Wisata Semarang yang Asyik untuk Dikunjungi

By Dewi Sulistiawaty - November 24, 2018



Wisata Semarang yang Asyik untuk Dikunjungi - “Aku butuh pikniiiik!,” seruku di grup Whatsapp ‘Empat Sekawan’.

“Aku lagi jenuh nih dengan kerjaan. Beberapa hari ini kurang semangat gitu ngerjain pe er. Lesu, lemas, lunglai, dan el el lainnyaaa…,” ujarku lagi.

“Kamu butuh transferan kali biar gak lesu,” timpal salah satu sahabat sambil ngasih gambar emoticon tertawa ngakak.

“Haha… hayuklah, aku juga mulai jenuh nih. Bagusnya kita piknik kemana,” sahut sahabat yang lain.

“Ke Semarang aja. Banyak tempat rekreasi di sana lho! Aku dan keluarga abis liburan ke sana kemarin. Etapi maaf ya, aku kayaknya nggak bisa gabung nih, soalnya jatah cutiku udah abis,” jawab sahabat yang lain sambil pasang emoticon sedih.

Kami berempat sama-sama blogger, dan sering bertemu di event. Merasa klop akhirnya kami berempat memutuskan membuat grup di Whatsapp. Satu dari sahabatku bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil, sedangkan yang tiga lainnya termasuk aku sama-sama bekerja sebagai freelancer, sehingga kami bertiga punya waktu yang lebih fleksibel.

Sebenarnya sangat susah menemukan waktu yang pas dan cocok untuk kami berempat pergi liburan bersama. Jika ada dua yang udah pas waktunya, eh yang lain tiba-tiba saja nggak bisa ikut karena alasan lain atau ada pekerjaan mendadak, seperti obrolan di atas tuh xD Begitu aja terus, haha…. Namun begitu kami tetap hepi karena bisa bebas chit chat ngomongin apa aja di grup.

Pernah sekali waktu, akhirnya kami bisa pergi liburan bareng. Karena cuma punya waktu libur sehari, kami memilih hangout ke tempat yang dekat saja, yaitu Alive Museum & Alive Star di Ancol. Untunglah salah seorang sahabat mendapatkan tiket masuk dengan harga yang murah di Traveloka. Jadi lumayanlah bisa menghemat pengeluaran, hehe….

Jadi di penghujung tahun ini, kami pun (tepatnya saya, haha) berencana untuk pergi liburan bareng lagi, dan kami sepakat untuk melancong ke Semarang. Percakapan pun finish sampai di situ. Selain rekomendasi tempat wisata di Semarang dari sahabat yang gak bisa ikutan, kami bertiga pun mulai browsing di internet, dimana saja tempat yang asyik untuk dikunjungi di sana. Sebenarnya banyak sekali wisata Semarang yang bisa dikunjungi. Namun dari hasil browsing, aku akan jebretin beberapa tempat yang hits dan direkomendasikan ya :)

Lawang Sewu

Sumber foto: heritage.kai.id
Nama ini paling banyak muncul di internet dan sering juga aku dengar di televisi. Lawang Sewu merupakan gedung lama peninggalan zaman Belanda. Bangunan bekas perusahaan kereta api ini dinamakan Lawang Sewu karena memiliki jumlah jendela yang banyak. Lawang dalam bahasa Jawa artinya adalah jendela, sedangkan sewu adalah seribu.

Masjid Agung Jawa Tengah

Sumber foto: matj.or.id
Masjid yang dibangun tahun 2001 ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kota Semarang. Dengan arsitekturnya yang indah, yaitu perpaduan antara arsitektur Jawa, Islam, dan Romawi menjadikan Masjid Agung Jawa Tengah banyak dikunjungi wisatawan. Belum lagi enam payung raksasa yang mirip dengan payung di Masjid Nabawi Mekah, membuat Masjid Agung Jawa Tengah tambah menarik dan jadi tempat favorit bagi para turis.

Klenteng Sam Poo Kong

Sumber foto: purworejo.sorot.co
Aku pernah mendengar cerita mengenai klenteng ini dari teman yang berkunjung ke sana. Begitupun dengan nama Laksamana Cheng Ho yang terkenal, yaitu seorang laksamana keturunan Tionghoa yang beragama Islam. Dulu klenteng ini digunakan sebagai masjid, namun saat ini sudah menjadi tempat beribadah bagi kaum Tionghoa, sekaligus jadi tempat wisata. Oya, katanya kita bisa menggunakan baju adat Tionghoa kalau mau berfoto di sini.

