Sabtu, 21 Oktober 2017

Groundbreaking Mal Ciputra di CitraRaya Tangerang

Tak lama lagi warga Tangerang dan sekitarnya akan kehadiran sebuah pusat perbelanjaan dan hiburan yang baru. Yup, sebuah mal akan dibangun di kota terpadu CitraRaya Tangerang, sebuah kota baru yang dikembangkan oleh Ciputra Group. Sebenarnya tak bisa dibilang baru juga sih, karena CitraRaya ini sudah dibangun sejak tahun 1994. Letaknya persis di samping Pasar Tradisional Cikupa Tangerang.

Secara bertahap, Kota CitraRaya terus berkembang dan melengkapi segala fasilitas umum, guna memenuhi kebutuhan penghuninya. Dengan luas lahan 2.760 hektar, CitraRaya telah dilengkapi dengan fasilitas pasar modern, sekolah, universitas, rumah ibadah, hotel, Ciputra Hospital, Auto Center, City Market, Sports Club, EcoPlaza, wahana hiburan Theme Park, dan yang paling penting adalah Trans Feeder Busway sebagai akses transportasi bagi penghuninya.  


Nah, pembangunan mal ini merupakan pelengkap dari fasilitas yang telah ada, bagi kebutuhan penghuni Kota Terpadu CitraRaya Tangerang. Peletakan batu pertama atau bahasa kerennya groundbreaking  untuk pembangunan Mal Ciputra-CitraRaya Tangerang dilakukan pada hari Kamis, 19 Oktober 2017 lalu. Acara dihadiri oleh Bapak Budiarsa Sastrawinata selaku Presiden Direktur PT. Ciputra Residence, Bapak Ahmad Zaki Iskandar sebagai Bupati Tangerang, Kapten Inf Agus Purnomo mewakili Dandim 0506 Tangerang, dan beberapa pejabat lain beserta jajarannya.


Acara diawali dengan menampilkan Tari Rampak Gendang, sebuah tarian tradisional dari daerah Jawa Barat. Usai itu, dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Bapak Anwar Munawar. Baru kemudian Bapak Budiarsa menyampaikan kata sambutannya. Bapak Budiarsa mengatakan bahwa pembangunan mal ini merupakan wujud komitmen Ciputra Group dalam memenuhi unsur kebutuhan dan tuntutan hidup penghuni CitraRaya dan masyarakat sekitarnya.

Sebagai kota baru, CitraRaya telah mengembangkan lebih dari 25 ribu unit rumah dan komersial, dengan jumlah penghuni lebih dari 65 ribu jiwa. CitraRaya Tangerang juga dikelilingi oleh 600 perusahaan nasional dan mancanegara. Ini menjadi bukti bahwa kawasan CitraRaya sangat potensial untuk pengembangan bisnis retail.

Bpk Budiarsa
“Kehadiran Mal Ciputra CitraRaya tidak hanya sebagai icon, tapi lebih dari itu, yaitu menjadi pendorong perkembangan kawasan CitraRaya, yang merupakan salah satu regional business center terbesar di Tangerang Barat. Kami meyakini kehadirannya akan menjadi magnet bagi tenant-tenant besar untuk melakukan ekspansi bisnisnya,” ujar Bapak Budiarsa.

Mal Ciputra CitraRaya Tangerang dibangun di Ring 5, Kawasan Central Business District CitraRaya, dengan luas lahan 4,5 hektar. Pembangunan mal direncanakan terdiri dari tiga tahap. Untuk tahap pertama, dengan dana sekitar 580 miliar rupiah akan dibangun mal dengan luas 164.075 m2 dan terdiri dari 6 lantai. Sedangkan untuk tahap kedua akan dilanjutkan dengan perluasan dan pengembangan hotel, serta tahap ketiga dengan membangun high rise apartment. Untuk total pembangunan ketiga tahapan ini memakan dana sekitar 1,7 triliun rupiah.

Pembangunan tahap pertama direncanakan akan selesai dalam 2 tahun ini, sedangkan untuk pembangunan tahap kedua dan ketiga masih melihat perkembangan atau respon pasar nantinya. Jika respon pasar positif, maka ada kemungkinan usai pembangunan tahap pertama, akan lanjut ke pembangunan tahap kedua dan ketiga.

Terkait letak mal yang dibangun di Ring 5, yang berada cukup jauh dari jalan raya, Bapak Budiarsa menjelaskan lagi bahwa nantinya mal ini akan berada di tengah, karena adanya pembangunan jalan tol Tigaraksa, sehingga Mal Ciputra akan terletak di area yang strategis.   

“Dengan mengucapkan syukur dan mohon bimbingan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, kiranya pembangunan Mal Ciputra CitraRaya ini dapat berjalan dengan lancar, dan memberi manfaat yang luas bagi semua stakeholder yang ada. Semoga tenant yang sudah bergabung, maupun yang akan bergabung akan mendapat kesuksesan bersama dengan Mal Ciputra CitraRaya,” ungkap Bapak Budiarsa.

