Rabu, 11 Oktober 2017

Tips Traveling Nyaman Bagi Travelers


Kamu seorang travelers? Bagi yang sudah sering traveling mungkin sudah hafal ya, apa saja yang musti dipersiapkannya jika hendak traveling. Namun bagi pemula, yang masih bingung apa saja yang musti dipersiapkan, dan jangan sampai ada hal penting yang terlupakan, tips ini mungkin akan berguna :)

Pertama-tama, kamu harus merencanakan perjalanan yang akan kamu lakukan memakan waktu berapa lama. Jika lama, kamu harus mempersiapkan perlengkapan yang cukup untuk memenuhi kebutuhanmu selama perjalanan. Misalnya, kalau saya melakukan traveling 2 atau 3 hari, saya hanya membawa baju ganti 1 atau 2. Nah, kalau agak lama, bisalah ditambahkan 1 lagi.

Jauh-jauh hari (kalau saya biasanya sehari sebelum berangkat), sudah mempersiapkan perlengkapan yang akan dibawa. 1 lembar celana/ rok ganti, 2 pakaian ganti, jangan lupa daleman yaa (penting ini! :D), 1 lembar hijab ganti (bagi yang berhijab), obat-obatan bagi yang biasa menggunakan obat (kalau saya biasanya minyak kayu putih dan obat pereda sakit kepala), perlengkapan mandi seperti odol, sikat gigi, sabun, dan shampoo (kalau saya bawa yang sachet-an), serta kosmetik bagi cewek kecentilan macam saya, wkwkwk (minimal bedak sama lipen. Paling nggak, mukanya nggak lecek dan pucet banget saat mau pepotoan XD).

Pastikan perlengkapan di atas sudah dimasukkan ke dalam tas ya, agar nggak ketinggalan. Oya, juga dokumen penting seperti KTP dan kartu ATM, serta tiket jika kamu bepergian dengan transportasi umum. Masukkan semua ke dalam dompet (trus dompet jangan sampai ketinggalan pulak XD). Selain itu, jika kamu hobi membaca buku, bawalah 1 atau 2 buah buku buat bacaan selama diperjalanan atau mengisi waktu luang untuk menghilangkan kejenuhan.

Snack, permen, dan air minum juga boleh lho dibawa (tapi jangan banyak-banyak juga ya), untuk mengisi perut kosong seumpama moda transportasi yang kamu tumpangi mengalami delay. Begitupun perlengkapan henpon, seperti charger, earphone, dan power bank (penting!) Atur semua perlengkapan tersebut dengan baik di dalam tas, agar tidak berantakan dan bisa muat banyak (cara menyusun barang di dalam tas agar muat banyak, bisa kamu lihat tutorialnya di yucub yap! :)

Itu perlengkapan yang musti kamu siapin jika ingin traveling atau backpakeran ya, kali aja ntar bakal numpang di rumah teman atau saudara di daerah yang kamu kunjungi. Paling nggak kamu nggak terlalu merepotkan teman, hehe. Nah, menjelang berangkat, ada baiknya kamu pelajari rute perjalanan yang bakal kamu lalui, dan daerah yang akan kamu kunjungi, agar kamu tidak seperti anak hilang di kota orang ntar XD (jangan malu bertanya jika kamu bingung yap, biar kamu nggak ngiterin tempat yang sama sampai tujuh kali, wekeke).

Saat berangkat, gunakan pakaian yang nyaman. Sebaiknya gunakan pakaian yang berbahan adem ya. Pokoknya yang buat kamu nyaman deh selama diperjalanan. Nggak asik banget kan kalau kamu musti kegerahan atau setiap saat benerin baju dan celana panjang yang kesempitan. Oya, satu lagi nih yang akan bikin kamu merasa nyaman jika melakukan perjalanan, baik sendiri maupun bareng keluarga, yaitu asuransi.

Yap, asuransi. Namanya Travel Insurance. Saya sendiri baru tau ternyata ada yang namanya travel insurance (kemana aja Sis :D). Informasi ini saya dapatkan saat hadir pada event yang diselenggarakan oleh Mobil123.com, sebuah portal otomotif no.1 di Indonesia. Acaranya sendiri diselenggarakan di Aruba Carribean Restaurant, Jakarta pada hari Rabu, 11 Oktober 2017. Menggandeng MSIG Travel Insurance, acara ini mengangkat tema “Tips Cara Pengajuan Klaim Asuransi Perjalanan yang Efektif”.

