Kota Deltamas, Kota Modern Terpadu Berbasis Industri Kelas Internasional, Komersial, dan Hunian

By Dewi Sulistiawaty - Januari 15, 2019

Sejak dulu saya tuh pengen banget bisa punya ruko atau rumah toko. Rasanya seru aja bisa buka usaha di lantai bawah, dan tinggal di lantai atasnya. Sepertinya jiwa berwirausaha dari almarhumah ibu dan nenek menular ke saya. Dulu sebelum pindah ke Jakarta, saya pernah buka usaha photo copy dan rental computer di rumah, dan ketika itu garasi mobil saya sulap jadi tempat usaha, hehe….

Di Jakarta pun keinginan untuk buka usaha itu masih ada. Namun tau sendiri kan harga rumah atau ruko di Jakarta yang bikin dompet jejeritan gak karuan XD Jadi keinginan tersebut masih saya pendam aja, sampe beberapa minggu lalu berkenalan dengan Diamante. Eit bukan bukaan, Diamante bukan nama lelaki tamvan yang biasanya ada di telenovela-telenovela  itu ya, Marimar! :))) 

Diamante Premium Business Gallery yang akan dibangun di Kota Deltamas
Diamante yang ini adalah nama ruko eh lebih tepatnya Premium Business Gallery di Kota Deltamas, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi. Sayangnya, saat saya baru mengenal Diamante, ternyata Premium Business Gallery ini udah habis terjual. Telat deh! *kayak yang bisa beli aja, haha. Yup, Diamante dengan harga mulai dari 2,9 miliar rupiah per unit ini masih tergolong mahal bagi saya, hihi. Tapi emang wajar juga harganya segitu, karena Diamante yang memiliki lantai 3,5 ini terletak di lokasi yang strategis dan premium di pusat Kota Deltamas, serta berhadapan dengan area pusat Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Tak hanya itu yang menjadikan Diamante eksklusif, karena fasilitas dan kualitasnya juga merupakan yang terbaik di kelasnya, sehingga sangat cocok untuk membuka usaha yang premium, seperti butik, usaha kuliner, atau bank, perkantoran, dan usaha lainnya. Misalnya nih, dinding Diamante menggunakan pre-cast wall yang berguna untuk ketahanan terhadap api (fire resistant), dan mampu meredam suara dengan lebih baik (sound proofing). Pondasinya berupa mini pile dengan atap dari plat beton, dan plafon gypsum.   

Diamante Site Plan
Diamante memiliki double entrance facade, sehingga tampak depan dan belakangnya sama. Jadi pengunjung bisa masuk dari depan maupun dari belakang. Untuk sisi belakangnya didesain seperti pedestrian atau boulevard gitu. Saking eksklusifnya, Diamante Premium Business Gallery ini terbatas hanya 12 unit aja lho! Dan itu langsung ludeh des! Yang beli sepertinya sudah tahu potensi dan keuntungan yang akan mereka dapatkan dengan memiliki unit di Diamante Premium Business Gallery ini :D

Oya, informasi mengenai ini saya dapatkan saat menghadiri Peluncuran Diamante Premium Business Gallery dan Kick Off Deltamas Digital Day pada hari Sabtu, tgl 8 Desember 2018 lalu. Acaranya sendiri diselenggarakan di Kota Deltamas, tepatnya di Gedung Marketing Office Kota Deltamas, Cikarang Pusat. Saat itu hadir Bapak Stanley W. Atmojo selaku Sales & Marketing Divisi Head Sinar Mas Land dan  Bapak Remi Mathriqa selaku Head of Business Development Kota Deltamas.

Bapak Stanley saat menyerahkan hadiah undian pada pembeli unit Diamante
“Kita menyebutnya business gallery karena lokasi maupun bangunannya kita bikin spesial, jadi agak beda dengan ruko. Diamante diambil dari bahasa latin, yang kalau dalam bahasa Inggrisnya itu adalah diamond. Pemakaian nama diamond atau berlian karena diamond itu sangat spesial, terlihat indah, dan berharga hingga kapanpun. Diamante Premium Business Gallery terletak di Greenland Square, tepatnya persis di seberang Hotel Sakura,” jelas Bapak Stanley.

