Produktivitas Lancar dengan ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406), Laptop AI Paling Ringkas dan Powerful

By Dewi Sulistiawaty - Juni 29, 2024

Fitur Fitur Laptop ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)

Tak hanya dikenal sebagai generasi digital, anak muda masa kini juga dikenal sebagai generasi yang kritis dan menyukai segala hal yang praktis dan serba instan. Tak ada yang salah dengan ini, selama hal tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik dan dapat memberikan dampak yang positif. Salah satu teknologi yang sangat membantu generasi muda dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari adalah teknologi Artificial Intelligence (AI). Bahkan beberapa waktu belakangan ini, kehadiran AI menjadi tren di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda.

Teknologi AI tidak saja mengubah gaya hidup, aktivitas, dan cara berinteraksi, namun juga dapat mempengaruhi produktivitas, termasuk di bidang pendidikan dan dunia kerja, khususnya di kalangan generasi muda. Segala kemudahan, kepraktisan, serta efisiensi yang diberikan AI ini mampu menjadi magnet yang mendorong anak muda untuk mengadopsi teknologi satu ini, termasuk teknologi AI yang ditanamkan pada perangkat digital, seperti smartphone, tablet, PC, kamera, printer, hingga laptop.    

Mengikuti perkembangan teknologi serta tren yang terjadi di masyarakat, ASUS, perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia akhirnya meluncurkan perangkat laptop berteknologi AI, yakni ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406). Kehadiran laptop ini tentu saja menambah semarak pasar industri teknologi, khususnya laptop di Indonesia. Tak hanya menawarkan inovasi dan teknologi terbaru, namun laptop terbaru keluaran ASUS ini juga hadir dengan desain ringkas dan elegan, serta disematkannya berbagai fitur canggih di dalamnya.

Peluncuran Laptop ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)

peluncuran laptop  ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)
Peluncuran laptop AI ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)

ASUS selalu berkomitmen untuk menghadirkan inovasi dan juga teknologi melalui jajaran laptopnya. Salah satu segmen laptop terbaiknya adalah ASUS Vivobook yang selalu hadir dengan inovasi-inovasi terbaru, termasuk yang Vivobook S 14 OLED (S5406). Teknologi AI yang diberikan pada laptop ini tentunya sangat dibutuhkan dan dapat melancarkan aktivitas, terutama bagi mereka dengan produktivitas dan mobilitas yang tinggi.

ASUS resmi memperkenalkan laptop Vivobook S 14 OLED (S5406) pada hari Kamis, 27 Juni 2024 di Pullman Central Park, Jakarta. Dalam acara tersebut hadir para dealer, distributor, media partner, KOL, dan tentunya tim ASUS dan para petinggi ASUS. Acara dipandu oleh presenter cantik, Intan Aletrino. Bapak Jimmy Lin selaku ASUS Southeast Asia Regional Director mengawali acara dengan memberikan opening speech. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) merupakan simbol inovasi terkini ASUS dalam menggabungkan kecanggihan teknologi ke dalam desain yang ringkas serta elegan. Laptop ini bukan sekadar sebuah alat, tetapi juga merupakan bagian dari gaya hidup modern.

Lebih lanjut Bapak Jimmy Lin mengatakan bahwa Vivobook S 14 OLED juga merupakan perangkat laptop ASUS AI yang cerdas yang dipastikan dapat membantu penggunanya untuk lebih produktif dalam aktivitas sehari-hari. “Laptop ini juga merupakan bukti komitmen kami untuk dalam menghadirkan inovasi teknologi AI terdepan di Indonesia,” ujar Bapak Jimmy Lin. Berbagai inovasi yang dihadirkan ASUS ini tentunya bertujuan untuk menciptakan pengalaman tak terbatas, dalam menunjang produktivitas setiap penggunanya.

peluncuran laptop ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)

Operating System tentunya menjadi bagian penting dalam sebuah laptop. Untuk unit laptop Vivobook S 14 OLED (S5406), ASUS pun berkolaborasi dengan Microsoft, dengan menyematkan sistem operasi terbaru dan terdepan dari Microsoft. Ibu Lisa Halim selaku General Manager, Device Partner Sales Microsoft APAC menyebutkan kalau Microsoft berkomitmen untuk selalu berinovasi dengan berbagai terobosan teknologi terbaru, sehingga dapat mendukung segala kreativitas dan memberikan pengalaman terbaik bagi penggunanya, terutama ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406).

Yup! ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) yang diluncurkan hadir dengan berbagai fitur canggih yang telah disiapkan untuk menunjang dan mempermudah produktivitas penggunanya. Untuk lebih jelasnya, Ibu Gina Lai selaku Country Product Manager of ASUS Indonesia mempresentasikan apa saja fitur-fitur yang telah diberikan pada ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406). Berikut penjelasannya yaa.   

