Ingin Tambah Penghasilan? Bisa Mulai Usaha Kue Kering Sekarang Juga!

By Dewi Sulistiawaty - Juli 13, 2020

usaha kue kering

Kebanyakan orang pasti ingin kaya kan ya, dengan kondisi ekonomi yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Hanya saja berdasarkan hasil survei, jika hanya mengandalkan penghasilan sebagai seorang pegawai atau karyawan saja, kemungkinan untuk bisa mewujudkan keinginan tersebut akan sedikit sulit.

Makanya tak heran jika akhirnya banyak dari mereka yang kemudian terjun ke dunia bisnis. Dengan berbisnis diharapkan dapat menambah penghasilan sehari-hari. Nah, dari sekian banyak jenis usaha, usaha apakah yang memiliki prospek menggiurkan, dengan modal yang tidak terlalu besar?

Jika sebelumnya saya pernah mengulas mengenai bisnis frozen food yang lagi banyak diminati di masa pandemi ini, maka di artikel ini saya akan menjelaskan mengenai bisnis lain selain frozen food yang juga bisa dijalankan, serta memiliki prospek yang bagus, yaitu bisnis kue kering.

Bisnis di bidang kuliner satu ini memang terbilang sangat menjanjikan. Apalagi dengan banyaknya pilihan kue kering yang bisa dijadikan produk untuk dijual. Lalu apa sih keuntungan yang bisa diperoleh dengan berbisnis kue kering ini? Berikut beberapa keuntungan dan alasan mengapa kamu memilih kue kering untuk dijadikan lading bisnis.

usaha kue kering

Kue kering lebih tahan lama.

Dibandingkan dengan produk makanan utama, tidak dapat dipungkiri bahwa produk kue kering memiliki ketahanan yang lebih lama. Apalagi jika kue keringnya dikemas dengan baik, maka kue kering bisa tahan hingga berbulan-bulan lho, meskipun tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali.

Kue kering mudah dikemas.

Salah satu alasan yang membuat bisnis kue kering ini bisa lebih berprospek untuk usaha di bidang makanan tak lain karena produknya mudah untuk dikemas. Pengemasannya termasuk yang gak ribet, beda dengan cara pengemasan frozen food yang butuh bahan pengemas khusus dan mesti disimpan di freezer.

Pemasarannya lebih luas.

Dengan pengemasan yang baaik, kue kering dapat dijual secara luas, tak hanya di dalam kota saja, melainkan juga sampai ke luar kota, bahkan hingga luar negeri. Pemesanan juga bisa dilakukan secara online.

Kue kering bisa ditujukan untuk semua kalangan.

Kue kering dapat dibuat dalam beragam varian rasa. Ini menyesuaikan juga dengan minat konsumen sendiri, misalnya adalah rasa coklat atau buah-buahan, serta rasa yang lainnya. Mengingat memang selera setiap orang berbeda-beda ya. Dengan pilihan rasa yang beragam, maka kue kering cocok untuk semua segmen.

Cukup Modal Awal yang Kecil.

Usaha kue kering ini tidak membutuhkan tempat jualan secara langsung, atau semacam toko gitu, kecuali memang mau dijual juga secara offline di rumah. Tapi itu pun biasanya bisa dengan memanfaatkan ruang yang ada di rumah.

Dengan begitu modal yang harus dikeluarkan untuk memulai usaha kue kering tidak terlalu besar. Paling hanya menyediakan peralatan untuk membuat kue dan juga bahan baku kue tersebut. Misalnya menyediakan tepung,  telur, gula, keju, dan sejenisnya, ditambah dengan packaging.

Itu beberapa alasan dan keuntungan yang bisa diperoleh jika ingin berbisnis kue kering. Jadi jika memang ingin berbisnis, tak perlu khawatir untuk memulai bisnis kue kering sekarang juga. Apalagi saat ini segala sesuatunya sudah dipermudah dan gampang mendapatkannya, misalnya untuk mendapatkan berbagai peralatan untuk membuat kue. Semua bisa dibeli secara online.

Begitu pun dengan bahan baku untuk membuat kue. Tak perlu repot-repot ke pasar atau supermarket untuk mendapatkan bahan-bahannya. Banyak kok pilihan toko online yang menyediakan berbagai bahan baku untuk membuat kue kering, misalnya TokoWahab.

