Aku, Blogging dan Blogger Camp 2015

By Dewi Sulistiawaty - Oktober 27, 2015

Apasih blogger itu? Apa gunanya kita ngeblog? Trus bagaimana caranya ngeblog yang baik? Itu beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh teman-teman saya yang nggak ngerti kegiatan blogger.

Kalau saya sering menjelaskannya dengan cara sesimpel mungkin, yang bisa di mengerti oleh orang yang memang belum tau apa itu blog. Blog adalah salah satu media atau platform online, dimana kita bisa gunakan untuk menulis. Isinya terserah kita, mau curcol, nulis jurnal, sharing atau apapun yang ingin kita tulis, jadi semacam buku diari gitu deh! :D

Dan saya sendiri baru tau, selain bisa dipakai buat curcol dan sharing ternyata blog bisa juga dimaksimalkan dan menghasilkan ‘sesuatu’ lho! :D Iya, setelah beberapa lama ikut ngeblog, saya akhirnya bisa mempunyai teman dari komunitas blog yang saya ikuti. Dari teman-teman di komunitas  saya jadi tahu juga kalau ada hari yang diperingati sebagai hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober.

Untuk tahun ini, dengan pertimbangan dari panitia, pesta perayaan Hari Blogger Nasional akan dirayakan secara serentak di 4 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Purwokerto, Surabaya dan Makasar dengan bertemakan #BloggerCampID. Jadi kita para Blogger akan merayakan hari jadi ini bersama alam, duuh senangnyaa J

Karena saya tinggal di Jakarta, maka saya pun mendaftarkan diri untuk bisa ikutan yang wilayah Jakarta. Untuk Jakarta, acara dilaksanakan di Hulu Cai Camp yang berada di daerah Ciawi, Bogor. Aduuh, saya dah deg-degan aja gak kebagian set untuk ikut Blog Camp 2015 karena antusias blogger lain yang ingin ikut juga.

Daan syukurlah, nama saya tepilih untuk ikut acara ini, senangnya tak terhingga. Karena selain ini merupakan pertama kalinya saya ikutan dalam merayakan Hari Blogger Nasional, saya juga sangat senang dengan suasana kemping yang akan saya nikmati bersama teman-teman blogger lainnya.

Jadi ceritanya kita akan berangkat ke Hulu Cai Camp pada hari Senin, tanggal 26 Oktober. Semua peserta berkumpul di Hotel Harris Tebet pada jam setengah dua siang. Sesampai di Hotel Harris saya dan peserta lainnya diajak tour keliling Hotel.

Sekitar jam 3 an, saya dan teman-teman mulai naik ke Bus Big Bird yang disediakan oleh panitia. Kira-kira sebelum waktu magrib, semua peserta sudah sampai di lokasi acara, yaitu Hulu Cai Camp. Wuiih, saya dan rombongan yang pertama kali sampai, memanfaatkan situasi ini dengan bernarsis ria di tenda, di banner dan tempat-tempat lainnya yang kami anggap asyik :D


Setelah istirahat, makan malam dan sholat, malam itu acara diisi dengan sharing session bersama beberapa orang yang berpatisipasi atas terselenggaranya acara ini, serta beberapa orang blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia perbloggingan. Ada penjelasan dari Indosat Love, Utees.me, Sunpride, Pakde Mbilung dan banyak lagi. Bahkan kita dihibur dengan alunan musik jikustik dari mas Tito

Oya, Net Mediatama juga mendukung dunia perblogging dengan menghadirkan aplikasi Net CJ, yang merupakan aplikasi untuk jurnalisme warga. Jadi siapa saja bisa ngejurnalis lho! :)


Acara berlangsung hangat dengan dihidupkan api unggun saat acara berlangsung. Hingga malam pun mulai menjelang. Saya mulai ngantuuuk :D

Malam sangat menggigil, saya yang awalnya sangat ngantuk jadi ikutan menggigil bersama malam. Yang ada saya terbangun dengan mata yang masih mengantuk. Namun air dingin wudhu’ yang menyentuh kulit saya, serasa ‘menampar’, hingga akhirnya saya jadi seger kembali.

