Tips Beli Rumah untuk Tempat Tinggal di Bandung

By Dewi Sulistiawaty - November 13, 2018


Saat kamu kebingungan mencari rumah yang nyaman untuk tempat tinggal atau sekedar untuk berinvestasi, cobalah untuk mencari rumah di kawasan Bandung. Mengapa? Karena kamu akan menemukan rumah dijual di Bandung dengan ukuran, harga, dan lokasi yang bervariasi. Hal ini memudahkan kamu untuk menyesuaikan budget dan juga kebutuhan rumah sesuai dengan keinginan. Apalagi kawasan ini sangat nyaman untuk dihuni karena dekat dengan berbagai fasilitas dan pusat kota.

Selain beberapa alasan diatas, daerah Bandung yang terkenal sejuk tentu saja dapat membuat kita merasa nyaman dan tenang. Rumah ini pasti akan menenangkan pikiran setelah kita lelah bekerja seharian, dan jenuh dengan suasana yang bising. Keadaan alamnya yang sejuk, dipadukan dengan pemandangan hijau akan selalu memanjakan mata dan pikiran. Tak mengherankan bila rumah di kawasan Bandung menjadi incaran untuk dijadikan tempat tinggal.

Berikut saya jabarkan keuntungan membeli rumah di daerah Bandung

1.     Harga yang cukup terjangkau
Dibandingkan dengan harga rumah di Jakarta, rumah di kawasan Bandung tentu lebih terjangkau dan recommended. Namun jika kita memilih rumah yang lebih dekat dengan kawasan perkotaan, tentu saja harganya masih tergolong lumayan mahal, lihat deh beberapa rumah dijual di Bandung ini. Tapi hal ini dapat diatasi dengan beberapa solusi yang dapat menekan membengkaknya budget untuk membeli rumah.

2.    Akses ke Bandung kini makin cepat
Dengan memilih rumah di daerah Bandung, otomatis perjalanan ke pusat kota Bandung akan lebih cepat. Ada berbagai macam pilihan kendaraan yang digunakan, mulai dari transportasi umum seperti bus, taksi, kereta api ataupun kendaraan pribadi.

3.   Bandung memiliki banyak tempat wisata dan hangout
Ini nih menjadi salah satu alasan yang sangat diperhitungkan saat mencari rumah dijual di Bandung. Banyaknya tempat wisata tentu saja akan banyak memberikan keuntungan kan ya. Apalagi bila kita akan berinvestasi properti, karena rumah di daerah Bandung tentu saja bisa dijadikan homestay yang menambah pemasukan kita.

Di musim liburan pasti akan banyak orang yang mencari tempat tinggal yang nyaman, dan salah satunya adalah rumah milik kita. Selain tempat wisata, Bandung juga terkenal memiliki banyak tempat hangout sehingga banyak disukai orang. Ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengurangi rasa bosan saat lagi tak ada kegiatan di rumah. Atau jika mau, kita dapat menggunakan rumah untuk membangun bisnis, seperti café.

4.    Atmosfer yang nyaman dan sejuk
Keadaan alam, cuaca, dan suhu Bandung yang sejuk tentu saja membawa kenyamanan bagi orang yang tinggal di sana. Selain cocok untuk me-refresh pikiran, kita dapat membeli rumah di Bandung untuk persiapan masa tua. Pasti akan sangat menyenangkan tinggal dan bersantai di daerah yang jauh dari hiruk pikuk kota saat sudah pensiun.

5.    Biaya hidup lebih terjangkau
Bila dibandingkan dengan di Jakarta, biaya hidup di Bandung tergolong lebih terjangkau. Jadi kita dapat menghemat lebih banyak uang bulanan, dan dapat mengalokasikannya untuk kebutuhan yang lain. Iklim yang sejuk juga cocok jika kita ingin menanam tanaman untuk memperkecil pengeluaran. Kegiatan ini tentu saja akan sangat menyenangkan untuk mengisi waktu luang.

6.    Dekat dengan banyak pusat pendidikan
Salah satu pertimbangan penting lainnya dalam memilih tempat tinggal tentu saja jarak antara tempat pendidikan dan rumah. Nah, jika kita tinggal di Bandung, tidak usah khawatir akan hal ini, karena di Bandung terdapat banyak tempat pendidikan, mulai dari jenjang bawah hingga atas. Banyak sekali sekolah dan universitas yang bermutu baik di kota ini.

Selain itu dekatnya rumah dengan pusat pendidikan dapat menjadi peluang usaha juga. Untuk yang rumahnya dekat dengan universitas, kita dapat menggunakannya untuk dijadikan tempat kost. Ini akan sangat menguntungkan karena akan menjadi sumber pemasukan setiap bulannya. Investasi ini dapat memberikan keuntungan bagi kita hingga tua nanti.

