Serunya Pertunjukan Musikal Mamma Mia! di Teater Jakarta

By Dewi Sulistiawaty - September 04, 2018


Hai! Masih inget nggak dengan cerita saya sebelumnya mengenai Mamma Mia! Musical International Tour, yang akan diadakan di Jakarta bulan Agustus ini. Kalau belum, kamu bisa baca di Mamma Mia Musical, Bakal Hadir di Teater Jakarta. Nah, kali ini saya akan menceritakan bagaimana serunya pertunjukan musikal Mamma Mia, yang saya hadiri pada hari Selasa, 28 Agustus 2018 kemarin di Teater Jakarta.

Pertunjukan sebenarnya baru di mulai pukul 8 malam,  namun saya, teman blogger, dan rekan media berkesempatan untuk menghadiri acara konferensi pers siangnya. Jadi saya sudah sampai di Teater Jakarta saat waktunya makan siang. Ini untuk pertama kalinya West End London Theatre mengadakan pertunjukan di Jakarta. Jadi nggak sabaran menyaksikan pertunjukan musikalnya XD

Oya, sebagai informasi, pertunjukan musikal Mamma Mia! ini dipersembahkan oleh Sorak Gemilang Entertainment (SGE). Pertunjukan berlangsung dari tgl 28 Agustus – 9 September 2018. Kebetulan juga pertunjukan musikal Mamma Mia! ini bersamaan dengan digelarnya ajang Asian Games 2018.

Ibu Mervi

Seperti yang disampaikan oleh Ibu Mervi Sumali, Marketing Director SGE, bahwa pertunjukan musikal Mamma Mia! bisa menjadi hiburan bagi masyarakat yang menyaksikan pertandingan Asian Games di Jakarta. Juga bagi penonton yang datang dari luar negeri ke Indonesia untuk memberikan dukungan pada atlet mereka. Jadi bisa sekalian, nonton Asian Games plus menyaksikan pertunjukan musikal kelas dunia, Mamma Mia!   

“Mamma Mia! adalah pilihan yang sangat tepat untuk memulai sesuatu yang berkelas dunia. Mereka merupakan pertunjukan yang paling laris di dunia. Kami sangat bangga bisa mempersembahkan mereka ke Jakarta,” ujar Ibu Mervi.

Nick Grace

Nick Grace, Associate Producer Mamma Mia! Tour menjelaskan bahwa Mamma Mia! hadir sejak tahun 1999 dan sudah disaksikan oleh lebih dari 90 juta penonton. Pertunjukan musikal yang ditampilkan kali ini di Jakarta merupakan rangkaian tur internasional yang sudah di mulai sejak tahun 2004. Mamma Mia! sudah tur ke 38 negara dan disaksikan oleh lebih dari 60 juta penonton.

Semua adegan yang dipersembahkan pada pertunjukan musikal Mamma Mia! di Teater Jakarta sama persis dengan apa yang dipersembahkan di negara-negara lainnya. Mr. Nick sangat senang dan berterima kasih pada SGE Live yang sudah mengundang mereka untuk tampil di Jakarta. Beliau berharap masyarakat Indonesia dapat menikmati pertunjukan musikal yang mereka sajikan.  

Mamma Mia! Musical Show Jakarta

Siang itu dua adegan pun dipersembahkan untuk kami, diambil dari dua lagu hits musisi legendaris ABBA, yaitu Mamma Mia! dan Dancing Queen. Duh, menyaksikan dua adegan ini aja udah terasa gimana serunya pertunjukan musikal Mamma Mia! nanti malam. Inti dari pertunjukan musikal Mamma Mia! adalah menceritakan tentang seorang ibu yang memiliki seorang putri, dan tiga orang pria yang ingin menjadi bapak dari putri ini.

