Allianz Sweat Challenge, Ajak Masyarakat untuk Hidup Sehat

By Dewi Sulistiawaty - Januari 29, 2018

Mungkin beberapa dari kita ada yang belum tahu dengan Allianz Ecopark ya, termasuk saya. Ternyata tamannya terletak di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. Kenapa saya baru dengar ya? Kemana saja saya selama ini *malu, tutup muka pake serbet. Sebenarnya taman ini dulunya bernama Ocean Ecopark, yang kemudian diambil alih oleh pihak Allianz Life Indonesia pada pertengahan bulan Juli 2017 lalu, hingga akhirnya berganti nama menjadi Allianz Ecopark.


Setelah resmi menjadi Allianz Ecopark, taman ini dikelola dengan sangat baik oleh Allianz. Seluruh sarana dan prasarana dibenahi, dengan mengusung konsep nature sport edutainment. Ruang terbuka hijau, itulah yang saya lihat saat berkesempatan mengunjungi Allianz Ecopark ini pada hari Sabtu (27/1/18) kemarin. Oya, kita bisa masuk ke Allianz Ecopark ini secara gratis lho! Yup, tidak dipungut biaya sama sekali. Kamu cukup membayar biaya untuk masuk Ancol saja.

Bagi yang membawa kendaraan, bisa langsung menuju area Allianz Ecopark yang letaknya berdekatan dengan Pasar Seni Ancol. Sedangkan bagi yang tidak membawa kendaraan, bisa menumpang dengan bus Wara Wiri hingga ke Allianz Ecopark. Bus Wara Wiri disediakan oleh pihak Taman Impian Jaya Ancol secara gratis ya. Bagi kamu yang belum tahu dimana letak Allianz Ecopark, sebaiknya menanyakannya pada sopir bus ya, agar tidak kelewatan, hehe….

Sabtu pagi itu, setibanya saya di Allianz Ecopark, ternyata di dalamnya sudah rame dengan pengunjung yang ingin menikmati taman sambil berolahraga. Ada yang berlari-lari kecil memutari taman, ada yang hanya sekedar berjalan santai dengan keluarga atau teman-temannya, dan ada juga yang ikutan senam kardio (cardio dance) bareng instruktur, gratis tis tis! Wew, ada fasilitas senamnya juga toh? Yang ikutan cardio dance ini lumayan banyak lho!
 
Senam bareng instruktur


Peserta yang ikut cardio dance di Allianz Sweat Challenge Sabtu kemarin
Ternyata cardio dance ini adalah bagian dari Allianz Sweat Challenge, yang sudah berlangsung sejak bulan November 2017 lalu. Kegiatan senam lengkap dengan instrukturnya ini rutin diadakan setiap hari Sabtu, 2 minggu sekali. Tiap jadwalnya sweat challenge, memiliki tema yang berbeda-beda lho! Seperti saat perdana Allianz Sweat Challenge dimulai pada tanggal 25 November 2017 kemarin, pesertanya bisa berzumba ria bersama dengan Cantika Felder (putrinya artis Minati Atmanegara). Seru yah! :)

Sepertinya Allianz Life benar-benar berkeinginan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dengan menyediakan lingkungan yang sehat serta rutin berolahraga. Dengan diadakannya Allianz Sweat Challenge ini, pihak Allianz ingin mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan cara berolahraga ya. Nah, kemarin saya beruntung bisa bertemu dengan Ibu Karin Zulkarnaen, Head of Market Management Allianz Life Indonesia, yang kebetulan ikut cardio dance waktu itu. Beliau mengatakan bahwa pihak Allianz tidak saja menyiapkan infrastruktur berupa taman saja, namun juga ingin mengajak dan mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih sehat.

“Harapannya dengan diadakannya Allianz Sweat Challenge ini, masyarakat yang selama  ini belum berolahraga secara rutin, bisa mengubah gaya hidupnya, dengan berolahraga. Jadi sebenarnya berolahraga itu mudah, seru, dan fun. Kita harapkan tidak pada mager lagi,” jelas Ibu Karin.
 
Berfoto bersama setelah senam :)
Karena tiap waktunya memiliki tema yang berbeda, maka peserta yang ikutan Allianz Sweat Challenge ini pun berbeda-beda. Misalnya pada jadwal sebelumnya, dengan tema yoga. Karena olahraga yoga termasuk yang low impact, maka peserta yang ikutan datang pun dari berbagai usia, termasuk yang usia lanjut. Beda dengan saat saya datang, yang kebanyakan persertanya adalah wanita dengan usia paruh baya. Jadi kegiatan ini memang sengaja dibikin dengan tema yang beragam, agar bisa diikuti oleh semua masyarakat di segala tingkatan usia.  

