Cita Rasa Menu Nusantara di Madame Lily Plaza Indonesia

By Dewi Sulistiawaty - Oktober 10, 2018

Madame Lily Jakarta

Holaa, Foodies!

Jika kamu suka nge-mal dan ingin menikmati cita rasa makanan nusantara dengan penyajian yang lebih modern, kamu mesti mampir ke Restoran Madame Lily di Plaza Indonesia. Wohoo… kamu sudah tau dengan Madame Lily? Yup, bagi pencinta kuliner mestinya sudah tidak asing lagi dengan Madame Lily. Resto ini terletak di lantai 4, Blok G1, Plaza Indonesia. Jika kamu naik escalator, maka letaknya tepat di samping escalator lantai 4.

Kalau mendengar kata Madame Lily, pasti yang terbayang adalah sebuah resto ala Prancis gitu ya. Apalagi jika melihat dekorasi interior dengan warna putih dan abu-abunya, yang kental dengan nuansa Prancis, membuat setiap pelanggan yang makan di sana serasa sedang berada di Prancis, atau resto Prancis sih tepatnya :D Tapi siapa sangka ternyata resto ini menyediakan berbagai menu nusantara yang hit, seperti Soto Mie Bogor dan Cireng :D

For your information, nama Madame Lily diambil dari nama pemilik resto, yaitu Ibu Lily. Menurut cerita Mas Rico Supriyono, Manager of Operations Madame Lily, yang menemani saya dan teman-teman dinner di Madame Lily pada hari Jumat, 5 September 2018 kemarin, Ibu Lily sangat suka memasak makanan khas Indonesia, lalu membagi-bagikan masakannya tersebut pada para tetangga dan teman-temannya.

Teman-teman dan para tetangga menilai bahwa masakan Ibu Lily sangat enak. Mereka pun menyarankan Ibu Lily untuk membuka restoran. Akhirnya keluarga Ibu Lily lah yang kemudian membuatkan restoran, dan memberi nama “Madame Lily” sebagai bentuk dedikasi untuk Ibu Lily. Mengapa pakai kata Madame? Kalau menurut Mas Rico sih agar kedengarannya lebih catchy dan elegan. Menurut saya selain lebih elegan, sepertinya menyesuaikan juga dengan konsep interiornya ya, eh atau sebaliknya interiornya yang menyesuaikan dengan nama resto, hihi *baeklaah, gak usah dibahas lebih dalam lagi yaa. Enakan bahas makanannya ajaa :D


Restoran Madame Lily untuk pertama kalinya dibuka di Plaza Indonesia pada pertengahan bulan Agustus 2012. Hingga kemudian saya lihat udah banyak cabang lainnya di mal-mal besar di Jakarta. Jika kamu melihat logo atau lambang berbentuk gambar kepala seorang nenek berwarna abu-abu di sebuah mal, nah itu merupakan lambang dari Madame Lily yes. Menggambarkan seorang Ibu Lily yang saat ini sudah berusia lanjut.

Nah, khusus untuk Madame Lily di Plaza Indonesia menyajikan masakan khas Indonesia yang dihidangkan secara modern. Saya pun berkesempatan untuk mencicipi beberapa menu masakan favorit di Madame Lily Plaza Indonesia. Yuk, cuss untuk mengetahui menu apa dan rasanya seperti apa menurut lidah saya :D

Avocado Float


Avocado Float Madame Lily Jakarta
Avocado Float atau jus alpukat yang ditambahkan krim di atasnya membuka sesi dinner kemarin. Selain Avocado Float, ada pilihan minuman lain, yaitu Cappucino Float. Agak galau memilih diantara keduanya sebenarnya, karena saya penyuka alpukat dan kopi. Tapi saya nggak bakal bisa juga menghabiskan keduanya kan XD Akhirnya saya memilih Avocado, dengan pertimbangan nggak mau begadang karena minum kopi malam itu :)))

Rasa Avocado Float Madame Lily standar sih menurut saya. Mungkin kalau dinilai dengan angka di sekitaran 8,5 deh. Minumannya disajikan di gelas tinggi langsing *menyerupai body-nya Je-Lo (abaikan XD XD). Selain Avocado dan Cappucino, ada pilihan lain untuk minuman jenis blended & floats ini, yaitu Coffee Float, Green Tea Latte, dan Chocolate Blended. Untuk kelima minuman ini harganya flat di 55 ribu rupiah.