Ada sekitar 22 lagu hits dari musisi legendaris ABBA yang dimainkan pada pertunjukan Mamma Mia!. Selain lagu Mamma Mia, ternyata lagu Dancing Queen dan I Have a Dream menjadi lagu favorit bagi penonton. Kabarnya pertunjukan Mamma Mia! sudah melalui 60 kali produksi dan diolah dalam 16 bahasa yang berbeda.

Hasil karya Judy Craymer ini ditulis oleh Catherine Johnson dan disutradarai oleh Phyllida Lloyd. Sedangkan koreografi pada pertunjukan Mamma Mia! ini diserahkan pada Anthony Van Laast, serta musik dan liriknya persembahan dari Benny Andersson & Bjorn Ulvaeus. Para pemain berbakat seperti Lucy May Barker berperan sebagai Sophie Sheridan, anak dari Donna Sheridan yang diperankan oleh Shona White.

Mamma Mia! Conference Press

Tur internasional musikal Mamma Mia! ini membawa sekitar 70 orang kru, yang terdiri dari para pemain, pemusik, teknisi, serta asisten-asisten lainnya yang bekerja di belakang panggung. Ketika ditanya bagaimana kesan para pemain Mamma Mia! mengenai Jakarta, hampir semuanya bilang bahwa masyarakat Jakarta sangat ramah. Namun karena mereka baru sampai di Jakarta, jadi mereka belum terlalu eksplor Jakarta dan belum bertemu dengan banyak orang Indonesia.

Jelang malam pertunjukan musikal Mamma Mia! dimulai, saya dan beberapa teman mengisi waktu dengan berfoto ria di photo booth yang ada di lapangan depan Teater Jakarta. Makan dan minum di kantin yang berada tak jauh dari gedung teater. Usai magrib, tepatnya sekitar pukul 7, saya dan teman-teman baru diperbolehkan masuk. Ternyata hadir juga pada malam perdana pertunjukan musikal Mamma Mia! ini para artis Indonesia, seperti Mathias Muchus, Mira Lesmana, Gilang Ramadhan, Soraya Haque, dan lain-lain.

Dan benar saja, pertunjukan musikal Mamma Mia! malam itu petcaaahhh!! Asli, aksi para pemainnya bagus banget, totalitas! Backdrop dan peralatan pendukung lainnya di panggung, musik, dan jalan ceritanya tertata rapi dan dikemas secara apik. Nggak rugi deh udah nungguin dan menyaksikan pertunjukan ini hingga hampir tengah malam (acara selesai sekitar jam 10 malam). Di akhir pertunjukan beberapa penonton mulai ikut bernyanyi bersama, dan mengeluarkan henpon masing-masing untuk mengabadikan momen yag entah kapan bisa dinikmati lagi.

Memang selama pertunjukan Mamma Mia! berlangsung, semua penonton dilarang untuk mengambil gambar maupun video. Jadi udah gatel aja tangan dari tadi pengen jepret-jepret, hehe. Sebagai informasi, bagi yang ingin menyaksikan pertunjukan Mamma Mia!, pertunjukannya hanya berlangsung selama 16 kali di Teater Jakarta.

Dari hari Senin – Kamis pertunjukan dilakukan pkl 20.00 wib, hari Sabtu pkl 14.30 dan 19.30 wib, serta hari Minggu pkl 13.00 dan 18.30 wib. Tersedia 4 jenis tiket, yaitu VIP seharga 2.650.000, Platinum seharga 2.350.000, Gold seharga 1.650.000, dan Silver 850.000 rupiah. Tiket bisa dipesan secara online di situs mammamiajkt.com atau via phone di 0813 2587 5388 atau bisa juga beli langsung di Teater Jakarta.

Selamat menikmati dan bernostalgia dengan lagu-lagu dari musisi ABBA. Noted, tidak dianjurkan membawa anak-anak dalam pertunjukan ini ya, karena banyak adegan kissing-nyaa, yang mungkin dalam budaya barat ini adalah hal yang lumrah XD



Foto-foto: Pribadi

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar