7 Resep Menu Sahur Praktis agar Berkah dan Jadi Energi Tubuh Saat Berpuasa

By Dewi Sulistiawaty - Maret 23, 2023

Wifi rumah mencari 7 menu sahur praktis

Kamu mencari resep menu sahur yang praktis, namun enak dan sehat untuk disantap selama Ramadan? Nah, kamu berkunjung ke halaman yang tepat, karena dalam artikel ini saya akan memberikan beberapa resep menu sahur yang mudah dalam proses memasaknya, namun rasanya tak kalah lezat, dan tetap sehat untuk dikonsumsi, sehingga tubuh bisa kuat menjalankan puasa di bulan Ramadan.

Sebelum masuk ke bagian resep menu sahur, saya mau cerita sedikit ya mengenai sahur. Mungkin ada dari kamu yang bertanya-tanya, untuk apa sih sahur itu? Emang wajib ya? Kalau nggak sahur, boleh kan? Biasanya saya kuat-kuat aja tuh puasanya walau nggak sahur. Daan mungkin masih banyak lagi komentar lainnya. Apapun itu, semoga cerita saya ini bisa memberikan sedikit pencerahan ya. Aamiin 😊

 

Manfaat Sahur

Wifi rumah mencari manfaat sahur

Kamu sedang enak-enaknya tidur, eh tiba-tiba dibangunin untuk sahur, padahal kamu masih ngantuk. Mungkin ada yang kemudian ngedumel, atau ada yang tarik selimut trus lanjut tidur lagi, atau ada juga yang sambil ngucek-ngucek mata, lalu berjalan keluar kamar untuk minum air putih doang, trus lanjut tidur lagi. Hayoo ngakuu, siapa yang suka begini :D Penyebabnya biasanya cuma ada dua nih, yaitu karena kamu nggak biasa bangun pagi, atau karena kamu tidurnya kemalaman alias biasa tidur larut malam. By the way, jangan dibiasain ya, karena ini kurang baik buat kesehatan 😊

Fyi, sahur itu sunah Rasul lho! Jika kamu ingin mengumpulkan pahala di bulan suci yang penuh berkah ini, maka sebaiknya perbanyaklah melakukan ibadah, termasuk ibadah sunah. Melakukan sahur saat Ramadan merupakan suatu berkah. Nabi SAW bersabda, "Sahur itu semuanya berkah, maka jangan kalian tinggalkan walaupun hanya dengan meneguk air saja, karena Allah dan rasul-Nya senantiasa bershalawat untuk orang-orang yang makan sahur." (Hadist Shahih at-Targhib: 1070).

Itu jawaban dari segi agama, sedangkan dari segi kesehatan, sahur merupakan sumber energi bagi tubuh agar kuat beraktivitas selama berpuasa. Sahur dapat menjaga kecukupan cairan tubuh agar tidak mengalami dehidrasi, serta mempersiapkan tubuh untuk berpuasa. Lemak yang diperoleh dari makanan saat sahur, akan berguna sebagai cadangan energi bagi tubuh, sehingga tubuh tidak mudah lemas saat berpuasa.

Oh, kalau gitu saya akan makan sahur yang banyak aja agar punya banyak cadangan energi selama berpuasa. Ups, ini anggapan yang salah. Menurut ahli nutrisi, kebiasaan makan banyak saat sahur dengan harapan tidak akan merasa kelaparan selama berpuasa bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan, karena hal ini malah dapat memicu efek samping yang tidak diinginkan, seperti sakit perut, konstipasi, atau masalah pencernaan lainnya.  

Agar tubuh tetap bugar selama berpuasa, disarankan untuk sahur dengan makanan yang bergizi seimbang, yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral, serta jangan lupa untuk mengkonsumsi air minum yang cukup. So, walaupun sahur itu hukumnya nggak wajib, dan sah-sah aja puasanya, namun akan lebih baik lagi jika kita sahur.

