Emas ANTAM Logam Mulia, Investasi Aman Sepanjang Masa

By Dewi Sulistiawaty - Agustus 02, 2018


Bullion
Sejak kecil, mama selalu mengajarkan saya untuk terbiasa hidup hemat dan rajin menabung. Bahkan dari nenek malah. Jika uang yang terkumpul sudah bisa digunakan untuk membeli sebuah investasi, sebaiknya langsung dikerjakan. Nenek suka berinvestasi dalam bentuk sawah dan emas. Zaman nenek dulu, apalagi di kampung, sawah masih memiliki nilai jual yang tinggi. Sedangkan mama lebih suka berinvestasi dalam bentuk properti dan emas. Emas-emas inilah kemudian yang berjasa menyekolahkan saya dan adik-adik hingga ke jenjang universitas :')

Makanya hingga sekarang saya terbiasa untuk berinvestasi emas, terutama emas murni. Sebenarnya saya juga memiliki emas dalam bentuk perhiasan, namun saat dijual biasanya harga emasnya turun karena beratnya sedikit berkurang akibat sering saya gunakan, hehe. Jadi kalau untuk perhiasan, biasanya memang saya beli untuk digunakan, dan jarang dijual, kecuali tukar tambah dengan ganti model. Menurut saya kalau perhiasan nggak dipakai apa gunanya, mending dibeliin emas murni saja. Iya nggak sih? XD

Ngomong-ngomong soal emas, pasti pada tahu kan dengan perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia, yaitu PT. ANTAM, Tbk (Aneka Tambang). Sebagai Badan Usaha Miliki Negara (BUMN), PT. ANTAM sudah cukup lama berdiri yaitu sejak tahun 1968, dan sebagian besar sahamnya dimiliki oleh pemerintah dan masyarakat kita.

50 tahun berkecimpung di bidang pertambangan, tentu ANTAM telah memiliki banyak pengalaman dalam usaha ini. Mulai dari kegiatan eksplorasi, penambangan, pengolahan, serta pemasaran dari komoditas bijih nikel, feronikel, emas, perak, bauksit, dan batubara. Pengalaman ini membuat nama ANTAM melambung sebagai salah satu produsen logam mulia terbaik di dunia.

Acara Launching New ANTAM LM Gold Bar
Pada hari Senin, 30 Juli 2018 kemarin, ANTAM merayakan ulang tahunnya yang ke-50. Acaranya diselenggarakan secara eksklusif dan mewah  di Hotel Indonesia Kempinsky Jakarta. Pada perayaan hari ulang tahunnya tersebut, ANTAM sekaligus secara resmi memperkenalkan produk terbarunya. Apakah itu? Yuk, dilanjutkan bacanya :D

For your information, pada akhir bulan November 2017 kemarin, ternyata PT. ANTAM telah resmi menjadi bagian dalam holding industri pertambangan bersama Inalum, PTBA, dan PT. Timah. Jadi makin solid dong ya industri pertambangan kita. Baidewei sebelum mengeluarkan produk terbarunya ini, ANTAM sudah mengeluarkan beberapa seri lainnya juga lho! Misalnya emas motif batik seri I dan seri II yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Lalu ada juga emas seri Shio Anjing Tanah, emas perhiasan, dan emas motif Hello Kitty yang diekspor ke Jepang.

Lanjut ke acara Launching New ANTAM LM Gold Bar Gold Reinvented tadi ya. Bapak Arie Prabowo Ariotedjo selaku Direktur Utama ANTAM mengatakan bahwa dalam perjalanan 50 tahun ANTAM, telah ditandai dengan perubahan-perubahan yang inovatif, modern, dan mengedepankan teknologi. Perubahan ini didorong oleh komitmen ANTAM untuk terus mengembangkan diri dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumennya.

Direktur Utama ANTAM, Bpk Arie
“Kami membawa produk emas batangan ANTAM LM yang berevolusi dari waktu ke waktu, baik dari segi bentuk, tampilan, maupun keamanan produk. Ini untuk melindungi investasi yang dimiliki oleh konsumen kami. Keunggulan fasilitas pengolahan dan pemurniannya di Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPP LM) yang tersertifikasi Responsible Gold dari London Bullion Market Association, senantiasa memastikan pasokan emas.  ANTAM bebas dari pencucian uang, pelanggaran HAM, dan tidak terlibat dalam konflik,” jelas Bapak Arie.

Selain itu menurut Bapak Arie, produk emas ANTAM memiliki reputasi yang baik dalam perdagangan domestik maupun internasional. Bisa dikatakan bahwa saat ini produk emas ANTAM telah mendominasi pasar emas di Indonesia. Untuk itulah ANTAM terus berinovasi dan melakukan pembaruan secara keseluruhan, baik dari produk emasnya, sertifikat yang terintegrasi dengan keemasan, serta memiliki teknologi security berlapis yang digunakan oleh semua pabrik emas terbesar di Indonesia.