Cireng Udang

Cireng Udang Madame Lily Jakarta 
Nggak nyangka kan, Cireng yang biasa kita temui di pedagang pinggir jalan, bisa nongkrong di mal besar seperti Plaza Indonesia. Madame Lily menyediakannya lho! Menu ini sebenarnya tidak tertera di buku menu, karena Cireng Udang termasuk menu lama. Tapi bagi pelanggan tetap di Madame Lily yang udah tau, biasanya akan langsung pesan jika memang ingin Cireng ini.

Dibandrol dengan harga 50 ribu rupiah, Cireng ini dinilai expensive. Itu pula yang dikatakan oleh Ivan Gunawan, pelanggan setia Madame Lily. Namun begitu, Ivan tetap saja balik lagi ke Madame Lily dan memesan Cireng ini, wekeke… Jadi bisa dibilang harga dan rasanya worth it lah ya. Bagi saya sendiri, yang biasa aja sama Cireng (maksudnya jarang makan Cireng), rasa Cireng Udang di Madame Lily lumayanlah ya, apalagi jika dicocol dengan sambalnya, baru mantap rasanya!

Tahu Gejrot

Tahu Gejrot Madame Lily Jakarta
Siapa yang suka Tahu Gejrot? Madame Lily punya menu ini lho! Dengan harga 45 ribu rupiah, kamu bisa pesan sepiring Tahu Gejrot di sini. Makanan khas Cirebon ini berbahan Tahu Sumedang, dan disiram dengan kuah pedas manis. Bagi yang pernah makan Tahu Gejrot pasti taulah ya, rasanya seperti apa. Saya biasanya beli di abang-abang pinggir jalan. Rasa pedasnya lebih menonjol dibandingkan manisnya. Nah, kemarin di Madame Lily, agak kurang pedes sih di lidah Sumatera saya, hehe. Baidewei bisa minta ditambahkan sambal (irisan cabe) lagi kok ke pelayan, jika memang pengen pedesan lagi rasanya :D

Salted Egg Chicken Bites

Salted Egg Chicken Bites Madame Lily Jakarta
It’s my fav menu, recommended! Suwer, Salted Egg Chicken Bites Madame Lily ini endeuuus bangeeet! Kalau nggak inget perut dan malu, keknya saya mampu habiskan dua porsi Salted Egg Chicken Bites-nya XD XD Daging ayam yang dipotong kecil, lalu digoreng dengan tepung hingga renyah, serta diberi siraman saos telur asin. Hmm….yummyyyy!

Saya tuh penyuka telur asin, tapi milih-milih juga sih telur asinnya, karena jika kurang asin atau malah terlalu asin saya kurang suka. Saos telur asin di Salted Egg Chicken Bites ini pas banget rasanya. Ditambah dengan crunchy ayamnya dengan daging yang lembut di dalamnya. Pas banget rasanya di lidah saya. Saat menulis menu satu ini, sepertinya masih melekat aja rasanya di tenggorakan dan otak saya. Waduh, racun nih! XD Harga seporsi Salted Egg Chicken Bites ini adalah 65 ribu rupiah. Masih termasuk murah untuk ukuran makanan di Plaza Indonesia.

