Resep Sate Lilit

By Dewi Sulistiawaty - April 10, 2015

Menghadiri berbagai acara memasak atau sekedar melihat demo memasak yang dilakukan para chef, tentu akan menambah deretan daftar resep masakan kita. Seperti saya ketika menghadiri salah satu event yang digelar oleh salah satu supermarket terkenal di Indonesia, yang menghadirkan demo memasak oleh chef andalan salah satu sponsornya.

Ada beberapa resep masakan yang di demo oleh sang chef. Namun untuk postingan kali ini saya akan menuliskan satu resep dulu yaitu ‘Sate Lilit’. Ada pun resepnya adalah sebagai berikut :


Sate Lilit 
(Dok. Pribadi)
Untuk bahan :

-          350 gr Ikan tenggiri (boleh ganti dengan ikan kakap atau daging sapi/ ayam)
-          2 sdm (50 gr) Bumbu Inti A Kokita
-          2 btg serai (ambil bagian putihnya), cincang halus
-          3 lbr daun jeruk purut, cincang halus
-          1 sdm gula merah
-          50 ml santan kental
-          Garam, secukupnya
-          Tusuk sate

Cara membuat :

  • Campurkan semua bahan seperti ikan, bumbu inti, serai, daun jeruk, gula merah, santan dan garam. Aduk hingga rata.
  • Ambil sedikit adonan, lilitkan pada tusukan sate, pipihkan sedikit agar saat rata saat membakar.
  • Jika adonan sedikit lembek dan tidak bisa dibentuk pada tusukan sate, bisa tambahkan sedikit tepung terigu pada adonan.
  • Adonan yang sudah terlilit pada tusukan sate lalu di bakar atau bisa juga ditumis dengan menggunakan sedikit minyak/ mentega pada wajan yang rata.
  • Bila sate sudah berubah warna menjadi sedikit kecoklatan, angkat.
  • Siap disajikan.
Rasanya sangat enak dan empuk. Jika tidak punya tusuk sate, bisa juga dibuat tanpa menggunakan tusuk sate. Langsung saja ambil sedikit adonan dan bentuk sesuai selera. Usahakan tidak terlalu besar dan pipihkan agar bisa matang hingga ke bagian dalam masakan. Dan tentu saja namanya bukan sate lagi yaa hehehe...

Masakan ini sangat praktis cara membuatnya. Bisa dijadikan camilan sehat buat anak-anak di rumah, dari pada beli jajan diluaran yang belum tentu kualitas dan kebersihannya. Atau bisa juga dijadikan sebagai menu makanan keluarga sehari-hari. Selamat mencoba J

  • Share:

You Might Also Like

0 comments