Keseruan Acara KEB 11 Tahun, Teruslah Berjejak dan Berbagi

By Dewi Sulistiawaty - Februari 04, 2023

KEB 11 Tahun, Berjejak dan Berbagi
KEB 11 Tahun

Selamat ulang tahun ke-11 buat KEB. Berjejak dan Berbagi!

Suara Emak-Emak Blogger bergema memenuhi ruangan Bali Notes Terrace, tempat dilaksanakannya syukuran 11 tahun kehadiran Kumpulan Emak Blogger (KEB), sebuah komunitas yang beranggotakan blogger perempuan Indonesia, yang berdomisili di dalam maupun di luar negeri.

Sebenarnya ulang tahun KEB dirayakan setiap tanggal 18 Januari. Namun karena beberapa alasan dan pertimbangan lainnya dari pengurus KEB, akhirnya baru bisa dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Januari 2023 kemarin. Jujurly, sudah luamaaa banget saya nggak ikutan perayaan hari jadi KEB ini. Alasannya buanyaak, mulai dari waktunya yang belum pas, bodi yang kurang fit, hingga mood yang awur-awuran *langsung dijewer sama pengurus KEB XD

Namun entah mengapa, pada ultah kali ini kepengen ikutan. Sepertinya rasa kangen ini mulai melanda, dan ingin ketemu sama emak-emak blogger yang lain. Walaupun pas hari H sempat bingung liat cuaca yang kurang bersahabat. Namun karena udah niat, maka dengan tekad yang bulat *sebulat bola pingpong, dengan mengandalkan payung mungil berwarna pinky, saya pun mulai menerobos guyuran hujan. Untungnya selama perjalanan, kucuran hujan terlihat mulai mereda.

Bali Notes Terrace tempat KEB 11 Tahun
Bali Notes Terrace, serasa berada di Ubud :)

Sesampainya di Bali Notes Terrace, nuansa Bali langsung terasa. Mulai dari gerbang masuk hingga ke bagian terasnya. Fyi, Bali Notes Terrace berlokasi di Jl. Prof Dr. Sutono SH No. 15, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Beberapa emak blogger nampak sudah berdatangan, dan mulai menyapa. Emak-emak blogger yang sebelumnya sudah kenal dan akrab, terlihat haha hihi, dan pastinya heboh dong. Dari ngobrol ngalor ngidul, becanda, hingga jeprat jepret pun nggak ketinggalan. Usai antri untuk mengambil makanan yang disuguhkan Bali Notes Terrace, saya dan para emak pun kembali melanjutkan obrolan sambil menikmati santap siang.

Suasana KEB 11 Tahun
Makan siang KEB 11 Tahun
Suasana makan KEB 11 Tahun
Suasana saat santap siang di acara KEB 11 Tahun

KEB 11 Tahun, Berjejak dan Berbagi

Sekitar setengah dua siang, usai ishoma, acara pun dimulai, yang dipandu oleh Abi Satria. Kegiatan diawali dengan berdoa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama. Selanjutnya Mak Mira Sahid atau yang akrab disapa Makpon (Emak Founder), selaku Founder KEB memberikan kata sambutan. Makpon mengungkapkan rasa bahagianya, karena emak-emak, mulai dari yang baru bergabung hingga yang udah lama, dari yang usianya masih muda hingga yang udah senior seperti Bunda Yati juga ikut hadir pada acara syukuran 11 tahun KEB. Makpon juga menginfokan bahwa selain anggota KEB, tim KEB juga mengundang komunitas lainnya untuk hadir dan memeriahkan acara KEB 11 Tahun.  

Selanjutnya Makpon sedikit flashback mengenai awal berdirinya Komunitas Emak Blogger 11 tahun lalu. Hingga kemudian Makpon menggandeng Mak Indah Julianti atau yang akrab disapa Makpuh (Emak Sepuh) untuk menjadi Co-Founder KEB. Para pengurus pun dibentuk untuk mendukung kegiatan KEB.

Mira Sahid Founder KEB 11 Tahun
Makpon saat memberikan kata sambutan

“Visi dan misi KEB itu ingin menjadi wadah yang bisa menampung aspirasi inspirasi para emak, dan bisa mendorong para emak untuk lebih produktif di dunia maya dalam bidang penulisan,” jelas Makpon.

