Kamis, 21 Desember 2017

Gtunes, Digital Music Platform Karya Anak Bangsa

~ Sik sik musik…saya suka musik…
Engkau suka musiiik…
Seluruh dunia suka musik.
Gara-gara musik, tambah kawan dan saudara…. ~

Hampir semua orang menyukai musik, terlepas dari jenis musik apa yang mereka sukai. Kalau saya suka musik apa saja, cuma memang saya suka mendengarkan musik sesuai dengan mood saat itu, hwehehe. Misalnya, kalau lagi mellow galaw, saya akan mendengarkan musik-musik yang bernada sedih menggalau, kalau lagi senang, saya suka mendengarkan lagu berirama ceria, hingga lagu bergenre pop rock. Etapi saya agak kurang suka sih mendengarkan lagu berirama cadas yang suara instrumennya bikin gendang telinga saya minta ampuun XD

Jika dulu (((dulu))), saya suka mendengarkan musik dari radio dan kaset (hayoo, yang seangkatan dengan saya ngacung! Wkwkwk). Tahu nggak dengan walkman? Hihi…. Iyap, dulu mah teknologi belum secanggih sekarang. Kalau sekarang, bisa mendengarkan dari iPod, dan berbagai aplikasi musik yang dengan mudah didapatkan, asalkan mempunyai device atau smartphone yang mendukung.

Seperti yang sering saya dengar, bahwa dunia bisa berada dalam genggaman kita. Hanya dengan memiliki sebuah smartphone, kita bisa melakukan segala aktivitas dengan mudah dan cepat. Transaksi perbankan, belanja, bersosial, surat menyurat, mengambil dan berkirim gambar, bayar listrik, mencari berita, hingga ingin menonton film dan mendengarkan musik, semua bisa dilakukan dengan smartphone.

Eh, balik lagi tentang musik tadi. Saat ini saya lebih suka mendengarkan musik via smartphone, karena lebih mudah dan praktis. Banyak pengembang aplikasi musik yang bisa kita temukan di Play Store. Nah, salah satu penyedia musik yang patut diperhitungkan adalah Gtunes. Kamu baru dengar? Hehe… tentu saja, karena Gtunes baru saja diluncurkan pada Senin kemarin, tepatnya pada tanggal 18 Desember 2017, di Kantor Pusat Indosat Ooredoo, Jakarta.

Launching Gtunes
Dalam sambutannya Bapak Helmi Fadilah, selaku Partnership Execution Manager PT. Indosat Ooredoo mengatakan bahwa Indosat sendiri mulai memiliki atensi yang besar terhadap industri musik Indonesia sejak dua tahun yang lalu. Waktu itu Indosat Ooredoo juga melakukan kerjasama dengan sebuah penyedia musik digital terbesar di dunia. Dari situ Indosat Ooredoo sudah mulai melihat bahwa musik merupakan salah satu industri yang sangat menjanjikan. Untuk itulah Indosat Ooredoo sangat mendukung terbentuknya industri musik di Indonesia, agar bisa berkembang dengan baik.

Bapak Helmi
“Kehadiran Gtunes menurut saya cukup unik, karena Gtunes membawa angin pada komunitas-komunitas musik Indie, yang memang belum banyak saat ini. Sepertinya Gtunes menjadi pelopor untuk penyedia musik Gtunes di Indonesia ya. Gtunes bisa menjadi wadah bagi para penikmat atau creator musik Indie, untuk bisa terus berkreasi dan menciptakan musik yang sesuai dengan karakter musik di Indonesia. Kita sangat mensupport kehadiran Gtunes,” ujar Bapak Helmi.

Usai prosesi launching, Mba Adinda Angelina Wirya, selaku Business Development Gtunes dan Mas Rangga Satrya, selaku Chief Technology Officer Gtunes menjelaskan sedikit mengenai Gtunes. Menurut Mba Dinda, keberadaan media digital saat ini sudah mengubah kebiasaan kita dalam keseharian. Berdasarkan hasil survei, terbukti bahwa 55% dari pengguna digital platform menggunakannya untuk menonton video, dan 35% untuk mendengarkan musik, sedangkan sisanya 10% untuk bermain game.