Kegiatan ini sengaja dilaksanakan pada hari Sabtu, agar masyarakat yang kerja kantoran bisa ikut bersama dengan keluarganya. Setelah 5 hari bekerja, duduk di belakang meja, tentu tubuh butuh digerakkan agar peredaran darah menjadi lancar kembali. Dengan mengikuti Allianz Sweat Challenge, dapat sehatnya, bisa menikmati udara dan lingkungan yang bersih di taman, bonding dengan keluarga menjadi lebih erat lagi, dapat bersenang-senang bersama keluarga dan teman-teman, serta setelah ikutan dance, kita dapat menikmati zona flora dan fauna yang ada di Allianz Ecopark ini. Psst… banyak spot-spot kece yang instagramable juga lho di sini! :D
 
Learning Farm Ecopark
Oya, bagi pengunjung yang sudah mendaftar dan mengikuti cardio dance di Allianz Sweat Challenge kemarin, mendapatkan souvenir dari Allianz, serta minuman dari Gambino dan Teh Botol, dengan cara posting produknya di sosmed. Satu lagi, bagi yang ingin ikutan Allianz Sweat Challenge, selain bisa mendaftarkan diri di www.allianz.co.id, bisa juga langsung mendaftarkan diri saat acara ya. Jadi kalau kebetulan kamu lagi berkunjung ke Allianz Ecopark, dan saat itu ada kegiatan Allianz Sweat Challenge, langsung daftar dan ikutan saja. Kegiatan ini free kok! :) Kegiatan ini berlangsung hari Sabtu, tiap pukul 06.30 WIB yap!  
 
Meja registrasi
FYI, berikut jadwal Allianz Sweat Challenge selanjutnya :
- 10 Februari 2018, tema Hip Hop Cardio, by Step Dance Academy
- 24 Februari 2018, tema Big Bang, by Allianz Dance Walk
- 10 Maret 2018, tema Workshop Beginner Runner, by Andi Kurniawan
- 24 Maret 2018, tema How to Do?, by Nano Oerip
- 14 April 2018, tema ABC Drills, by Nano Oerip
- 28 April 2018, tema Big Bang, by Allianz World Run
- 12 Mei 2018, tema Healthy Nutrition During Fasting, by Nutritionist Adeline Windy
- 26 Mei 2018, tema Yoga for Runners, by Adeline Windy
- 9 Juni 2018, tema Sundown Yoga, by Rian Lesmana
- 23 Juni 2018, tema Big Bang, by Allianz Eat Festival
- 14 Juli 2018, tema Yoga for Sports Enthusiast, by Rian Lesmana
- 28 Juli 2018, tema Pound Fit, by Devina Welayan
- 11 Agustus 2018, tema Body Weight Training, by Indo Sweat Camp
- 25 Agustus 2018, tema Big Bang, by 90’ Sportifun
- 8 September 2018, tema Strong by Zumba, by Marichay
- 22 September 2018, tema Body Weight Training, by Indo Sweat Camp
- 13 Oktober 2018, tema Strong Zumba, by Marichay
- 27 Oktober 2018, tema Big Bang, by Allianz CSR
- 10 November 2018, tema Body Combat, by Avisena
- 24 November 2018, tema Body Weight Training, by Indo Sweat Camp
- 8 Desember 2018, tema Body Combat, by Avisena
- 22 Desember 2018, tema Strength and Conditioning, by Indo Sweat Camp

Ada beberapa jenis olahraga yang baru saya ketahui nih, dan ada juga yang lagi tren saat ini yaitu pound fit. So, Allianz Sweat Challenge ini, bisa jadi ajang untuk memperkenalkan olahraga jenis baru juga ya pada masyarakat. Kata Ibu Karin lagi, jika dirasa respon masyarakat bagus terhadap kegiatan ini, tidak menutup kemungkinan kalau kegiatan ini akan dilanjutkan lagi di tahun berikutnya. Yeyy…ikutan ah! :)


Foto-foto : Pribadi

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Seruuu ya..olahraga sambil nyegerin mata soale tempatnya instagramable banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneer. Puas deh kalo main Allianz Ecopark. Trus juga bisa ikutan Allianz Sweat Challenge biar badan bugar yaa :D

      Hapus
  2. seru banget olahraganya yaa, mana tempatnya kecee, nyegerin mata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...iyaaa, kemarin belum puas sebenarnya itu. Besok ke sana lagi ah :D

      Hapus