Nah, itu tadi beberapa keuntungan jika kita memilih membeli rumah di daerah Bandung. Keuntungan tersebut dapat dijadikan pertimbangan agar semakin mantap untuk membeli rumah di Bandung. Untuk mendapatkan rumah impianmu di daerah Bandung, tentu saja butuh beberapa tips agar tidak salah dalam mengambil keputusan. Silahkan disimak tips berikut ini.

Tips membeli rumah di Bandung

1.     Membeli rumah yang dilelang
Salah satu cara mendapatkan rumah dengan harga murah adalah dengan membeli rumah yang dilelang. Hal ini dikarenakan rumah yang dilelang biasanya ditawarkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau dibanding harga normal di pasaran. Murahnya harga rumah ini bukan karena alasan yang menakutkan seperti karena lama tidak dihuni ataupun karena pernah terjadi hal buruk di sana.

Biasanya rumah yang dilelang ini karena merupakan rumah sitaan karena pemiliknya tidak bisa membayar kredit. Pelelangan ini biasanya dilakukan oleh pihak yang berwenang, seperti bank saat orang yang menjaminkan sertifikat rumahnya tidak sanggup membayar sesuai dengan kesepakatan yang dibuat. Ini kesempatan bagi kita dalam mendapatkan rumah bagus dengan harga yang relatif murah.

2.    Membeli rumah tua
Rumah tua yang dimaksud di sini adalah rumah yang sudah berusia cukup lama tetapi masih layak untuk dihuni. Ini kesempatan bagi kita untuk membelinya dengan harga yang murah. Namun sebelum membelinya, akan lebih baik lagi jika kita mempertimbangkan lokasinya. Jauhnya lokasi dengan fasilitas umum dan kota pasti akan berpengaruh dengan mobilitas kita, jika rumah yang akan dihuni menjadi hunian tetap.

3.    Membeli rumah di pinggiran kota
Letak rumah yang dekat dengan fasilitas umum tentu saja sangat diminati. Kita dapat menjadikannya pilihan karena harganya juga cenderung lebih terjangkau. Ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki budget pas-pasan saja tetapi ingin membeli rumah dan tinggal di daerah Bandung.

4. Melakukan perbandingan dan membuat skala prioritas
Lakukanlah survei beberapa rumah yang masuk dalam kriteria pencarianmu. Setelah menemukannya, kamu dapat membandingkan satu dan lain hal untuk memilih yang terbaik. Gunakanlah skala prioritasmu dalam memilih tempat tinggal yang terbaik agar tidak menyesal nantinya. Beberapa yang harus dibandingkan adalah harga, ukuran, lokasi, bangunan, dan keadaan fisik rumahnya.

Setelah menemukan yang dirasa mantap, buatlah skala prioritas. Dari sini kamu akan memilih yang terbaik diantara yang baik. Misalnya saja dengan membandingkan jauhnya jarak rumah dengan fasilitas umum, jumlah kamarnya, harganya dan lain sebagainya. Kamu pasti tahu mana yang harus lebih diutamakan dibanding poin lainnya.

5.    Mencari informasi rumah dengan mendetail
Sebelum membeli, rajin-rajinlah mencari informasi secara detail tentang rumah yang dirasa cocok dengan selera dan kebutuhanmu. Ketelatenanmu ini akan membuatmu lebih mudah untuk menemukan rumah yang layak ditinggali. Jangan sampai nantinya kamu merasa kecewa karena mengetahui ada harga rumah yang lebih murah dengan spesifikasi yang sama. Kejelian dalam berburu informasi sangatlah penting sebelum membeli rumah.

Mulailah dengan mencari informasi lengkap tentang jual beli rumah murah di kota Bandung untuk mendapatkan referensi harga. Hal yang harus kamu ketahui antara lain adalah keadaan bangunan fisik, kelengkapan surat-surat dokumennya, fasilitas, dan lain sebagainya. Selain itu cari tahu juga tentang DP pembeliannya sehingga kamu dapat menyesuaikan hal tersebut dengan budget. Semua itu dilakukan demi mendapatkan rumah dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

6.    Membeli rumah yang masih layak huni
Rumah yang bangunannya kurang menarik karena desainnya kuno mungkin jarang diminati oleh pembeli, sehingga dijual dalam harga yang murah. Kamu memang harus menyediakan cukup dana untuk melakukan pembaharuan, namun itu masih bisa diatasi. Dengan rumah yang masih layak huni, berarti kamu tidak membutuhkan dana yang terlalu besar untuk melakukan perbaikan.

