Rekomendasi Perlengkapan Olahraga yang Perlu Dimiliki di Rumah

By Dewi Sulistiawaty - Maret 26, 2024

 perlengkapan olahraga yang perlu dimiliki di rumah

Saat ini masih banyak orang yang malas melakukan aktivitas olahraga. Padahal olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh. Alasannya pun beragam. Ada yang beralasan tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga karena kesibukan sehari-hari, seperti mengurus anak, serta harus menyelesaikan banyak pekerjaan kantor. Sementara alasan lainnya adalah karena menganggap olahraga merupakan kegiatan yang berat dan melelahkan. Bahkan ada juga lho, orang yang memang kurang suka berolahraga dan tidak memiliki keinginan untuk melakukan kebiasaan baik yang satu ini. Duh!

Memang dibutuhkan motivasi yang kuat agar seseorang mau dan rajin berolahraga. Jangankan mereka yang malas, bahkan terkadang orang yang sudah rutin melakukannya saja masih bisa kehilangan motivasi untuk berolahraga. Bagi yang jarang berolahraga, mungkin pada awalnya akan terasa sulit untuk mulai membangun kebiasaan baru ini. Sebaiknya carilah berbagai hal yang dapat memotivasi diri agar mau berolahraga, seperti berolahraga dengan pasangan, keluarga, dan teman, atau dengan memberikan self-reward sebagai imbalannya, hehe….

Bagi yang menganggap olahraga itu adalah kegiatan yang berat dan melelahkan, atau mager untuk melakukannya, coba deh praktikkan olahraga ringan, seperti yoga, yang bisa dilakukan di rumah. Bahkan dengan menggerakkan tubuh saat pertama kali bangun tidur dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan merangsang sistem organ tubuh.

Ada berbagai gerakan yoga yang bisa dilakukan, tanpa perlu bangkit dari tempat tidur. Misalnya peregangan tubuh dengan melakukan pernapasan lateral, mengangkat kedua kaki dan menyandarkannya ke dinding, menarik kaki kiri ke arah kanan, begitupun sebaliknya, dan banyak lagi gerakan lainnya. Lakukanlah olahraga ringan ini secara rutin setiap bangun tidur. Dengan begitu tak ada lagi alasan untuk malas atau tidak ada waktu untuk berolahraga ya.   

Selain itu, mengenakan perlengkapan olahraga ternyata juga dapat memotivasi seseorang untuk berolahraga lho! Dikutip dari alodokter.com, berdasarkan hasil survei terhadap 2.000 orang, sekitar 1.800 di antaranya mendapatkan motivasi berolahraga hanya dengan mengenakan perlengkapan olahraga. Nah, trik ini juga bisa digunakan untuk memotivasi diri dan meningkatkan semangat dalam berolahraga.  

Untuk perlengkapan olahraga, sebaiknya pilihlah perlengkapan yang sesuai dan nyaman untuk digunakan. Misalnya saat memilih sepatu. Sebaiknya gunakan jenis sepatu yang sesuai dengan olahraga yang akan dilakukan. Selain itu, pastikan sepatunya juga pas dan nyaman saat digunakan. Ini berguna untuk mencegah kaki menjadi lecet dan bahkan cedera saat berolahraga.

Begitupun saat memilih baju olahraga. Hindari menggunakan pakaian berbahan panas atau tidak menyerap keringat, yang membuat tubuh mudah lembab dan basah, sehingga bisa berisiko timbulnya biang keringat dan iritasi pada kulit. Menggunakan baju olahraga yang tepat dapat membantumu untuk lebih fokus pada aktivitas olahraga, dan bahkan mampu membuat performa olahragamu meningkat. Bagi kamu yang masih bingung dengan perlengkapan olahraga apa saja yang perlu dimiliki untuk mendukung aktivitas berolahraga, berikut beberapa rekomendasinya.