Pada tahun 2017, KEB ikut serta dalam SiBerkreasi Kominfo, sebuah Gerakan Nasional Literasi Digital, untuk mengembangkan visi misi KEB dalam literasi digital. Walaupun sebenarnya Emak-Emak Blogger merupakan emak-emak yang sudah melek digital, namun para emak juga perlu mengetahui dan memahami apa saja yang terkait dengan ruang digital. Makpon berkeinginan bahwa di 11 tahun usianya ini KEB bisa terus mendorong para emak blogger untuk tetap produktif dan berkarya di ruang digital.

Donny B.U Ketua Siberkreasi di KEB 11 Tahun
Bpk Donny B.U 

Dalam sambutannya, Ketua Umum SiBerkreasi, Bapak Donny B.U menuturkan bahwa ia turut senang karena masih ada aktivitas perempuan atau emak-emak yang berdaya secara digital. Beliau menyampaikan bahwa emak-emak atau perempuan sangat berperan dalam ruang digital. Banyak berita hoaks bertebaran di ruang digital. Bagi SiBerkreasi, salah satu titik tumpu atau pilar untuk pemberdayaan melawan hoaks itu ada pada perempuan, dan dalam hal ini ada di KEB. Bapak Donny pun mengajak para emak blogger untuk bersama-sama melawan hoaks atau disinformasi, baik dalam blog, media sosial, maupun WhatsApp atau grup chatting.

 

Cara Cuan Masa Kini

Oktora Irahadi CEO INFINA di KEB 11 Tahun
Mini Workshop: Cara Cuan Masa Kini ala Mas Tora (paling kanan) 

Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan mini workshop dengan narasumber Mas Oktora Irahadi, selaku CEO INFINA. Dalam penjelasannya, Mas Oktora membeberkan rahasia bagaimana Cara Cuan Masa Kini. Apalagi di era digital seperti saat ini, dimana peluang pekerjaan semakin banyak. INFINA sendiri memiliki tujuan bagaimana caranya masyarakat Indonesia bisa bekerja dari rumah, dan tidak perlu harus kerja kantoran. Menurut beliau ada beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah, seperti freelancer, bussiness e-commerce, dan lain sebagainya.

“Kita bisa memanfaatkan jarak, ruang, dan waktu untuk mendapatkan penghasilan. Bahkan kita tidak perlu harus punya produk dulu untuk berbisnis. Itu yang disebut dropshipper. Kita juga bisa gunakan strategi pemasaran produk dengan cara curhat di media sosial. Saya yakin 2 atau 3 tahun ke depan, strategi pemasaran dengan cara affiliate marketing ini akan jadi trend,” kata Mas Oktora atau yang biasa disapa Tora.

Menurut Mas Tora lagi di dunia digital itu tidak perlu menampilkan yang bagus-bagus, yang penting adalah berbeda. “Lebih baik sedikit berbeda, dibandingkan sedikit lebih baik”, ujarnya. Misalnya seseorang bisa menulis dengan bagus, dan hanya sedikit lebih baik dari yang lain. Maka di saat kita bisa menulis dengan kadar yang sama bagusnya, namun sedikit berbeda dan lain dari yang lain, maka kemungkinan tulisan kita akan lebih terlihat oleh orang lain.

Intinya jangan pernah takut untuk memulai, walaupun berbeda dari yang lain, followers pun sedikit, yang penting kita bisa mempresentasikan produk dengan cara yang menarik. Namun tentu saja untuk memulai semua itu dibutuhkan konsistensi, interaksi sosial, objektif, waktu, personal branding, dan tujuannya apa.

 

Cara Menulis Kisah Inspiratif Tanpa Fiktif

Ali Muakhir di KEB 11 Tahun
Mas Ali: Menulis Kisah Inspirasi Tanpa Fiktif

Narasumber kedua dalam mini workshop KEB 11 Tahun adalah Mas Ali Muakhir, seorang Author, Content Writer, dan Influencer yang sudah menelurkan banyak buku. Dalam presentasinya Mas Ali membagikan tips bagaimana caranya Menulis Kisah Inspiratif Tanpa Fiktif, dengan Metode EMAK.