Bapak Remi
Selanjutnya Bapak Remi menjelaskan secara garis besar mengenai perkembangan Kota Deltamas. Kota Deltamas terletak di KM. 37, atau berjarak sekitar 37 km dari Kota Jakarta. Kawasan terpadu modern berbasis industri kelas internasional, komersial, dan hunian ini dikembangkan oleh PT. Puradelta Lestari, Tbk (DMAS) dan PT. Pembangunan Deltamas, yang merupakan join venture antara Sinar Mas Land dengan Sojitz Coorporation.

Kota Deltamas di Cikarang Pusat
Baidewei, Kota Deltamas memiliki pintu tol eksklusif sendiri lho. Jadi sekitar 800 meter exit dari pintu tol Cikarang Pusat, kita sudah bisa langsung memasuki Kota Deltamas. Diapit oleh kota industri lainnya, menjadikan Kota Deltamas berada di tengah pusat pembangunan Kota Bekasi hingga Karawang, lokasi yang sangat strategis tentunya ya. Apalagi Kota Deltamas juga merupakan satu-satunya kota yang dikelola pihak swasta, yang terintegrasi secara terpadu dengan pusat pemerintahan, yaitu pemerintahan Kabupaten Bekasi, sehingga bisa dipastikan akses ke Kota Deltamas akan lebih dipermudah lagi :)

Ini dibuktikan dengan dibukanya toll gate kedua di KM. 34, namanya Gerbang Tol Cibatu, dan rencananya tak lama lagi akan dibuka juga di KM. 41, serta dengan dikembangkannya Jalan Tol Jakarta Cikampek Selatan, maka Kota Deltamas akan mempunyai empat akses toll gate. Begitupun dengan pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung yang dilakukan oleh pemerintah, yang nantinya stasiun pemberhentiannya akan dibangun tak jauh dari Kota Deltamas. Oya, di samping kereta api cepat, nanti di Kota Deltamas juga akan ada LRT. Saat ini LRT baru sampai ke Bekasi Timur saja. Rencananya di tahun 2022, LRT dari Bekasi Timur akan dilanjutkan sampai ke Pusat Pemerintahan Kabupaten Bekasi.      

Kantor Bupati Bekasi
Kawasan Pemerintahan Pusat Kabupaten Bekasi
For your informationsaat pertama Sinar Mas Land membuka lokasi seluas 3.177 hektar di Cikarang Pusat ini, pihak pengembang telah menghibahkan sekitar 40 hektar untuk pengembangan kawasan bagi Pemerintah Kabupaten Bekasi. Jika dilihat dari atas, kawasan pemerintahan ini berbentuk seperti pentagon. Selain Kantor Bupati, di dalam kawasan pemerintahan pusat Kabupaten Bekasi ini juga terdapat Kantor DPRD, Kantor Bawasda, Kantor Bapeda, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Kapolsek Bekasi, DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu), Koramil, dan Masjid Raya, dimana semuanya terpadu dalam satu kawasan tersebut.

Gerbang Kawasan Industri GIIC Kota Deltamas
Di Kota Deltamas juga terdapat sebuah kawasan industri bertaraf internasional, yaitu Greenland International Industrial Center (GIIC). Disebut greenland karena pengelola Kota Deltamas ingin Kawasan Industri GIIC ini benar-benar ‘green’ atau ramah lingkungan, yaitu sebuah kawasan yang bebas dari polusi, bersih, sejuk, dan nyaman. Memang Kawasan Industri GIIC yang luasnya hampir 1.500 hektar atau hampir 50% dari luas Kota Deltamas ini tak nampak seperti kawasan industri yang biasanya saya liat. Terlihat rapi, bersih, tak ada asap, tak ada pedagang yang nongkrong atau wara wiri di sepanjang kawasan, dan sepi.

Yup, sepi karena semua karyawan yang bekerja di 120 tenant aktif yang ada di Kawasan Industri GIIC hanya terlihat pada saat jam masuk dan pulang kerja saja. Itu pun para karyawan langsung masuk bus transportasi karyawan atau mobil pribadi, dan tak ada istilah macet saat jam bubaran karyawan tersebut. Pengelola Kota Deltamas bersama dengan perusahaan bertaraf internasional, yang masing-masing perusahaannya memiliki standar yang tinggi ini memang berkomitmen untuk selalu menjaga ketertiban dalam kawasan industri. 

