Pristine8+ Floating Yoga di Atas Air, Cara Unik untuk Menjaga Kesehatan dan Keseimbangan Tubuh

By Dewi Sulistiawaty - Juli 31, 2018

Floating Yoga

Olahraga apa sih yang sering dan suka kamu kerjakan? Eh, atau malah nggak suka dan jarang olahraga? Hihi… Jangan dibiasakan ya, karena olahraga itu baik untuk tubuh. Ingat GERMAS yaa, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang dikampanyekan oleh Kemenkes. Selain rajin mengkonsumsi sayur dan buah, olahraga adalah kegiatan yang sangat disarankan karena dapat menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Ngomong-ngomong tentang olahraga nih, yoga merupakan olahraga yang lagi tren di masyarakat saat ini. Hmm… apa sih yoga?

Yoga ini hampir sama dengan meditasi. Yoga merupakan sebuah aktivitas olah tubuh dan pikiran yang fokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan untuk meningkatkan kualitas mental dan fisik. Ibaratnya meditasi, sebenarnya tak banyak gerakan aktif pada yoga. Yoga bisa dilakukan dimana saja, dan tak butuh ruangan yang besar juga. Seperti senam, yoga bisa dilakukan di rumah. Jika belum tahu gerakan apa saja yang dilakukan saat yoga, tinggal melihat buku atau video yang sudah banyak beredar di pasaran, atau bisa juga dengan melihat di YouTube, hehe….

Baidewei sebaiknya sih kalau emang minat dengan yoga, ikut aja kelas yoga yang ada di pusat kebugaran atau studio-studio gitu. Di kelas yoga kan ada instrukturnya. Jadi kita bisa lebih fokus, teratur, lebih bersemangat karena ada temannya (peserta yang lain), dan jika salah bisa diperbaiki gerakannya oleh instrukturnya, serta mungkin bisa konsultasi juga dengan instruktur mengenai yoga apa yang cocok dengan dirimu.

Mengapa yoga mulai digandrungi saat ini. Kalau menurut saya sih karena gerakan yang dilakukan lebih tenang, serta fokus pada kombinasi tubuh, pikiran, dan jiwa. Eh, walaupun yoga tidak melakukan gerakan yang enerjik seperti senam dan jogging, tapi setiap habis melakukan yoga saya keringetan lho! Nah kan, saya nggak kudu jingkrak-jingkrak dulu biar keringetan, hihi…. Mau tahu manfaat apa yang bisa didapatkan jika rutin melakukan yoga?   

Yang pasti yoga dapat melatih keseimbangan tubuh dan sebagai sarana untuk relaksasi. Rutin melakukan yoga juga dapat meningkatkan massa otot dan memperbaiki postur tubuh, membangun fleksibilitas dan kekuatan tubuh, mengurangi risiko akibat penyakit kronis, hingga dapat menurunkan berat badan juga lho! Yoga ini ada beberapa macam, ada yoga hatha, iyengar, ashtanga, bikram, kundalini, dan kripalu. Namanya seperti nama India gitu ya. Yup, karena yoga berasal dari sana. Nah, ada yoga yang lagi hit nih saat ini, yaitu floating yoga.

Floating yoga atau lebih sering disebut flo-yo ini adalah yoga tapi tanpa menyentuh lantai. Oleh karena itu floating yoga biasanya mengandalkan sebuah peralatan, biasanya berupa swing yang terbuat dari kain yang dipasang menggantung, dan swing hammock. Eh, tapi ada nih floating yoga yang unik, yaitu yoga di atas air. Floating yoga di atas air ini baru pertama kali dilakukan di Indonesia lho! Gimana cara yoganya ya? 

Pristine8+ Floating Yoga di atas air
Kegiatan floating yoga di atas air ini diinisiasi oleh Pristine8+. Tahukan dengan Pristine8+. Itu lho air minum kemasan yang mengandung alkaline, yang baik untuk tubuh. Karena Pristine8+ berasal dari sumber mata air pilihan, dan diproses dengan teknologi ionisasi Nihon Trim Jepang. Dengan kadar pH 8,5 (bersifat basa yang baik) membuat Pristine8+ mampu menetralkan kadar asam di dalam tubuh. Tahu sendiri kan saat ini, apalagi di kota-kota besar, godaan makanan cepat saji nan lezat sangat meggiurkan, atau gorengan, dan asupan makanan kurang baik lainnya, yang dapat membuat pH didalam tubuh berubah. Nah, Pristine8+ diklaim dapat menetralkan asam berlebih dalam tubuh dengan bantuan alkali :)

(Baca infonya di Hidup Sehat Bersama Pristine8+)

Pristine8+ Floating Yoga

Eh ya, balik lagi ke floating yoga di atas air tadi ya. Kegiatan ini dilakukan di Olympic World Academy pada hari Selasa, 21 Juli 2018 kemarin. Pristine8+ mengajak 4 Komunitas Yoga yang beruntung mendapatkan kesempatan untuk mencoba dan merasakan yoga diatas air. 4 komunitas tersebut adalah Gudang-Gudang Yoga Studio, Yoga Dogether, Yoga Gembira, dan Yoga Taman Kota Tebet. Ternyata kegiatan ini merupakan manifestasi dari visi Pristine8+ yaitu ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk hidup sehat dengan menetralkan tubuh, salah satunya dengan yoga.  

Pristine8+ Floating Yoga
Jadi nih semua peserta melakukan yoga sambil mengapung di atas air lho. Kebayang kan betapa susahnya itu, menyeimbangkan tubuh di atas lantai aja susah (bagi yang nggak biasa ya :D), apalagi di atas di air (menggunakan matras pelampung). Seru deh kalo saya bisa ikutan juga (nyebur terus kali ya ke air, wekeke). Diharapkan aktivitas ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya pecinta yoga, sehingga dapat menyeimbangkan pikiran dan juga menetralkan tubuh dengan cara yang sangat inovatif. Kegiatan ini sekaligus mengingatkan betapa pentingnya menetralkan tubuh untuk hidup yang lebih sehat.

Males berolahraga yang penuh enerjik? Bisa coba deh dengan yoga. Yoga dapat menjaga keseimbangan antara body, mind and soul. Baidewei jangan lupa untuk mulai menjaga pola makan dan gaya hidupmu yes! FYI, floating yoga diatas air ini merupakan awal dari rangkaian acara yoga yang diselenggarakan Pristine8+. Puncaknya akan dilaksanakan pada bulan September mendatang. Informasi  lengkap mengenai Pristine8+ Floating Yoga, dan  bagaimana  caranya untuk bisa berpartisipasi dalam kegiatan bulan September nanti, bisa baca infonya di microsite Pristine 8+ dan Instagram @pristine8.id.


Foto-foto: Pristine8+

  • Share:

You Might Also Like

0 comments