Cara Cerdas Jika Ingin Kredit Mobil

By Dewi Sulistiawaty - Maret 02, 2017

Ingin memiliki mobil, tapi nggak punya dana besar untuk membayar lunas? Pembayaran dengan cara kredit merupakan salah satu solusi yang banyak diminati oleh masyarakat. Namun tentu saja jika ingin membeli mobil secara kredit bukanlah perkara yang mudah. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Belum lagi dalam memilih perusahaan pembiayaan yang benar-benar bisa dipercaya.

Bagi yang berencana membeli mobil secara kredit, bisa membaca lebih lanjut tulisan saya ini ya, karena di sini akan diulas secara lengkap bagaimana caranya agar bisa membeli mobil dengan cara kredit, tanpa takut kena tipu oleh perusahaan pembiayaan abal-abal. Informasi mengenai hal ini saya dapatkan dari narasumber yang kompeten di bidangnya pada acara yang diselenggarakan oleh Mobil123.com, pada hari Selasa, 28 Februari 2017 kemarin.
Suasana di Tartine sebelum acara di mulai
Bertempat di Tartine Café Sudirman Jakarta, acara yang mengangkat tema “Tips Kredit Mobil yang Menguntungkan” dibuka dengan mendengarkan sedikit kata sambutan dari Bapak Irwan Nurviandi, Head of Marketing Mobil123. Oya, sedikit info nih bagi yang belum tau, Mobil123.com merupakan sebuah portal otomotif, dimana pembeli bisa mendapatkan penawaran terbaik untuk mobil yang diinginkannya.

Bapak Irwan
Bapak Irwan menjelaskan mengapa memilih tema Tips Kredit Mobil yang Menguntungkan. Ini karena Mobil123 ingin agar semua tamu undangan yang hadir bisa mengetahui bagaimana cara kredit mobil yang nantinya nggak bikin ribet pembelinya.

Setelah Bapak Irwan memberikan kata sambutan, acara pun masuk ke sesi selanjutnya, yaitu presentasi dari Bapak Indra Prabowo selaku Managing Editor Mobil123 dan OtoSpirit, serta Ibu Betty Anjarini selaku Regional Manager dari MPM Finance.

Bapak Indra
Menurut Bapak Indra, Indonesia merupakan salah satu pasar otomotif terbesar di Asia. Pada tahun 2015 saja, pasar market Indonesia mencapai 1,03 juta unit. Ini mungkin karena Indonesia merupakan negara terbesar di Asia Tenggara, dengan jumlah penduduknya yang besar juga. Lalu apasih yang menjadi alasan orang ingin membeli mobil? Berikut penjelasannya yang saya dapatkan dari Bapak Indra.

Alasan orang membeli mobil :

  1. Mobil masih menjadi suatu investasi.
  2. Karena kebutuhan. Misalnya karena bertambahnya anggota keluarga, sehingga menggunakan mobil dianggap lebih praktis sebagai alat transportasi.
  3. Karena kurang nyaman menggunakan transportasi umum. Misalnya karena meningkatnya tindakan kriminalitas di kendaraan umum, sehingga dengan alasan keamanan, memilih menggunakan mobil pribadi.
  4. Demontration Effect. Efek lihat tetangga yang sudah punya mobil, jadi pengen memiliki juga :D
  5. Lifestyle. Biar nampak tampil lebih gaya ya :D

Nah, jika tidak bisa membeli mobil secara tunai, maka orang pun punya alternatif untuk membelinya dengan cara kredit. Namun membeli mobil secara kredit tentulah harus dipikirkan dengan matang, dipersiapkan dengan sungguh-sungguh, agar jangan sampai nanti di tengah jalan kita jadi gagal bayar, lalu dikejar-kejar oleh debt collector.

Ibu Betty
Ibu Betty dari MPM Finance pun memaparkan bagaimana caranya agar bisa terhindar dari hal ini. Kita harus cerdas jika ingin melakukan kredit mobil. Oya, MPM Finance tergolong lama juga berkecimpung di dunia finance, yaitu sekitar 26 tahun. Dengan 82 cabang yang dimilikinya hingga saat ini, MPM Finance mampu menampung sekitar 2500 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia. MPM Finance memiliki 2 line bisnis yaitu untuk coorporate dan consumers finance.

Untuk line consumers finance, MPM membiayai mobil baru dan mobil bekas, serta motor baru. Sedangkan untuk corporate, MPM membiayai untuk alat berat, kapal, serta mesin-mesin yang dibutuhkan oleh perusahaan. Oya, balik lagi ke masalah kredit mobil tadi. Bagaimana caranya agar kita bisa kredit mobil dengan mudah. Begini penjelasan dari Ibu Betty :

  • Pilihlah unit kendaraan yang tepat, sesuai dengan kebutuhan.
  • Pilihlah perusahaan pembiayaan yang memiliki reputasi dan pengalaman yang baik. Mulai dari proses sampai dengan penyimpanan, perusahaan pembiayaan ini harus aman. Jangan sampai salah memilih perusahaan pembiayaan, kemudian tertipu dengan perusahaan abal-abal. MPM Finance merupakan salah satu perusahaan yang berpengalaman dengan reputasi yang baik.
  • Pastikan besaran angsuran sesuai dengan kemampuan finansial kita. Jangan sampai pengeluaran lebih banyak dari pemasukan. Perhitungan yang simpel adalah sepertiga dari penghasilan kita, setelah dikurangi dengan tagihan-tagihan atau pengeluaran lainnya.
  • Pastikan seluruh kendaraan di-cover oleh asuransi, agar risiko yang tertanggung bisa ditanggung oleh asuransi. Pastikan asuransinya dengan skema all risk selama masa pembiayaan.
  • Pelajari isi perjanjian pembiayaan dengan baik. Jangan sampai asal main tanda tangan saja ya. Di MPM Finance, semua akan dijelaskan oleh bagian CSO.