 

Rekomendasi Perlengkapan Olahraga yang Perlu Dimiliki di Rumah

Matras Yoga

perlengkapan olahraga matras yoga

Matras yoga menjadi salah satu perlengkapan olahraga yang perlu dimiliki di rumah. Alat ini berguna untuk memantapkan pijakan saat melakukan berbagai gerakan yoga, serta mengurangi risiko tergelincir dan cedera saat berolahraga. Bagi kamu yang biasanya yoga di atas kasur, namun tak ingin kasurnya berantakan dan terkena keringatmu saat melakukan yoga, kamu bisa beralih ke matras yoga ini.

Supaya semangatmu lebih terpacu lagi untuk berolahraga, kamu bisa meletakkan matras yoga di lantai dekat kasur. Dengan begitu, saat terbangun dan melihat matras yang terbentang di lantai, secara otomatis pikiranmu akan ‘memaksamu’ untuk menggunakannya. Matras yoga ini juga sangat mudah didapatkan. Harganya pun beragam sesuai dengan jenis bahan, tingkat ketebalan, hingga luas atau lebar matrasnya.

Yoga Roller

Yoga roller untuk olahraga

Masih untuk olahraga ringan di rumah, ada yoga roller yang dapat digunakan sebagai perlengkapan pendukung saat berolahraga. Mungkin kamu pernah melihat para atlet menggunakan alat ini saat latihan ya. Yoga roller ini berbentuk silinder dengan banyak gerigi di permukaannya. Alat ini sering disebut sebagai alat pijat, karena biasa digunakan untuk meredakan otot yang tegang.   

Yoga roller dapat digunakan sebelum dan setelah berolahraga. Setelah menggunakan yoga roller biasanya tubuh akan terasa lebih segar dan rileks, karena sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan otot-otot yang kaku mulai mengendur. Bahkan jika yoga roller digunakan sebelum tidur, dapat meningkatkan kualitas tidur juga lho!  

Baju Olahraga

baju olahraga nyaman di Tokopedia

Masih ada lho orang yang beranggapan bahwa baju olahraga itu bukanlah hal yang penting, serta tak ada pengaruhnya saat berolahraga. Walau terkesan sepele, namun baju olahraga memberikan dampak dan juga manfaat bagi kita. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memakai baju olahraga yang tepat dapat membantu penyerapan keringat dan mencegah terjadinya iritasi pada kulit.

Pemilihan baju olahraga yang tepat juga dapat membantu tubuh bergerak dengan leluasa. Baju olahraga biasanya didesain khusus untuk berolahraga, sehingga tidak mudah rusak, seperti sobek, melar, dan pudar. Dengan menggunakan baju olahraga yang tepat, maka kegiatan olahraga akan terasa lebih nyaman, serta kita pun akan lebih semangat dan maksimal dalam berolahraga.    

Sepatu Olahraga

sepatu olahraga murah di tokopedia

Selain baju olahraga, maka pemilihan sepatu olahraga yang tepat juga penting dilakukan. Tak hanya berguna untuk melindungi kaki saat berolahraga, sepatu olahraga juga berguna untuk menghindari kaki dari cedera. Pilihlah sepatu olahraga yang sesuai dengan kebutuhan, karena setiap olahraga memerlukan jenis sepatu yang berbeda.

Misalnya sepatu lari yang didesain sangat fleksibel agar kaki dapat menekuk bebas saat melangkah, sepatu basket dengan sol yang tebal dan kaku agar lebih seimbang saat berlari di lapangan, sepatu sepakbola yang dirancang mampu meredam banyak tekanan pada kaki, sepatu aerobik dengan penyangga yang kuat dan bantalan yang empuk, serta sepatu jenis lainnya.

Tali Skipping

perlengkapan olahraga di rumah tali skipping

Jika dulu ada tali yang dirangkai dari karet gelang dan digunakan untuk bermain lompat tali, maka sekarang ada tali skipping yang terlihat lebih modern dan bisa digunakan sebagai perlengkapan olahraga di rumah. Olahraga lompat tali ini sangat berguna untuk melatih kelenturan tubuh, serta termasuk ke dalam jenis olahraga yang cukup membakar lemak.

