COCO FESTIVAL INDONESIA 2018, Wadah Kreativitas Bagi Generasi Milenial

By Dewi Sulistiawaty - November 08, 2018


COCOFEST 2018 - Tahu nggak mengapa saat ini generasi milenial, alias Generasi Y, alias generasi muda, alias kamu yang lahir di sekitaran tahun 1980 hingga tahun 2000 ini banyak yang rangkul? Eh, bukan rangkul-rangkulan atau cabe-cabean yaa, kalo yang ini sih kudu dibersihin nih XD Setiap saya menghadiri event atau talkshow gitu selalu fokusnya membicarakan tentang generasi milenial, pun kalau ada produk yang diluncurkan, produk tersebut ditargetkan untuk generasi milenial.

Sependek yang saya tau, sikap dan perilaku anak zaman now itu beda bingit dengan anak zaman old – yang cenderung lebih penurut dan menerima apa aja yang mereka dapatkan (walau ini nggak berlaku untuk semua anak zaman old ya). Generasi milenial yang sangat akrab dengan teknologi digital cenderung bersikap lebih kritis dan berpikir kreatif. Makanya nggak heran kalau saat ini banyak tumbuh start up yang didirikan oleh generasi milenial. Ada-ada aja ide brilian dan inovasi unik yang keluar dari pikiran generasi muda ini.

Generasi milenial merupakan orang-orang yang berada di usia produktif. Generasi yang diperkirakan 75% menguasai lapangan kerja global. Bagi bangsa kita, tentu saja generasi milenial merupakan sumber daya manusia yang mestinya ‘dikelola’ dengan baik, agar bisa menjadi SDM yang berkualitas, serta memberikan ide dan kreativitas mereka untuk kemajuan bangsa.

Itulah sebabnya mengapa generasi milenial banyak menjadi target dan fokus semua pihak, termasuk salah satunya BUMN. Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati tiap tanggal 28 Oktober, BUMN meluncurkan sebuah program yang diberi nama BUMN Milenial. Peluncuran BUMN Milenial dilakukan pada hari Minggu, 28 Oktober 2018 di Bontang, Kalimantan Timur.

Bontang, Millennials Summit 2018
Gelaran yang diberi tajuk Millennials Summit 2018 ini dihadiri oleh Menteri BUMN, Ibu Rini Soemarno serta para pejabat di BUMN, founder beberapa start up ternama, dan sekitar 143 Millennials BUMN. Yup, para milenial yang hadir merupakan mereka yang bekerja sebagai karyawan di perusahaan BUMN. Tujuan penyelenggaraan Millennials Summit 2018 ini adalah dalam rangka meningkatkan peran dan kontribusi generasi milenial BUMN, dalam mendorong inovasi dan sinergi di BUMN. Tentu saja dengan program ini diharapkan citra BUMN bisa diangkat menjadi lebih dinamis, kreatif, dan muda.


Menteri Rini bersama BUMN Milenials
Dari foto-foto di atas bisa dilihat bagaimana akrabnya Ibu Rini dengan para milenial. Layaknya generasi milenial yang suka selfie/ wefie, Ibu Rini pun meladeni untuk wefie bareng millennials. Nampak tak ada jarak antara bawahan dan atasan. Kondisi seperti inilah yang identik dengan generasi milenial yang biasanya mengedepankan persamaan. Tak peduli berapapun usianya, semua sama, dan yang dihargai adalah ide dan kreativitas. Para milenial yang hadir di Millennials Summit juga mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dengan CEO BUMN serta founder beberapa start up ternama.





Nah, dalam kegiatan Millennials Summit 2018 ini, BUMN pun resmi membuka COCO FESTIVAL INDONESIA 2018 (COCOFEST 2018), yaitu sebuah ajang festival kreatif yang bertujuan untuk menghubungkan dan menginspirasi anak muda Indonesia, untuk lebih kreatif dalam berkreasi. COCOFEST 2018 adalah event yang menjadi bagian dari program BUMN Milenial, yang resmi dibuka tanggal 28 Oktober 2018 dan ditutup tanggal 10 November 2018 nanti, yang sekaligus akan dilakukan awarding night untuk para pemenang online competition.


COCOFEST 2018
Rangkaian COCOFEST 2018 dimulai dengan aktivitas digital, hingga sampai pada acara puncak yang diselenggarakan di Surabaya, tanggal 10 November 2018, bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan. Pada puncak acara nanti akan diselengarakan Showcase & Workshop, Keynote Speech & Idea Talks, serta Meet & Greet dengan beberapa konten kreator terkemuka. Seru nggak tuh! Jadi kepengen menang eh ikutan kan jadinya, hehe… 

Baidewei, kompetisi online #CocoFestIndonesia yang terbuka untuk umum ini sudah dibuka (submission) sejak awal bulan Oktober lalu, dan ditutup pada 6 November 2018 ya, gaes! Jadi nggak hanya karyawan BUMN aja, semua boleh ikut! Tersedia hadiah puluhan juta rupiah dan liburan ke Labuan Bajo lho! Gimana cara ikutannya ya? Untuk info jelasnya sih sebaiknya kamu mlipir ke website resmi COCO FESTIVAL INDONESIA 2018 deh! 


Etapi karena saya lagi berbaek hati nih, saya kasih tau aja di sini ya, hehe. Kamu tinggal pilih konten apa yang ingin kamu usung. Ada 4 kategori konten yang bisa kamu pilih, yaitu Nature, Lifestyle, Transportasi, dan Infrastruktur. Kontennya bisa apa saja, yang penting terkait dengan semua aset dan produk yang dimiliki atau sedang dibangun oleh BUMN. Misalnya foto Jembatan Holtekamp, Pesawat Nurtanio PTDI, Kapal Pelni Binaiya, Balai Ekonomi Desa (Balkondes), Rumah Sementara di Lombok, Rumah Kreatif BUMN (RKB), Ekspedisi Papua Terang, foto bangunan Bank Mandiri, foto Mandiri Kartu Debit, foto ATM Mandiri, foto pom bensin (Pertamina), Wifi Corner Telkom, dll.

Jika sudah, kamu tinggal upload konten kreatif kamu, baik dalam bentuk foto, video, animasi atau gambar di Instagrammu. Bikinlah caption semenarik mungkin, dan gunakan hashtag #BUMNNYATABUATKITA dan #BUMNHADIRUNTUKKITA. Lalu tag 3 akun Instagram BUMN terkait dengan konten yang kamu bikin. Jangan lupa untuk tag juga akun Instagram @COCOFESTINDONESIA dan 3 akun Instagram temanmu ya. Ajak temanmu untuk ikutan  juga. Good Luck, ya Gaes! :)




  • Share:

You Might Also Like

0 comments