Nasi Goreng Gila

Nasi Goreng Gila Madame Lily Jakarta
Bagi yang biasa beli Nasi Goreng Gila pasti sudah tau rasanya seperti apa ya. Nasi Goreng Gila bukan berarti Nasi Goreng dengan level pedas yang gila gitu. Saya jelaskan seperti ini, karena ada teman yang beranggapan seperti itu. Nasi Goreng Gila biasa ditemukan di penjual-penjual Nasi Goreng di Jakarta. Nasi Goreng Gila merupakan modifikasi dari nasi goreng biasa. Cara masaknya juga sama dengan nasi goreng biasa. Cuma campuran topping aja yang beragam atau lebih banyak gitu, mulai dari daging ayam, daging sapi, telur, sosis, bakso, dll, semua dicampur jadi satu.

Di Madame Lily juga begitu. Nasi Goreng Gila disajikan dalam piring (yang lumayan besar menurut saya), lengkap dengan irisan timun, acar, tomat, daun selada, dan kerupuk bawang (kerupuk warna warni). Rasanya lumayan di lidah saya, kalau bagi teman saya katanya sangat enak, persis rasa nasi goreng di abang-abang yang biasa mereka beli (mungkin karena saya jarang beli Nasi Goreng Gila kali ya).      

Soto Mie Bogor

Soto Mie Bogor Madame Lily Jakarta
Bagi pencinta makanan berkuah, seperti soto, bisa cobain menu yang satu ini. Seperti Soto Mie Bogor pada umumnya, Soto Mie Bogor Madame Lily berisikan bihun, mie kuning, toge, daging sapi, irisan tomat, dan risol, serta diberi taburan bawang goreng dan irisan daun bawang di atasnya. Rasa togenya lebih menonjol karena menggunakan toge mentah yang masih fresh. Rasa sotonya seger banget, apalagi ditambahkan sambel, makin maknyuss deh tuh! Harga Soto Mie Bogor di Madame Lily adalah 75 ribu rupiah.

Bakmie ‘KARO’ Cheese

Bakmie 'KARO' Cheese Madame Lily Jakarta
Kalo dilihat sekilas, bakmie nya tampak seperti bakmie lain pada umumnya. Tapi ada yang berbeda dari Bakmie Madame Lily yang satu ini. Penambahan irisan daging sapi panggang ‘KARO’ dan keju mozzarella membuat Bakmie ‘KARO’ Cheese ini terasa sedikit istimewa. Daging ‘KARO’ Madame Lily ini rasanya juara! Membuat rasa bakmienya menjadi lebih lezat.

Mie-nya dibikin sendiri lho! Makanya bentuk dan teksturnya agak berbeda dari bakmie kebanyakan, lembut dan kenyal gitu. Nah, penambahan keju mozzarella ini nih yang bikin rasanya jadi berbeda dari bakmie kebanyakan. Gimana ya saya menggambarkan rasanya. Sepertinya kamu mesti cicipin sendiri deh, wekeke. Oya, harga Bakmi ini sama dengan Soto Mie Bogor, yaitu 75 ribu rupiah.

Spaghetti Tuna Sambel Mbe Bali

Spaghetti Tuna Sambel Mbe Bali Madame Lily Jakarta
Keliatan seperti spaghetti sambal matah ya. Baidewei masih sama-sama sambal khasnya Bali. Mbe dalam bahasa Bali artinya bawang goreng. Jadi sambel Mbe berupa irisan cabe merah dengan banyak bawang merah dan putihnya. Sayang, saya nggak suka makan ikan tuna, jadi nggak bisa mencicipi menu yang satu ini. Tapi kata teman-teman saya sih enak, cuma pedes banget (ini menurut ukuran lidah teman saya yang nggak suka pedes ya). Sepertinya Spaghetti Tuna Sambel Mbe Bali cocok bagi kamu yang suka makanan pedes. Harga spaghetti ini 85 ribu rupiah.

Nusantara Platter

Nusantara Platter Madame Lily Jakarta
Menu Nusantara Platter disajikan dalam piring besar. Sesuai dengan namanya, Nusantara Platter, di dalamnya terdapat beberapa lauk pauk khas nusantara, seperti sate maranggi, ayam goreng kremes, dan sapi karo. Selain itu ada nasi bakar dengan taburan ikan teri bawang dan irisan cabe merah di atasnya, gule daun singkong, lalapan, lengkap dengan beberapa sambelnya.