Namun sebelumnya akan lebih baik lagi jika kamu melihat lebih teliti lagi dan memperkirakan biayanya. Jangan sampai dana perbaikannya membuat budget membengkak dan merugikan. Hindarilah membeli rumah yang memiliki penyangga keropos, dinding yang retak, genteng yang banyak bocornya. Pilihlah rumah dengan biaya renovasi ringan sehingga tidak membebankan.

7.    Membeli rumah langsung dari pemiliknya
Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mencari rumah dijual di Bandung adalah usahakan untuk membeli langsung dari pemiliknya. Bila dalam pembelian rumah tadi melalui perantara makelar, bisa dipastikan harganya akan lebih tinggi dari harga rumahnya. Karena para makelar pasti akan mendapatkan persenan dari jasanya sebagai penghubung antara penjual dan pembeli.

Untuk dapat mengontak langsung dengan pemilik rumah, usahakan kamu jangan membelinya melalui agen properti yang biasanya menggunakan jasa makelar ya. Oleh karena itu, akan lebih baik kamu bertanya dulu ke saudara, teman, tetangga, atau siapa saja yang bisa dimintai informasi. Karena bila langsung dengan pemilik rumah, proses negosiasi akan lebih mudah dan leluasa. Tentang surat dan dokumen yang berhubungan dengan rumah tersebut juga akan lebih aman dan terpercaya karena langsung dari pemiliknya.

8.    Sesuaikan harga dengan kondisi rumah
Hal penting dalam memilih rumah diantaranya adalah kesesuaian kondisi rumah dan harganya. Karena pastinya kamu akan merasa rugi bila membeli rumah dalam keadaan yang buruk dengan fasilitas yang kurang namun harganya terlampau mahal. Telitilah bagaimana kondisinya sehingga yakin rumah tersebut bersih, nyaman, bagus dan sesuai dengan seleramu.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencari rumah dijual di Bandung. Usahakan untuk teliti sebelum membeli. Semoga dengan pertimbangan dan tips yang telah dipaparkan di atas, kamu bisa mendapatkan rumah yang sesuai dengan keinginanmu di daerah Bandung :)

  • Share:

You Might Also Like

35 comments

  1. Meskipun aku ga ada niatan beli rumah di Bandung. Tapi aku punya sodara di Bandung. Jadi bisa guna tips ini

    BalasHapus
  2. Punya rumah di Bandung, enaknya bisa dekat dengan lokasi wisata

    BalasHapus
  3. Tentu bakalan menyenangkan ya kalau bisa tinggal di Bandung. Apalagi bagi orang yang sudah terbiasa tinggal di kota sepanas Semarang, pasti bakalan berasa sejuk banget kalau tinggal di Bandung ;) Kapan hari waktu liburan ke Bandung juga senang dengan cuacanya yang jauh beda dengan Semarang.

    BalasHapus
  4. duh tapi kok kalau beli rumah tua rasanya ngeri ya huhu harus tau dulu sejarah rumahnya

    BalasHapus
  5. Tapi sekarang harga rumah di Bandung sudah mulai tinggi, lho, hehehe tinggi untuk kantong saya kali ya

    BalasHapus
  6. Membeli rumah langsung dari pemiliknya memang lebih enak, jatuhnya bisa lebih murah dibanding kalo ada makelarnya, bisa nego2 juga :)
    Bandung banyak tempat wisata dan kuliner ya, belum pernah nih ke Bandung. Semoga bisa ke sana suatu saat.

    BalasHapus
  7. Duuh pengen punya rumah di Bandung. Siapa tahu nanti anakku ada yg kuliah di Bandung

    BalasHapus
  8. Aku dulu punya cita-cita tinggal di Bandung, kayanya sejuk banget dan jajanan enak2. Baca ini jadi makin kepingin. Semoga suatu saat bisa keturutan :)

    BalasHapus
  9. Bagaimana cara kita tahu sedang ada pelelangan rumah ya? Apakah selalu ada pengumumannya via media?

    BalasHapus
  10. Kalau suami saya malah pengen jual rumah yang di Bandung. Tetapi, kami masih juga pengen punya rumah di Bandung meskipun lebih kecil. :)

    BalasHapus
  11. Bener bngt mba ... Bandung Jakarta klo lncar cuma 3 jam, temen kntir dulu ada yg rumhnya d Bandung kerja d jakarta walau cuma setahun sih.. enjoy aja ktny jalannya. Bandung hawanya msh segerr

    BalasHapus
  12. Sama ini mbaaak, harus memperhatikan kawasan rawan banjir. Saya dulu sempat tinggal sebentar di Bandung Selatan hihihi, Bandung Coret yak.... itu kan sering banjir.... Kalau di kotanya sepertinya aman ya.... :)

    BalasHapus
  13. Harus memahami tips di atas nih kalau mau beli rumah di Bandung.