Kemudian Bapak Arie memberikan informasi bahwa di tahun 2017 lalu, total penjualan emas batangan ANTAM mencapai 13,2 ton. Sedangkan di semester I tahun 2018 ini, ANTAM mampu meraup total penjualan emas batangan melebihi total penjualan di tahun sebelumnya, yaitu sebesar 13,7 ton. Wow! Ini menunjukkan bahwa masyarakat mulai beralih minat untuk berinvestasi pada emas ya :D ANTAM sendiri memprediksi bahwa di tahun 2018 ini bisa mencapai target penjualan emas di atas 24 ton. Amiin :)

Petinggi ANTAM berfoto bersama stakeholder saat launching Emas ANTAM LM Edisi Terbaru
Nah, inovasi terbaru yang diluncurkan oleh ANTAM bersamaan dengan hari ulang tahunnya ini adalah dari segi desain dan kemasan emas Logam Mulia (ANTAM LM) nya. Emas ANTAM LM seri terbaru ini tampil dengan desain yang lebih modern, simpel, namun elegan sebagai produk dengan nilai tinggi. Emas ANTAM seri terbaru ini juga dikemas dengan teknologi terkini yang dinamakan CertiCard Technology, yang setara dengan produsen-produsen emas batangan di dunia.

Emas ANTAM LM Edisi Terbaru
Dengan CertiCard Technology ini, konsumen dapat mengecek langsung (scan) keaslian produk yang dimilikinya melalui Aplikasi CertiEye. Aplikasi CertiEye dapat di-download melalui App Store dan Play Store pada smartphone. Lalu pada produk emas ANTAM LM dengan pecahan 10 gram ke atas terdapat nomor seri unik sebagai identitas dari produk yang dipasarkan. Seluruh inovasi ini dilakukan oleh ANTAM untuk memberikan jaminan produk dan keamanan bagi konsumen dalam berinvestasi.

Wah, senang banget ya kalau bisa berinvestasi emas batangan dengan cara yang aman dan bikin tenang begini. Selama ini saya beli emas murni (yang bentuknya bulat padat) hanya menggunakan kwitansi saja dari toko emasnya. Kalau bisa berinvestasi emas ANTAM LM, sepertinya jauh akan lebih terjamin produk dan keamanannya.

Emas murni yang biasa saya beli tanpa sertifikat 
Syukurlah, ternyata saat itu, dalam rangka merayakan ultah ANTAM yang ke-50, serta peluncuran produk terbaru emas ANTAM LM, ANTAM memberikan harga khusus untuk pembelian produk terbarunya hari itu juga. Tentu saja penawaran istimewa ini tidak disia-siakan begitu saja oleh semua para tamu undangan yang hadir. Banyak yang antri ingin membeli emas ANTAM LM seri terbaru ini, termasuk saya XD Prosedur pembeliannya nggak ribet kok. Tinggal isi data, jika punya NPWP maka harganya didiskon lagi (waktu itu ya), trus transfer deh uangnya seharga pecahan emas yang dibeli. Yey! Saya pun dapat membawa pulang emas ANTAM LM edisi terbaru ini, baik sebagai investasi maupun untuk saya koleksi *kali saja nanti ANTAM mengeluarkan edisi terbaru lagi, jadi saya bisa punya semua edisinya :D    
Emas ANTAM-LM Edisi Terbaru perdanaku :)
Baidewei, selain desainnya yang modern, ternyata emas ANTAM LM terbarunya ini memiliki dimensi yang lebih besar untuk pecahan yang sama dibandingkan edisi sebelumnya ya. Saat ini emas ANTAM LM tersedia dalam pecahan 0,5 gr; 1 gr; 2 gr; 3 gr; 5 gr; 10 gr; 25 gr; 50 gr; dan 10 gr. Bagi yang berminat untuk berinvestasi emas ANTAM LM seperti saya, bisa langsung beli ke jaringan Butik Emas ANTAM-LM, POS Indonesia, dan mitra UBPP LM lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia ya. Dijamin nggak akan rugi deh kalau berinvestasi emas murni atau ANTAM LM, karena nilainya akan terus mengikuti harga pasar dunia. Jika lagi perlu dana cepat, tinggal dijual saja ke Butik Emas ANTAM-LM ;)

Suara emas Yura Yunita menghibur tamu undangan saat menikmati exclusive dinner
Besarnya perusahaan ANTAM tentu tak lepas dari kerjasama yang baik dari berbagai pihak atau stakeholder dan juga para pelanggan setianya. Semoga perjalanan ANTAM ini bisa terus berlanjut hingga tahun-tahun selanjutnya ya, dengan terus berinovasi, menjaga kualitas produk, dan juga keamanan bagi pelanggannya. Selamat Ulang Tahun yang ke-50 ANTAM! Sesuai dengan tagline yang diusung ANTAM yaitu “Golden Years Toward Golden Future”. :) 




Foto-foto: Pribadi    

  • Share:

You Might Also Like

4 komentar

  1. Keren juga emas Antam ada CertiCard Technologynya sehingga kita dapat mengecek langsung keaslian produk yang dimilikinya melalui Aplikasi CertiEye. Saya juga suka desainnya, keren ya Un.

    Saya juga mau akh berinvestasi emas, sekalian buat mahar nanti hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk, berinvetasi. Buat jangka pendek dan panjang ini bisa lho! :D

      Hapus
  2. Saya tertarik untuk investasi emas, sedang cari2 informasinya, inves di emas lebih menjanjikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini udah ada info tentang Antam Mbaa. Lebih aman sih menurut aku, hehe...

      Hapus