Rabu, 29 November 2017

Bergaya Hidup Sehat Sesuai Dengan Kondisi Tubuh

Kamu benar-benar ingin hidup sehat, atau hanya ingin kelihatan sehat saja? Jika benar-benar ingin sehat, sebaiknya konsisten menerapkan pola hidup sehat di keseharian, sesuai dengan kondisi dan kemampuan tubuh. Hindari mengikuti pola atau gaya hidup sehat yang dilakukan oleh orang lain, karena apa yang dilakukan orang tersebut, belum tentu sesuai atau cocok dengan kondisi serta kemampuan yang dimiliki oleh tubuh kita.

Kehidupan saat ini yang semuanya serba modern, membuat masyarakat menjadi lebih aware dengan masalah kesehatan. Beberapa diantaranya mulai menerapkan gaya hidup sehat di dalam kehidupannya sehari-hari. Ada yang menerapkan diet sehat dengan mengatur pola makannya, ada juga yang mulai aktif senam, atau sekedar jalan santai bersama keluarganya di saat weekend.

Sabtu, 25 November 2017

Jangan Sampai Gadget Menggantikan Peran Orangtua


“Mama bohong! Katanya Wawa boleh main HP kalo lagi libur sekolah. Ini kan hari Sabtu, sekolahnya libur. Kok nggak boleh sih?” ucap Wawa sambil merengut.

“Siapa bilang nggak boleh Wawa. Boleh kok! Tapi dengan syarat, semua pr udah kamu kerjakan. Perjanjiannya begitu kan, Wa?” ujarku sambil tersenyum simpul.

Kamis, 23 November 2017

HIT Expert, Cara Pintar Basmi Nyamuk yang Membandel


~ Banyak nyamuk di rumahku
gara-gara aku
malas bersih-bersih… ~

Moms zaman now eh atau zaman old ya, mungkin masih ingat dengan sepenggalan lirik dari lagu di atas ya. Lagu yang dinyanyikan oleh Enno Lerian semasa kecilnya ini sempat hits pada waktu itu, karena liriknya memang menceritakan pengalaman yang sering kita temui dalam keseharian. Nyamuk yang suka mengganggu dan bikin kulit kita jadi bentol dan gatal.  

Rabu, 22 November 2017

GO-BOX dan Fitur Lainnya di Aplikasi GOJEK


Jujur ya, kemajuan teknologi telah memanjakan saya (dalam artian positif ya). Gimana nggak, semua bisa  saya dapatkan dengan cara yang mudah, waktu yang cepat, dan murah pula. Cari informasi, tinggal buka hape, browsing, klik, dan tadaa….semuanya tersedia di sana. Mau pergi ke suatu tempat, tinggal buka aplikasi ojek online (kalau saya biasanya menggunakan Apps Gojek), klik arah tujuan, dan transportasi yang diinginkan pun akan menjemput dan mengantarkanku hingga ke tempat yang ingin dituju. 

Selasa, 21 November 2017

Mulai Investasi Inovatif Melalui Fitur Crowdfunding Mekar

Saat ini, investasi rasanya tidak asing lagi untuk dijalani karena sudah banyak platform yang memberikan sarana kepada masyarakat untuk berinvestasi secara praktis. Tapi, tahukah kamu mengenai fitur crowdfunding yang mampu memberikan peluang untuk berinvestasi secara ‘baik dan inovatif’?

Melalui crowdfunding, calon investor bisa mendapatkan penawaran untuk menanamkan investasinya lebih awal pada produk, proyek usaha atau bisnis yang bertumbuh potensinya untuk menjadi besar di kemudian hari. Itu sebabnya, crowdfunding disebut-sebut akan menjadi “the next big thing” di dunia investasi, karena kemudahannya dalam menemukan kesempatan investasi (tanpa harus tatap muka, presentasi dan pitching).

Senin, 20 November 2017

Citra Maja Raya, Perumahan MBR di Lebak Banten

Mendengar kata Maja di Lebak, Banten, kepikiran tempatnya yang jauh banget ya dari ibukota. Letaknya di pinggiran sana, masih sepi gitu, trus di sana sudah ada mal atau belum (ntar kan suka kangen sama mal, hihi). Pikiran seperti itu musti kamu hilangkan deh dari benakmu, karena nggak lama lagi Kota Maja akan berkembang seperti kota-kota lainnya lho!