Kawasan Industri GIIC Kota Deltamas
Kawasan Industri GIIC termasuk dalam Zona A, karena hampir 90% lahannya sudah terdevelop dengan baik. Kebanyakan atau sekitar 70% tenant yang mengisi Kawasan Industri GIIC merupakan perusahaan otomotif atau supporting otomotif, seperti Suzuki, SAIC General Motor Wuling (SGMW), Mitsubishi Motors, Astra Honda Motors, Maxxis, dll. Namun ada juga beberapa perusaahaan yang bergerak di bidang lain, yaitu food & beverage, diantaranya ada Kewpie, Myroti, Malindo, dan banyak lagi lainnya. Mayoritas penghuni Kawasan Industri GIIC adalah perusahaan-perusahaan dari Jepang, sedangkan sisanya adalah perusahaan dari Amerika, Jerman, China, Australia, New Zealand, dan Indonesia.

Selain kawasan pemerintahan dan kawasan industrial di atas, tentu saja di Kota Deltamas juga terdapat kawasan residensial dan komersialnya. Ngomong-ngomong soal residen atau properti, investasi dalam bentuk rumah merupakan investasi yang menjanjikan lho! Saya belajar dari almarhumah mama yang suka berinvestasi rumah dan emas. Harga kedua aset ini selalu naik dari tahun ke tahun, sangat sangat jarang sekali yang bakal turun. Makanya saya bilang investasi ini sangat menjanjikan.

Apalagi jika perumahan atau residen tersebut dikembangkan dan dikelola oleh Sinar Mas Land, sebuah perusahaan pengembang terbesar dan ternama di Indonesia. Di usianya yang lebih dari 40 tahun, serta kesuksesannya dalam membangun lebih dari 50 proyek di Indonesia, tentu tak perlu diragukan lagi pengalaman dan kredibiltasnya dalam bidang properti ini. Di Kota Deltamas sendiri terdapat banyak kluster yang sudah dihuni serta yang sedang dibangun dengan harga yang bervariasi, seperti Kluster Nice, Catania, Catalonia, dan Parthenon di  Zona Eropa, Kluster Pasadena, Bahama, dan Malibu di Zona Amerika, Woodchester, El Verde, Naraya Park, CasaMallorca Residential, dll.   


Hunian di kota Deltamas
Untuk kawasan komersialnya, Kota Deltamas punya beberapa fasilitas umum, seperti serviced apartment, Sakura Hotel, Le Premier Hotel, Rumah Sakit Mitra Industri, Kampus Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB) dengan Eco Industry Oriented University-nya, dimana kurikulumnya bisa di-customize, Sekolah Pangudi Luhur, Korean Education Complex, SMK Ananda Mitra Industri, Jakarta Japanese School Cikarang, Deltamas Sport Center, Pasar Modern Al-Hambra, Premium Business Gallery, dan bahkan tak lama lagi akan hadir sebuah pusat perbelanjaan terbesar, yaitu AEON Mall. AEON Mall yang luasnya sekitar 20 hektar, dan nanti ada di Kota Deltamas ini digadang-gadangkan akan jadi mal terbesar se-Asia Tenggara lho! Wow!

Deltamas Sport Center

Fasilitas Rumah Sakit di Kota Deltamas

Hotel di Kota Deltamas

Pasar Modern Al-Hambra

ITSB di Kota Deltamas
Verona Gallery di Kota Deltamas
Kota Deltamas yang memiliki logo berbentuk huruf ‘d’ kecil dalam tulisan Yunani ini pun mempunyai sistem keamanan yang baik, dengan menempatkan security 24 jam di setiap posko kluster, pusat komersil, kawasan industri, dan area fasiltas umum, serta petugas keamaman yang rutin berpatroli. Belum lagi fasilitas lainnya, seperti listrik dari PLN dengan pelayanan premium, kabel fiber optic untuk kelancaran komunikasi dan koneksi data, jalur gas dari PGN, PDAM, serta SPBU yang bikin penghuninya merasa aman dan nyaman tinggal di sana. Itu yang terpenting kan ya :)
I'm in The Deltamas Icon
Informasi ini makin menarik minat saya untuk bisa memiliki unit hunian atau ruko di Kota Deltamas deh! Jika pun nanti saya belum bisa menempati, bisa dimanfaatkan untuk disewakan aja terlebih dulu. Lumayan kan uangnya bisa untuk bayar cicilannya eh, hihi. Paling nggak bisa dijadikan investasilah ya. Saya ingin seperti almarhumah mama yang bisa menyekolahkan anak-anaknya hingga ke jenjang pendidikan tertinggi, hanya dengan berinvestasi emas dan properti, sepeninggalnya almarhum papa :’) Amiin….    