Lalu ada juga nih yang belum mengerti mengenai kredit mobil ini, atau mengeluh susahnya untuk melakukan kredit mobil. Ini tips memperoleh persetujuan kredit dengan mudah menurut Ibu Betty.

  • Pertama, dokumen persyaratan harus lengkap sesuai dengan kondisi sebenarnya. Dokumen yang paling penting itu adalah KTP, KK, Bukti Penghasilan (slip gaji, rekening tabungan), Bukti Kepemilikan Rumah (rekening listrik, PBB, dll).
  • Kedua, besaran angsuran yang diambil harus sesuai dengan kapasitas finansial kita. Idealnya adalah sepertiga dari penghasilan setelah dikurangi dengan biaya-biaya lainnya.
  • Ketiga, penuhi minimum syarat uang muka. Sesuai dengan aturan OJK saat ini, yaitu 20% dari total harga mobil.
  • Keempat, memiliki tempat tinggal tetap yang jelas. Tinggal dikontrakan juga boleh, namun jangka waktu kontraknya harus lebih panjang dari waktu tenor (waktu kredit).
  • Kelima, jadilah calon konsumen yang kooperatif dalam memberikan jawaban ketika proses survey.
Menurut kamu, mana yang lebih baik, beli mobil secara tunai atau dengan cara kredit? Bagi orang yang konsumtif, mungkin cara kredit akan jauh lebih menguntungkan ya. Tapi jika nggak, trus punya uangnya, tentu bayar tunai lebih bagus karena tidak ada beban utang lagi. Nah, ada beberapa kelebihan jika membeli mobil secara kredit :

  • Terasa lebih ringan, karena cicilannya hanya sepertiga dari penghasilan.
  • Cash flow tetap terjaga. Karena hanya dengan membayar uang muka, sudah bisa bawa pulang mobil. Sementara sisa uangnya bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.
  • Kredit ini untuk bagi yang sulit menabung, yang uangnya nggak pernah terkumpul untuk beli mobil :D
Bagaimanapun juga kita harus cerdas jika ingin membeli mobil, apalagi dengan cara kredit. Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan baik-baik, seperti pemilihan perusahaan pembiayaan, besarnya penghasilan, lamanya waktu kredit, serta kelengkapan dokumennya. Semoga informasi ini bisa membantu bagi yang ingin membeli mobil dengan cara kredit ya :)


Foto : Pribadi

  • Share:

You Might Also Like

18 comments

  1. Memang tidak boleh asal ambil kredit, musti dipertimbangkan dulu

    BalasHapus
  2. Informasi yg bagus ya Mbak, untuk yang punya rencana kredit mobil,, boleh banged niyy..

    BalasHapus
  3. Survei dulu sebelum kredit, biar gak kecewa ya Uni :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget teh. Jangan sampai gagal bayar atau kena tipu perusahaan pembiayaan :)

      Hapus
  4. Aku jadi bersemangat buat ambil kredit mobil nih. Sudah kebutuhan mendesak soalnya. Huhhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk Mba Windah, pilah pilih kendaraan, trus dipilih juga mau pake perusahaan pembiayaan yang tepat yang mana :)

      Hapus
  5. setelah tahu tips-nya dari Mobil123 dan MPM finance jadi merasa gampang kredit mobil, heheh, asal persyaratannya lengkap ya mba Dew..

    BalasHapus
  6. Syarat lengkap DP mumpuni kendaraan pasti ditangan mbak.

    BalasHapus
  7. Untuk saat ini mikir2 dulu beli mobil di Jakarta, apakah bener menguntungkan atau malah bikin tambah macet. Benarkah kebutuhan atau cuma gaya hidup.. Masihbjd pertimbangan aku sama suami, tfs mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, sesuaikam dengan kebutuhan aja. You're welcome 😊

      Hapus
  8. Wah iya bener ya, kl mau kredit, harus ukur kemampuan juga ya, ga enak kl tiba2 di tengah2 mandeg ya :-/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berabe kalo sampe ditengah jalan nggak bisa bayar ya 😁

      Hapus
  9. Bg yg tinggal di daerah, mobil transportasi yg asik, apalagi yg tinggal di kampung. Nah, kredit ini bs jd alternatifnya :)

    BalasHapus
  10. Cara bu Betty yang lebih suka kredit daripada cash itu patut ditiru.. *emak tetep mau ngopi cantik*

    BalasHapus