Nah, sudah tau kan mengapa kita perlu santap sahur. Bahkan lebih baik lagi jika sahurnya dengan makanan yang bergizi dan kaya serat. Lalu, karena waktu sahur yang terbilang singkat, tak sedikit dari kita yang kemudian mencari menu sahur yang praktis dan gampang untuk dibuat, namun rasanya tetap lezat agar dapat membangkitkan selera makan saat sahur. Untuk itu, berikut saya tampilkan beberapa resep menu sahur praktis, sehat, dan enak selama Ramadan.

 

7 Resep Menu Sahur Praktis, Sehat, dan Enak

1.   Ayam Krispi Saus Teriyaki

Resep ayam krispi saus teriyaki praktis dan mudah

2. Sup Telur Campur Tahu

resep sup telur campur tahu praktis

3. Sapi Lada Hitam

resep sapi lada hitam praktis

4. Salad Ayam

resep salad ayam praktis

5. Spanish Omelet

resep mudah spanish omelet

6. Tumis Kangkung Udang

resep praktis tumis kangkung udang

7. Baby Sawi Masak Bawang Putih

resep praktis baby sawi masak bawang putih

Resep menu sahur di atas bisa di-recook untuk 7 kali sahur atau buat menu sahur selama 1 minggu. Beberapa menu juga ada yang saya beri notes sebagai tambahan jika ingin mengganti bahannya dengan yang lain. Fyi, sebagian resep ada yang sudah biasa saya masak, sedangkan sebagian lainnya saya kumpulkan dari hasil browsing di internet, dan insya Allah rencananya akan saya eksekusi untuk santap sahur nanti.

Untuk saat ini saya baru bisa menyajikan 7 resep menu sahur ini. Sisanya, untuk menu sahur 3 minggunya lagi, saya akan kembali browsing di internet, hehe. Untuk urusan browsing mem-browsing, serta untuk menyaksikan cooking demo berbagai menu masakan via media streaming, saya biasanya mengandalkan Wifi rumah. Alhamdulillah, selama menggunakan Wifi rumah, urusan berselancar di dunia maya berjalan mulus tanpa kendala apapun.

Ini karena Wifi rumah menggunakan IndiHome punyanya Telkom Indonesia. Fyi, IndiHome menyediakan beragam pilihan kecepatan, yaitu mulai dari 10 Mbps hingga 300 Mbps untuk paket internetnya. Selain paket internet untuk Wifi rumah, IndiHome menyediakan pilihan berdasarkan banyaknya layanan yang diinginkan pelanggannya. Misalnya paket 2P untuk layanan internet dan telepon rumah atau layanan internet dan TV interaktif. Jika ingin ketiga layanannya, yaitu internet, telepon rumah, dan TV interaktif bisa pilih paket 3P. Namun jika hanya ingin layanan internet saja, juga bisa kok dengan memilih layanan 1P.

Di rumah kebetulan pilihnya paket 2P, yaitu internet dan TV interaktif. Just info, IndiHome ini menggunakan teknologi fiber optic, jadi kualitas jaringannya juga aman. Walaupun saat ini lagi musim penghujan, alhamdulillah, jaringan internetnya tetap stabil. Makanya bisa browsing berbagai resep menu sahur praktis, sehat, dan enak untuk Ramadan nanti. Jika pun nanti saya belum sempat mencari sisa resep menu sahur untuk 3 minggunya lagi karena kesibukan, atau mungkin karena saya telat bangun tidur, saya bisa mengandalkan kecepatan internet dari Wifi rumah, untuk browsing kilat menu masakan sahur praktis menggunakan bahan makanan yang ada di rumah, hihi....

Well, bagi umat muslim, jangan lupa untuk sahur ya. Tak hanya sebagai ibadah, sahur juga baik untuk kesehatan, agar tubuh tetap kuat dan bisa fokus dalam menjalankan aktivitas selama Ramadan. Kamu bisa gunakan ketujuh resep menu sahur praktis, sehat, dan enak di atas. Bahan-bahannya bisa kamu variasikan sesuai dengan selera. Yang penting kamu bisa menyantap menu sahurmu dengan nikmat. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga artikel ini bermanfaat ya 😊


  • Share:

You Might Also Like

0 comments