Selain itu, dikutip dari halodoc.com, sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang menghabiskan 10 menit lompat tali setiap hari selama 6 minggu, menunjukkan peningkatan kebugaran dan kesehatan kardiovaskular yang sama dengan mereka yang menghabiskan 30 menit jogging untuk periode waktu yang sama. Kamu bisa mendapatkan tali skipping ini dengan mudah di marketplace, maupun toko perlengkapan olahraga yang ada di sekitar tempat tinggalmu.  

Resistance Band

Resistance bands

Selain tali skipping, ada juga resistance band, yang terbuat dari tali karet elastis juga. Namun resistance band ini bentuknya bermacam-macam. Ada yang benar-benar seperti lingkaran, dan ada juga yang memiliki pegangan di kedua ujungnya. Cara penggunaannya juga lebih bervariasi. Ada yang digunakan untuk peregangan otot kaki, otot tangan, maupun bagian tubuh lainnya. Alat olahraga sederhana yang mudah dibawa kemana-mana ini berguna untuk menguatkan otot dan melatih fleksibilitas.  

Barbel

Perlengkapan olahraga barbel/ dumbbell

Perlengkapan olahraga di rumah lainnya yang menjadi rekomendasi adalah barbel. Sama seperti skipping, olahraga menggunakan barbel juga cukup menguras energi dan dapat membakar lemak. Rutin melakukan olahraga dengan barbel dapat membantu pembentukan otot tubuh, menambah massa otot, meningkatkan ketahanan tubuh, hingga mampu mencegah diabetes dan penyakit jantung.  

Peralatan angkat beban ini juga memiliki ukuran yang berbeda-beda, mulai dari ukuran yang sangat ringan 0,5kg, hingga ukuran berat 20kg yang biasanya digunakan pada berbagai kompetisi barbel. Bagi pemula, sebaiknya gunakan ukuran yang lebih ringan terlebih dulu, yakni 0,5-2kg. Jika sudah terbiasa, maka secara bertahap bisa beralih ke barbel yang ukurannya lebih berat.

Beberapa rekomendasi perlengkapan olahraga yang perlu dimiliki di rumah ini termasuk jenis peralatan yang simpel, murah, dan mudah didapatkan di berbagai toko peralatan olahraga, baik offline maupun online. Namun tentunya bagi kamu yang mager, atau yang sibuk dan tak memiliki banyak waktu untuk membelinya langsung ke toko, kamu bisa memanfaatkan e-commerce, seperti Tokopedia untuk mendapatkan berbagai perlengkapan olahraga tersebut.  

Sebagai marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia menyediakan berbagai macam produk, mulai dari produk digital, kecantikan, kuliner, fesyen, kesehatan, termasuk produk olahraga, perlengkapan rumah tangga, dan banyak lagi yang lainnya. Kita juga bisa memanfaatkan berbagai macam promo dan diskon menarik yang ditawarkan di sana. Selain itu, bertransaksi di Tokopedia lebih aman dan mudah, dengan adanya sistem verifikasi kode OTP, serta beragam pilihan pembayaran dan jasa ekspedisi untuk pengiriman barang.

Di Tokopedia kamu bisa menemukan berbagai perlengkapan olahraga dengan harga yang beragam. Pilihlah perlengkapan olahraga yang sesuai dengan budget dan kebutuhanmu. Kamu pun bisa melihat rating dan reputasi toko, serta membaca review dari pembeli sebelum membeli produk yang diinginkan. Ada baiknya untuk berbelanja di official store Tokopedia, yang terjamin lebih aman, nyaman, dan original produknya. Ini merupakan salah satu langkah agar kamu terhindar dari penipuan saat berbelanja online.

By the way, olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Diperlukan komitmen dan motivasi yang kuat agar kita tetap konsisten melakukannya. Memiliki perlengkapan olahraga di rumah dapat dijadikan sebagai investasi yang baik untuk persiapan dan mulai berolahraga tanpa perlu keluar rumah. Tak perlu yang mahal, namun pastikan kamu memilih perlengkapan olahraga yang aman dan nyaman untuk digunakan.   


Pic. source: Canva

  • Share:

You Might Also Like

0 comments