Pagi itu, saya disibukkan dengan menjepret-jepret pemandangan di sekitar lokasi kami kemping. Semua sangat memesona, apalagi saat sunrise datang mengintip, teman-teman blogger berlomba-lomba memotret sang model ciptaaan Yang Kuasa tersebut J

Suasana pagi di Blog Camp
Usai makan pagi, acara talkshow pun di mulai. Acara mengangkat tema ‘Membangun Kredibilitas Blog’. Acara di moderator oleh Ndoro Kakung, dengan nara sumber Pak Iman, Pak Nirwan dan mas Maul.

Pak Nirwan mengatakan bahwa semua orang sebenarnya bisa menulis, namun kemampuan yang dimiliki tiap orang itu berbeda-beda. Ada yang pinter menulis secara spesialis dan ada yang generalis. Dan kredibilitas dalam arti tertentu merupakan pengetahuan kita tentang sesuatu dengan konsisten.

Jika ingin menulis, tulislah dengan gaya yang menarik, yang enak dibaca dan menceritakan hal yang sebenarnya. Jangan terlalu cemas terhadap penilaian orang lain. Jadilah diri sendiri, namun tetap dengan memperhatikan nilai-nilai menulis yang baik. Kredibilitas itu akan muncul jika orang tersebut bisa konsisten dengan tema blog yang dikelolanya, yang bahkan bisa mengangkat branding si pemilik blog itu sendiri.

Tidak masalah jika ingin menulis dengan banyak postingan atau review produk, asalkan tetap memperhatikan konten dengan baik dan menarik.

Twitter merupakan salah satu live platform yang bisa digunakan untuk menulis. Dan ini merupakan sarana publik untuk berinteraksi dan berbagi dengan orang lain selain media blog.

Acara dilanjutkan dengan workshop ‘Predictive Content Marketing Based on Big Data System’ yang dipaparkan oleh mas Muhammad Imran. Walaupun saya sebagian besar tidak terlalu mengerti dengan bahasa digital yang banyak digunakan mas Imran, hehe…

Mas Imran
Siang akhirnya mulai menjejak di bumi perkemahan. Acara yang dipandu oleh MC yang yaah…lumayan kocak ini, hihihi… kocak kok mas Tomi *ciuuss :D diisi dengan berbagaikuis dan game seru.Teman blogger yang tadinya terlihat mulai mengantuk *mungkin akibat begadang semalaman, mulai kelihatan semangat dan heboh, xoxo.


Daaan… akhiiirnyaa…saatnya makaan siaang, yeey… Maree makaan mantemaan. Selamata Hari Blogger Nasional yaaa! Semoga Blogger selalu Berjaya di bumi Indonesia, bahkan kalau bisa di dunia internasionaal…amiiin J

Foto bareng teman blogger usai makan

  • Share:

You Might Also Like

8 comments

  1. ngilerrr pengen ikuttttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan-kapan ikut yuk mbaaa :)

      Hapus
  2. Ada yang kurang... Kurang lama waktunya... hehehe :D Semoga bisa ikutan kembali #BloggerCampID tahun depan... Amiin :)
    *Salam Keluyuran, Makan, Jalan-Jalan dari pojok Bumi Celebes - Sulawesi Selatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...iya nih :D
      Salam juga dari pojok selatan Jakarta :D

      Hapus
  3. Pengen ikut kumpul sama blogger-blogger senior...
    kapan ya ngadain lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan taun depan ada lagi yaa :D

      Hapus
  4. Keren mba.. Keren bgd.. Pengen bgd bs kumpul2 sm blogger2 senior spy bs bnyk belajar, saya masih br bgd di dunia blogger.. :-)

    BalasHapus
  5. berbagi informasi sesama blogger itu menyenangkan tentunya, semoga bisa kumpul san berbagi informasi

    BalasHapus