Nusantara Platter
Di antara ketiga lauknya, si sapi karo paling saya suka rasanya, enak bingit! Dagingnya yang empuk, bumbunya, semuanya pas di lidah saya. Baidewei ayam goreng kremes dan sate marangginya juga enak kok. Menurut Mas Rico, masakan berupa panggang KARO berasal dari daerah Batak (Sumatera Utara) dan menggunakan bahan utama daging babi. Namun di Madame Lily agar umat muslim bisa menyantap hidangan ini dengan aman, bahannya diganti dengan daging sapi. Rasanya tak kalah lezat dengan makanan khas asal Medan tersebut. Nah, saat ini di Madame Lily harga Nusantara Platter lagi promo nih, yaitu 125 ribu rupiah.

Pisang Goreng Kremes

Pisang Goreng Kremes Madame Lily Jakarta
Walo harga dessert yang satu ini 50 ribu rupiah seporsinya, saya rasanya nggak ‘kan bisa menghabiskan pisang goreng ini sendirian. Apalagi jika usai menyantap main course. Bagaimana nggak, 1 piringnya berisi dua pisang goreng dengan ukuran yang besar. Dessert yang satu ini enaknya dimakan rame-rame dengan teman atau keluarga. Rasanya lumayanlah, apalagi ditaburi dengan parutan keju dan mises. Enaknya dimakan selagi hangat.  

Martabak Red Velvet

Martabak Red Velvet Madame Lily Jakarta
Sekarang lagi tren ya makanan dengan red velvet dan matcha gitu. Nah, di Madame Lily tersedia Martabak Red Velvet. Martabak Red Velvet di Madame Lily diberi topping keju dan irisan kacang mete. Rasanya enak dan lembut. Sama seperti pisang goreng, enaknya dimakan rame-tame selagi masih hangat . Untuk harga lebih mahal dari pisang goreng, yaitu 75 ribu rupiah.

Itu beberapa menu yang sudah saya coba di Madame Lily, Plaza Indonesia. Dari semua menu yang sudah dicicip, saya dan teman-teman kompak merekomendasikan Salted Egg Chicken Bites dan Nusantara Platter-nya. Namun ada beberapa teman yang juga suka dengan Nasi Goreng Gila dan Bakmie ‘KARO’ Cheese-nya. Semua tergantung pada selera masing-masing sih.

Tapi bagi kamu pencinta kuliner nusantara, belum lengkap rasanya jika belum mencoba menu-menu yang ada di Madame Lily, Plaza Indonesia ini. Seperti yang dibilang oleh Mas Rico, pelanggan yang datang ke Madame Lily biasanya akan balik lagi, lagi, dan lagi, seperti Ivan Gunawan dan para seleb lainnya yang sering mampir di Madame Lily jika lagi main ke Plaza Indonesia.





Foto-foto: pribadi

  • Share:

You Might Also Like

27 komentar

  1. Aku pengin nyobain pisang gorengnyaaa. Kalau sama pisang goreng, aku lemaaahhh. Btw, selain di PI, Madame Lily ada di mana lagi, Wi?

    BalasHapus
  2. Siang² gini liat foto avicafo float kok ngilerrr. Waduuh. *Panggil mamang gojek minta gofood deh. hahahah

    BalasHapus
  3. Wah keren cireng dan tahu gejrot naik kelas masuk ke mall gede, apalagi disajikan dengan styling yang cantik banget gitu, bikin ngiler :)

    BalasHapus
  4. Kayaknya makanannya enak-enak ya, citarasa nusantara disajikan denganelegan, saya ok kabita dengan cireng udangnya ya

    BalasHapus
  5. Lezaaat banget keliatan. Unch mudah2an ada kesempatan ke sana.