Oya untuk informasi yang lebih lengkap lagi mengenai Kota Deltamas, silakan kunjungi website Kota Deltamas di www.kota-deltamas.com, atau media sosial Kota Deltamas di Instagram @kota_deltamas, Twitter @Kota_Deltamas, dan Facebook Kota Deltamas. Bisa juga dengan datang langsung ke Kota Deltamas di Jl. Tol Jakarta - Cikampek KM.37, Cikarang Pusat, Bekasi, atau call ke (021) 8997 1188.




Sumber foto: pribadi dan www.kota-deltamas.com

  • Share:

You Might Also Like

31 comments

  1. Wih ada gadis penunggu KOta Deltamas lagi bertapa :-D Gak panas neng foto di situ?
    Jadi kamu booking rumah atau ruko di Kota Deltamas?

    BalasHapus
  2. Wah Gerbang Kawasan Industri GIIC Kota Deltamas ini terlihat rapi dan bersih. Ngebayangin pasti nyaman tinggal di KOta Deltamas.
    Btw Deltamaas icon nya keren, bagus juga ya foto di situ haha

    BalasHapus
  3. Dulu aku sempat tinggal di lantai atas ruko mba, karena papa mama buka usaha di bawahnya, seneng sih bisa dekat orang tua terus, nggak ditinggal-tinggal kerja, tapi pegel juga naik turunnya, terus nggak punya teman main kaya anak-anak kompleks heheeeh.

    BalasHapus
  4. Cikarang sekarang makin cakep yaa.. pemukiman dan pusat belanja terintregasi makin keren-keren. jaman aku tinggal di Bekasi, cikarang masih panas banget karena isinya cuma pabrik :)

    BalasHapus
  5. Kawasan Delta Mas memang keren dan modern nih. Kawasan ini memang pilihan yang tepat untuk hunian karena fasilitas lengkap juga ;)

    BalasHapus
  6. Rumah di Deltamas, cocok banget nih buat yang suka mager kayak saya. Segala ada di komplek itu. Kan, jadi malas keluar komplek :D

    BalasHapus
  7. Cocok nih punya hunian disini, komplit fasilitasnya. Secara sekarang kemana-mana macet ya kan..

    BalasHapus
  8. kota delta mas sekarang sudah maju sekali jadi bagus, dan investasi usaha di delta mas juga menguntungkannya ya sekarang :)

    BalasHapus
  9. impian bangeeet bisa tinggal di tempat yang lengkap semua ada dan dekat, mudah pula diakses dari tempat tinggal. Kalo gitu caranya jadi bisa bermalas-malasan di rumah haha

    BalasHapus
  10. Kalau lihat ruko, saya juga kepikiran pengen tinggal di ruko. Lokasi deltamas strategis banget ya dan dikelola dengan sangat baik hingga jadi hunian yang nyaman.

    BalasHapus
  11. Wah jadi penasaran sama kawasan ini kalau pas Bekasi pengen jg lihat2 ke sini..

    BalasHapus
  12. Konsep kota deltamas yang bener2 disukai masyarakat ya, mba. Deket sama rumah keluargaku itu, mbak. Di sana lengkap ya fasumnya.

    BalasHapus
  13. Keren ya deltamas ini, semuanya lengkap gitu fasilitasnya karena ada disitu semua. Ga perlu keluar keluar terjebak macet. Deket universitas juga jadi cocok untuk mahasiswa daripada sewa apartemen

    BalasHapus
  14. Deltamas ini lagi hits ya Mbak. Enak nih, deket mana-mana. Pantesan langsung sold out. Soalnya akses ke mana-mana bikin orang jadi nggak ngehabisin banyak waktu ya buat di jalan aja.