    BalasHapus
  14. Pernah pengen banget tinggal di Bandung, soalnya Bandung tuh kayak surga gak sih mbaaaak. Hehe. Indeks kebahagiaan orang Bandung kan tinggi yah

    BalasHapus
  15. Aku pengen sih tinggal di Bandung tapi kantornya di Jakartaaaa dan makin macet niiih jalan sekarang

    BalasHapus
  16. THank you info nya mba, aku juga kadang lihat lihat via rumah.com buat bandingin harga dan lihat kondisi rumah, lengkap disana

    BalasHapus
  17. Wah, makasih tipsnya mba. Tapi, kepo juga gimana kita bisa tahu kalau ada pelelangan gitu mba? apa dengan nanya ke banknya apa gimana?

    BalasHapus
  18. Ngomongin bandung, jadi inget waktu sebelum nikah, aku punya cita-cita untuk tinggal di bandung. jadi, harus cari calon suami orang bandung dong kan ya? Tapi ternyata engga. sampai sekarang, cita2 itu masih ada. aku n suami juga pengin cari rumah di bandung. maksih ya mbak dew untuk tips-nya.

    BalasHapus
  19. Aku sih agak gimana ya beli rumah tua, soalnya takut udah keropos gitu banyak yg harus dirapihin nantinya hehe. Jadi pengeluaran dua kali.

    BalasHapus
  20. Aku dulu sempat punya impian punya rumah di Bandung. Gara-gara pernah seminggu tinggal di Bandung dan enggan pulang, hahahaa. Sayangnya gak terwujud karena nggak kerja di sana

    BalasHapus
  21. Waduh serem banget mba beli rumah tua dan hasil lelanggan. . Murah emang tapi bikin saya takut

    BalasHapus
  22. Asyik, Mbak Dewi mau beli rumah di Bandung. Yuk tetanggan sama saya. Seru lho jadi orang Bandung. Hehehehe...

    BalasHapus
  23. Wah tips menarik untuk yang mau tinggal di Bandung. Kalau saya masih kepengen tinggal di Bogor aja hehe

    BalasHapus
  24. Asik ya kalau bisa tinggal dan punya rumah di Bandung. Tipsnya bermanfaat untuk yang mau punya rumah kok kak walaupun belum pengen punya rumah di Bandung. Nice info kak.

    BalasHapus
  25. Dulu, bercita-cita banget mau tinggal di bandung karena tempat wisatanya kerenn abizz, ini ada tipz beli rumah di sana, waah bertambah referensi nih,makasih mba

    BalasHapus
  26. Makasih kak tips nya kali aja ada rejeki beli rumah disana hehe. Menurutku memang sih kalau beli rumah langsung dari pembelinya lebih murah soale tanpa perantara.

    BalasHapus
  27. Wah mantap nih. Bisa membantu buat yg butuh rumah di bandung.

    BalasHapus
  28. Jadi aku pindah Bandung apa Jakarta nih? Hmm
    Bandung ini destinasii impianku. Entah kapan bisa terwujud.

    BalasHapus
  29. Pengen jg punya properti di Bandung, pengennya deket kampus atau lokasi wisata biar bisa dijadikan guest house atau kos2an gtu :D
    Cuma emang butuh modal ya buat perawatannya :D
    TFS

    BalasHapus
  30. Pernah punya mimpi jadi warga Bandung. Jaman Kang Emil jadi walkot di sana dan mengubah Bandung jadi indaaah dengan banyak taman-taman, dan share di Instagram beliau. Sering banget tuh komen minta doain biar suami di mutasi ke Bandung, wkwk.
    Qadarullah belum terkabul. Tapi bisa banget ya Mba beli rumah di sana buat investasi, atau buat singgah kalau liburan ke sana, hihi.

    BalasHapus
  31. Survey ke lokasi rumah yang akan dijual bisa tanya tetangganya siapa tau rumahnya bermasalah atau lingkungannya gak baik

    BalasHapus
  32. Bandung memang nyaman untuk dijadikan tempat tinggal. Buktinya saya pindah lagi ke kota kembang ini hihihi...
    Harga rumah di pusat Kota Bandung udah tinggi, mendingan beli yang agak dipinggir tapi dekat dengan pintu keluar tol hehehe

    BalasHapus
  33. Tipsnya boleh banget dicoba. Cocok juga dijadikan referensi buat beli rumah di daerah mana saja seluruh Indonesia.

    BalasHapus
  34. Aku pernah punya keinginan pengen punya rumah di Bandung karena adem, banyak fashion outlet, banyak tempat nongkrong hihi banyak pengennya :)

    BalasHapus
  35. Tinggal di Bandung tu kayaknya impian banget deh. Suasananya adem, kotanya cakep, banyak kuliner enak lagi.

    BalasHapus