#Ngopi4Gplus, Pentingnya Jaringan 4Gplus untuk Membuat Konten Kreatif

By Dewi Sulistiawaty - Februari 27, 2016

Jaman sekarang, semuanya sudah serba digital. Teknologi berkembang begitu pesatnya, bahkan masyarakat pun ‘dipaksa’ untuk melek teknologi jika tidak ingin ketinggalan informasi. Bicara mengenai teknologi informasi, banyak orang yang mulai tertarik, bahkan berlomba-lomba untuk masuk ke jaringan 4G. Jaringan 4G diminati karena dapat memudahkan, dan juga menghemat waktu para penggunanya. Pemerintah sendiri sedang giat-giatnya mendorong agar Indonesia bisa lebih maju lagi dalam dunia digital.

Dengan mengusung tema Ngopi (Ngobrolin Peristiwa Informasi Teknologi) bersama IM3 Ooredoo be creative, detikinet  menyelenggarakan sebuah talkshow berkenaan dengan teknologi 4G pada Kamis kemarin, tepatnya tanggal 25 Februari 2016 di Brewerkz, Crystal Lagoon Senayan City, Jakarta Selatan.

Mas Sultan Satria sebagai Manager Data Service Product Marketing Indosat Ooredoo, hadir untuk menjelaskan mengenai teknologi 4Gplus dari Indosat Ooredoo. Sejak tahun 2012 hingga tahun 2015, Indosat sudah mulai mengembangkan jaringannya. Mulai dari 3G, Super Wifi, Super Internet, hingga sampai ke 4Gplus.

Dari total populasi peduduk Indonesia, yaitu sekitar 259,1 juta jiwa, sekitar 88,1 juta diantaranya aktif menggunakan internet, dan 79 juta diantaranya aktif menggunakan sosial media. Untuk pengguna mobile diperkirakan sekitar 326,3 juta, yang berarti jumlahnya lebih dari 125% dari populasi penduduk Indonesia. Artinya tiap 1 orang bisa menggunakan lebih dari 1 perangkat. Sedangkan yang aktif bersosial di mobile terdapat sekitar 66 juta orang.

Penggunaan jaringan internet terus meningkat hingga 15% tiap tahunnya. Begitupun dengan pengguna sosial media yang meningkat hingga 10%, 2% untuk pengguna mobile, dan 6% untuk yang aktif bersosial media via mobile. Dari keseluruhan pengguna internet, 43% diantaranya menggunakan smartphone, dan sisanya menggunakan tablet, IPad, dan lain-lain.

Indosat Ooredoo terus memberikan pengalaman digital terbaiknya bagi masyarakat Indonesia, hingga kemudian berhasil menjadi operator dengan kecepatan tertinggi di tujuh lokasi, untuk download (hingga 46,99 Mbps) dan upload (hingga 23,81 Mbps). Ini dibuktikan oleh sinyal.co.id, sebuah perusahaan independen yang mencoba menguji kecepatan download dan upload menggunakan 3 operator di tujuh lokasi berbeda.

Di tahun 2016 Indosat sudah menargetkan akan menempatkan jaringan 4G-nya ke lebih dari 40 kota di Indonesia, dengan lebih dari 7000 site. Untuk itu Indosat berencana akan menjangkau 5 juta orang pengguna tiap bulannya. Kecepatan akses pun terus ditingkatkan, hingga saat ini sudah mencapai 185 Mbps.

Apa sih 4Gplus? Jika kita melakukan uploadstreaming atau download di jaringan 3G, biasanya akan memakan waktu sekitar 25 detik, atau untuk nonton video bisa buffering. Nah, jika menggunakan 4Gplus tak ada lagi masalah buffering, untuk proses upload dan download juga menjadi lebih cepat.

Kenapa dinamakan 4Gplus? Karena Indosat Ooredoo bukan hanya sekedar memberikan jaringan 4G saja, namun juga ada plus manfaat yang bisa didapatkan oleh penggunanya.

Indosat Ooredoo menghadirkan layanan Paket Freedom Combo bagi pelanggannya. Untuk paket ini pengguna GSM akan mendapatkan double kuota, plus bebas nelpon & SMS sepuasnya. Masih belum percaya untuk penggunaan Free Unlimited Nelpon & SMS?