Kota Lama

Sumber foto: id.wikipedia.org

Sepertinya tiap-tiap kota memiliki ‘kota lama’ nya sendiri ya. Tak hanya Jakarta, ternyata di Semarang juga punya Kota Lama. Biasanya tempat-tempat yang terdiri dari bangunan-bangunan lama khas zaman Belanda seperti ini banyak dijadikan spot foto bagi para wisatawan. Siapin aja gaya dan kamera, hehe….


Brown Canyon

Sumber foto: brownscanyon.org

Belum kesampaian ke Grand Canyon di Amerika? Kuy aja dulu ke Brown Canyon yang ada di Rowosari, Semarang. Pemandangannya hampir sama dengan Grand Canyon kok! Bukit ini merupakan bekas penambangan, yang kemudian dijadikan tempat wisata di Semarang. Tempatnya kece juga untuk dijadikan spot foto atau sekedar mengabadikan indahnya pemandangan alam dari atas bukit.


Dream Museum Zone

Sumberfoto: semarangkota.go.id

Dream Museum Zone (DMZ) di Semarang ini sepertinya hampir sama dengan Alive Museum yang pernah saya kunjungi. Cuma saja yang di Semarang ini memiliki lebih banyak lukisan, bahkan ada ratusan lukisan 3D Trick Art yang bisa dijadikan spot buat berfoto ria. Aku tertarik melihat foto-foto para pengunjung yang berpose di sana. Bagi yang hobi foto-foto sepertinya tempat ini wajib masuk dalam daftar kunjungan wisata Semarang ya :D

Ayana Gedongsongo

Sumber foto:piknikasik.com

Salah satu tempat hit yang sering saya lihat berseliweran di instagram para traveler adalah Ayana Gedongsongo. Di sana banyak banget spot foto yang instagramable. Ada tenda gelembung, bantal-bantal, sofa tengah kolam, bahkan masih satu komplek dengan Ayana Gedongsongo, kita juga bisa mengunjungi Candi Gedongsongo, dan berfoto di sana.

Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang bisa dikunjungi di Semarang, ada lebih dari lima puluhan deh kalo nggak salah. Selain wisata yang saya sebut di atas, masih ada wisata alam lainnya, seperti wisata pantai, air terjun, goa, hutan mangrove, dll. Atau wisata kuliner dan wisata rekreasi untuk anak-anak.

Baidewei, karena aku yang paling semangat, maka aku pun diminta untuk mencari tiket perjalanan untuk kami bertiga ke sana, sekalian hunting tiket ke tempat wisatanya selama di sana. Xoxo, baeklaaah. Untuk urusan cari mencari tiket masalah gampang bagiku :D Soalnya selama ini, misalnya kalau mau pergi liburan atau mudik bareng keluarga, kan aku juga yang biasa nyari dan pesan tiketnya.

Walau biasanya aku pake Traveloka.com, tapi aku kadang masih suka ngintipin harga tiket di tempat lain, hehe *yakali ada yang murah gitu XD Seperti biasa, setelah puas larak lirik sana sini, bener saja, aku tetap saja kembali ke Traveloka, karena seperti biasa (lagi) di sana harganya lebih murah dan pilihan tiketnya lebih lengkap dibandingkan yang lain :D


Aku pun buka aplikasi Traveloka.com, dan klik Tiket Pesawat. Tinggal pilih tujuan ke Semarang, dan setel tanggal keberangkatan, serta jumlah penumpang. Setelah klik ‘Cari’, keluarlah informasi semua maskapai penerbangan menuju Semarang, lengkap dengan jadwal berangkat, durasi waktu diperjalanan, serta harganya. Ada pilihan ‘Urutkan’, ‘Filter’, dan ‘Ganti Tanggal’ di bagian bawah jika ingin menggunakan fitur bantuan ini.



Usai memilih maskapai yang diinginkan, aku pun klik ‘Pilih’. Aku juga sempat melihat fasilitas apa saja yang kami dapatkan dari maskapai ini. Enaknya pesan tiket di Traveloka adalah tiket bisa di-refund, atau jika mau ganti jadwal keberangkatan juga bisa. Tinggal klik aja ‘Refund’ atau ‘Reschedule’. Gak ada yang ribet deh kalo tiba-tiba mesti cancel atau berangkatnya ditunda.


Kemudian tinggal isi data pemesan (di sini aku masukin dataku, dan data 2 sahabatku). Lalu masuk ke bagian pembayaran. Di bagian ini tinggal pilih mau pake metode pembayaran yang mana, bisa pake PayLater, Direct Debit, Kartu Kredit, Transfer, ATM, CIMB CLICKS, BCA KLIKPAY, Mandiri Debit, atau pembayaran di Indomaret dan Alfamart. Aku biasanya pake ATM atau MBanking.

