Praktisnya Cetak Dokumen Melalui PrinterQoe

By Dewi Sulistiawaty - November 13, 2018

PrinterQoe, Cepat, Mudah, dan Berkualitas

Pernah mengalami masalah dengan cetak atau print dokumen? Saya pernah. Waktu itu saya mau menghadiri suatu acara, yang ternyata untuk masuknya harus memperlihatkan undangan pada panitianya. Malangnya saya taunya pas udah di luar rumah, karena paginya saya harus meeting bareng tim di sebuah kafe di Jakarta. Nggak bisa juga minta tolong teman karena diundangan sudah tertera nama masing-masing dari tamu undangan. Akhirnya usai meeting panik deh nyari-nyari tempat print. Hadeuuh….  

Coba waktu itu udah ada PrinterQoe, pasti saya nggak bakalan sepanik itu. Nah, apa pula itu PrinterQoe? PrinterQoe masih ‘sekeluarga’ dengan SpotQoe, karena sama-sama dikembangkan oleh PT. Astra Graphia, Tbk. Saya pernah ulas mengenai SpotQoe ini sebelumnya. Silakan baca SpotQoe, Cara Praktis Mencari Ruang Meeting dan Event. PrinterQoe merupakan sebuah marketplace penyedia layanan cetak dokumen gitu. Jadi PrinterQoe bekerjasama dengan berbagai penyedia jasa yang menyediakan layanan cetak dokumen secara online.

Peluncuran PrinterQoe
PrinterQoe baru saja diluncurkan pada hari Rabu, 31 Oktober 2018 di 100 Eatery & Bar, Century Park Hotel, Jakarta. Selain bisa diakses melalui website, PrinterQoe juga bisa diakses melalui aplikasi mobile. So, dengan PrinterQoe, kita bisa memilih tempat cetak atau print sesuai lokasi terdekat dari kita. Kelebihan apa lagi yang bisa diperoleh dari PrinterQoe? Saya mendapatkan info lengkap mengenai hal ini dari Ibu Fanda Vionita, Head of PrinterQoe. Namun sebelumnya ada Bapak Halim Wahjana, selaku Komisaris PT. Astragraphia Xprins Indonesia (AXI) yang memberikan kata sambutannya.

Menurut Bapak Halim, AXI selalu secara konsisten melakukan inovasi dan menciptakan layanan produk digital. AXI terus tumbuh dan memberikan kontribusi positif bagi PT. Astra Graphia. Jika kamu sudah membaca postingan saya sebelumya mengenai SpotQoe, mesti sudah tau sih, kalau sebelumnya AXI sudah menghadirkan produk layanan berbasis digital lainnya, yaitu AXIQoe, CourierQoe, dan yang baru beberapa bulan lalu diluncurkan SpotQoe, dan sekarang PrinterQoe.

Bpk. Halim
“AXI menginisiasi sebuah fitur baru yang menjangkau segmen pasar printing yang lebih luas melalui akses aplikasi PrinterQoe. Kehadiran PrinterQoe merupakan komitmen dan konsitensi kami dalam menghadapi era digital. Dimana setiap orang tentunya menginginkan kemudahan dalam mencari dan memilih layanan yang bisa diakses melalui smartphone. Keuntungan mencetak dokumen harus memiliki mekanisme yang lebih mudah. Hanya dengan smartphone dalam genggaman kita, maka PrinterQoe merupakan jawaban untuk menciptakan market printing, khususnya bagi pelanggan dan komunitas pemilik printer,” ujar Bapak Halim.

Bapak Halim berharap dengan hadirnya PrinterQoe dapat menjadi solusi bagi market atau pengguna dalam memenuhi kebutuhan akan cetak dokumen yang cepat, praktis, dan berkualitas. Selanjutnya Ibu Fanda menjelaskan lebih rinci lagi mengenai PrinterQoe. Ibu Fanda mengatakan bahwa di era digital ini kegiatan mencetak atau printing masih dibutuhkan hingga saat ini bahkan ke depannya. Berdasarkan data, pasar online printing secara global pada tahun 2023 akan mencapai angka 460 triliun rupiah. Hal ini disebabkan oleh perubahan perilaku pelanggan.