    BalasHapus
  6. Pernah cobain makan di Madame Lily Kokas. Menunya memang enak-enak. Kalau yang di PI ini interiornya kayaknya lebih terang, ya

    BalasHapus
  7. Wow bisa ya yang biasa kita makan 15ribuan beda tempat jadi naik kelas banget hehehe. Aku pecinta nasi goreng lebih cinta yang biasa di abang2 simpang rumah hehehe

    BalasHapus
  8. Wohooo~
    Nikmat niaan sajian di Madame Lily.
    Tempatnya pun enaak...di pusat kota.
    Bisa buat meeting point yaa...

    BalasHapus
  9. Menunya kompliit ya, dan aku tergoda dengan Nasi Goreng gila sama Cireng udangnya. Eh tapi soto mie nya juga terlihat enak

    BalasHapus
  10. Makasih mbk, sudah menghadirkan kesegaran di siang yg panas begini meskipun hanya lewat foto segar dr avocado float madame lily...segeeerrr...
    Btw aku penasaran sama yg jd makanan favorit mu mbk, salted egg chicken bites. Kayaknya enak benerrre

    BalasHapus
  11. Masame lily sounds perancis banget ya mba, siapa sangka yang dihidangkan masakan nusantara hahaha terkecoh aku. Malah ada cireng bukan sembarang cireng, ada udang nya plus ada tahu gejrot

    BalasHapus
  12. Usap ilerrr
    Aku tertarik sama Nusantara Platternya. Pecinta sambal dan makanan pedas sih jadi tergoda sama sambal2nya

    BalasHapus
  13. Indonesia kaya akan kuliner yg punya cita rasa tersendiri. Nih foto makanannya bikin uhuukk (melan liur) hahaaa... pasti semua enak enak deh.

    BalasHapus
  14. Nama luar negri tapi rasa nusantara, ada cireng juga jadi kepo dengan harga dan rasa cirengnya mba

    BalasHapus
  15. Alamak itu alpukat, martabak red velvet kesukaan aku...lain kali bungkusin ya unii cieek :)

    BalasHapus
  16. Penampilan dari Salted Egg Chicken Bites-nya memang sudah menggoda sekali, ya, Mbak. Mbayangkan rasanya, duh.. gurihnya kayak apa yaa... *ngeces 🤤😂

    BalasHapus
  17. Madame Lily, namanya unik dan terkesan bangsawan gitu ya Mbak.
    Nah kan jadi penasaran karena menunya menu Nusantara.

    BalasHapus
  18. Penasaran sama martabak red velvetnya

    BalasHapus
  19. Wah Tahu Gejrot naik kelas hehe.
    Kyknya menu2nya enak.Wah kalau beruntung bisa ketemu artis donk ya pas lagi makan di sana :D

    BalasHapus
  20. Di Balikpapan sepertinya belum ada Madame Lily.

    Semua hidangannya menggoyah lidah ya, so yummy!

    Aku menghargai banget inovasi Madame Lily yang mengangkat kuliner tradisional ke mal.
    Good job!

    BalasHapus
  21. Pengen Bakmi karo dan martabak red velved.
    Deskripsi rasanya bikin nelen ludaaah.
    Aaaahh..
    Dibatam belum ada nih

    BalasHapus
  22. Saya pilih nusantara platter deh, agaknya lebih bikin kenyang hehe

    BalasHapus
  23. kita udah pernah ke sini and it's nice indeed. Memang makanan Indonesianya banyaaak pilihan and yummy!

    BalasHapus
  24. Menunya beragam ya Mb Dewi. Kok aku jadi ngiler ya lihat2 foto makanannya.

    BalasHapus
  25. Dan pagi ini, aku jadi lapaaarr melihat postingan ini, pengin cuss ke Madame Lily

    BalasHapus
  26. Cireng Udang + Soto Mie Bogor-nya menggugah seleraku, Mba :)

    tempatnya + suasana Madame Lily-nya juga bikin betah yaa :)

    BalasHapus
  27. Semuaya enak banget Mba, jadi pengen ke Madame Lilly.
    Aneka menu dan membuat ngiler saja semua menunya. Pastilah enak ya.

    BalasHapus