    BalasHapus
  15. Banyak banget fasilitasnya. Bahkan punya pintu tol sendiri. Kayak wilayah hunian masa depan banget.

    BalasHapus
  16. Ini termasuk bisa dijadiin investasi properti ya apalagi udah lengkap gini tempatnya, pusat pemerintahan, industri, hotel2 sama rumah sakit

    BalasHapus
  17. Enak banget ya kelihatannya hunian di Deltamas, mana dekat pula ke jalan tol. Ini harganya kira-kira akan pesat ga ya ke depannya?

    BalasHapus
  18. Aku juga pengen punya RuKO mba, hehehe asik jualan dan rumah sekalian biar praktis.
    Apalagi sekarang sudah ada Kota Deltamas yang keren ini, modern pla dan dekat aksesnya kemana-mana. Pengen ih punya satu hahaha

    BalasHapus
  19. Keren ya desain Deltamas ini. Fasilitasnya lengkap. Aku belom pernah deh ke sana. Cuma baru lihat logonya aja kalo lewat tol Jagorawi :D

    BalasHapus
  20. Wih, fasilitasnya komplit banget ya di Deltamas. Pantesan aja sih harganya mahal. Sesuailah dengan yg di dapatkan. Tp btw itu mallnya kalau 20 hektar isinya apa aja ya? Gempor deh kalau keliling mall jalan kaki.

    BalasHapus
  21. Keren ya pusat kota nya kayak tertata rapi gitu, bener sih bentuknya seperti pentagon. Dan kantor bupati nya pun kece. Krasan ya kalo tinggal di Deltamas, kompliit ada di satu kompleks

    BalasHapus
  22. Ooooh ini toh Deltamas, yang selalu aku lihat kalau lewat jalur tol Cikarang. Selalu penasaran dalemnya kayak apa si Deltamas ini, ternyata cakep juga yaaaa. :))

    BalasHapus
  23. Aku suka sama Kota Deltamas terutama kawasan rumah SAVASA yang dengan teknologi terkini, jadi pengen punya rumah disana dah gt lengkap juga fasilitas umumnya ya mulai dari sekolah, rumah sakit dll.

    BalasHapus
  24. Wah pasar modernnya namanya Al Hambra. Jadi inget drama korea he he. Harga properti di sini pasti lumayan ya. Tapi kalau ada dananya, cocok u investasi. Jangankan yang mewah seperti ini. Perumahan kecil seperti di rumah saya yang hanya 30 unit rumah, sekarang harganya naik karena dekat kampus, pintu tol, dan rumah sakit baru.

    BalasHapus
  25. Udah terkonsep dengan seksama ya ini Deltamas. Rapi dan bersih.
    Nah, untuk kawasan industrinya berarti itu khusus yang tanpa proses pembakaran kah sehingga tidak ada emisi karbon di situ? Ada sudah ada teknologi khusus untuk menanganinya?

    BalasHapus
  26. Konseonya cakep ini ya Deltamasnya. Semoga menjadi jawaban buat masyarakat yang membutuhkan, juga buat para pebisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya di sana.

    BalasHapus
  27. Sering lihat plang Kota Delta Mas kalau lewat jalan tol. Sekarang baru lihat keadaan di dalamnya dari blog ini. Wah, fasilitas di dalamnya lengkap juga ya.., cocok sebagai kota mandiri.

    BalasHapus
  28. Kalau dengar Deltamas, saya jadi ingat nama permuahan di kampung halaman saya Makassar.
    Dan saya jadi pengen jalan jalan ke Deltamas dalam artikel ini.

    BalasHapus
  29. Huwaaaa... Keren...
    Pengen banget nih aku punya satu unit di perumahan yang konsepnya begini, semoga suatu hari nanti punya. AMIN! :D

    BalasHapus
  30. Ini konsepnya kayak kota dalam kota ya mbak. Apik. Suka banget sama sistem perumahan yg terintregasi kayak gini

    BalasHapus
  31. Banga aku mbaa jadi warga bekasi. Bukan di luar planet lagi kan skrg? Soalnya ada deltamas yang maju dan terintegrasi hhehe

    BalasHapus