     

Fitur ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406), The Most Powerful Compact AI Laptop

ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)
ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)

Performa Powerful dengan Teknologi AI

Mengusung tagline “The Most Powerful Compact AI Laptop”, ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) hadir dengan inovasi terbaru yang didukung teknologi AI. Untuk itu, agar laptop ini memiliki performa yang powerful, ASUS menanamkan prosesor tercanggih dari Intel®, yakni Intel® Core™ Ultra 7 Processor 155H, dengan Thermal Design Power (TDP) hingga 50W. Prosesor ini memang dikenal dengan kemampuan AI nya yang canggih.

Vivobook S 14 OLED (S5406) Prosesor Intel Core Ultra 7

Tak cukup itu saja, ASUS juga memasang Neutral Processing Unit (NPU), komponen yang menjadi kunci dalam menjalankan semua tugas berbasis AI. Untuk NPU tersebut, ASUS menggunakan chip Intel® AI Boost NPU yang telah disematkan pada bagian CPU nya. NPU ini berfungsi menangani proses pembelajaran mesin, serta inferensi dengan efisiensi yang jauh lebih tinggi dibandingkan CPU tradisional. Kolaborasi keduanya membuat kinerja laptop ini sangat powerful, dan mampu menjalankan berbagai pekerjaan dengan mudah dan cepat.    

Akses AI Lebih Cepat dengan Fitur Copilot

Fitur Copilot merupakan fitur terbaru dari Microsoft, yang kemudian disematkan oleh ASUS pada Vivobook S 14 OLED (S5406). Fitur Copilot yang terdapat pada Windows 11 dapat diaktifkan melalui sebuah tombol yang terdapat pada keyboard. Dengan mengaktifkan fitur Copilot, kita dapat teintegrasi ke berbagai fitur AI, mempercepat eksplorasi, dan interaksi dengan AI. Fitur Copilot memiliki kemampuan, seperti pengenalan suara, analisis teks cerdas, dan melakukan penyesuaian pengaturan secara otomatis berdasarkan pola penggunaan penggunanya.

Tombol Copilot ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)

Ini keren sih fiturnya! Cuma dengan sekali menekan tombol Copilot, kita bisa dengan cepat mengakses data yang kita inginkan, memerintahkan pencarian, melakukan pengenalan suara, analisis gambar, dan berbagai hal lainnya. Ini tentunya makin mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita. Semakin efisien kerja kita, tentunya semakin lancar dan tinggi produktivitas kita.  

Layar dengan Kualitas Terbaik

Layar ASUS Lumina OLED
Tampilan visual yang jernih dengan akurasi warna yang tinggi berkat
layar ASUS Lumina OLED 

Untuk urusan layar, ASUS selalu memberikan yang terbaik dan berkualitas, dengan ditanamkannya layar ASUS Lumina OLED, yang telah tersertifikasi Dolby Vision®, Pantone® Validated, dan memiliki color gamut 100% DCI-P3 pada ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406). Sehingga bisa dipastikan akan menghasilkan warna terbaik dengan tingkat akurasi yang tinggi. Hadir dengan ukuran WUXGA (1920 x 1200) OLED dan rasio 16:10, ternyata layar ini juga telah mendapatkan sertifikasi VESA DisplayHDR™ True Black 600.

Keakuratan warna dan juga ketajaman visual ini tentunya sangat penting dalam menunjang aktivitas, terutama bagi mereka yang menyukai kegiatan multimedia dan profesional kreatif. Selain itu, layar laptop ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) telah didukung fitur teknologi Filter Blue Light dan Anti-Flicker, sehingga dapat menjaga mata agar tetap nyaman dan sehat selama beraktivitas menggunakan laptop.

Untuk memberikan performa terbaik dalam pemrosesan grafisnya, ASUS telah menanamkan chip grafis Intel® Arc™ pada Vivobook S 14 OLED (S5406). Komponen ini mampu menghadirkan performa hingga dua kali lipat dibandingkan dengan chip grafis terintegrasi di prosesor Intel® generasi sebelumnya. Chip ini sudah didukung pula dengan berbagai teknologi grafis modern, seperti real-time ray tracing, Xแต‰ Super Sampling, hingga DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine.

Tipis, Ringan, dan Ringkas

Vivobook S 14 OLED (S5406) tipis dan ringan
ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406), laptop tipis, ringan, dan dapat ditekuk hingga 180 derajat

Seperti yang sudah dituliskan di atas, generasi muda masa kini sangat menyukai segala hal yang ringkas, mudah, dan praktis, termasuk dalam memilih perangkat digital. Nah, laptop ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) ini cocok banget untuk anak muda dengan produktivitas dan mobilitas yang tinggi. ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) dapat menjadi teman terbaik dalam beraktivitas dan kreativitas sehari-hari.

