Teman Kreasi Tangerang, Bantu Cerdaskan Generasi Muda dan Kembangkan UMKM Lokal

By Dewi Sulistiawaty - Agustus 26, 2021


Smartfren penghargaan IDX Award 2021

Saya masih ingat perkataan dari salah seorang motivator atau pemateri atau siapa gitu di salah satu acara yang pernah saya hadiri, bahwa mereka yang kreatif akan mampu bertahan hidup dalam kondisi seperti apapun. Mengapa? Karena mereka tidak pernah kehilangan ide untuk menciptakan sesuatu hal yang beda, yang belum terpikirkan oleh orang lain.

Kreativitas ini bisa membuka satu atau bahkan banyak peluang, baik itu peluang untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Apalagi di masa pandemi ini, dimana peluang-peluang ini sangat dicari dan dibutuhkan untuk dapat menyokong perekonomian yang terdampak akibat pandemi.

 

Teman Kreasi Indonesia

Smartfren penghargaan IDX Award 2021

Teman Kreasi Indonesia merupakan salah satu wadah yang bisa dimanfaatkan bagi teman-teman kreator di seluruh Indonesia. Teman Kreasi Indonesia yang namanya secara resmi diluncurkan pada bulan Maret 2021 ini didirikan oleh Smartfren bersama dengan Smartfren Community dengan tujuan untuk mengembangkan kokreasi dan kewirausahaan sosial bagi generasi muda, serta untuk membuka peluang tumbuhnya sektor ekonomi UMKM kreatif dan digital.

Lalu apa peranan Smartfren dalam Teman Kreasi Indonesia ini? Smartfren memberikan dukungannya dalam bentuk modal yang diberikan pada semua peserta program Teman Kreasi Indonesia. Misalnya modal berupa dukungan koneksi internet 4G LTE Advance. Di era digital, apalagi di masa pandemi ini, tentu saja dukungan internet sangat berperan besar bagi pelaku usaha dalam memasarkan produk ke masyarakat melalui media online.

Sedangkan Smartfren Community memberikan dukungannya dalam bentuk jaringan pasar, mengingat Smartfren Community sudah tersebar di 102 kota di seluruh Indonesia. Tentu ini bisa menjadi pangsa pasar yang cukup luas bagi pelaku usaha yang bergabung di Teman Kreasi Indonesia untuk memasarkan produknya. Kolaborasi dan kekompakan yang patut diacungi jempol ya 😊

By the way, hingga saat ini sudah ratusan UMKM yang bergabung dalam Teman Kreasi Indonesia. Mulai dari usaha kerajinan tangan, aneka kuliner, buku, fashion, digital, lighting, hingga jasa. For your information, saat ini sudah terdapat 32 Teman Kreasi Indonesia yang tersebar di 30 kota di Indonesia. Umumnya, keberadaan Teman Kreasi Indonesia tak lepas dari keberadaan Smartfren Community yang ada di daerah tersebut. Dan mengingat saat ini Smartfren Community sudah tersebar di 102 kota, maka kemungkinan besar, Teman Kreasi Indonesia pun akan berkembang luas ke ratusan kota tersebut.

Selain memasarkan dan berbagi informasi mengenai produk yang dikelola masing-masing pelaku usaha, kegiatan apa lagi sih yang dilakukan oleh Teman Kreasi Indonesia? Sesuai dengan 2 program utama yang dicanangkan oleh Smartfren Community, yaitu melakukan edukasi literasi digital ke masyarakat, dan pengembangan kewirausahaan sosial melalui Teman Kreasi Indonesia, maka berikut beberapa program yang telah dilakukan oleh Teman Kreasi.

1. Kelas online melalui media digital bertema pengembangan bisnis.

2. Event hybrid untuk promosi usaha dengan protokol kesehatan yang ketat.

3. Pendampingan atau business coaching secara virtual.

Teman Kreasi di tiap-tiap kota juga menggelar berbagai workshop menarik dan tentu saja sangat bermanfaat bagi pesertanya, seperti Workshop eMarketing oleh Teman Kreasi Tangsel, Workshop Product Packing oleh Teman Kreasi Cirebon, Workshop Manajemen SDM oleh Teman Kreasi Cilacap, dan Workshop Aspek Legal oleh Teman Kreasi Bojonegoro.

Oiya, di masing-masing kota ini ada seorang leader yang akan memimpin dan mengelola Teman Kreasi Indonesia di daerahnya. Para leader ini tentu saja merupakan bagian dari Teman Kreasi Indonesia, yang juga memiliki usaha sendiri. Salah satunya adalah Teman Kreasi Tangerang.

 

Teman Kreasi Indonesia di Tangerang

Teman Kreasi Indonesia di Tangerang tersebar di 3 wilayah, yaitu di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan di Kota Tangerang Selatan. Ketiganya merupakan tiga dari 32 Teman Kreasi Indonesia yang ada saat ini. Di Kabupaten Tangerang ada Teman Kreasi Kopi & Topi Bambu, di Kota Tangerang ada Teman Kreasi Talenta Muda Asia, dan di Kota Tangerang Selatan ada Teman Kreasi Kopi Nineteen.

