Sabtu, 14 Oktober 2017

Trading Mudah, Cepat, dan Cerdas Bersama Aplikasi RHB TradeSmart with ARO


Bisnis trading atau lebih dikenal dengan trading forex di Indonesia nampaknya tidak terlalu banyak peminatnya ya. Kenapa? Karena menurut sebagian orang, nabung saham itu ngeri-ngeri sedap, hehe. Terlalu berisiko menurut orang awam. Ngeri jika nilai saham tersebut anjlok, sedap saat nilai sahamnya meningkat tajam.

Untuk mengembangkan minat masyarakat terhadap bisnis trading, Bursa Efek Indonesia (BEI) menyelenggarakan sebuah kampanye “Yuk Nabung Saham”, dengan tujuan meningkatkan awareness masyarakat terhadap pasar modal Indonesia. BEI mengajak masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal, dengan membeli saham secara rutin dan berkala. Layaknya promo bank gitu, cuma dalam bentuk tabungan saham.

Melihat hal ini, RHB Sekuritas Indonesia yang merupakan bagian dari RHB Banking Group – grup layanan finansial terintegrasi terbesar keempat di Malaysia, meluncurkan sebuah aplikasi trading saham, dengan fitur-fitur cerdasnya. Peluncuran aplikasi ini merupakan bentuk dukungan RHB Sekuritas terhadap BEI untuk meningkatkan literasi masyarakat mengenai pasar modal.

Grand Launching Aplikasi RHB TradeSmart With ARO
Penyerahan Maskot ARO dari pihak RHB Sekuritas pada pihak BEI
Oya, aplikasi yang diluncurkan oleh RHB Sekuritas ini diberi nama RHB TradeSmart With ARO. Acara peluncurannya diselenggarakan di Gedung Bursa Efek Jakarta (Indonesia Stock Exchange Building), pada hari Selasa, 10 Oktober 2017 kemarin. Selain peresmian peluncuran Aplikasi RHB TradeSmart With ARO, juga diselenggarakan sebuah talkshow yang membahas mengenai Aplikasi RHB TradeSmart With ARO dan bisnis trading di Indonesia.

Bapak Alpino Kianjaya, selaku Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI menyambut baik kehadiran inovasi terbaru dari RHB Sekuritas Indonesia. Pada kenyataannya memang bahwa jumlah investor yang bertransaksi di Bursa Efek Indonesia itu masih sangat rendah. Dukungan dari RHB Sekuritas Indonesia, dengan menghadirkan sebuah aplikasi berbasis online, sedikit banyak dapat membantu meningkatkan jumlah investor dan trader yang aktif bertransaksi di pasar modal.

Bapak Alpino
“Saya yakin akan semakin banyak user dan investor yang tertarik, karena dengan aplikasi bantuan yang bisa dilakukan dimana pun mereka berada, maka investor bisa akses melalui mobile. Mereka mengetahui perkembangan harga saham, walaupun sedang berada di tengah kesibukan, atau sedang berada di luar negeri. Dengan adanya notification yang muncul di apps nasabah, maka dengan mudah mereka melakukan transaksi melalui mobile yang disediakan aplikasinya oleh RHB Sekuritas,” ungkap Bapak Alpino.

Bapak Alpino juga berharap bahwa semua anggota bursa BEI bisa terus berinovasi, karena yang namanya perkembangan teknologi tidak dapat dihindari. Dengan adanya teknologi aplikasi berbasis online, akan dapat meningkatkan jumlah investor aktif yang bertransaksi di pasar saham. Saat ini jumlah investor yang aktif bertransaksi di pasar modal baru sekitar 30 ribu per hari. Ada kemungkinan jumlah ini dapat meningkat menjadi 1 juta per hari, dengan adanya kemudahan bertransaksi trading, dengan cara yang mudah, cepat, dan pintar melalui aplikasi trading online.

Dalam sambutannya, Bapak Chan Kong Ming selaku Presiden Direktur PT. RHB Sekuritas Indonesia mengatakan bahwa RHB Sekuritas ingin memberikan nilai tambah pada nasabahnya melalui layanan berbasis aplikasi digital. Tak hanya sekedar teknologi yang canggih saja, RHB Sekuritas juga ingin memberikan teknologi berbasis aplikasi yang mampu memberikan layanan terbaik, yang dapat memenuhi kebutuhan, serta menjadi sahabat bagi para investor di Indonesia.

