COCOFEST 2018, Ajang Kreativitas Anak Bangsa

By Dewi Sulistiawaty - Oktober 30, 2018

Museum Fatahillah, Kota Tua Jakarta
Akhirnya saya berkunjung juga ke Kotu, singkatan untuk Kota Tua, sebuah kawasan yang terletak di daerah Jakarta Barat. Sudah lama juga saya nggak main ke Kotu, karena letaknya yang lumayan jauh dari lokasi tinggal saya. Kotu yang dikenal dengan sebutan Batavia Lama ini merupakan kawasan wisata sejarah terkenal, yang biasanya disinggahi oleh wisatawan, baik wisatawan asing maupun lokal.

Bangunan yang paling dikenal di Kotu adalah Museum Fatahillah. Namun begitu, Kotu yang menjadi ikon Kota Jakarta ini tidak saja terdiri dari Museum Fatahillah. Banyak bangunan lainnya yang berdiri kokoh di sekitar bangunan ini. Disebut Kota Tua karena hampir semua bangunan di sini terdiri dari bangunan-bangunan tua yang penuh dengan nilai sejarah.

Di sekitar Museum Fatahillah terdapat juga museum lain, yaitu Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Bahari, Museum Seni dan Keramik, Museum Bank Indonesia, dan Museum Mandiri. Selain itu saya juga melihat Kantor Pos dan kafe-kafe bernuansa abad pertengahan berdiri di sekitar museum. Jadi selain melihat-lihat budaya dan sejarah yang ada di museum, pengunjung bisa istirahat di kafe, atau keliling lapangan depan Museum Fatahillah dengan menyewa sepeda hias yang ada di sana, sekaligus sambil berfoto ria di beberapa area di Kotu yang instagramable banget :D





Ngomong-ngomong soal berfoto dan selfie, ini sudah jadi tren di masyarakat ya, apalagi bagi muda mudi. Tak afdol rasanya kalau belum berfoto di tempat yang mereka kunjungi. Hal ini dirasakan juga oleh BUMN, dengan menggelar lomba kreativitas bagi generasi milenial, COCOFEST.


COCOFEST atau Content Creation Festival Indonesia merupakan ajang festival kreatif yang bertujuan untuk menginspirasi anak muda Indonesia agar lebih kreatif dalam berkreasi. Gelaran COCOFEST 2018 ini bertepatan juga dengan diperingatinya Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2018.

Lalu apa hubungannya dengan Kota Tua? Begini, saya sendiri juga baru tau, kalau ternyata sekitar 70% bangunan yang ada di Kota Tua merupakan milik BUMN. Makanya nggak heran kalau pada hari Jumat, 26 Oktober 2018 kemarin dilakukan Ground Activation Coco Festival Indonesia 2018 di Kota Tua ini, tepatnya di lapangan depan Museum Fatahillah.

Suasana di Kotu
Seperti biasa suasana Kotu ramai dengan muda mudi. Walaupun suasana terik, namun mereka nampak semangat berfoto dan berkeliling menggunakan sepeda hias. Saat itulah tiba-tiba sepasang bule ditarik ke dekat box tombol dan diminta memencet tombol tersebut. Usai tombol dipencet muncul dari arah Museum Fatahillah dua orang membawa karpet merah dan membentangkannya di tengah lapangan.


Beberapa penari muncul membawakan tarian daerah. Drama dilanjutkan dengan pertunjukan kuda lumping dan debus-debusan. Ada adegan suster ngesot, genderuwo, pocong, kuntilanak, zombie, dan makhluk ‘ajaib’ lainnya juga. Hingga pertunjukan para superhero, seperti Gundala, Wiro Sableng, Si Buta dari Gua Hantu, Saras 008, dll yang bertarung melawan arwah tadi. Menang dari pertarungan, superhero membawa kedua bule ke area yang disebut area musisi legend Indonesia. Lagu-lagu hits Indonesia pun didendangkan.   


Push to add drama yang dimainkan oleh anak-anak muda ini berhasil mengajak semua pengunjung untuk ikutan flashmob bareng mereka. Yup, semangat mereka seperti magnet bagi pengunjung untuk mengikuti semua gerakannya. Semangat inilah yang ingin ditanamkan oleh COCOFEST 2018 pada semua generasi milenial. Enerjik, kreatif, dan semangat pantang menyerah akan menjadikan generasi muda Indonesia menjadi generasi penuh talenta dan berprestasi, baik di negeri sendiri maupun di kancah internasional.