Talkshow bersama Mobil123.com dan Asuransi MSIG Online
Bpk Indra
Mengapa Mobil123 mengangkat tema ini? Menurut Bapak Indra Prabowo, Managing Editor Mobil123, karena orang yang pergi traveling itu tidak pernah sepi, bahkan sharing mengenai traveling ini sangat luar biasa di dunia maya, baik itu nasional maupun internasional. Nah, dalam melakukan perjalanan tersebut tentu saja butuh asuransi agar kita bisa merasa aman dan nyaman. Apa saja keuntungan yang didapatkan dari asuransi ini jika kita hendak bepergian? Mengapa diperlukan travel insurance?

Bapak Bernardus P. Wanandi, Vice President Director of MSIG Indonesia menjelaskan bahwa dalam melakukan perjalanan, terkadang bisa saja terjadi masalah yang tidak kita duga. Misalnya rencana penerbangan yang ditunda atau bahkan dibatalkan. Dengan MSIG Travel Insurance, kita bisa mendapatkan santunan jika mengalami keterlambatan penerbangan di atas 3 jam.

Bpk Bernardus
Yang kadang bisa saja terjadi saat traveling adalah kehilangan bagasi atau dokumen perjalanan, uang, maupun barang pribadi, menderita sakit selama di tempat tujuan, dan kecelakaan yang berakibat cacat atau meninggal dunia (mudah-mudahan kita terhindar dari musibah seperti ini ya), atau perabot rumah tangga yang rusak karena kebakaran selama kita bepergian. Semua itu merupakan perlindungan yang diberikan oleh MSIG Travel Insurance.

Patut juga diketahui bagi traveler, bahwa beberapa negara di Eropa sudah mewajibkan para traveler untuk mempunyai travel insurance. Bahkan isunya beberapa negara lain akan mengimplentasikan mandatory travel insurance sebelum meng-apply visa. Untuk traveling ke Schengen Country, minimal harus punya uang pertanggungan €30 ribu atau US $ 50 ribu.

MSIG Travel Insurance mempunyai 3 macam produk, yaitu Leisure (Individual), Business Trip, dan Family. Nah, dengan memiliki MSIG Travel Insurance Leisure C, yang minimum requirement-nya sudah mencover untuk Schengen Country, traveler sudah bisa traveling dengan nyaman di negara-negara yang ada di Eropa.  

Sedikit informasi nih mengenai Asuransi MSIG. MSIG merupakan singkatan dari Mitsui Sumitomo Insurance Group. Dari namanya bisa ditebak kalau perusahaan ini berasal dari Jepang. Untuk kawasan Asia Pasific sendiri, Asuransi MSIG berpusat di Singapura. Di Indonesia sendiri, Asuransi MSIG sudah beroperasi sejak bulan Oktober 1975. Ini berarti sudah lama juga ya Asuransi MSIG beroperasi, tepatnya sudah 42 tahun.

Jika ingin menjual produk asuransi kan mudah tuh, tinggal promo dan pintar-pintarnya sales ngerayu ya, hehe. Nah, yang sering membingungkan itu adalah saat pengajuan claim-nya, gimana caranya agar bisa diproses dengan cepat dan baik. Bapak Henry Kurniawan, General Manager Claim MSIG Indonesia kemudian menjelaskan mengenai hal ini.

Bpk Henry
“Jika terjadi risiko yang sampaikan oleh Pak Bernardus tadi, dan klien ingin mengajukan claim, maka ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan untuk bisa mendukung claim yang diajukan. Untuk teman-teman yang melakukan perjalanan, jangan lupa untuk selalu membawa formulir claim selama perjalanan,” ujar Pak Henry.