Bapak Chan Kong
“Untuk itulah kami ingin memperkenalkan pada masyarakat Indonesia, khususnya pada para investor dan calon investor Indonesia, produk terbaru yaitu sebuah layanan teknologi berbasis apps yang diberi nama RHB TradeSmart With ARO. ARO dapat memandu para investor untuk mengambil keputusan terhadap investasi saham mereka,” jelas Bapak Chan Kong.

Fitur ARO yang ada di dalam Aplikasi RHB TradeSmart diharapkan dapat menjadi sahabat yang bisa membantu para investor, baik bagi yang masih pemula maupun yang sudah berpengalaman. Fitur ARO memang dihadirkan untuk memandu para investor dalam mendapatkan rekomendasi saham terbaik di pasar perdagangan bursa, berdasarkan analisis pasar yang produce dan realtime.

Baiklah, mari kita mengenal Aplikasi TradeSmart With ARO ini dengan lebih baik lagi. Saya akan mengulasnya secara sederhana agar lebih mudah dimengerti. RHB TradeSmart With ARO merupakan aplikasi mobile pertama di Indonesia, yang diproduksi oleh PT. RHB Sekuritas Indonesia. Di dalam aplikasi RHB TradeSmart terdapat sebuah fitur pintar yang disebut ARO (Assisted Robo Optimization).

Nantinya ARO akan memandu user/ investor/ trader untuk bisa mengambil keputusan dalam transaksi sahamnya, dengan cara yang mudah, cepat, dan cerdas. Karena itulah Aplikasi RHB TradeSmart With ARO ini mempunyai tagline Easy. Quick. Smart.  Si Smart ARO akan menjadi sahabat dalam keseharian, sehingga investor dan trader tidak perlu cemas akan kehilangan momentum menarik yang sedang terjadi di pasar saham.

Yup, ARO melalui Aplikasi RHB TradeSmart ini nantinya akan memberikan notifikasi realtime sinyal saham pada user-nya, sehingga user dapat mengetahui saham apa saja yang sedang trending di pasar bursa. Ini seperti kita mendapatkan notifikasi chat, email, sosmed, dll pada layar ponsel kita. It’s easy and quick!  


Nah, ARO memiliki beberapa fitur menarik, yaitu :
  • ARO Signal. Ini seperti yang saya ulas di atas ya. ARO Signal merupakan trading signal BULL, HOLD, dan BEAR, yang diberikan ARO pada user terhadap saham-saham yang sedang trending di pasar saham, sehingga user/ investor/ trader bisa mengetahui saham apa yang sedang ‘hot’ di pasar perdagangan saham.
  • ARO Library. Sesuai namanya ‘library’, maka ARO Library berisikan indikator dan parameter tambahan yang lebih detail lagi mengenai saham yang dinotifikasi, sehingga user/ investor/ trader mempunyai informasi dan trading plan yang lengkap, yang dapat mereka gunakan dalam mengambil keputusan bertransaksi.
  • ARO Technical. Fitur ini berisikan parameter tambahan berupa Automatic Support dan Resistance, yang membantu user/ investor/ trader dalam mengambil keputusan terhadap sinyal rekomendasi dari ARO. ARO Technical dapat dijadikan panduan antrian beli maupun antrian jual, serta panduan harga support ataupun resistance saham secara otomatis tanpa harus membuka chart yang kompleks.

Bagi yang tertarik untuk mencoba kemudahan dan kecerdasan fitur-fitur yang ada di dalam Aplikasi RHB TradeSmart With ARO, bisa langsung download dari Google Play atau Apple Apps Store, secara gratis. Usai download, langsung saja sign-up dan mengisi data diri, serta scan kartu tanda pengenal dengan kamera ponsel melalui aplikasi RHB TradeSmart With ARO. Atau bisa juga mengisi data dan scan kartu tanda pengenal melalui website www.rhbtradesmart.co.id. Untuk membuka aplikasi, gunakan password dan username sementara, yang dikirimkan ke email yang didaftarkan pada saat pengisian data. Selanjutnya data akan diproses.