Ibu Fanda
“Kita percaya perubahan perilaku pelanggan ini juga sudah terjadi di Indonesia. Contohnya bisa dilihat sendiri bahwa kita semua sudah dimanjakan dengan segala sesuatu yang berbau online. Mulai dari berangkat kerja menggunakan transportasi online, pesan makanan secara online, beli tiket kereta, pesawat, dan kereta secara online, dan juga belanja kebutuhan rumah tangga secara online. Nah, perubahan perilaku pelanggan ini ditangkap oleh pelaku penyedia jasa cetak. para pebisnis printing melihat tren ke depan akan mengarah ke print kapanpun dan dimanapun,” jelas Ibu Fanda.

Jika kita lagi butuh penyedia jasa cetak sebenarnya bisa saja dengan cara googling di internet. Namun cara ini masih lemah, karena kita tidak tahu apakah penyedia tersebut buka atau tutup, lokasinya yang ternyata jauh dari tempat kita, pun buka ternyata layanan yang diberikan tidak sesuai dengan yang kita inginkan, begitupun dengan masalah harganya. Permasalahan inilah yang ingin diatasi oleh PrinterQoe, yang ingin memberikan jasa layanan cetak atau print dengan cara cepat, praktis, dan berkualitas pada pelanggannya.

Cara order di PrinterQoe
Saya pun meluncur ke Google Play untuk menginstal PrinterQoe. Sebenarnya bisa juga buka dari website PrinterQoe.com, tapi saya lebih suka buka pake aplikasinya saja. Usai download aplikasi PrinterQoe, saya pun registrasi dengan mengisi data, dan melakukan verifikasi email untuk mengaktifkan akun PrinterQoe. Masuk di aplikasi PrinterQoe, saya melihat banyak sekali penyedia jasa print di sana, tepatnya menurut Ibu Fanda terdapat lebih dari 1500 printer di area Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Di bagian bawah terdapat beberapa fitur seperti Daftar Printer, Peta Printer, Pesanan, Promo, dan Menu.


Pada bagian Daftar Printer tertera nama-nama penyedia jasa printer yang sudah bergabung di PrinterQoe, lengkap dengan harga per lembar dan jenis printer yang digunakan. Lanjut aja klik salah satu penyedia jasa printer untuk mengetahui informasi lebih detail mengenai layanan yang disediakan oleh penyedia. Pada bagian paling kanan atas tersedia opsi untuk mengurutkan printer berdasarkan harga dan pilihan warna print.  

Cari lokasi merchant terdekat
Kalau Peta Printer adalah untuk mengecek dan mengatur area penyedia printer terdekat dari lokasi kita. Sedangkan di sebelahnya yaitu Pesanan adalah info untuk order yang kita lakukan. Nah, saya senang pas nemuin ada promo pada bagian Promo, haha. Promonya adalah saya bisa mendapatkan saldo sebesar 20.000 dengan memasukkan kode SALDOPQ.


Caranya adalah dengan masuk ke bagian Menu, lalu klik Saldo PrinterQoe. Selanjutnya klik Isi Saldo dan ketik kodenya di sana, lalu klik kirim. Saldo saya pun bertambah 20.000. Yeeeyy! Oiya, jika ada teman-teman yang berminat dan membutuhkan PrinterQoe, bisa lho masukin kode referral PQDEWI untuk mendapatkan tambahan saldo 10.000 ;) Eh atau berminat untuk buka usaha jasa penyedia printer dan ingin bergabung di PrinterQoe? Bisa banget! Tinggal langsung daftar saja di PrinterQoe. Cepat dan praktis kan ya :)

Daftar jadi merchant di PrinterQoe
Namun untuk sementara ini aplikasi PrinterQoe masih dalam tahap pengembangan. Hmm, pantesan saat saya mlipir ke website PrinterQoe.com, fitur-fiturnya lebih komplit, seperti ada opsi untuk pemilihan warna, kategori, harga, fasilitas tambahan, serta status gitu. Baidewei menurut Ibu Fanda, PrinterQoe masih mengembangkan beberapa fitur lainnya, diantaranya fitur penyimpanan awan, seperti Google Drive, Dropbox, dll, lalu fitur yang terintegrasi dengan layanan jasa kurir, serta pengembangan fitur payment agar lebih banyak lagi opsi pembayaran, sehingga dapat memudahkan konsumen.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa PrinterQoe memiliki beberapa kelebihan, yaitu kita bisa order dari berbagai device, baik dari smartphone, laptop maupun komputer. Pemesanannya pun sangat mudah, nggak perlu repot karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja via online, sehingga nggak perlu ngantri juga. Kita jadi lebih mudah memilih lokasi penyedia jasa printer yang terdekat dari lokasi kita.