Sabtu kemarin, tepatnya tanggal 18 November 2017, saya mencoba ke Kota Maja menggunakan moda kereta commuter line. Saya berangkat dari Stasun Pasar Minggu menuju Stasiun Maja, dengan transit sekali di Stasiun Tanah Abang. Kurang dari setengah jam, kereta yang saya tumpangi sampai di Stasiun Tanah Abang. Dari Stasiun Tanah Abang ke Stasiun Maja, memakan waktu sekitar 1,5 jam. Lumayan cepatlah ya, dibandingkan dengan kemacetan di ibukota, yang kalau kemana-mana (masih di seputaran Jakarta Selatan lho ini), sudah terbiasa makan waktu berjam-jam. Kalau kata teman saya, ‘bisa tua di jalan kita’ XD

Kamis, 16 November 2017

Masak Enak dan Sehat Itu Mudah Kok! Masako-in Aja

Bicara mengenai makanan yang enak, saya jadi teringat dengan almarhumah Bik Nur. Bik Nur adalah orang yang semasa hidupnya suka membantu ibu saya memasak di rumah. Usia Bik Nur sedikit lebih muda dibandingkan usia ibuku. Apapun yang dimasak oleh Bik Nur, dijamin bikin nagih deh. Mau sayur bening, sop, soto, nasi goreng, gado-gado, gulai, rendang, ikan panggang, berbagai macam kue bolu dan kue kering, hingga minuman, semua bisa dibikin Bik Nur dengan rasa yang buat saya kangen terus. Huhu…jadi kangen sama beliau *kirim doa….

Rabu, 15 November 2017

Susu Sebagai Sumber Makanan Bergizi

4 Sehat 5 Sempurna! Ada yang tahu dengan istilah ini? Berarti kita seangkatan, hihi…. Yup, saat ini istilah tersebut tidak digunakan lagi, dan diganti dengan konsep Pedoman Gizi Seimbang. Jika pada konsep 4 sehat 5 sempurna, susu merupakan gizi pelengkap atau hanya sebagai penyempurna, maka pada konsep Pedoman Gizi Seimbang, susu dimasukkan ke dalam sumber protein hewani lainnya.
https://lh6.googleusercontent.com/y_3lICqMNHQvXJHUZiHCYNq1rOxMflB2vyVJVCkzcqE2MvkYvCUjIVq0bUpHqtB74E-pd_mOv9nJnH8UUEd5zRE599T1Zah8Bt7_danI94ih-QdnCd-qPfQpfpDctfPL3-KuPIR7eT6KbcvYwg

Susu yang dimaksudkan di sini adalah susu tambahan di luar ASI. Setelah anak tuntas dengan program ASI Eksklusifnya, serta ASI plus MPASI hingga usia 2 tahun, biasanya pemberian susu dilanjutkan dengan memberikan susu tambahan. Kalau saya, waktu Najwa masih kecil suka diberi susu UHT, karena lebih higienis dan praktis.

Kenapa saya masih memberikan Najwa susu UHT hingga sekarang ia berusia 10 tahun? Karena susu memiliki kandungan kalsium dan protein yang penting bagi pertumbuhannya. Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, memerlukan zat gizi yang lengkap agar bisa tumbuh dengan optimal. Bahkan kebaikan susu bisa dimanfaatkan hingga usia lanjut.     

Memangnya tidak bisa mendapatkan kalsium dan protein dari makanan lain? Ya, bisa saja. Minum susu bukan berarti tidak makan makanan bergizi lainnya. Yang namanya gizi seimbang, semua makanan bergizi mustinya dikonsumsi dengan seimbang, sesuai dengan tingkat usianya, termasuk susu. Susu menjadi pilihan makanan bergizi juga kan, dan bisa melengkapi kebutuhan protein dan kalsium pada anak. Jadi, why not jika susu bisa melengkapi asupan gizi anak, bahkan segala usia lho! (Neneknya Najwa masih minum susu tuh hingga sekarang *penting ya dikasih tau XD)

Nah, Najwa dari kecil (usia 2 tahun) hingga sekarang selalu saya beri susu UHT. UHT adalah singkatan dari Ultra-High Temperature. Jadi susu UHT diproses dengan cara dipanaskan hingga suhu 135 derajat Celsius, selama tidak lebih dari 3 detik, sehingga bisa mematikan bakteri dan mikroorganisme yang ada pada susu. Waktu pemanasan yang tidak lebih dari 3 detik dimaksudkan agar kandungan vitamin dan protein yang ada di dalamnya tidak rusak.