Pembukaan rekening saham sesuai dengan aturan dari BEI ya. Kita tinggal menungggu verifikasi dari call center yang akan melakukan verifikasi data dan proses Know Your Customer (KYC). Dokumen lengkap nantinya akan dikirimkan ke alamat yang kita berikan pada Call Center RHB Sekuritas Indonesia. Bubuhkan tanda tangan pada dokumen tersebut, lalu kirimkan kembali ke Kantor Pusat RHB Sekuritas Indonesia di Wisma Mulia lt. 20, Jl. Gatot Subroto No. 42, Jakarta.

Setelah semua proses verifikasi dan data terlengkapi, dalam waktu dekat kita akan menerima nomor dan kode investor atau Investor ID (SID) yang dikeluarkan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), serta nomor Rekening Dana Investor (RDN) yang dikeluarkan oleh bank-bank ternama di Indonesia. Nah, kita sudah siap melakukan berbagai transaksi, baik transfer dana maupun memulai trading saham via Aplikasi RHB TradeSmart, dipandu oleh ARO, dimanapun dan kapanpun :)


Di dalam sesi talkshow, Bapak Thomas Nugroho selaku Head of E Broking PT. RHB Sekuritas Indonesia menjelaskan asal muasal munculnya ide, sampai hadirnya ARO. Menurut Bapak Thomas, ARO terbentuk dari hal yang sangat simpel, yaitu dari sebuah kegiatan makan siang. Saat Bapak Thomas makan siang bersama rekan-rekan yang lain, mereka berbincang mengenai bagaimana caranya agar semua investor bisa mendapatkan informasi yang sama.

Talkshow
(ki-ka) Ibu Soesi, Merry Riana, dan Bapak Thomas
“Biasanya kan informasi yang terbaik dan tercepat itu hanya diberikan pada nasabah yang premium. Sehingga kemudian terciptalah satu ide, bagaimana jika ada satu platform yang smart, yang bisa memberikan informasi ke semua investor, di saat yang sama dan detik yang sama, tanpa membedakan bahwa itu adalah investor yang premium atau investor pemula,” papar Bapak Thomas.

Nama ARO sendiri ternyata memiliki makna lain, yaitu A untuk All, R untuk RHB, dan O untuk Officer, yang berarti persembahan dari RHB untuk semua investor Indonesia. Yang membedakan aplikasi RHB TradeSmart With ARO dengan aplikasi lainnya adalah dengan adanya ARO, informasi yang diberikan realtime, serta langsung diberikan pada semua investor.

Kehadiran ARO ini bukanlah merupakan ancaman bagi para sales/ broker, namun dianggap bisa saling menguatkan, karena dapat membantu para sales untuk mendapatkan informasi realtime dari sinyal yang diberikan oleh ARO. Pendapat ini diberikan oleh Ibu Soesilowati Asalim selaku Head of Retail Equity & Branch Coodinator PT. RHB Sekuritas Indonesia.

“Para trading dan broker harus ikut berbagai training dan workshop, serta menggali pengetahuan sebanyak-banyaknya, agar tidak ketinggalan dan mampu mengikuti pergeseran zaman, dari yang cara trading tradisional ke trading online,” ungkap Ibu Soesi.

Nah, pada talkshow ini juga hadir Merry Riana, seorang Public Figure yang menjadi Duta RHB TradeSmart. Berdasarkan pengalamannya, Merry mengatakan bahwa aplikasi RHB TradeSmart With ARO ini sangat mudah dipahami, dan juga memudahkannya dalam bertransaksi di pasar saham. Akses-akses yang diberikan cepat dan realtime.

Merry Riana
“Zaman sekarang informasi ada dimana saja. Namun informasi mengenai data saham yang smart, itu yang susah didapatkan. Kita menerima banyak informasi, tapi kita sendiri tidak tahu apa makna dan fungsinya, sedangkan kita memiliki waktu yang terbatas. Jadi menurut pengalaman saya, aplikasi RHB TradeSmart ini sangat menarik, mudah dipahami dan sangat informatif. Benar-benar easy, quick, dan smart! Jadi uang yang kita dapatkan jangan langsung dihabiskan, tapi bisa kita kelola lagi di pasar saham,” tutur Merry.