Tenant-tenant besar yang akan bergabung dalam Mal Ciputra CitraRaya Tangerang ini diantaranya Farmer Market, CGV Cinemas, Matahari Department Store, Fun World, Fun & Fit, KiDZiLLA, dan nantinya akan bergabung juga tenant-tenant lainnya. Hingga tahap groundbreaking ini saja, sudah 50% tenant yang confirm untuk bergabung dengan Mal Ciputra Citra Raya Tangerang.

Selaku Bupati Tangerang, Bapak Zaki sangat mendukung kehadiran Mal Ciputra CitraRaya Tangerang. Menurut beliau, Kota Terpadu CitraRaya sepertinya didesain untuk menampung urbanisasi, yang terjadi karena berkembangnya ibukota Jakarta beberapa dekade ini, yang berdampak ke daerah-daerah di sekitarnya, terutama wilayah Kabupaten Tangerang, yang saat ini populasinya sudah mencapai 3,3 juta jiwa.

Bupati Tangerang
“Dengan tersedianya sarana dan prasarana dari perumahan pemukiman yang layak huni, tentu perkembangannya diikuti dengan peningkatan berbagai fasilitas, yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Pemda sangat mendukung pembangunan Mal Ciputra CitraRaya, karena pergerakan dari pembangunan ini akan menimbulkan efek domino yang cukup baik bagi perekonomian, baik itu perekonomian CitraRaya sendiri maupun perekonomian di sekitarnya,” jelas Bapak Zaki.

Bupati Zaki berharap keberadaan mal ini nantinya dapat dirasakan manfaatnya, bukan saja oleh tenant dan penduduk CitraRaya, tapi juga masyarakat di sekitarnya. Mal Ciputra Citra Raya yang ditargetkan selesai sekitar tahun 2019 nanti ini, tidak saja menjadi pusat pembelanjaan, tapi bisa juga sebagai tempat bersosialisasi dan bersilaturrahmi, baik bagi sesama tenant maupun bagi masyarakat dengan saudara dan sahabatnya. Harapannya lagi, fasilitas Mal Ciputra CitraRaya dapat meningkatkan mutu pelayanan serta kenyamanan, baik bagi pengunjungnya maupun masyarakat CitraRaya.

Groundbreaking ceremony procession pembangunan Mal Ciputra CitraRaya pun ditandai dengan penekanan tombol oleh para pejabat pemerintah dan jajaran manajemen Ciputra Group, serta pelepasan balon oleh Bupati Zaki Iskandar dan Bapak Budiarsa, disaksikan oleh para pejabat dan jajarannya, serta oleh tamu undangan yang hadir pada acara. Dengan begitu resmi pulalah dimulainya pembangunan Mal Ciputra CitraRaya dengan penancapan paku bumi di lahan yang akan dibangun.



Groundbreaking Ceremony Procession Pembangunan Mal Ciputra CitraRaya Tangerang

Penancapan paku bumi
Salah satu partner tenant yaitu Matahari Department Store, yang diwakili oleh Bapak Sahala Siahaan selaku GM Matahari Dept. Store mengatakan bahwa kehadiran mal ini sudah ditunggu oleh banyak tenant dan retail. Beliau juga mengaku sudah memiliki hubungan yang cukup harmonis dengan Ciputra Group. Konsep mal dari Ciputra Group dirasa sesuai dengan Matahari Dept.Store. Makanya pihak Matahari Dept. Store sangat menyambut baik kehadiran Mal Ciputra CitraRaya, dan ingin segera membuka retailnya di mal ini.

Sepakat dengan Bapak Sahala, Bapak Tomy Kim, selaku Director CGV Cinemas juga mengatakan bahwa kehadiran Mal Ciputra CitraRaya sangat ditunggu oleh para retailer. Keberadaan e-commerce yang mulai menjamur saat ini tidak menyurutkan semangat Ciputra Group untuk membangun mal. Buktinya masih banyak retailer yang menunggu kehadiran mal ini. Mal saat ini bukan hanya sebagai tempat belanja saja, namun sudah menjadi lifestyle bagi masyarakat.

“Kita membuat mal bukan hanya dengan toko-toko saja, tapi juga lifestyle. Orang sekarang ke mal bukan hanya belanja, tapi juga untuk makan dan hiburan. Itulah makanya kita optimis, dengan dukungan dari tenat-tenant besar yang bergabung bersama kita,” pungkas Bapak Budiarsa.

Photo Session
Untuk info lebih lengkap mengenai Mal Ciputra dan CitraRaya Tangerang, silakan kunjungi website www.citraraya.com atau akun media sosial Twitter @CitraRaya_Eco



Foto : Pribadi

2 komentar:

  1. sesuatu banget jadi saksi groundbreaking Mal Ciputra CitraRaya Tangerang
    kelak, jika sudah selesai dibangun,ini jadi salah satu destinasi wisata warga Banten
    konsepnya keren, futuristik gitu ya mbak :)

    BalasHapus
  2. Kalo tinggal di perumahan dengan fasilitas selengkap ini pasti betah ya gak usah ke pusat kota Jakarta lagi buat cari hiburan :)

    BalasHapus