Dalam memilih susu UHT yang baik, dianjurkan untuk membaca dengan seksama komposisi serta kandungan zat gizi apa saja yang ada di dalam susu, yang bisa kita lihat pada label yang terdapat pada kemasannya. Untuk komposisi, biasanya saya memilih susu dengan komposisi yang tidak mengandung TAMBAHAN garam. Kenapa? Karena sesuai anjuran ahli gizi, sebaiknya penggunaan gula, garam, dan minyak dibatasi setiap harinya.

Untuk mudah mengingatnya, ahli gizi menggunakan istilah G4G1L5, yaitu tubuh hanya butuh gula 4 sendok makan, garam 1 sendok teh, dan lemak (banyak pada minyak goreng) 5 sendok makan. Jika mengkonsumsi ketiganya secara berlebihan, bisa mengakibatkan kenaikan berat badan, yang mengarah pada berbagai Penyakit Tidak Menular, seperti diabetes, jantung, tekanan darah tinggi, stroke, dan lain sebagainya.

Ketiga bahan ini sudah banyak didapatkan tubuh pada makanan (bahkan mungkin berlebih ya), makanya bagi saya, tidak mau lagi ada tambahan garam pada susu. Selain itu, rasa gurihnya susu karena tambahan garamnya, malah bikin haus usai kita meminumnya. Rasa alami susu jadi berkurang juga dengan adanya tambahan garam ini. So, saya selalu pilih susu UHT yang rasa gurihnya alami, no salt!

Selain dari komposisi, saya juga melihat dari sisi pengemasannya. Nggak guna juga dong, kalau susunya sudah steril dari bakteri dan kuman, trus gegara pengemasan yang tidak baik, susunya jadi nggak segar lagi. Saat ini teknologi sudah canggih ya. Memanfaatkan teknologi mutakhir, seperti teknologi Nutri Keep, dapat membuat kebaikan susu di dalam packing bisa tetap terjaga. Salah satu produk susu UHT 1L yang menggunakan teknologi Nutri Keep ini adalah Indomilk.

Dari video di atas bisa dilihat, bahwa setelah minum susu UHT Indomilk 1L, ternyata hampir semuanya tidak minum air putih lagi. Ini berarti setelah minum susu UHT Indomilk 1L, orang-orang tersebut tidak merasakan haus, sehingga mereka pun tidak perlu minum air putih. Rasa haus setelah minum susu disebabkan karena pada susu tersebut diberikan tambahan garam (agar susu terasa lebih gurih), yang membuat tenggorokan menjadi kering/ seret. Dari situ bisa diketahui bahwa susu UHT Indomilk 1L tidak ada tambahan garamnya, dan rasa gurih susunya berasal dari susu sapi segar.

Ngomong-ngomong soal Indomilk, untuk produk susu UHT 1L-nya tidak ada tambahan garamnya (silakan liat deh komposisi di kemasannya), sehingga rasa gurihnya susu UHT Indomilk 1L alami. Dikemasnya juga baik menggunakan teknologi Nutri Keep, bentuknya juga lebih ramping sehingga mudah disimpan, dan mudah juga digenggam sama anak-anak. Najwa biasanya menuangkan sendiri susu UHT-nya, ke gelas atau kalau nggak ke mangkok. Hehe iya, ke mangkok, Najwa terkadang (kalau lagi santai dan kepengen) suka minum susu dengan sereal :D   
Alhamdulillah, Najwa tumbuh menjadi anak yang sehat dan pintar. Kebiasaan minum susu sudah diajarkan oleh ibu sejak saya kecil, sehingga saya pun menurunkan kebiasaan baik ini untuk keluarga saya sekarang. Jika 4 sehat 5 sempurna sudah nggak ada lagi, susu tetaplah menjadi penyempurna atau pelengkap kebutuhan gizi keluarga saya. Yang penting dijaga saja asupan gizinya, agar tetap seimbang dan sesuai dengan tingkatan usianya :)


Selasa, 14 November 2017

BCA Kembali Berikan Donasi Pada Perdami untuk Menanggulangi Masalah Buta Katarak di Indonesia


Bicara mengenai katarak, saya jadi inget waktu saya kecil dulu di kampung ibu, sering sekali saya berjumpa dengan orang yang sudah lanjut usia, dengan kondisi mata yang mengeruh di bagian tengahnya. Dulu saya pikir itu adalah semacam kotoran yang masuk ke dalam mata orang tersebut, hehe makhlumlah waktu itu saya masih kecil dan belum tahu banyak mengenai penyakit katarak.