Dokumen untuk Keterlambatan Penerbangan :
  • Formulir Claim
  • Polis Asuransi
  • Kartu Identitas
  • Surat Keterangan dari Penerbangan
  • Boarding Pass

Dokumen untuk Biaya Medis Pengobatan karena Sakit :
  • Formulir Claim
  • Polis Asuransi
  • Kartu Identitas
  • Diagnosa dokter yang menyatakan sejauh mana gangguan fisik atau cedera
  • Bukti Pembayaran
  • Surat Kuasa apabila claim diajukan oleh pihak lain selain pemegang polis atau tertanggung

Dokumen untuk Kehilangan Uang dan Barang Pribadi
  • Formulir Claim
  • Polis Asuransi
  • Kartu Identitas
  • Bukti Pembayaran
  • Laporan Pihak Kepolisian


Proses yang harus dilakukan apabila terjadi kejadian Repatriasi Jenazah di luar negeri 

Tindakan yang dilakukan di luar negeri:
  • Mengurus Surat Kematian
  • Mengurus Surat Otopsi
  • Mengurus Surat dari Departemen Kesehatan bahwa jenazah tidak menderita penyakit menular
  • Memberikan formalin, memandikan, dan mengenakan pakaian pada jenazah
  • Jenazah kemudian dimasukkan dalam box alumunium, lalu masukkan dalam peti
  • Surat dokumen dibawa ke kedutaan untuk dilegalisasi
  • Secara paralel dilakukan pengurusan pemesanan kargo pesawat
  • Ambulan dipersiapkan untuk membawa peti jenazah ke pesawat
  • Peti jenazah dimasukkan ke dalam pesawat

Tindakan yang dilakukan di dalam negeri:
  • Ambulan akan membawa jenazah ke rumah duka
  • Serah terima jenazah dengan pihak keluarga

Untuk pengajuan claim bisa melalui website www.msigonline.co.id atau bisa juga dengan menghubungi layanan call center 24 jam di nomor +62 21 2927 96 31 atau via WhatsApp di +62812 9464 4004. Untuk mengetahui produk ini lebih lengkap, atau berminat untuk membeli produknya, bisa dilihat di www.msigonline.co.id. Asuransi MSIG online, menjadi solusi modern belanja produk asuransi dengan praktis, aman, dan cepat, karena bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun.  

Agar claim bisa diajukan secara efektif, sebaiknya pelajari terlebih dulu polis asuransi yang hendak dibeli dengan seksama, sehingga kita tahu jaminan apa yang akan diberikan dari polis tesebut, pengecualian apa saja yang tidak akan dibayarkan oleh polis, apa saja syarat-syarat atau kondisi yang harus dipenuhi. Dengan begitu kita bisa mengetahui apakah polis yang kita beli sesuai dengan kebutuhan, dan apa yang harus kita lakukan saat terjadi claim. Jika terjadi risiko, segera catat dan laporkan ke perusahaan asuransi tersebut. Siapkan semua dokumen yang diperlukan (tercantum di dalam polis) untuk pengajuan claim, agar bisa diproses dengan cepat.   

Foto Bersama
Nah, itu informasi yang saya dapatkan dari event tersebut. Sayangnya, MSIG Travel Insurance baru tersedia untuk produk traveling ke luar negeri, dan belum melayani traveling dalam negeri, hiks. Baidewei, nggak apa-apalah ya. Paling nggak informasi ini bisa berguna bagi kamu yang akan melakukan traveling ke luar negeri. Dengan tips tadi, saya harap dapat membantu kamu dalam mempersiapkan perjalanan yang aman dan nyaman. Yuks, ajak aku traveling :D


Foto : Pribadi

8 komentar:

  1. Lengkap dan bermanfaat nih tips-tipsnya. :)

    BalasHapus
  2. aku udah ngitung premi buat liburan keluarga ke Eropa. Wahahaha. Ga mahal amat kok demi liburan yang aman dan nyaman.

    BalasHapus
  3. Asuransi ada memang untuk menenangkan apapun itu, terutama dalam perjalanan

    BalasHapus
  4. Perjalanan ke luar negeri bisa bikin aman n nyaman kalau semuanya baik2 saja. Asuransi online MSIG sangat membantu para traveler agar perjalanannya lebih seru tanpa khawatir suatu apapun

    BalasHapus
  5. Insurance penting untuk menjaga diri

    BalasHapus
  6. Penting banget buat yg suka jalan

    BalasHapus
  7. Aku kl misal jalan keluar negeri, skrg udah mulai pake travel insurance nih, entahlah buat jaga2 aja haha!

    BalasHapus
  8. Travel insurance itu memang penting banget.

    BalasHapus