Awalnya Mas Ali mengenalkan dulu apa itu kisah inspiratif, yaitu kisah yang ditulis untuk menambah dan menggugah motivasi, semangat, serta rasa percaya diri pembacanya. Untuk lebih mengenal kisah inspiratif, Mas Ali pun menjelaskan ciri-ciri kisah inspiratif, diantaranya dapat menggugah perasaan pembaca, memberi kesan mendalam bagi pembaca, berisi motivasi positif, dan memiliki pesan moral yang jelas, sehingga pembaca dapat belajar dari kisah inspiratif yang diciptakan.

Mas Ali pun menerangkan apa saja struktur yang harus dimiliki dalam menulis kisah inspiratif, dan dilanjutkan dengan menerapkan Metode EMAK saat ingin menulis kisah inspiratif. Menurut Mas Ali, Metode EMAK ini jika dipraktikkan secara terus menerus, tidak menutup kemungkinan kita akan menjadi salah satu penulis kisah inspiratif yang produktif, dan dicintai oleh pembaca. Berikut Metode Emak dalam menulis kisah inspiratif ala Mas Ali.

E : Endapkan Rasa

M : Mulailah dengan Membuat Struktur

A : Apa Pesan yang akan Disampaikan

K : Kapan Tulisan Dituntaskan

 

Makmin KEB 11 Tahun
Pengurus KEB yang hadir pada acara syukuran KEB 11 Tahun
(Kiri-kanan: Mak Ranny, Mak Chichie, Makpon, Makpuh, dan Mak Elly)

Usai mini workshop, acara dilanjutkan dengan penyampaian informasi mengenai peluncuran e-book oleh Makpuh. E-book ini ditulis oleh para Makmin KEB (sebutan untuk para emak admin pengurus KEB), dengan judul “Warna-warni Dunia Blogging dan Cerita di Balik Dapur Komunitas”.

Donasi #KEBPeduli di KEB 11 Tahun
#KEBPeduli: Penyerahan donasi secara simbolis dari Mak Elly kepada Mak Ranny

Selanjutnya dalam rangka KEB 11 Tahun, melalui Kampanye #KEBCharity11KRun yang merupakan bagian dari program #KEBPeduli, KEB menyerahkan donasi sebesar Rp. 2.500.000,- kepada  RA Miftahul Jannah, Noborejo, Salatiga. Donasi diberikan secara simbolis oleh Ketua Umum KEB, yaitu Mak Elly Nurul kepada Mak Ranny Afandi selaku Ketua KEB Solo. Donasi ini nantinya akan disalurkan Mak Ranny kepada RA Miftahul Jannah.

PPBN di KEB 11 Tahun
Komunitas PPBN tampil dalam balutan busana kebaya nusantara

Acara semakin meriah dengan penampilan para member dari komunitas PPBN (Perempuan Pelestari Budaya Nusantara) yang melakukan peragaan busana berupa kebaya khas nusantara. KEB pun turut mendukung komunitas PPBN untuk terus berkarya di ruang digital, dengan karya-karya yang positif dan menyebar informasi kebaikan tentang kain dan kebaya kepada masyarakat luas melalui media sosial.

Potong tumpeng syukuran KEB 11 Tahun
Syukuran KEB 11 Tahun
~ "Potong tumpengnya... potong tumpengnya sekarang jugaaa!" ~

Tak terasa hari menjelang sore, dan kegiatan syukuran KEB 11 Tahun sudah berada dipenghujung acara. Walaupun di luar gerimis, namun di dalam saya merasa hangat dikelilingi oleh para emak hebat dan inspiratif. Tak lupa kita pun berfoto bersama. Semoga kita masih bisa berjumpa di hari jadi KEB di tahun depan ya, Mak! *kiss and big hug.

KEB 11 Tahun
Foto KEB 11 Tahun
Foto bersama KEB 11 Tahun
Serunya berkumpul dengan para emak di acara syukuran KEB 11 Tahun

Btw, acara syukuran KEB 11 Tahun ini didukung oleh SiBerkreasi, Kominfo RI, INFINA, dan Bali Notes Terrace. Terima kasih tim KEB, panitia acara, para sponsor yang telah mendukung terlaksananya acara KEB 11 Tahun, dan juga para emak blogger. Semoga KEB terus berkembang bersama Emak-Emak Blogger, tetap solid, serta terus Berjejak dan Berbagi.

KEB 11 Tahun, Berjejak dan Berbagi
Foto bersama di acara syukuran KEB 11 Tahun, Berjejak & Berbagi ❤️



  • Share:

You Might Also Like

0 comments