Pembayaran di Traveloka yang mudah
Usai bayar, gak lama kemudian keluar deh E-tiket/Vouchernya. E-tiket/Voucher ini selain tersimpan di aplikasi, juga dikirim ke alamat email yang didaftarkan saat memesan tiket. Nanti pas di bandara tinggal nunjukin aja ke petugas, baik saat masuk bandara maupun pas check in. Mudah banget kan :) Aku biasanya seperti itu kalau mau pesan tiket untuk liburan atau mudik.

Oiya jadi ingat, dulu aku juga pernah pesan hotel pake Traveloka. Waktu itu pas aku lagi di Medan dan Solo. Dari bandara aku langsung janjian ketemu dengan klien di kantornya. Bayangin aku geret-geret ransel ke kantor orang, wekeke. Usai meeting, baru deh aku cari dan pesan hotel via Traveloka. Dari kantor ke hotel aku naik becak (pas di Solo) dan bentor (pas di Medan).

Asik banget deh kalo inget waktu itu, karena puas banget dengan hotelnya. Karena aku bisa pilih hotel terdekat dengan mal atau pantai, dengan rate dan review hotel yang bagus dari reviewer. Kamu mesti nyobain dulu kalau mau ngerasain juga kemudahan dan harga murah seperti yang aku dapatkan di Traveloka :)

Ehya balik lagi ke wisata Semarang yang mau aku jelajahi bareng sahabat. Aku pun laporan di grup kalau tiket udah ditangan, lengkap dengan tiket ke wahana rekreasi yang juga aku beli via Traveloka, karena kalau diliat dari review harga di internet, harga tiket ke wahana rekreasinya lebih murah, hehe. Untuk baliknya kami berencana naik kereta api. Kami pesan tiketnya belakangan saja, karena masih belum tau mau balik tanggal berapa. Gampanglah itu, tinggal klik aja ntar di Traveloka, hehe. Duh, jadi nggak sabaran pengen buru-buru piknik bareng sahabat. Pengen wisata kuliner, foto-foto, sekaligus refreshing. Semarang, I’m comiiiiing!  



Sumber foto: tertera dan wikipedia

  • Share:

You Might Also Like

40 comments

  1. Aku penasaran dengan gedongsongo.bener.berseliweran di IG

    BalasHapus
  2. Aku selama ini cuma numpang lewat aja di semarang. Banyak padahal ya tempat menarik utk dikunjungi

    BalasHapus
  3. Banyak yaa obyek wisatanya sekitar Semarang. Waktu ke sana aku cuma keliling kota ajaa

    BalasHapus
  4. Ikut dong mbaa ke Semaraaang. Kaoan niih

    BalasHapus
  5. Waah...asyik nih yg mau ke Semarang.. Bagus2 lho mba tempat wisatanya..gak akan nyesel deh..hehe..

    BalasHapus
  6. transferan kalo nggak diikuti piknik emang rasanya kayak ada yang kurang ehehehe

    BalasHapus
  7. Pas baca kata "geret-geret: jadi ingat kota kelahiranku, Pematangsiantar.
    Terus jadi kepengen roti Ganda dan kopi susu Kok Tung deh ^^
    Traveloka, juga masih jadi OTA favoritku juga, mba.
    Terbaik, menurutku!

    BalasHapus
  8. Kalau jalan-jalan banyakan memang enaknya mendadak. Abis kalau direncanain seringnya yang satu bisa, satunya enggak. Begitu aja terus sampai akhirnya sering gak jadi hehehe

    BalasHapus
  9. aku musti main ke sini lagi deh mbaaa..udah lama ngga ke kota Semarang yang makin cantik ini

    BalasHapus
  10. Kalau untuk brown canyon aku kurang setuju mbak, kalau kesana mesti sama orang yang tahu spot kalau enggak boro deh, debu doang aplagi bersaing sama truk pengambil pasir

    BalasHapus
  11. penasaran sama dengan klenteng dan museumnya, kalau ada rejeki coba main kesana pakai traveloka asyik neh

    BalasHapus
  12. Di Semarang banyak banget ya tempat wisata yang menarik, oleh-olehnya juga enak-enak, pengen deh ke sana ajak anak-anak

    BalasHapus
  13. kota lama, MAJT, lawang sewu, sam poo koong udah semua. berarti kalau ke smearang lagi wajib ke ayana gedong songo, brown canyon, dan dream museum nih :)

    BalasHapus
  14. Aku belum kesampaian ke Lawang Sewu nih. Eh yang ke wisata yang lain ya belum pernah. Suatu saat aku pengen ah :)

    BalasHapus
  15. Ayo kapan mau ke Semarang? bikin jadwal dong colek Awan juga

    BalasHapus
  16. Semaraaangg! Segara mau explore Semarang. Kebetulan deket sama kampungnya suami...