Nah, Mas Sultan pun meminta peserta yang sudah menggunakan Paket Freedom Combo untuk membuktikannya, dengan mencoba menelpon ke peserta lainnya yang menggunakan provider yang sama. Dan terbukti bahwa aktivitas menelpon dan SMS yang telah dilakukan tidak mengurangi pulsa peserta tersebut.

Karena namanya freedom maka selain bisa bebas nelpon, bebas bicara dan SMS-an, Indosat Ooredoo juga memberikan sebuah layanan baru berupa kebebasan transportasi. Indosat menyediakan shuttle bus for free! Rute yang bakal dilalui  untuk wilayah Jakarta bisa di cek di sosial medianya Indosat Ooredoo, karena tiap hari ada rutenya masing-masing.

Bus ini terbuka bagi siapa saja, pengguna ataupun bukan pengguna Indosat Ooredoo dapat dengan bebas untuk menikmati bus ini. Layanannya pun tidak tanggung-tanggung, di dalam bus ada ‘pramugari’ yang akan menyediakan softdrink bagi para penumpang.

Oya, balik lagi ke Paket Freedom Combo. Di dalam paket ini, pengguna juga dapat memilih paket mana yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Ada 4 macam pilihan yaitu Paket M, L, XL, dan XXL.
  • Paket M : 59 ribu, 1GB + 1GB, Bebas Nelpon dan SMS sepuasnya ke sesama pelanggan Indosat Ooredoo selama 24 jam tanpa batas.
  • Paket L  : 99 ribu, 3GB + 3GB, Bebas Nelpon dan SMS sepuasnya ke sesama pelanggan Indosat Ooredoo selama 24 jam tanpa batas.
  • Paket XL  : 149 ribu, 5GB + 5GB, Bebas Nelpon dan SMS sepuasnya ke sesama pelanggan Indosat Ooredoo selama 24 jam tanpa batas.
  • Paket XXL : 199 ribu, 10GB + 10GB, Bebas Nelpon dan SMS sepuasnya ke sesama pelanggan Indosat Ooredoo selama 24 jam tanpa batas.
Agar dapat menggunakan layanan 4Gplus, tentulah pengguna harus memiliki perangkat mobile yang sudah mendukung di jaringan 4G. Untuk itulah Indosat Ooredoo menyediakan beragam pilihan smartphone dengan harga yang terjangkau, mulai dari harga 889 ribu rupiah.

Tertarik? Bagaimana caranya untuk bisa menikmati layanan ini? Indosat Ooredoo punya 4 langkah mudah untuk dapat menikmati layanan 4Gplus, yaitu :

1. Pertama, dapatkan USIM 4Gplus dari Indosat Ooredoo.

Bagi yang masih ingin menggunakan nomor Indosat Ooredoo-nya yang lama, bisa mendapatkannya dengan cara upgrade USIM-nya. Caranya?

- Indosat Ooredoo memiliki lebih dari 350 gerai di seluruh Indonesia. Pelanggan bisa mendatangi langsung gerai-gerai Indosat Ooredoo yang tersedia.

- Lalu juga ada Mobile Agent. Bagi pelanggan yang jauh dari lokasi gerai, bisa menggunakan layanan Mobile Agent yang tersebar di mana-mana, seperti di kafe-kafe, mal, kampus, dan tempat-tempat umum lainnya. Lokasi Mobile Agent bisa di search di www.indosatooredoo.com/mobileagent. Tersedia lebih dari 1000 Mobile Agent yang siap membantu meng-upgrade USIM pelanggan dari 3G ke 4G dalam waktu tak lebih dari 5 menit.

- Atau bisa juga dengan cara menghubungi call center Indosat Ooredoo. Terdapat lebih dari 2000 ahli digital yang akan melayani para pelanggan Indosat Ooredoo.

2. Kedua, pastikan perangkat yang digunakan mendukung untuk 4G.

3. Ketiga, pastikan terdaftar dalam Paket Freedom Combo.

4. Keempat, pastikan berada dalam jangkauan jaringan 4Gplus.

Untuk mengetahui bahwa perangkat yang digunakan sudah 4G atau tidak, pelanggan bisa memeriksa sendiri, dengan cara menekan *123*46# atau dengan cara SMS ke 363. Cara kedua, bisa juga dengan download aplikasi Indosat myCare di Play Store. Di aplikasi ini pelanggan dapat dengan mudah memeriksa kuota data, sisa kredit, masa aktif SIM Card, dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lengkapnya bisa dibaca di www.indosatooredoo.com/4Gplus.