“Gtunes hadir sebagai sarana digital platform untuk mendengarkan musik. Gtunes adalah one stop entertainment portal yang menawarkan musik dan juga video streaming. Dan kita memang fokus pada Indie Music atau Indie Artis,” jelas Mba Dinda.

Mengapa musik Indie ya? Menurut Mba Dinda, karena kenyataannya saat ini, musik Indie mulai berkembang di Indonesia dan mulai diminati oleh masyarakat. Ini terbukti dengan bermunculan para musisi Indie di tanah air, dan mereka sudah mempunyai fans base serta loyal fans-nya juga lho! yang kerennya lagi, Gtunes ini merupakan karya anak bangsa yang patut mendapatkan apresiasi kita semua. Bangga dong menggunakan kreasi anak bangsa :)

Gtunes berbeda dengan digital platform musik lainnya. Selain khusus untuk musik-musik Indie serta video streaming, Gtunes juga akan punya fitur-fitur lainnya, seperti Karaoke, Live Chat, dan News. Wuih, keren ya! Namun menurut Mas Rangga, untuk tahun ini, Gtunes masih fokus untuk fitur-fitur dasar dulu, seperti mendengarkan musik dan video streaming. Sedangkan fitur Karaoke dan Live Chat rencananya akan hadir pada awal tahun depan. Asiik, ditunggu lho! :)

Sebagai informasi saja nih, fitur Live Chat dan Karaoke ini maksudnya, nanti kita bisa chit chat langsung dengan artis idola kita, dan bisa karaoke bareng juga dengan sang idola. Sedangkan dengan fitur News, kita bisa tahu update terbaru dari artis-artis Indie. Nah, belum pernah ada kan fitur yang seperti ini. Itulah bedanya Gtunes :D Gtunes, aplikasi yang dikembangkan oleh Milenial Nusantara Citra ini akan terus memperkaya daftar lagunya dengan cara menggandeng para musisi Indie yang ada.


Saat ini, Aplikasi Gtunes sudah bisa diunduh secara gratis di Google Play, atau bisa juga dengan menggunakan Web Apps di Gtunes.co.id. Untuk paket berlangganannya terbilang murah ternyata lho! Cukup dengan 2.000 rupiah saja, kita sudah bisa menikmati semua fitur yang ada di Gtunes selama 3 hari. 5.000 rupiah untuk paket mingguan, dan 20.000 rupiah untuk berlangganan selama sebulan.

Oya, khusus untuk pelanggan Indosat Ooredoo, bisa langsung registrasi untuk berlangganan paket Gtunes. Caranya : Kirim SMS ke 99224, lalu ketik REG GT3 (paket 3 hari), atau REG GT7 (paket seminggu), dan REG GT30 (paket sebulan). Asik kan! Kapan lagi bisa menikmati musik semudah dan semurah ini, hehe. Mendengarkan musik bisa dimana saja, dan kapan saja :)

Radhini Perform
Pada acara ini hadir juga Mba Radhini, yang akan memperdengarkan beberapa lagu Indie dengan suaranya yang merdu. Nah, penikmat lagu Indie, silakan unduh deh aplikasi Gtunes untuk bisa menikmati lagu-lagunya Mba Radhini dan artis lainnya. Saya saja yang sudah mendengarkan Mba Radhini menyanyikan beberapa lagu, sudah buru-buru aja mengunduh aplikasi Gtunes di smartphone. Penasaran ingin mendengarkan musik Indie lainnya yang ada di Gtunes, hehe….



Foto : Pribadi

3 komentar:

  1. lha itu, jempolnya guede buanget mbak? wkwkwkwkwk

    btw, sebagai penggemar musik, keberadaan gTunes ini jadi jawaban atas minat saya terhadap musisi dan lagu indie :)
    apalagi, langganannya murah meriah banget, rp 20 ribu per bulan! mantep nih

    BalasHapus
  2. Yeee..galfok deh xD

    Murah banget kan ya :)

    BalasHapus
  3. Waaah.. ada platform yang baru ya mba. Happy to try it once in Indonesia :)

    BalasHapus