Selasa, 21 November 2017

Mulai Investasi Inovatif Melalui Fitur Crowdfunding Mekar

Saat ini, investasi rasanya tidak asing lagi untuk dijalani karena sudah banyak platform yang memberikan sarana kepada masyarakat untuk berinvestasi secara praktis. Tapi, tahukah kamu mengenai fitur crowdfunding yang mampu memberikan peluang untuk berinvestasi secara ‘baik dan inovatif’?

Melalui crowdfunding, calon investor bisa mendapatkan penawaran untuk menanamkan investasinya lebih awal pada produk, proyek usaha atau bisnis yang bertumbuh potensinya untuk menjadi besar di kemudian hari. Itu sebabnya, crowdfunding disebut-sebut akan menjadi “the next big thing” di dunia investasi, karena kemudahannya dalam menemukan kesempatan investasi (tanpa harus tatap muka, presentasi dan pitching).

Investasi melalui crowdfunding pun bukan sekedar karena peluangnya yang besar, tetapi juga karena tujuannya yang membawa dampak sosial dan lingkungan lebih positif. Oleh karena inilah, investasi via crowdfunding ini saya sebut sebagai ‘investasi inovatif’. Tapi meskipun demikian, investasi ini bukan berarti tidak memiliki potensi imbal hasil, ya.

Cara kerja investasi dalam crowdfunding ialah investor akan mengeluarkan uangnya untuk berinvestasi dengan mendanai sebuah produk, proyek atau gagasan dari pemilik usaha yang tengah membutuhkan dan mencari uang agar bisnisnya berkembang dan menjadi skala besar. Setelah dana tercapai, modal digunakan dan produksi berjalan, nantinya investor akan mendapatkan salah satu hak yaitu berupa kepemilikan produk, pengembalian modal atau pendapatan bagi hasil.


Peluncuran Crowdfunding Mekar

Berkaitan soal crowdfunding, saya pun kemarin berkesempatan untuk hadir dalam acara konferensi pers launching Crowdfunding Mekar pada 16 November 2017 di EV Hive Co-Working Space Kuningan, Jakarta. Mekar sendiri merupakan sebuah perusahaan FinTech (financial technology) peer to peer (P2P) lending yang tengah berkembang dan memiliki misi untuk turut membangun UMKM Indonesia.

Narasumber yang hadir diantaranya ialah Pandu Kristy selaku COO Mekar, Irawan Kadarman selaku Komisaris Utama PT Mekar Investama Sampoerna dan beberapa pengusaha yang tergabung dalam kampanye crowdfunding Mekar diantaranya Charles Nagy founder mesin 3D Printer BikinBot dan Ideas Pramudityo selaku founder aplikasi pengatur keuangan AKUN.Biz.


Dalam acara itu disebutkan bahwa dengan berinvestasi di Crowdfunding Mekar, kita bisa mendapatkan hasil investasi yang menarik sekaligus berkontribusi pada peningkatan akses finansial bagi UMKM Indonesia yang berdampak pada perekonomian negara serta turut mendukung karya anak bangsa.

Saat ini Mekar memiliki 2 macam bisnis lewat crowdfunding-nya, yaitu Revenue Sharing (bagi hasil) dan Pre-Order. Dalam sistem bagi hasil, investor yang menginvestasikan uangnya untuk mendukung kampanye dari suatu bisnis akan memperoleh keuntungan secara periodik yang dihitung berdasarkan presentase dari penjualan bisnis tersebut.

Sedangkan pada Pre-Order, investor dapat mendukung UMKM dengan melakukan pemesanan awal suatu produk usaha melalui website Mekar dengan harga yang sering kali lebih murah dari harga retailnya. Dengan begitu, investor telah membantu usaha-usaha kecil ini membayar biaya produksinya dalam jumlah besar.

Di sela-sela peluncuran, beberapa founder dan pengusaha yang berkampanye pada crowdfunding Mekar juga berkesempatan memperkenalkan produk-produknya.


Well, itu dia informasi penuh inovatif dan inspiratif yang bisa saya bagikan di sini. Bagi teman-teman yang tertarik untuk tergabung dengan crowdfunding Mekar, informasi lengkapnya bisa kamu dapatkan di sini

Oh ya, untuk bergabung menjadi investor di Crowdfunding Mekar, data yang kita butuhkan hanya KTP dan nomor rekening saja. Selanjutnya kamu bisa berinvestasi secara online disana secara praktis semudah seperti sedang berbelanja online, dan bersiaplah untuk mendapatkan peluang bisnis yang dapat memajukan perekonomian kita :)


9 komentar:

  1. wah setelah dilihat - lihat kita bisa beli sepeda bambu sama 3D printer yah?

    BalasHapus
  2. Investasi jadi mudah banget ya mba jaman sekarang. Bisa sambil bantu UMKM pula. Keren..

    Btw, itu mesin 3D printer bisa juga kan dibisnisin hasilnya. Pengen!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sis bisa bgt dari 3D print itu kita bisa buat barang kayak spinner trus jualin dehh XD

      Hapus
    2. Nah, bener itu. Makanyaaa, jadinya mau investasi ya Mbaa :D

      Hapus
  3. eh baru nih, tapi klo bikin sepeda yg terbuat dri printer 3D bisa gak? wkwkwk

    BalasHapus
  4. crowdfunding ya..? hmm.. bagus sih esensinya, ngebantu UKM2 yg emg susah nyari modal karena masih kecil, jadi Bank gaada yg berani bantu.
    btw, mekar? bloomingg ulalaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang begini patut diapresiasi yaa, karena bisa bantuin pengusaha kecil :)

      Hapus