Bagi yang suka berkreasi dengan membuat konten-konten menarik, seperti video dan musik, maka kecepatan jaringan sangatlah penting. Seperti yang diutarakan oleh Rini Wulandari yang turut hadir sebagai bintang tamu di acara #Ngopi4Gplus.

Sebelum mengungkapkan pendapatnya mengenai pentingnya jaringan yang cepat, Rini perform dengan menyanyikan lagu ‘Oh, Baby’ yang merupakan salah satu dari lagu single keduanya. Rini mengatakan bahwa lagu ‘Oh Baby’ ini berawal dari sosial media.



Sosial media sangat penting bagi Rini. Di jaman sekarang ini, sosial media merupakan sebuah media promosi yang bisa dilakukan sesuka hati dan juga murah. Dari sosial media ini jugalah Rini mendapatkan banyak feedback dari followers-nya. “Dan sosial media ini bisa dijadikan sebagai batu loncatan untuk maju ke media yang lebih besar lagi,” ungkap Rini.

Jika ingin serius meng-upload musik atau video ke you tube, sosial media, ataupun ke blog, tentu membutuhkan kuota yang lumayan besar. Agar proses upload bisa berjalan lancar, musti menggunakan jaringan tercepat 4G. Cepat, Tepat, dan Akurat! Itulah 3 kata yang bisa mewakili 4Gplus menurut Rini.

Denis Adhiswara yang merupakan seorang aktor terkenal Indonesia, dan sekarang juga bekerja di Layaria – sebuah  perusahaan online video influencer – menyetujui hal ini. Menurutnya dengan adanya jaringan 4Gplus, ia menjadi lebih mudah dalam mengkreasikan video-video yang dibuatnya.

Masyarakat Indonesia sangat suka jika dapat terhubung dengan teman atau rekan-rekannya dengan cara yang fun dan cepat. Dan Facebook merupakan media yang paling banyak digunakan hingg saat ini, karena Facebook dianggap lebih mudah dan praktis. Setelah Facebook, barulah Instagram, Twitter, dan Path.

Berbagi foto dan video pun mulai diminati saat ini, dengan tersedianya fitur tersebut di sosial media. Sponsorpun lebih menyukai mengiklankan produk mereka lewat video karena dianggap lebih mudah di mengerti dan lebih cepat mempengaruhi penonton.  

Namun begitu, sponsor juga punya ketakutan jika ternyata nama brand-nya tidak tampil dalam video tersebut, untuk itulah mereka melakukan policy control.  Menurut Denis, tidak perlu takut jika nama brand tidak muncul dalam video, karena jika keseringan muncul malah membuat video yang kita buat, jadi seperti iklan. Sehingga video kita akan kehilangan passion atau soul-nya.

Membuat video yang menarik tanpa perlu menampilkan brand-nya adalah dengan cara membuat penonton aware dengan brand tersebut, tapi jangan sampai kelihatan bahwa video itu adalah iklan.

Buatlah video itu seperti film pendek atau cerita yang mengalir, yang membuat penonton seolah-olah sedang menonton sebuah cerita, bukan iklan. Bisa saja kita menampilkan nama brand, tapi jangan sampai penonton sadar bahwa video tersebut disponsori oleh brand tersebut.

“Carilah niche topic yang kita suka. Akan lebih baik punya follower sedikit tapi setia, dari pada punya banyak tapi cuma ‘sambil lewat’ alias tidak begitu tertarik,” saran Denis.

Nah, bagaimana caranya membuat film atau cerita yang bisa membuat penonton tertarik untuk menonton? Tentu saja dengan membuat konten yang menarik. Coba perhatikan contoh video di bawah ini.



Menurut Denis, ada 5 faktor yang perlu diperhatikan saat membuat konten video kreatif menjadi menarik, agar orang mau menonton, mau share, dan mau subscribe, yaitu :

1. Relevance.

Bikinlah video yang membuat penonton berkata ‘Ini gue banget!’, dan bukan sekedar memuji si pembuat video, sehingga penonton akan dengan senang hati nge-share video tersebut.

2. Reach.

Kita membuat video tentu dengan tujuan agar ada yang menonton, ada view. Ini bisa dilihat dari jumlah rata-rata view dari sebuah periode tertentu.