Semangat muda mudi di Ground Activation COCOFEST 2018
Ajang COCOFEST 2018 akan dimulai dengan beberapa aktivitas digital. Hingga nanti sampai dipuncak acara yang digelar pada tgl 10 November 2018, yang bertepatan dengan Hari Pahlawan. Pada puncak acara nanti akan digelar Showcase & Workshop, Keynote Speech & Idea Talks, serta Meet & Greet dengan beberapa konten kreator terkemuka. Sekaligus akan diadakan Awarding Night untuk pemenang online competiton. Seru kan!

So, bagi kamu yang merasa muda dan penuh kreativitas bisa ikutan COCOFEST 2018 lho! Caranya gampang. Kamu tinggal pilih konten apa yang ingin kamu usung. Ada 4 kategori konten yang bisa kamu pilih, yaitu Nature, Lifestyle, Transportasi, dan Infrastruktur. Kontennya bisa apa saja, yang penting terkait dengan semua aset dan produk yang dimiliki atau sedang dibangun oleh BUMN. Misalnya Jembatan Holtekamp, Pesawat Nurtanio PTDI, Kapal Pelni Binaiya, Balai Ekonomi Desa (Balkondes), Rumah Sementara di Lombok, Rumah Kreatif BUMN (RKB), Ekspedisi Papua Terang, Mandiri kartu Debit, ATM Mandiri, SPBU Pertamina, Wifi Corner Telkom, dll.

Jika sudah, kamu tinggal upload konten kreatif kamu, baik dalam bentuk foto, video, animasi atau gambar di Instagrammu. Bikinlah caption semenarik mungkin, dan gunakan hashtag #BUMNNYATABUATKITA dan #BUMNHADIRUNTUKKITA. Lalu tag 3 akun Instagram BUMN terkait dengan konten yang kamu bikin. Jangan lupa untuk tag juga akun Instagram @COCOFESTINDONESIA dan 3 akun Instagram temanmu ya. Ajak temanmu untuk ikutan  juga :)


Biar kamu lebih semangat lagi nih, saya kasih tau ya, kalau total hadiahnya sampe ratusan juta rupiah lho! Masing-masing kategori mendapatkan 20 juta rupiah. Trus untuk pemenang best of the best akan dapat tambahan 30 juta rupiah plus trip ke Labuan Bajo, NTT, serta pemenang most favorite akan mendapat tambahan juga 30 juta rupiah plus trip ke Labuan Bajo, NTT. Menarik kaan! Yuk, buruan ikutan. Untuk info lebih lengkapnya silakan mlipir ke website cocofestindonesia.com ya :)  


Foto-foto: Pribadi       

  • Share:

You Might Also Like

30 comments

  1. 2 minggu lalu aku rencana mau ke Kotu tapi gagal. Itu acara Coco Fest nya meriah sekali ya, walau harus panas2an tapi tetep hepii

    BalasHapus
  2. Aku dulu belum mengerti saat temen2 ada yang posting foto2 di Kota Tua. Kirain dimana itu, ooh ternyata di daerah Jakarta Barat. Terkenal banget ini ya Kotu, banyak turis asing juga ke sini.
    Btw ini acara COCOFEST 2018 pasti seru bangeeeet!

    BalasHapus
  3. ikutan kontesnya siapa tau bisa menang. Masih b anyak lagi aset BUMN lainnya ya

    BalasHapus
  4. Menarik nih acara Cocofest serta lombanya, apalagi ada banyak hadiahi yang menanti sang juara. Aku infokan ke anakku, siapa tahu mau bikin konten untuk lombanya. Dia udah mulai bikin animasi juga di kampus

    BalasHapus
  5. Wuih seru banget ya acaranya, ada pertunjukkan tradisional juga, cocofest jadi ajang keren untuk para anak muda untuk menunjukkan bakatnya ya, hadiahnya bikin ngiler nih

    BalasHapus
  6. Wah, wah, wah, keren banget nih dari suasana pe dengan menekan tombol jadi meriah begini.Heibaat idenya. Nysel ya koq bunda gak tsu ada acara sekeren ini dan du da juga sama lho baru tshu kl Kotu itu milik BUMN. Bunda blm pernah ke Kotu lho.

    BalasHapus
  7. Idenya brilian sekali!
    Perlu banyak event seperti ini untuk menampung aspirasi terutama generasi X,Y, Z dn Alfa.

    Semoga lombanya tidak terbatas usia ya, karena aku percaya, kreativitas itu tak mengenal batas!

