyword pada judul artikel.  
- Ganti atau custom url/ slug/ permalink dengan keyword. Usahakan slug-nya jangan diisi terlalu panjang yes!


Naked Domain

Katanya kalau website tanpa diawali dengan www itu belum sesuai dengan standar. Eh, ternyata menurut Mas Doroii penggunaan www itu secara teknis nggak ada untungnya. Secara SEO tidak membantu sama sekali penggunaan www pada website. Hmm, begitu ya? Lalu gimana caranya mengubah website saya sehingga www nya bisa hilang? Kata Mas Doroii ada opsi untuk menghilangkannya. Sepertinya saya harus lanjut ke materi tingkat mahir ya, hehe.


Stop Words

Hindari meletakkan stop words atau frasa yang bersifat umum/ tidak berarti di dalam fokus keyword. Apa saja sih yang masuk dalam stop words ini? Diantaranya kata ‘the’, ‘a’, ‘sebuah’, ‘dan’, ‘adalah’, ‘ada’, ‘dia’, ‘tentang’, itu/ini’, ‘juga’, dll. Kata-kata ini dapat mengganggu fokus keyword, karena terlalu lazim muncul. Eh, kecuali memang keyword yang digunakan adalah salah satu dari stop words ini ya :)


Heading

Salah satu cara untuk menaikkan artikel di halaman pertama mesin pencarian google adalah dengan meletakkan fokus keyword di ‘heading’. Karena google biasanya membaca ‘heading’ sebagai salah satu sub judul dari artikel.


Periksa Suggestion Yoast

Bagi pengguna wordpress, Mas Doroii menyarankan agar menggunakan Yoast, karena Yoast lebih user friendly, dan Yoast juga dapat me-review semua kalimat dari konten yang kita tulis. Yoast akan memberitahukan jika ada masalah antara fokus keyword dan konten, serta apakah semua kalimat sudah sesuai dengan algoritma Yoast. Usahakan membuat sebanyaknya ‘hijau’ pada suggestion Yoast, tapi jangan sampai ruh tulisan jadi rusak juga ya :)

Baidewei jangan terlalu percaya sih dengan Yoast. Dih gimana sih Mas Doroii inih! Tadi nyaranin, eh sekarang diminta jangan percaya (ya iyalah, percaya itu sama Tuhan, kalo nggak rukun iman bisa nambah :p XD). Maksud Mas Doroii soalnya Yoast itu dibuat khusus untuk konten berbahasa Inggris. Jadi nggak semua suggestion bisa diaplikasikan seluruhnya, kecuali kamu memang menulis konten dalam bahasa Inggris. Baru deh, cucok :D


SEO Off Site

Selain itu, untuk menaikkan artikel kita, bekerja samalah dengan website lain. Misalnya dengan mengkoneksikan link artikel kita dengan 2 atau 3 website terpercaya. Trik ini sedikit banyak dapat mengangkat website kita lho! Caranya gimana? Misalnya dengan menulis konten di website terpercaya seperti Wikipedia, lalu meletakkan permalink kita di bagian bawahnya. Hmm… trik baru nih!

Oya, di akhir penjelasannya Mas Doroii memberitahukan agar rajin memeriksa keyword yang nyasar ke blog kita di google analytics. Karena keyword-keyword inilah yang membawa visitor banyak berkunjung ke website atau blog kita. Dengan mengetahui keyword apa yang paling banyak dicari visitor, kita bisa meningkatkan lagi kualitas blog kita.

Wah, beberapa teori yang disampaikan ada yang udah saya praktekkan, namun ada juga teori baru yang saya dapatkan. Nggak sabar untuk mengaplikasikannya. Bagaimanapun juga SEO bisa sangat membantu website atau blog saya agar terjangkau dengan cepat oleh pengunjung atau pembaca. Makasih ilmu SEO nya ya, Mas Doroii, JadiMandiri, Medialogy, dan Bank Mandiri untuk tempatnya yang nyaman. Ilmunya sangat bermanfaat. Semoga bisa mendapatkan ilmu lainnya dari JadiMandiri. Amiin :)

Oya, ada informasi juga nih! Saat ini Bank Mandiri lagi ngadain Lomba Blog dan SEO lho. Hadiahnya, jangan ditanya, keren abis deh! Hmm, cara ikutan lombanya gimana ya? Syaratanya apa aja? Kamu penasaran kan? Cuss aja langsung ke bit.ly/lombaseomandiri Good luck! And wish me lucky too :D



Foto-foto: Pribadi

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. aku sudah jarang nih memformat SEO untuk nulis blog, kecuali untuk beberapa artikel aja yang menurut aku perlu deh masuk lah ke halaman 1 si mbah, btw aku juga pengguna mandiri online, tinggal pakai hp enak buat transaksi

    BalasHapus