Menginjak bangku SMP barulah saya tahu bahwa mata yang keruh di bagian tengah mata tersebut merupakan sebuah penyakit yang dinamakan katarak. Katarak menurut istilah kedokteran adalah kekeruhan yang terdapat pada lensa mata, yang terjadi karena penambahan cairan lensa, dan atau karena denaturasi protein lensa. Kondisi lensa mata yang keruh menyebabkan cahaya sulit untuk mencapai bagian retina, sehingga menyebabkan mata tidak mampu melihat dengan jelas.

Senin, 13 November 2017

Pollux Hadirkan Dotonburi Shopping Street, Shop Houses ala Jepang di Daerah Karawang

Jika kamu punya kesempatan traveling di seputaran Asia, negara mana yang pertama kali ingin kamu kunjungi? Jika pertanyaan tersebut diajukan ke saya, maka saya akan menjawabnya negara Jepang. Kenapa? Banyak alasan kalau menurut saya. Jepang itu negara yang unik, ibaratnya perpaduan budayanya yang kental dengan teknologinya yang canggih, seperti sesuatu yang bertolak belakang, namun bisa bersatu dengan baik di Jepang. Belum lagi aneka kuliner khasnya dan kecantikan bunga Sakura yang hanya tumbuh selama dua minggu tiap tahunnya.

Sepertinya bukan saya saja yang beranggapan begitu, karena banyak juga masyarakat Indonesia yang suka dengan kebuadayaan Jepang. Sehingga apapun yang berbau-bau Jepang yang hadir di Indonesia, biasanya akan ramai peminatnya. Misalnya saja makanan Jepang, seperti sushi, ramen, teriyaki, yakiniku, mocha, dorayaki, dan banyak lagi yang lainnya, yang digemari orang Indonesia. Pakaian tradisional Jepang, seperti Yakuta dan Kimono pun tak luput dari perhatian penggemar Jejepangan di Indonesia. Ini saya saksikan sendiri saat menghadiri sebuah festival persahabatan antara Jepang dan Indonesia. Banyak pengunjung yang rela antri panas-panasan untuk bisa mencoba Yakuta. Belum lagi anime-anime Jepang, yang sepertinya punya banyak fans di sini :)

Jumat, 10 November 2017

Stadion Batakan, Kalimantan Timur Gunakan Sistem Pencahayaan Philips LED ArenaExperience

Jujur ini merupakan pengalaman pertama bagi saya, menyaksikan pertandingan sepakbola langsung dari stadionnya. Apalagi pertandingannya bukan merupakan pertandingan kecil, tapi berskala internasional, dengan hadirnya Arsenal dan Liverpool. Tahukan, Arsenal dan Liverpool ini merupakan klub sepakbola profesional ternama di dunia.

Layaknya pengalaman pertama, tentu saja saya merasa sedikit deg degan. Katanya menyaksikan pertandingan langsung di stadion, lebih seru dibandingkan menyaksikannya dari layar kaca. Jadi begitulah, pengalaman pertama saya menyaksikan pertandingan sepakbola ternyata adalah di Stadion Batakan, Kalimantan Timur, atau nama bekennya Balikpapan International Stadium.

Jumat, 03 November 2017

RS Awal Bros Resmi Dibuka di Bekasi Timur

Hai hai haai…. ada kabar baik buat warga Bekasi dan sekitarnya, khususnya untuk warga Bekasi Timur. Hari Rabu kemarin, atau tepatnya tanggal 1 November 2017, sebuah rumah sakit swasta berstandar internasional resmi dibuka. Letaknya sangat strategis, tak jauh dari gerbang tol Bekasi, bahkan satu area dengan pusat perbelanjaan Bekasi Trade Center (BTC).  

Yup, RS Awal Bros Bekasi Timur resmi dibuka kemarin oleh Walikota Bekasi, Bapak Rahmat Effendi, dan disaksikan oleh pemangku kepentingan RS Awal Bros. Saya sendiri sudah lama mengenal rumah sakit yang satu ini, tepatnya saat teman segenk SMA saya dulu bekerja sebagai Psikolog Anak di RS Awal Bros Pekan Baru. Awal teman saya bekerja di sana, teman yang lain nyeletuk, keren katanya karena bisa bekerja di rumah sakit seperti Awal Bros. Jadilah saya yang ‘kurang gaol’ ini browsing mengenai RS Awal Bros. Penasaran aja, sekeren apasih RS Awal Bros? XD