Jumat, 20 Oktober 2017

Metode Pembayaran Baru, JNE-Tokopedia Payment

Belanja online adalah salah satu pilihan untuk bisa memenuhi kebutuhan kaum urban saat ini. Biaya paket internet yang semakin terjangkau dan menjamurnya e-commerce, semakin mempermudah masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi di dunia maya. Namun kemudahan berinternet ternyata tidak sejalan dengan jumlah masyarakat yang memiliki akun di bank.

Pemilihan pembayaran saat belanja online biasanya selalu berhubungan dengan penyetoran biaya via bank. Sehingga ada beberapa shopper online yang mengalami kesulitan melakukan pembayaran ketika ingin berbelanja online. Hal ini menjadi alasan bagi salah satu e-commerce besar Indonesia, Tokopedia, untuk melakukan kerjasama dengan salah satu perusahaan jasa pengiriman ternama di Indonesia, yaitu JNE.

Untuk memperkenalkan kerjasama yang mereka lakukan, JNE dan Tokopedia mengadakan konferensi pers di Kantor Pusat JNE di Tomang, Jakarta Barat pada hari Senin, 16 Oktober 2017 kemarin. Pada kesempatan tersebut hadir Bapak M. Feriadi, selaku Presiden Direktur JNE dan Bapak William Tanuwijaya, selaku CEO dan Co-Founder Tokopedia.

JONI JNE
Sebelum acara dimulai, para tamu undangan mendapat hiburan dari penampilan Joni JNE. Joni JNE bergoyang mengikuti irama Lagu Baby Shark yang saat ini lagi ngehits :D Usai menyaksikan tarian ala baby shark dari Joni, Bapak M. Feriadi, Presiden Direktur JNE memberikan penjelasan mengenai kerjasama yang dilakukan JNE bersama dengan Tokopedia.

Bapak Feriadi
“Dalam rangka memasuki ulang tahun JNE yang ke-27 yang jatuh pada tanggal 26 November 2017 mendatang, JNE tentu ingin terus mengembangkan dan meningkatkan pelayanannya. Yang tadinya hanya memberikan layanan dalam hal kecepatan, ketepatan, dan keamanan pengantaran, maka JNE ingin menambah satu fitur lagi, dimana untuk semua transaksi pembelian dari masyarakat yang berbelanja melalui merchant-nya Tokopedia, akan mendapatkan kemudahan,” jelas Bapak Feriadi.

Kemudahan yang dimaksudkan Bapak Feriadi adalah dalam hal pembayaran. Jadi masyarakat yang berbelanja di Tokopedia, bisa melakukan pembayaran langsung melalui counter atau perwakilan JNE yang ada di 200 lokasi di Indonesia. Fitur ini diterbitkan oleh JNE karena melihat begitu pesatnya pertumbuhan e-commerce di Indonesia, dan JNE ingin memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam bertransaksi.

Sebelumnya JNE telah banyak melakukan kerjasama dengan Tokopedia dalam hal pick-up atau pengantaran barang, maka kerjasama tersebut ditingkatkan lagi dalam hal pembayaran. Selain kerjasama dalam hal pembayaran dengan Tokopedia, JNE juga sedang berupaya menjual merchandise-nya. Untuk itu JNE membuka toko di Tokopedia, yang khusus menjual pernak pernik merchandise JNE.

“Ini sudah kita lakukan, dan sambutannya juga luar biasa. Mudah-mudahan ke depan, kerjasama ini bisa terus kita tingkatkan dan kembangkan. Ini tentu juga untuk kebaikan ekonomi masyarakat Indonesia,” tutur Bapak Feriadi.


Tokopedia sendiri sudah lama hadir di Indonesia, tepatnya sudah 8 tahun. Salah satu misi dari Tokopedia adalah turut serta menggerakkan pemerataan ekonomi secara digital. Saat ini sudah lebih dari 2 juta masyarakat Indonesia yang memulai dan mengembangkan bisnisnya bersama dengan Tokopedia. Sekitar 40 juta masyarakat Indonesia datang mengunjungi Tokopedia setiap bulannya.

Bapak William
“Jumlah pemilik rekening bank di Indonesia itu masih terbatas. Hanya 36% dari penduduk dewasa yang memiliki akun bank. Untuk itulah, Tokopedia bersama dengan mitra-mitranya berusaha mencari solusi, bagaimana caranya agar masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang belum memiliki akun bank, juga bisa ikut merasakan kemudahan dan kenyamanan berbelanja online,” jelas Bapak William.

Menurut Bapak William lagi, Tokopedia dan JNE sudah bermitra selama 8 tahun dalam urusan pengiriman barang dari merchant ke consumer. Melihat gerai JNE yang tersebar dimana-mana, menjadi sebuah potensi untuk menjadi ‘mesin ATM’. Jadi bagi masyarakat yang belum memiliki akun bank, namun mereka sudah memiliki akses internet, mereka bisa belanja online dan melakukan pembayaran secara cash di gerai JNE terdekat.

“Saya berterima kasih pada pihak JNE yang selalu terbuka untuk berbagai ide dan inovasi. Sebagai perusahaan terdepan di logisitic dan e-commerce, saya harapkan kerjasama ini merupakan titik awal dari kerjasama-kerjasama lainnya, demi mendorong cita-cita dan misi perusahaan untuk bisa ikut menggerakkan pemerataan perekonomian secara digital. Tokopedia selalu menganggap misi tersebut tidak bisa dicapai sendirian, dan harus dilakukan bersama dengan stakeholder lainnya,” papar Bapak William.

Bapak Melan
Bagaimana sih cara pembayaran menggunakan JNE-Tokopedia Payment? Bapak Melan Hendra Prasetio, selaku Senior Manager Marketing Communication JNE menjelaskan bahwa semua channel perwakilan JNE di seluruh Indonesia bisa digunakan untuk pembayaran Tokopedia. Jika ingin menggunakan fitur ini, cukup dengan berbelanja di Tokopedia. Usai berbelanja, saat klik ‘beli’ jangan lupa masukkan alamat pengiriman, dan pilihlah kurir JNE.

Jika sudah, pilih metode pembayaran menggunakan JNE (untuk pilihan metode ini dikenakan biaya layanan 2000 rupiah ya), lalu klik bayar. Setelah itu akan keluar kode pembayaran. Kode pembayaran inilah nantinya yang akan ditunjukkan ke kasir yang ada di Counter JNE terdekat (jangan sampai hilang kodenya ya. Screen capture bila perlu). Kita juga bisa melihat dan mencari lokasi JNE terdekat dari tempat kita berada. Tinggal lakukan pembayaran ke JNE terdekat, dan nanti kita akan mendapatkan tanda bukti sudah bayar dari JNE. Finish! Tinggal menunggu paket datang deh!

Suasana di Cash Counter JNE Tomang, Jakarta Barat
Saya sendiri sudah mengaplikasikan metode JNE-Tokopedia Payment ini. Sangat praktis memang, nggak ribet. Ini sama saja semudah berbelanja di mini market, namun barangnya baru sampai keesokan harinya. Metode pembayaran ini memang sangat bermanfaat bagi masyarakat yang sudah memiliki akses internet (yang mana sangat ini sangat murah dan mudah didapatkan), namun belum memiliki rekening bank. Dengan begitu, kemudahan berbelanja berbagai produk yang dibutuhkan secara online, bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia :) 

Kerjasama JNE dan Tokopedia


Foto : Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar