Minggu, 03 Desember 2017

MUVON App, Aplikasi Muslim Pertama dengan Teknologi OTT

Gaya hidup halal saat ini sedang jadi tren pada masyarakat muslim di Indonesia. Kalau dulu hanya beberapa orangtua yang menggunakan hijab, maka saat ini anak muda pun mulai tertarik untuk berhijab dan bergaya hidup halal. Tentu saja setelah pemahaman gaya hidup halal ini disampaikan dengan cara yang menarik dan kreatif. Bukan hanya makanan saja, fashion, dan juga hiburan, menjadi sorotan saat ini. 

Apalagi di era digital ini, dimana semua informasi dan hiburan apa saja bisa didapatkan dengan cara yang mudah dan murah, tanpa ada filterisasi terlebih dulu. Makanya dibutuhkan sebuah media yang dapat menyajikan info, berita, dan juga hiburan yang benar-benar membawa kebaikan akidah bagi umat muslim. Untuk itulah, TVMu tergerak untuk meluncurkan sebuah aplikasi mobile muslim yang berbasiskan teknologi terdepan, agar dapat menjangkau umat lebih luas lagi.

Peluncuran aplikasi yang diberi nama MuvOn App ini diselenggarakan hari Kamis, 30 November 2017 kemarin, di Gedung Muhammadiyah, Jakarta. Acara diawali dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an. Setelah itu semua tamu undangan yang hadir diminta untuk menyanyikan Lagu Indonesia Raya bersama, yang dilanjutkan dengan Lagu Sang Surya. 

Kemudian Bapak Gatot Triyanto, selaku Direktur Utama TV Muhammadiyah memberikan sambutannya. Bapak Gatot secara singkat menjelaskan bagaimana perkembangan TVMu, yang tepat pada bulan November kemarin berusia 4 tahun.

Bapak Gatot
“TVMu ini, pada saat ulang tahunnya mendapatkan 2 hadiah. Hadiah pertama adalah kami baru saja menandatangani untuk digitalisasi di Yogya. Jadi siaran digital di Yogya itu bisa dinikmati warganya per 9 Desember nanti. Selama ini kan baru warga Jabodetabek dan Banten yang bisa menikmati siaran. Nah, sebentar lagi akan ditambah dengan Yogya. Yang kedua kita melaunching MuVon,” ujar Bapak Gatot.

MuVon adalah sebuah aplikasi mobile berbasis teknologi Over The Top (OTT), yang dikembangkan atas kerjasama antara TVMu dengan Digital Media Corp (DMC) dan Digital Creative Asia (D&C Asia). Perjalanan kerjasama ini terbilang singkat, yaitu pada awal bulan Agustus tahun ini. Bagaimana pun juga aplikasi berbasis mobile ini musti dihadirkan, untuk bisa terus mengikuti perkembangan dunia teknologi saat ini.

Menurut Bapak Gatot, kehadiran MuVon merupakan sebuah lompatan yang luar biasa, mengingat usia TVMu yang masih terbilang belia. Dengan MuVon, semua penggunanya bisa menikmati seluruh menu dan fiturnya kapanpun dan dimanapun. Karena prosesnya yang terbilang singkat, maka beberapa fiturnya masih on progress. Namun tentunya hal ini akan membaik seiring dengan berjalannya waktu. Bapak Gatot pun berharap agar MuVon ini nantinya bisa sukses dan terus besar, dan dapat memberi warna dalam siar Islam di dunia.

Project Director MuVon, Bapak Khairullah mengatakan bahwa MuVon merupakan aplikasi muslim pertama karya anak bangsa, yang sudah menggunakan teknologi OTT. MuVon App mengusung tema #HalalLifestyle dalam setiap kontennya, dan ini sesuai dengan visi TVMu, yang ingin menjadi media dakwah dan amar ma’ruf nahi munkar yang terdepan, cerdas, dan mencerahkan. Sekaligus sebagai salah satu amal usaha yang memberikan manfaat bagi umat, dan keuntungan bagi persyarikatan.

Bapak Khairullah
“Diharapkan ada 3 hal yang didapatkan dari MuVon, yaitu terjadinya ekosistem gaya hidup halal, terjadinya peningkatan pembelian umat dalam hal ekonomi syariah, dan memberdayakan kemampuan umat Islam secara berjamaah, di bidang digitalisasi, informasi, dan media. Berpikir lokal tapi datanya global. Mudah-mudahan motorik yang membawa pada kekuatan umat Islam di era zaman now ini, anak kita dan generasi ke depan, punya alternatif pilihan media, yang akan membawa pada kebaikan akidah sesuai syariat Islam,” jelas Bapak Khairullah.

Lalu mengapa nama aplikasinya MuVon ya? Menurut Bapak Khairullah, filosofi MuVon sebenarnya merupakan peralihan aplikasi dari teknologi biasa, menjadi teknologi yang lebih modern (OTT). Bisa dikatakan seperti move on to high technology gitu, yang menekankan bahwa MuVon punya keunggulan dalam hal kecepatan, inovasi, dan interaksi sosial.