3. Engagement.

Hal yang paling penting adalah seberapa seringnya penonton berinteraksi dengan konten video yang kita buat, seberapa banyak yang memberi komentar dan nge-share. Ini bisa dilihat dari total penayangan dan interaksi.

4. Influence.

Seberapa tertarikkah penonton terhadap video yang kita buat. Apakah dia men-share video kita, bahkan jadi berlangganan video kita.

5. Consistency.

Konsisten dengan video yang kita buat. Misalnya selalu tayang di waktu atau di jam-jam tertentu, dan video tersebut punya identitas sendiri. Hal ini harus selalu konsisten dilakukan tiap kita akan menayangkan video tersebut.

Untuk bisa membuat sebuah konten video menjadi viral bukanlah hal yang mudah, butuh yang namanya multiplatform strategy. Misalnya sebuah video di Amerika yang baru viral setelah tampil di The Ellen DeGeneres Show. Jadi, manfaatkan semua platform yang ada untuk membuat konten bisa tersebar luas. Serta kenali juga karakter platform yang digunakan, sebagai tempat untuk meng-upload video tersebut.

Bagaimana caranya agar bisa punya banyak follower? Cara yang paling mudah adalah dengan membuat mini quiz. Jangan coba-coba untuk membeli jasa follower, karena itu tidak akan ada manfaatnya.

Lalu seberapa lama durasi yang sebaiknya diterapkan untuk membuat sebuah video kreatif yang menarik? Menurut Denis, durasi tidak terlalu penting selama konten videonya menarik. Namun, berbeda jika video yang kita buat adalah untuk iklan di YouTube.

Ada aturan tersendiri yang perlu diperhatikan jika ingin membuat video iklan di YouTube, yaitu aturan 5 second roll pertama. Karena kebanyakan penonton biasanya akan langsung meng-skip iklan yang muncul setelah waktu 5 detik tersebut.  

Untuk itu, jika kita mampu membuat video yang menarik di 5 detik pertama, maka ada kemungkinan penonton tidak akan menekan tombol skip secara terburu-buru. Denis menyarankan agar untuk 5 second roll  pertama ada informasi baru, baik itu dalam bentuk lisan maupun visual. Contohnya bisa dilihat pada iklan sebuah perusahaan asuransi Geico di YouTube.

Agar lebih jelas lagi bagaimana cara membuat video di YouTube, bisa klik Creators yang terdapat di bagian paling bawah pada YouTube.com. Jika mau, kadang mereka menyediakan kelas online-nya juga, gratis dan ada sertifikatnya.

Berkat kerja keras yang dilakukannya, Denis sudah banyak menelorkan konten video kreatifnya. Videonya kemudian di share ke sosial media, salah satunya adalah instagram. Cuma untuk di Instagram, ada keterbatasan durasi, yaitu tidak lebih dari 15 detik. Sedangkan di YouTube dan Facebook, punya durasi yang lebih panjang.

Namun menurut Denis, akun sosial media akan lebih cocok buat orang-orang yang ingin mendapatkan traffic yang tinggi pada minggu pertama saja. Sedangkan YouTube lebih cocok untuk orang-orang yang membangun katalog kontennya, agar bisa ditonton di kemudian hari. Kelebihan lainnya, YouTube juga mempunyai sistem pencarian yang bagus pada mesin pencari.

Apapun kreativitas yang ingin kita lakukan, mau bikin video yang menarik, musik yang indah, konten blog yang baik, foto atau gambar yang bagus, atau apapun itu, asal dilakukan dengan sungguh-sungguh, mencoba saran dan tips dari ahlinya, serta di dukung dengan jaringan yang kuat dan kencang, pasti akan memberikan hasil yang maksimal.

Acara pun ditutup dengan mendengarkan suara indah dari Rini Wulandari yang menyanyikan lagu ‘Rapuh’. Lalu dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata dari detikinet untuk bintang tamu dan narasumber yang hadir pada acara #Ngopi4Gplus.

Terima kasih pada narasumber yang telah membagikan ilmunya, dan juga pada detikinet yang telah menyelenggrakan acara yang sarat manfaat ini. Semoga dapat bertemu lagi di acara Ngopi bareng detik,  dengan topik menarik lainnya :)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar