Begini Cara Cepat Mengirim Paket dengan Tarif Flat

By Dewi Sulistiawaty - Oktober 22, 2018


Siapa yang tidak kepengen jika paket yang dikirimnya sampai dengan cepat dengan harga flat. Kalau biasanya pengiriman tercepat yang pernah saya lakukan adalah dengan menggunakan jasa kurir, kirim hari ini sampainya besok, udah sering sih. Tapi yang sampai hari itu juga, belum pernah. Eh, ada deh. Itu lho pakai jasa pengiriman barang dengan aplikasi ojol. Tapi ya begitu, jangkauan atau area antarannya terbatas, dan harganya pun berubah-ubah.



Sampai saya dikenalin dengan Paxel oleh seorang teman. Mungkin beberapa dari kamu sudah mengenal Paxel ya, atau malah sudah langganan Paxel? Entah kemana saja saya, hingga baru tau kalau ada jasa pengiriman barang cepat dengan tarif flat nya ini. Baidewei, sebenarnya Paxel belum lama juga sih meramaikan dunia jasa ekspedisi. Baru pada bulan Januari 2018 kemarin Paxel hadir dengan berbagai keunggulannya. Pada penasaran kan dengan Paxel? Kuy, lanjut bacanya ya :)

Bpk Johari Zein
Paxel adalah perusahaan start-up logistik berbasis aplikasi yang mengusung layanan same-day delivery dengan biaya flat. Informasi ini saya dapatkan saat menghadiri Blogger Gathering pada hari Selasa, 16 Oktober 2018 di Kantor Paxel Head Quarter, Jakarta. Pada saat itu hadir juga Bapak Johari Zein, Pendiri GBMI sekaligus Founder Paxel. Mengusung tagline #AntarkanKebaikan, Bapak Johari menceritakan sejarah berdirinya Paxel. Menurut beliau, Paxel berkomitmen untuk menciptakan jasa pengiriman yang berbeda dari jasa pengiriman lainnya di Indonesia. Dengan Paxel, semua paket pelanggan diantarkan dengan happy, nggak pake kesel, dengan harga flat.


Jadilah saya men-download Aplikasi Paxel di Google Play Store (bisa juga via App Store untuk iPhone), untuk menjajal keunggulan Paxel ini. Usai download, saya pun sign up dan mengisi data untuk profil. Barulah saya mencoba order. Pertama saya isi dulu alamat pick up (PickUp Location) dan alamat tujuan (Destination Location). Jika nggak ketemu alamat rincinya, bisa ditulis alamat atau nama jalan besarnya. Nanti tinggal tulis saja alamat detail di note (klik icon kertas di samping kanan location). Setelah itu klik continue.

Ukuran paket di Paxel
Nah, akan muncul pilihan ukuran paket yang mau digunakan. Tersedia 4 pilihan ukuran, yaitu Small (20x11x7 cm), Medium (27x21x12 cm), Large (35x30x20 cm), dan Custom (dengan catatan maksimal berat paketnya adalah 10 kg ya gaes!). Bukannya apa-apa, karena ukuran box yang digunakan kurir serta ukuran locker di Paxel Home semuanya segede paket large. Di bagian bawah tertera estimasi pengiriman dengan garansi maksimal 8 jam jika order sebelum jam 3 sore untuk dalam kota, dan jam 1 siang untuk antar kota.

Locker di Paxel Home
Setelah pilih ukuran paket, klik lagi continue. Saya masuk ke bagian informasi detail yang harus diisi, seperti nama pengirim dan no hape, serta data penerima paket. Di bagian bawah mesti diisi juga detail item dari paket yang dikirim. Apakah masuk kategori barang fashion, buku, mainan, barang elektronik, perhiasan, dll. Ini untuk mengantisipasi barang-barang seperti toxic, hewan, tumbuhan, senjata berbahaya, dll yang masuk dalam kategori barang-barang terlarang. Setelah semua diisi, klik lagi continue.

Usai itu akan keluar Shipment Summary. Sebaiknya baca lagi dengan baik datanya, apakah semua data sudah diisi dengan benar. Cek juga biaya pengiriman. Benar saja, biaya yang tertera flat, karena saya sempat tes dengan ganti alamat pengiriman ke lokasi yang agak jauh, hehe…. Setelah yakin, klik deh Create Shipment. Tinggal tunggu deh!


Semudah itu saja kok buat ngirim-ngirim paket ya. Gak sampe 5 jam, paket saya sudah sampe ke alamat yang dituju. Saya tau ini karena saya mendapatkan notifikasi dari Paxel. Saya dikasih tau kalau paket sudah diterima oleh si penerima, lengkap dengan foto dan tanda tangannya lho! Oya, saya mau ngasih tau juga nih. Masalah keamanan paket yang dikirim, dijamin oleh Paxel dengan covered by insurance up to 10 juta rupiah. Dan satu lagi nih, kurir di Paxel sering disebut dengan panggilan Hero, karena mereka jadi Hero bagi kita semua dengan memberikan layanan terbaiknya hingga paket sampai dengan aman dan cepat.

Dari pengalaman ini dapat saya simpulkan beberapa keunggulan melakukan pengiriman paket dengan Paxel, diantaranya:
- Pengiriman cepat dan dilakukan dalam hari itu juga (same-day delivery), dengan harga flat selama berada di area Jabodetabek. Maksimal paket sampai 8 jam sejak order.
- Kemudahan pengiriman hanya dengan klik via aplikasi, dan tidak perlu mendatangi kantor Paxel.
- Bisa menentukan sendiri ukuran sesuai dengan paket yang mau dikirim. Tersedia extra packaging, seperti bubble wrap.
- Dapat memilih sendiri jadwal pick-up barang.
- Pengiriman bisa dilacak secara real-time melalui aplikasi

Kalau dilihat, Paxel ini cocok banget untuk mengirim frozen food, karena tau sendiri kan kalau makanan tidak bisa tahan lama, sehingga butuh pengiriman segera ke alamat yang dituju. Bagi pengusaha makanan atau e-commerce juga bagus nih, karena pasti ingin memberikan pelayanan yang cepat dan aman juga bagi pelanggannya. Apalagi dengan sistem tarif flatnya, sangat membantu banget bagi pengusaha untuk menetapkan harga ongkir bagi pelanggannya. Kan biasanya ongkir ditanggung oleh pembeli ya, jadi dengan tarif flat, penjual merasa nyaman memberikan harga produk yang dijualnya plus ongkir :)


So, kamu tertarik juga untuk mencoba Paxel? Eh, apalagi kalo kamu lagi menjalankan bisnis yang mengharuskan kamu untuk melakukan penggiriman barang. Bisa naget lho, pake jasanya Paxel. Recommended, karena saya sendiri sudah mencobanya. Sayang, saat ini Paxel baru melayani area Jabodetabek, Bandung, dan Semarang. Do’akan saja bisa merambah ke semua daerah di seluruh Indonesia ya. Jadi kita bisa mengirimkan paket kemana aja dengan cepat dengan tarif flat. Kamu bisa pake kode @dewisulistiawaty jika ingin mencoba layanan Paxel. Rasakan deh #AntarkanKebaikan yang diberikan oleh Paxel!       

  • Share:

You Might Also Like

0 comments