Jadi gimana? Kepengen punya penghasilan tambahan? Atau mungkin nanti malah bisa jadi penghasilan utamamu lho. Jika ternyata bisnisnya lancar dan berkembang pesat. Sehingga kamunya jadi makin sibuk, dan akhirnya memutuskan untuk fokus mengelola bisnis ini.

Yang pasti jangan pernah takut gagal ya kalau mau memulai bisnis. Yakin, jangan pernah menyerah, sabar, berikan yang terbaik untuk konsumen, pasang strategi pemasaran yang baik, serta ikuti perkembangan pasar dan terus berinovasi. Saya yakin, dari yang sedikit konsumennya, nanti lama-lama akan bertambah banyak juga 😊



  • Share:

You Might Also Like

18 comments

  1. Wah, noted banget ini Toko Wahab, suatu saat pasti ku butuh. Soalnya suka banget membuat kue2 dan open PO eeaa..

    Masih mengumpulkan pede, hahhaaa

    BalasHapus
  2. aku pernah coba usaha ini, memang sangat menjanjikan dan target market bisa lebih luas :D semangat untuk para pengusaha ya !

    BalasHapus
  3. lagi ngetrend skg...pas pandemik bbpr tmnku menjual kue di ig dan secara online..laris dan lumayan efeknya.....hmmmm scra di rumah klo ga makan emang mau apalg ? wkwkw

    BalasHapus
  4. Sekarang banyak kue kering yang bentuknya menarik, ya. Pastinya penggemar kue kering akan selalu ada. Banyak yang suka ngemil :)

    BalasHapus
  5. Nah bagus nih kuinfokan ke adikku yg juga sedang merintis usaha kuliner khususnya kue kering. Terima kasih infonya mba..

    BalasHapus
  6. Udahlumayan lama sebenrrnya pengen nyobain usaha dibidang kuliner terutama kue kering, soalnya ga gampang basi hehe

    BalasHapus
  7. Bisnis kue kering paling laris di lebaran. Tapi kadang suka iseng pengen ngemil di Hari-hari biasa. Mpo suka kue keju.

    BalasHapus
  8. biasanya menjelang hari raya banyak yg buka usaha kue kering. lumayan juga ya penghasilannya.. Pun beli bahan2nya sekarang mudah karena udah ada toko wahab ya..

    BalasHapus
  9. Bagus juga nih toko wahab segala macem ada, jadi klo mau mulai merintis bisnis online ga usah susah2 cari bahan baku, nyarinya di toko wahab aja

    BalasHapus
  10. Betul mba, usaha kukis gini lebih oke nih, dan gak harus tunggu momen festive sih. Jadi maybe typical kukisnya aja sih kudu berani eksplor dan berani coba.

    BalasHapus
  11. Usaha kukis rame kalau jelang lebaran ya. Padahal orang tetap suka makan kukis meskipun ga lebaran

    BalasHapus
  12. bisnis kue kering memang paling laris manis ya Mbak, apalagi jelang hari Raya, tinggal kitanya aja mikirin gimana cara terbaik tuk pemasarannya :)

    BalasHapus
  13. kereeen ya memang mba usaha kue kering seperti ini. Aku suka nih membeli yang seperti ini karena enak yaaa

    BalasHapus
  14. Suamiku dr dulu pengen usaha cookies tp blm ada waktunya. Enak kalau bikin kue kering gini apalagi kalau made by order tapi kyknya aku perlu belajar baking dulu supaya dapat ukuran yang pas gtu kali ya hehe :D

    BalasHapus
  15. Kue kering ini cocok buat nemenin PJJ anak-anak.
    Target marketnya cukup luas dan segala usia.

    BalasHapus
  16. bisnis kue kering memang menggiurkan. Apalagi kalau menjelang lebaran sama natal, biasanya pesanan membludak. kalaupun nggak ada momen spesial, kue kering bisa buat camilan sehari-hari di rumah. Jadi pengin belajar bikin kue kering nih, siapa tahu bisa buka bisnis.

    BalasHapus
  17. Setuju mbak kalau bisnis kue kering lebih tahan lama dan juga untuk event-event tertentu permintaannya banyak. Jenis kue kering yang jadi bisnis juga banyak mbak.

    BalasHapus
  18. Suka takjub sm usaha kuliner karena sy merasa ga mumpuni di bidang itu hihi. Pengen belajar bikin kue kering yg endol

    BalasHapus