Teman Kreasi Kota Tangerang hadir dengan misi untuk mencerdaskan generasi muda. Misi ini dilatarbelakangi dengan tingginya angka pengangguran di Provinsi Banten. Bahkan Banten menjadi provinsi dengan tingkat pengangguran tertinggi di Indonesia. Sehingga Teman Kreasi Talenta Muda Asia berharap bisa menjadikan generasi muda menjadi generasi yang unggul, yang nantinya bisa berjuang dan berkembang secara global.

Walaupun bergerak di bidang bisnis dan dikelola secara profesional, Talenta Muda Asia juga bergerak di bidang sosial. Salah satunya dengan membantu para pelaku UMKM tanpa memungut biaya satu sen pun. Organisasi ini tidak hanya fokus pada business oriented atau money oriented yang menjadi misinya, namun juga ingin bisa bermanfaat bagi masyarakat yang ada di sekitar Teman Kreasi Kota Tangerang.    

Banyak pula pelaku usaha di Kabupaten Tangerang, khususnya mereka yang telah bergabung di Smartfren Community Kabupaten Tangerang yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya. Hal inilah yang melahirkan Teman Kreasi di Kabupaten Tangerang, agar Teman Kreasi Indonesia bisa menjadi wadah kokreasi dan buka peluang untuk pemberdayaan masyarakat, khususnya pelaku usaha di Kabupaten Tangerang.

Tahun 2019, Smartfren lewat program CSR nya pernah mendukung salah satu pelaku industri kreatif yang ada di Kabupaten Tangerang, yang tergabung dalam Komunitas Topi Bambu. Saya sendiri pernah mengintip produk-produk dari Komunitas Topi Bambu ini. Produk mereka sangat bagus dan berkualitas. Beberapanya bahkan bisa dibilang unik dan kreatif.

Smartfren penghargaan IDX Award 2021 Topi Bambu
Bersama Teh Ani, salah seorang sahabat Blogger, saya mencoba Topi Bambu
dari Komunitas Topi Bambu

Smartfren penghargaan IDX Award 2021
Produk lain dari Teman Kreasi Kabupaten Tangerang

Ini baru sekelumit cerita inspiratif dari Teman Kreasi di Tangerang. Masih banyak cerita inspiratif lainnya dari teman-teman Teman Kreasi di kota lainnya, seperti di Kota Bandung, Bandung Barat, Cirebon, Kuningan, Bekasi, Cilacap, Pati, Pekalongan, Tegal, Blora, Garut, Bojonegoro, Gresik, Mojokerto, Blitar, Subang, Surabaya, Serang, Depok, Bali, Lampung, Tanah Laut, Gowa, Purwokerto, Malang Raya, Pekanbaru, dan Natuna.

Lumayan banyak ya, Teman Kreasi yang dikembangkan oleh Smartfren Community dan Smartfren. Ini masih akan terus berkembang dan berkembang. Menurut saya sudah sepatutnya program ini mendapatkan apresiasi dari kita semua, karena programnya benar-benar memberikan manfaat, bahkan bisa mengubah kehidupan perekonomian masyarakat Indonesia menjadi lebih sejahtera lagi. Amiin.

 

Raih Penghargaan dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Dan terjadilah! Niat yang tulus dan ikhlas dari Smartrfren untuk membantu masyarakat Indonesia, khususnya para pelaku UMKM melalui gerakan Teman Kreasi Indonesia memperoleh “imbalan” berupa penghargaan Anugerah Inovasi Indonesia dari IDX Channel.

Ini menjadi penghargaan kedua bagi Smartfren, setelah tahun sebelumnya (tahun 2020) juga memperoleh penghargaan atas inovasi dalam pelaksanaan program Corporate Social Responbility (CSR) dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia.

Tahun ini Smartfren dinobatkan sebagai salah satu inovasi terbaik, dan mendapatkan Penghargaan Kategori Khusus, yaitu Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021. Yeeyy! Selamat ya buat Smartfren. Provider favorit saya ini memang pantas mendapatkan penghargaan sebagai salah satu inovasi terbaik. Saya juga ikut mengapresiasi apa yang telah dilakukan Smartfren untuk kesejahteraan masyarakat melalui program Teman Kreasi Indonesia.

Smartfren penghargaan IDX Award 2021

Acara penghargaan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 19 Agustus 2021 lalu. Ada Bapak Djoko Tata Ibrahim selaku Deputy CEO Smartfren yang hadir dan memberikan ucapan terima kasihnya, karena untuk tahun ini Smartfren kembali diberikan penghargaan untuk Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development. Beliau juga menyebutkan bahwa penghargaan ini akan menjadi pemacu semangat bagi Smartfren untuk terus menjadi teman Buka Peluang dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia.

Amiiin…. Semoga semua usaha dan juga dukungan yang diberikan Smartfren, serta Smartfren Community dan Teman Kreasi Indonesia dapat membantu masyarakat ya, khususnya para pelaku UMKM di Indonesia. Sekali lagi selamat yaa <3. Saya yakin tahun berikutnya Smartfren akan kembali memperoleh penghargaan. Amiin.  

  • Share:

You Might Also Like

0 comments