Tip Memilih Baju Olahraga yang Tepat

By Dewi Sulistiawaty - Juli 18, 2018



Beda olahraga biasanya beda pula baju olahraga yang dikenakan. Yup, saat ini dengan begitu banyaknya cabang olahraga, penyedia produk pakaian mulai merancang berbagai model baju olahraga yang nyaman dan cocok digunakan di tiap cabang olahraga. Mengapa? Karena tiap olahraga membutuhkan bahan dan model baju yang berbeda pula, sehingga saat melakukan olahraga kita dapat bergerak dengan luwes dan nyaman.

Umumnya, baju olahraga dirancang dengan model ketat dengan berbagai size yang bisa dipilih sesuai dengan ukuran tubuh. Ketat di sini bukan berarti memperlihatkan lekuk tubuh, tapi pas di tubuh sehingga saat melakukan gerakan olahraga, pakaian tidak mudah melorot dan menghambat setiap gerakan yang kita lakukan. Baju olahraga pun sudah banyak yang dirancang khusus untuk umat muslim lho! Misalnya baju renang dan baju senam.

Nah, sekarang bagaimana sih caranya memilih baju olahraga yang tepat. Berikut tip singkatnya :

  1. Pemilihan bahan baju.
Bahan baju olahraga menjadi pertimbangan utama, karena berolahraga itu identik dengan berkeringat kan ya. Jadi sebaiknya pilihlah bahan yang dapat menyerap keringat dengan baik. Hindari menggunakan baju olahraga berbahan plastik dan karet ya, karena bahan ini minim sirkulasi sehingga keringat akan tertahan di dalam tubuh. Nggak nyaman juga jika kita sedang asyik-asyiknya berolahraga lalu konsentrasi jadi buyar karena kegerahan kan.

Bahan katun termasuk bahan yang bagus karena dapat menyerap keringat dengan baik. Makanya bahan ini sering juga digunakan sebagai baju tidur. Namun bahan katun agak lama untuk menguapkan kembali keringat sehingga tubuh akan merasa lembab, bahkan baju menjadi lebih berat karena basah. Jadi baju olahraga berbahan katun hanya cocok digunakan untuk olahraga ringan dan tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat. Akan lebih baik lagi jika menggunakan baju olahraga yang terbuat dari bahan polypropylene, coolmax, atau supplex, karena bahan-bahan ini mampu menyerap keringat dengan cepat dan menguapkannya kembali.   

2.            Pemilihan ukuran baju.

Menggunakan baju olahraga yang terlalu ketat tentu membuat tubuh merasa kurang nyaman, dan berisiko robek juga saat melakukan gerakan yang atraktif. Pun baju yang terlalu longgar, dapat mengganggu gerakan saat berolahraga. Jadi sebaiknya pilihlah ukuran baju yang pas dengan tubuh, serta sesuaikan juga dengan olahraga apa yang hendak kita lakukan. Misalnya untuk berenang yang lebih baik mengenakan baju yang melekat pas di tubuh. Yang penting baju olahraga yang dikenakan dapat membuat kita bergerak dengan leluasa ya.

3.            Pemilihan warna baju.

Hmm, apa hubungannya warna baju dengan kegiatan olahraga ya? Sebenarnya ini nggak ada aturan khususnya sih. Cuma ketika membeli baju olahraga pasti dong kamu memilih baju dengan warna yang kamu suka dan membuat kamu nyaman saat mengenakannya. Iya kaan! Nah, perasaan nyaman saat kamu berolahraga dapat memberikan mood baik, sehingga kita pun akan beraktivitas dengan semangat dan lebih baik lagi. Jika kita berolahraga dengan baik dan optimal, sudah tentu olahraga yang dilakukan tidak akan sia-sia dan memberikan dampak yang baik pula bagi tubuh. Hayo, apa warna baju olahraga favoritmu? :D

4.            Pemilihan asesoris.

Kalo yang ini khusus bagi wanita berjilbab ya. Kenyamanan adalah hal penting saat berolahraga. Untuk itu gunakanlah jilbab berbahan adem dan tidak licin. Jilbab berbahan licin biasanya suka berantakan, apalagi saat melakukan olahraga yang banyak gerakan seperti senam. Jangan sampai saat berolahraga, tangan kita malah sibuk merapikan letak jilbab yang tiap saat melorot atau bergeser. Yang ada konsentrasi bisa hilang. Pun bahannya ya, pilih yang bisa menyerap keringat dengan baik :)


Oya, wanita identik dengan berbagai asesorisnya ya. Nah, saat berolahraga sebaiknya minimalisir penggunaan asesoris yang berlebihan, apalagi yang dapat mengganggu aktivitas. Seperti asesoris dengan size yang gede, berat, atau yang panjang menjuntai. Untuk wanita berjilbab kurangi penggunaan jarum pentul yang berlebihan, kalo bisa sih dihindari ya, dan diganti dengan bros atau asesoris yang lebih aman. Takutnya jarumnya bisa terlepas saat sedang berolahraga, sehingga dapat membahayakan diri sendiri.

5.            Sepatu yang tepat sebagai pelengkap.

Selain baju, sepatu merupakan atribut pelengkap saat berolahraga. Seperti halnya baju, maka sepatu olahraga pun mesti dipilih yang sesuai dengan jenis olahraga yang akan dilakukan. Yang pasti sih, jangan menggunakan sepatu high heels jika tak ingin kakimu cedera :P Trus, pilihlah sepatu bersol karet atau nggak licin sehingga nggak mudah tergelincir, pun sepatu yang memiliki daya redam tinggi agar dapat menurunkan risiko cedera kaki dan tulang saat melakuka gerakan. Pemilihan sepatu yang tepat dapat meningkatkan kinerja saat beraktivitas. Misalnya sepatu untuk olahraga basket berbeda jenisnya dengan sepatu untuk sepakbola.

Itulah beberapa tip memilih baju olahraga yang tepat agar kita bisa nyaman dan optimal saat berolahraga. Olahraga sangat baik untuk kesehatan. Selain membantu melancarkan peredaran darah, olahraga juga memiliki manfaat lain seperti mengurangi stres dan mencegah insomnia karena dapat membuat tidur lebih berkualitas. Masih banyak lagi sih manfaat lain dari olahraga, tapi jangan lupa agar diseimbangkan dengan pola hidup sehat, dan mengkonsumsi makanan bernutrisi seimbang ya :)



  • Share:

You Might Also Like

0 comments