Menurut Merry lagi, kurangnya minat masyarakat Indonesia dalam bisnis trading di pasar saham, dikarenakan masih banyaknya orang yang belum mengerti, serta minimnya literasi dan pengetahuan finansial mereka, khususnya untuk produk investasi saham. Ketakutan orang mengenai risiko yang dianggap terlalu tinggi untuk investasi saham, bisa diminimalisir dengan informasi dan perencanaan yang baik. Dengan Aplikasi RHB TradeSmart With ARO, para pemula akan mendapatkan informasi dengan mudah, sehingga bisa belajar trading saham. Jadi ARO cocok bagi pemula, maupun bagi yang sudah berpengalaman.

Kehadiran aplikasi pintar RHB TradeSmart With ARO, diharapkan mampu mensukseskan kampanye “Yuk Nabung Saham” dari BEI, melalui peningkatan jumlah investor di Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke, karena dengan aplikasi ini aktivitas trading bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Dengan layanan berbasis teknologi ini tentu juga dapat membantu memajukan pasar modal Indonesia, demi terwujudnya perekonomian Indonesia yang lebih baik di masa yang akan datang. Amiin :)    

Foto bersama
Untuk informasi yang lebih jelas lagi mengenai RHB TradeSmart, bisa langsung menghubungi layanan Call Center 021 2970 7000, atau kirimkan email ke id.support@rhbgroup.com. Kamu juga bisa update informasi mengenai RHB TradeSmart melalui akun media sosial Instagram @rhbtradesmartid, Twitter dan Facebook @RHBTradeSmartID.



Foto-foto: Pribadi dan Pixabay

14 komentar:

  1. Tips nya Merry Riana sangat menggugah bikin kita tercuci otak buat investasi hehehe.
    Inovasi RHB Sekuritas juga membantu banget buat pemula. Udah coba2 Sign Up aplikasinya

    BalasHapus
  2. Bener banget deh kalo denger ucapan Mba Merry, informasi ada di mana-mana, tapi kalau gak tau buat apa ya percuma. Sukak kalau beliau ngomong...

    BalasHapus
  3. Suka sama statement Mba Merry, abisin uangnya buat saham. asal sahamnya yang bagus dan kredibel ya Mba. Aku dah nyobain appsnya nih, memudahkan banget emang :)

    BalasHapus
  4. Waktu nonton film dan baca buku Merry riana mimpi sejuta dolar aku terharu dan kagum sama usaha dia main saham dan kemarin ketemu dia kok jadi makin yakin kayaknya emang dunia saham ini investasi yg menjanjikan.

    BalasHapus
  5. "Yup, ARO melalui Aplikasi RHB TradeSmart ini nantinya akan memberikan notifikasi realtime sinyal saham pada user-nya, sehingga user dapat mengetahui saham apa saja yang sedang trending di pasar bursa. Ini seperti kita mendapatkan notifikasi chat, email, sosmed, dll pada layar ponsel kita. "

    tjakepp mbak, aplikasi ini memudahkan kita sebagai masyarakat awam untuk belajar saham
    *jadi makin tertarik nih buat terjun ke dunia saham :)

    BalasHapus
  6. Cocok banget untuk pemula dan yg masih awam sama investasi saham ya

    BalasHapus
  7. Jadi mau juga belajar investasi saham,udah download juga....mkch infonya

    BalasHapus
  8. aplikasi ini bantu banget utk mendapatkan info ttg saham, apalagi buat aku yg masih awam banget urusan nabung saham :D

    BalasHapus
  9. Modal awal Rp100 ribu aja ternyata. Dewiii ayok kita nabung saham bareng. :D

    BalasHapus
  10. Duuuh jadi pengen investasi saham saya Un, apalagi modalnya murah juga ya ternyata :)

    BalasHapus
  11. Yuuk ah nabung saham mba, seru neh kalau bareng-bareng

    BalasHapus
  12. jadi berunah ya mindset kita soal saham..

    BalasHapus
  13. Aku udah buka rek di RHB tapi belajar duku nih hehe

    BalasHapus
  14. Aplikasi yang menarik. Mau belajar ah. Udah donlod soalnya niiih

    BalasHapus