Terdapat 3 menu layanan di MuVon App, yaitu media televisi, online shopping produk dan jasa halal, dan layanan search engine. Di dalam menu Media TV, terdapat beberapa fitur menarik, seperti pengguna bisa menonton siaran TVMu secara live streaming, fitur BeritaMu untuk melihat perkembangan berita dan peristiwa yang terjadi di sekitar kita, serta fitur CJ Mu (Citizen Journalist Muhammadiyah), yang merupakan fitur bagi pengguna yang ingin membagikan peristiwa pada khalayak ramai melalui rekaman kejadian yang diambilnya.


Nah, yang seru adalah menu online shop. Pengguna MuVon App bisa memanfaatkan fitur PasarMu. Di PasarMu, pengguna bisa melakukan transaksi jual beli, misalnya menjual atau membeli produk atau jasa yang dijamin 100% halal. Serunya adalah, layanan ini selain diperuntukkan bagi pengusaha UKM, juga bisa untuk semua perusahaan yang memiliki produk halal. Pedagang muslim dapat berdagang tanpa dipungut biaya lho! Alias free! :)

Sedangkan di menu Search Engine, penggunanya dapat melakukan berbagai pencarian, seperti pencarian masjid, rumah sakit, sekolah, panti asuhan, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, karena MuVon ini berteknologi OTT, maka berbagai transaksi seperti membayar tagihan listrik, air, pulsa, dan lain-lain, bisa dilakukan juga via MuVon App. Satu lagi nih, ada fitur JobMu, yang bisa digunakan bagi kamu yang ingin mencari referensi pekerjaan yang halal.

MuVon App mempunyai keunikan tersendiri, yang tidak ada di beberapa aplikasi lainnya, yaitu TVMu yang berplatform analog dan parabola, sudah bisa dinikmati tanpa batas di channel tersendiri. Adanya fitur CJMu dimana para citizen bisa berkontribusi memberikan report realtime di MuVon, tanpa butuh bantuan alat-alat yang lain, dan hanya menggunakan device yang sederhana. Fitur VideoMu, yaitu sebuah platform yang biasanya dipakai oleh media entertainment di dunia, dimana seluruh film-film yang berbasis lisensi, film terbaru yang bisa ditonton di bioskop, semua bisa ditonton via MuVon App, tapi tentu film-film tersebut musti difilter dan disortir, dipilih yang sesuai dengan syariah Islam.

Bapak Dadang
Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Bapak Prof. Dr. H. Dadang Kahmad, M.Si mengatakan bahwa kehadiran MuVon App ini merupakan bentuk inovasi TVMu dalam mengembangkan misinya sebagai sebuah televisi dakwah. “Indonesia ini tidak mungkin maju, kecuali ideologinya atas moralitas. Selama orientasinya ke masa lalu dan tidak mendukung kemajuan muamalah, selama itu pula tidak akan menjadikan Indonesia itu maju. Karena itu perlu kami menyebarkan seluas-luasnya, bagaimana kita dari segi uluhiyah dan aqidah, berorientasi pada zaman dulu, tapi dari segi muamalah duniawiyah harus berorientasi pada masa depan. Harus meraih kemajuan yang optimal,” ujar Bapak Dadang.

Jika TVMu hanya terbatas pada televisi rumah, maka kehadiran MuVon App dapat menjangkau umat lebih luas lagi. Bapak Dadang sangat menyambut baik keberadaan MuVon App, karena dalam berdakwah itu haruslah dengan penuh semangat. Beliau berharap MuvOn ini bisa berkembang sebagaimana yang diinginkan bersama, menjadi media yang lebih bagus lagi, yang terpercaya, bebas dari penyebaran berita hoax dan ujaran kebencian yang banyak beredar saat ini, serta bisa menjadi pemersatu bangsa. Untuk itulah, MuvOn mempunyai beberapa kode etik yang harus dipatuhi bersama, agar tidak dimanfaatkan sebagai alat pemecah bangsa nantinya. 

Penandatangan kerjasama PT. Digital Media Cahaya
Acara kemudian dilanjutkan dengan penandatangan kerjasama antara PT. Digital Media Cahaya dengan BNI Syariah. Bapak Dadang pun sempat mencoba mengaplikasikan MuvOn App ini. Jadi bagi sahabat yang ingin menjalankan gaya hidup halal atau #HalalLifestyle, bisa memanfaatkan MuVon App ini. Semoga MuVon bisa memberikan banyak manfaat dan memajukan umat muslim ya. Saat ini MuVon App sudah bisa didapatkan di Play Store, namun masih dalam bentuk beta (uji coba). Rencananya untuk Aplikasi MuVon versi lengkapnya akan diluncurkan pada akhir bulan Februari 2018 mendatang :)


Foto : Pribadi

1 komentar:

  1. Ya nih era digital semua serba mudah bahkan bisa di akses oleh siapapun, Alhamdulilah kehadiran aplikasi MuVOn bisa menjadi filter gaya hidup halal

    BalasHapus