    BalasHapus
  17. Pengen banget ke Lawang sewu ma klenteng sam po kong, dari dulu belum kesampaian. Padahal dulu sering main ke semarang huhuhuhu

    BalasHapus
  18. Wouuww baru tau saya tempat2nya keren banget terutama Lawang sewu sama Brown canyon, eh brown canyon ini kok serasa di luar negeri yah, aaa pengen banget ke sana

    BalasHapus
  19. wajib nih di bookedmark.. aku belum pernah ke museum zone.. ketoke apik ya mbak. kapan2 ajak anak anak ke saana ah

    BalasHapus
  20. Aku pengen ke Lawang Sewu dan Kota Lama Semarang. Pengen hunting foto. Tak cek ah di traveloka

    BalasHapus
  21. Kebanyakan udah pernah saya kunjungi. Seminggu lalu baru saja ke Ayana Gedong Songo. Tapi dari dulu aku pengen ke Brown Canyon tapi belum kesampaian juga. Huhuhu.

    BalasHapus
  22. Waktu ke Semarang aku full kerja sih selama 3 hari dan ga sempet jalan-jalan ketempat yang diatas sana huhu. Semoga aja ya nanti kalau
    Ke Semarang lagi bisa mengunjungi tempat diatas.

    BalasHapus
  23. Hiks
    Kapan aku bisa ke Semarang ya
    Padahal ini kota yang udah sejak zaman kapan mau kesana.
    Ajak po'o Mba ke Lawang Sewu

    BalasHapus
  24. Banyak juga tempat wisata di semarang yaa, Mba. Saya belum pernah ke semarang nih, semoga suatu saat bisa ke sana dan piknik ke tempat-tempat di atas 😇

    BalasHapus
  25. Ayo mbaak Dew ke Semarang, aku tunggu. Siap jadi guide nya nih hihi

    BalasHapus
  26. semua destinasi yg ada disini sudah saya kunjungi bahkan setiap kesemarang ada yg bolak balik terus kesana.

    cuma brown canyon aja yang belum. next time aku kesana ah, penasaran.

    BalasHapus
  27. Cobain juga Mbak ke Goa Kreo, bagus juga lho. Atau ke Mariokoco, Taman Mininya Jawa Tengah. Meskipun kecil, tapi kalau kita masuk seperti udah mengelilingi Jawa Tengah.

    BalasHapus
  28. Kalo ke Semarang janjian ya mbak, aku temani nanti. Sama mba Ika, banyak loh teman blogger di kota Lunpia ini

    BalasHapus
  29. Wah ternyata banyak wisata semarang yang belum kukunjungi nih padahal aku dulu kuliah 4 tahun di Semarang.

    BalasHapus
  30. Ke Semarang baru ke Lawang Sewu doang itupun malam hari selepas dinas dan rekan kerjaku ketakutan setengah idup karena pas lagi foto2 di lawangnya ada yg gebrakin pintu mamvretlah kita semua :D

    BalasHapus
  31. Tante di Semarmag udh ribut aja nanya kapan ngajak anak2 main ke sana he he. Minta anter ke tempat2 ini aah

    BalasHapus
  32. mbaaa, aku anak semarang aja belum pernah ke gedongsongo loh. Sekarang udah tambah keren gitu pulak. hiks

    BalasHapus
  33. Banyak banget ya tempat wisata di Semarang.
    Aku baru pernah ke Lawang Sewu aja :D

    BalasHapus
  34. Aku tertarik ngunjungin Brown Canyon dan Dream Museum Zone. Dua tempat itu aku baru dengar hehehe

    BalasHapus
  35. Wah, banyak juga ya tempat-tempat yang bisa dikunjungi di Semarang.

    BalasHapus
  36. Mau juga doong Mbak, ke Semarang.
    Belum pernah niih.
    Yg Lawang Sewu itu icon banget yak, wajib kunjungi itu klo ke Semarang kayaknya yak :)
    Eetaapii, penasaran juga dengan Ayana Gedongsongo
    Itu, juga tempat2 lain yg Mbak sebutkan juga tentunya :)

    BalasHapus
  37. semarang ini bagi aku memorable banget mb, pernah tinggal disana 2 tahunan. Rasanay blm pernah puas menjelajah Semarang, duh jd kangennn

    BalasHapus
  38. Semarang punya segini banyak wisata yaa....
    Semoga nanti pas mudik, bisa mampir ke salah satunya.

    Mupeng bangeett~

    BalasHapus
  39. Ak kalo ke semarang sama aja mudik ke kampung bpk tapi baru ke lawang sewu aja yg lain belum pernah sedih

    BalasHapus
  40. Semarang tempat dimana aku dilahirkan dan jg dibesarkan, keliling Semarang mmng asik lo. btw brown canyon bukan tempat wisata sih, itu tempat tambang yg masih aktif. DMZ aku belum pernah

    BalasHapus