    BalasHapus
  8. Berarti sekarang acaranya masih berlangsung, ya? Perlu direncanakan main ke sini

    BalasHapus
  9. Acaranya meriah sekali yaa, hadiahnya juga wow banget deh. Seandainya kota tua dekat pengen lihat juga kemeriahan acara puncaknya.

    BalasHapus
  10. Wah aura positif dan kreatif sangat terasa nih kalau dlihat di foto fotonya. Senang skali ya ada acara ini semoga bisa jadi ajang kreatifitas bagi banyak anak bangsa ya mba

    BalasHapus
  11. Cocofest emang keren banget ya Mba. BUMN emang juara menghubungkan dan menginspirasi anak muda Indonesia agar semakin kreatif dalam berkreasi dimana bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda

    BalasHapus
  12. Saya galfok sama fotonya bisa slide otomatis gitu, hehe.. Maafkan...

    BalasHapus
  13. Ahhh aku ketinggalan sama event ini. Btw itu hadiahnya berlimpah banget sih jadi mupeng hehe .

    BalasHapus
  14. Wah boleh juga nih ikutan. Dari semua contoh di atas, cuma SPBU Pertamina yang sering kudatangin wkwk...

    BalasHapus
  15. ya ampuuun..aku baru ngeh ada acara ini Mba! Dan seneng bangeeet rasanya bisa main ke Kotu yang asli keren itu! Itu baju dan tarian daerahnya asyik bangeeet

    BalasHapus
  16. Wah menarik nih.. lumayan sering ngunjungin ATM Mandiri dan Telkom, tapi lebih sering lagi ke SPBU Pertamina, hahahha. Masalahnya aku nggak pede bikin video kreatif gini.

    BalasHapus
  17. Ini festival bagus yang perlu didatengi mbaaa...dan kreativitas kita diuji ya :). Apalagi tempatnya di Kota Tua yang cantik banget yaaa Mba

    BalasHapus
  18. huaaa, udah lama juga gak ke Kota Tua.
    rasanya hampir tiap ke Jakarta saya seringnya mampir dimari.
    last visit kemarin malah perginya pas malam, bawa Kakak Faraz malah, bareng Tante dan Ipar siih.
    lumayan serem juga lihat 'hantu-hantu' itu yang muncul tiba-tiba ngajakin foto, hihihih.

    BalasHapus
  19. Sudah lama mendengar cerita bagus tentang Kota Tua. Semoga kapan-kapan bisa berkunjung ke Kota Tua

    BalasHapus
  20. Meski panasnya luar biasaah tapi flashmob nya seru, ada suster ngesot, si buta dari gua hantu juga :D

    BalasHapus
  21. Wih..acaranya seruuu... Meski panas cetar tetap semangat mereka ya.. Oya, lomba di IG nya sampai kapan nih?

    BalasHapus
  22. Bagus nih ada COCO FEST. Sayang jika dilewatkan. Apalagi ke Kota Tua-nya.

    BalasHapus
  23. Dan bahkan aku belum pernah piknik ke kota tua padahal tinggal di jakarta. Kasian deh aku

    BalasHapus
  24. Nyesel banget dulu 8 tahun di Jakarta kemana aja ya akuuu, belum pernah sekalipun ke kota tua, hahahaha. Nanti anak-anak libur semester rencana mau ke Jakarta, semoga bisa mengunjungi kotu. Amin!

    BalasHapus
  25. Ini emak-emak pun senang ya kalau sudah berurusan dengan cring cring.

    BalasHapus
  26. seru banget yaa acaranya. Jadi ingat ke kota tua ini awal tahun 2017 kemarin, tapi ke sananya malam hari jadi waktu kelilingnya terbatas :(

    BalasHapus
  27. Labuan Bajoo...
    Hadihnya yaa..belum dapet juga uda bikin happy.

    Tapi harus ikut lombanya dulu niih..
    Wkkwk...

    BalasHapus
  28. Aaahh...impian banget liat Kota Tua nih. Pengin 'studi banding' dengan Kota Lama nya Semarang ;)

    BalasHapus
  29. aaaaakk serunyaaaa ikutan flashmob juga ya di sana? Ah, andai aku bisa ikutan... Tapi anakku dikemanaiin? :D :D Btw, aku belum pernah ke Kota Tua sama sekali lho :D

    BalasHapus
  30. ku mau ikutan ah lomba fotonya, masih bisakan ya. Hadiahnya menarik banget. Btw, aku udah lama banget pengen hunting di Kota Tua tapi blm kesanpaian.

    BalasHapus