Nah, karena market coverage-nya lebih luas, kita jadi punya banyak pilihan penyedia printer. Untuk pembayarannya sendiri kita langsung bertransaksi dengan penyedia printer, jadi gak ada yang namanya transaction fee dari PrinterQoe. Harganya adalah real dari penyedia printer. So, kamu ingin rasakan kemudahan dari layanan PrinterQoe? Jangan lupa masukin kode dari PrinterQoe dan kode referral dari saya yaa ;) Atau kalau berminat bergabung menjadi salah satu merchant di PrinterQoe, cuss aja ke PrinterQoe.com dan daftarkan printermu :)  


Foto-foto: Pribadi

  • Share:

You Might Also Like

40 comments

  1. ah kahirnya ada printer yang bisa langsung nge print dokume ndari hape aja ya mbak , gak perlu lagi cari komputer.
    dan semoga produksinya nanti makin banyak tersebar ke seluruh indonesia.

    BalasHapus
  2. Oh iya lupa aku harus cetak invoice buat dikirim ke TamanKata :-D
    praktis deh skr kalua mau cetak dokumen dengan cepat tunggal lari aja ke Printrque

    BalasHapus
  3. Waah kayaknya tidak lama lagi akan ada di kota Saya juga nih. Pasti akan sangat membantu warga kota.

    BalasHapus
  4. Cocok nih kalau saya lagi malas jalan ke tempat ngeprint. Kebetulan saya juga ada beberapa file yang mau diprint, tapi malas banget jalannya

    BalasHapus
  5. Duuuh, hidup jadi makin mudah ni....
    Buat yang working at home atau yang kerjanya mobile enak banget ni, bisa kerja di mana saja kalau butuh printer tinggal ordeeerrrr

    BalasHapus
  6. Anak-anakku mulai sering dapat tugas yang perlu di print, kadang printer di rumah kehabisan tinta dan males mau refill. kalau ada layanan seperti ini pasti bakal lebih mudah ngerjain tugas anak2 nih. Semoga PrinterQoe cepat buka di Jogja juga :)

    BalasHapus
  7. Kalau ada layanan yang cepat dan mudah seperti i i memang jadi lebih praktis ya mba jadinya. Sangat membantu buat kita yang butuh printing segera

    BalasHapus
  8. Apliakso ini ngebanbantu banget ya mak jadi kita lebih mudah dan praktis ga nunggu-nunggi di tempat print buat antri ngeprint. Terua kita bisa pilih sendiri kualitas kertasnya juga.

    BalasHapus
  9. Makin yakin deh gak butuh printer di rumah. Nungguin ada cabangnya di kota Semarang, tinggal klik klik, ntar dokumen yang kita butuhkan udah dikirim ke rumah. Asiknyaaa

    BalasHapus
  10. Berharap di Serang segera ada Printerqoe jugaaaa. Memudahkan bgt buat yg gk punya printer d rmh kayak aku

    BalasHapus
  11. MasyaAllah, urusan ngeprint aja skrg bisa via obline yaaa. Benar2 jaman modern iniiii, memudahkan semua kebutuhan manusia

    BalasHapus
  12. Betapa jaman modern ini ya, semua urusan dimudahkan. Apa2 tinggal online, ngeprint aja skrg berbasis aplikasiii

    BalasHapus
  13. Asyiiik banget ya Mbak, bahkan sekarang udah ada aplikasi yg bisa memudahkan kita untuk menemukan tempat ngeprint terdekat, bs ngeprint sendiri tanpa harus ngantri pula yah, wiihh mantap bener jaman now.

    BalasHapus
  14. Jaman udah semakin canggih. Bahkan untuk ngeprint pun udah ada aplikasi marketplacenya.

    BalasHapus
  15. Aku mau daftar jadi penyedia jasa cetak nya nih..nanti uni ngeprint nya pilih tempat ku ya hihi

    BalasHapus
  16. Oalah kita tetap harus ambil sendiri dokumennya ya, Mbak? Tapi buatku sih praktis ini, terutama bagi orang baru di kota yang nggak tau harus ngeprint di mana.

    BalasHapus
  17. Bulan ini aku udah pakai aplikasi SpotQoe nih. Pengen instal aplikasi PrinterQoe juga ah biar ngeprint makin gampang.

    BalasHapus
  18. Bulan ini aku udah pakai aplikasi SpotQoe nih. Pengen instal aplikasi PrinterQoe juga ah biar ngeprint makin gampang.