Bobotnya yang ringan, yakni hanya 1,3kg dan ketebalan yang tipis, yakni hanya 1,39cm, dengan ukuran 14-inch, membuat laptop ini enak dan nyaman dibawa kemana-mana. Ukurannya yang tipis, membuat laptop ini bisa diselipin dalam tas, dan tidak akan membebani pundak juga karena bobotnya yang cukup ringan. Walaupun minimalis dan praktis, namun laptop ini tetap mengutamakan desain bodi yang elegan dengan kesan yang mewah. Jadi bisa banget untuk dibawa tampil, dan akan terkesan profesional saat harus presentasi di hadapan klien.

Fitur AI Sense Camera

Fitur AI Sense Camera ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)

Pada komponen kamera, yang terdapat di sisi tengah bagian atas layar, ASUS telah menyematkan FHD camera with IR, dilengkapi dengan Ambient Light Sensor function, Windows Hello, serta Windows Studio Effect. Fitur IR camera dan webcam privacy shield ini melengkapi inovasi terbaru berteknologi AI dari ASUS sebagai salah fitur keamanan, serta untuk menjaga privasi penggunanya. Teknologi AI Sense Camera dapat menyesuaikan pencahayaan dan framing secara otomatis, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang kurang ideal. Semua berkat kemampuan AI yang dimilikinya. Tentunya ini dapat memberikan pengalaman konferensi video maupun meeting online yang lebih baik lagi bagi penggunanya.

Kuat dan Tangguh

Tampil dengan desain yang ringan dan tipis, tak lantas membuat laptop ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) ini jadi ringkih dan rentan penyok. ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) hadir dengan bodi full-metal dengan daya tahan yang sudah teruji lho! Yup, ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) telah bersertifikat US Military Grade Durability (MIL-STD-810H), dan tentunya sudah lolos dari serangkaian uji ketahanan. Bahkan laptop ini diklaim mampu bertahan dari berbagai kondisi penggunaan yang ekstrem, guncangan mekanis, hingga perubahan suhu yang mendadak. Sekuat dan setangguh itu memang! Keren!

ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) tangguh berbahan full metal
ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406), bodi full-metal dengan daya tahan yang kuat

ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) dilengkapi pula keyboard ergonomis dengan pencahayaan RGB. Dengan adanya fitur backlit pada keyboardnya, dapat memberikan kenyamanan saat kita mengetik di berbagai kondisi pencahayaan.

Bisa dibawa bekerja hingga lebih dari 16 jam, laptop ini ternyata dibekali dengan baterai berkapasitas 75Wh. Jadi tak perlu khawatir kehabisan daya saat harus beraktivitas dalam waktu yang lama. Nah, walaupun menggunakan Vivobook S 14 OLED (S5406) dalam waktu yang lama, namun tak perlu khawatir laptopnya akan cepat panas, karena ASUS telah memberikan sistem pengelolaan termal ASUS IceCool, yang menjamin laptop tetap beroperasi dalam suhu yang sejuk, bahkan ketika dihadapkan dengan beban kerja yang berat. Inovasi ini memastikan bahwa komponen internal terlindungi dari risiko overheating, yang sering menjadi masalah pada perangkat portabel.

pengujian benchmark ketahanan baterai ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)
Hasil benchmark ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) saat digunakan bermain game Night Raid

Untuk urusan suara, pengguna ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) akan dimanjakan dengan jernihnya suara yang dihasilkannya. Ini berkat best sound quality by Harman/ Kardon dan sudah tersertifikasi Dolby Atmos stereo sound system juga. Laptop ini pun dilengkapi dengan port input output yang lengkap dan modern, di antaranya 2x USB Thunderbolt™ 4.0 support display/ power delivery, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader.

2 port thunderbolt 4.0 Vivobook S 14 OLED (S5406)

port di ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)

Harga Laptop ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)

Setelah mengetahui berbagai fitur canggih yang ada pada laptop ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406), tentunya pada penasaran ya, berapa sih harga laptop keren satu ini. Nah, dengan segala keunggulan yang dimilikinya, ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) ini dibandrol dengan harga Rp18.299.000 (Delapan Belas Juta Dua Ratus Sembilan Puluh Sembilan Ribu Rupiah). Terdapat 2 pilihan warna, yaitu Neutral Black dan Mist Blue. ASUS juga memberikan jaminan berupa 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS Perfect Warranty.

Harga Laptop ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)

Gimana anak muda? Pasti tertarik untuk memiliki laptop AI ini kan. Saya yang anak muda plus plus saja sangat tertarik lho :D. Oiya, bagi kamu yang ingin mencari atau membeli laptop ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406) ini, kamu bisa cuss ke ASUS Online Store atau store yang jadi partner ASUS yaa. 

Spesifikasi Laptop ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)

Spesifikasi Fitur Laptop ASUS Vivobook S 14 OLED (S5406)

  • Share:

You Might Also Like

0 comments