    BalasHapus
  19. keren ya mba, sekarang teknologi semakin inovatif, sampai kepikiran aja hal yang seperti ini, sepele kelihatannya tapi bermanfaat banget bagi yg gak ada print hehe

    BalasHapus
  20. Ngeprint makin mudah, kaya aku juga nih karena di rumah gak ada printer dan kadang butuh data buat dicetak. Nunggu warnet buka eh malah udah gak beroperasi lagi

    BalasHapus
  21. Yuhuu jaman semakin berubah tapi ada banyak juga hal2 positif salah satunya bermunculan app yang menjawab kebutuhan masyarakat. Nah khusus yg satu ini akan sangat membantu mahasiswa

    BalasHapus
  22. Makin inovatif ya. Ini printerque yg ditungu2 buat membantu terutama disaat2 penting tp printer rusak

    BalasHapus
  23. Wahh. .Praktis banget ya mba, semoga makin meluas disemua wilayah jadi mudah untuk ngeprint

    BalasHapus
  24. ngebantu banget nih, gak usah ber antri-antri ria di tempat ngeprint. Praktis dan banyak pilihan. Semoga, cepat sampai juga di kotaku...

    BalasHapus
  25. Waah solusi banget ya, jadi inget masa-masa menyusun tesis, suka pusing cari tempat ngeprint, mana diburu-buru untuk segera revisi

    BalasHapus
  26. Wah asyik ya ..makin praktis. Apakah sudah menjangkau semua daerah / baru di kota2 besar saja?

    BalasHapus
  27. Praktis banget, ya...tinggal ambil dokumen dari handphone, kita bisa langsung bisa mencetak dokumen. Tidak perlu dari laptop atau komputer.

    BalasHapus
  28. Lucu juga ya ada aplikasi cetak online gini. Jadi lebih memudahkan pekerjaan mendadak juga kalau lagi tidak di kantor dan butuh dokumen.

    BalasHapus
  29. Ya Allah, jadi praktis banget ya Mba. Macem layanan nyari tempat makan terdekat gitu ya, tapi kalau ini tempat print terdekat. Hidup di jaman digital ini sungguh memanjakan, hahaha.

    BalasHapus
  30. Semoga sosialisasinya segera ada di Surabaya. Penasaran juga sama kinerja PrinterQoe ini. Maklum butuh media untuk cetak DIY anak.

    BalasHapus
  31. Aku biasanya butuh ngeprint untuk surat perjanjian kerjasama nih. Gampang ya ngeprint pake printqoe ini. Apalagi banyak merchantnya.

    BalasHapus
  32. Berharap ini segera hadir di Jogja . Bakalan banyak yang pakai ini deh

    BalasHapus
  33. Sekarang enak ya, semua bisa dipesan via aplikasi/ onlen, bahkan buat ngeprint sekalipun. Ini cocok kyknya buat perusahaan atau organisasi yg mau cetak2 manual book atau pamflet2 hehe

    BalasHapus
  34. eh kalau punya printer di rumah apa bisa didaftarkan di printerqoe juga? lumayan buat nambahin uang jajan.

    BalasHapus
  35. produk elektronik sekarang makin inovatif yaaa... ga cuma kamera aja yang udah bisa diconnect ke handphone, tapi skrh printer pun iya

    BalasHapus
  36. Aku sampe geleng2 kepalaa. Kok ya yang bikin aplikasi ini kepikiran bikin aplikasi printerqu ini ya? Keren

    BalasHapus
  37. Kebutuhan ngeprint emang suka ga bisa diduga sih ya. Dan keberadaan tinta pun idem jadi aplikasi ini bisa bantu bnaget

    BalasHapus
  38. PrinterQoe ini belum nyampe Semarang ya mba? Padahal pengin juga nyobain lhooo... Enak ya praktis tinggal kirim melalui aplikasi ntar tinggal tunggu hasilnya. Luar biasa deh anak bangsa nih, makin banyak aplikasi yang memudahkan kehidupan kita ;)

    BalasHapus
  39. Manfaat banget nih buat emak2 kaya aku, jadi bisa ngeprint dengan mudah

    BalasHapus
  40. Akutu selalu bermasalah dengan nge-print.
    Kan suka panik yaa...kalau mendadak aturan di komputer rental tempat nge-print jadi berantakan lagi..padahal di rumah mah...baik-baik aja.

    Bisa dibantu nge-rapiin gitu ga mba?

    BalasHapus