Minggu, 27 Agustus 2017

Kungfu Run Bersama Damoci

Saat mendengar kata Kungfu Run, yang terbersit dipikiran saya waktu itu adalah kegiatan lari disertai dengan atraksi kungfu. Kebayang nggak, kita lagi lari, trus sesekali kita kungfu-an *hmm  kebayang deh, saya nggak bakal ikutan kungfu-an, dan cuma ikutan lari-lari kecil (lari dengan saaangat pelan XD), karena saya memang nggak bisa kungfu.

Minggu pagi, tepatnya tanggal 20 Agustus kemarin, saya sudah mlipir cantik ke lapangan Ex. Drive Range Golf Senayan, Jakarta untuk mengikuti kegiatan Kungfu Run tersebut. Di sana ternyata sudah banyak para peserta yang bakalan ikut kegiatan ini. Ini terlihat dari pakaian seragam bertuliskan Kungfu Run yang mereka kenakan, yang diberikan oleh panitia untuk para peserta.



Lumayan lama saya menunggu di garis start karena nggak sabaran melihat aksi peserta yang bakal berkungfu ria nantinya (itu yang ada dipikiran saya). Ketika kegiatan ini sudah di mulai, dan para nampak peserta berlari di sepanjang jalur yang telah ditentukan, saya pun mengikuti dari belakang. Oya, Kungfu Run ini bakal menempuh jarak sepanjang 5 km yap. Jadi udah kebayang saya bakal keringatan, dan berat badan bakal turun 5 kg eh 1 kg juga boleh ding, haha….


Tapi setelah berlari-lari kecil agak lama, kok nggak ada yang kungfu-an ya. Saat mendekati garis kilometer yang pertama, terdapat sebuah rintangan yang harus dilewati peserta. Ternyata ini bukanlah satu-satunya rintangan yang harus dilalui oleh peserta. Masih ada 5 rintangan lagi yang harus dilewati, dan beberapa rintangannya cukup menantang adrenalin (adrenalin saya ya). Oo, ini toh yang dinamakan Kungfu Run, yaitu berlari sambil melewati rintangan, yang biasanya dilakukan oleh para kungfuers saat berlatih.






Rintangan yang harus dilalui peserta Kungfu Run
Pesreta yang sudah sampai garis finish dan berhasil memperoleh medali
Kegiatan Kungfu Run ini tidak dipungut biaya sama sekali lho! Makanya peserta yang ikut lumayan banyak, yaitu lebih dari 1500 peserta! Dan kerennya lagi, setiap peserta yang mendaftar, maka akan dicatat telah ikut menyumbang sebesar 20.000 rupiah. Totalin saja berapa jumlahnya jika dikalikan dengan peserta yang telah mendaftar. Yap, 30 juta bo’! Trus dari mana uangnya? Kan nggak dipungut biaya untuk mendaftar. Ternyata, uang sebanyak itu dikeluarkan oleh Daan Mogot City, selaku penyelenggara acara.

Tak hanya 30 juta, Daan Mogot City (Damoci) malah melipat gandakan jumlah tersebut menjadi 60 juta, dan semuanya disumbangkan ke Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI). Jadi ternyata Kungfu Run merupakan kegiatan charity yang diprakarsai oleh Damoci. Selain menghimbau masyarakat, khususnya para peserta untuk hidup sehat dengan berolah raga, Damoci juga ingin mengajak kita semua untuk berbagi dengan sesama.

Barongsai, salah satu atraksi yang disajikan pada Kungfu Run
Damoci sendiri merupakan hunian di barat kota Jakarta, tepatnya di kawasan Daan Mogot, dengan menanamkan konsep 60%-nya adalah ruang terbuka hijau, dengan taman dan kebun di sekitarnya. Jadi ditengah kesibukan, para penghuninya masih bisa menikmati hidup dengan lingkungan yang sehat. Damoci juga menerapkan sistem lalu lintas yang aman di dalam hunian, sehingga dapat menjadi hunian yang ramah anak.

Peserta yang beruntung memperoleh grandprize, 1 buah unit mobil
Usai berlari, semua peserta dihibur dengan pertunjungan barongsai, wushu, dan atraksi lainnya. Setelah lelah berlari dan melalui berbagai rintangannya, acara hiburan yang disuguhkan, membuat peserta semangat kembali. Apalagi saat pembagian doorprize di bagian akhir acara, dengan grandprize-nya adalah sebuah mobil, yang bikin mupeng semua peserta :D  Yang pasti acara ini sangat unik, karena memadukan kegiatan lari dengan kungfu (melewati rintangan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda). Sehatnya dapat, sudah ikut berbagi dengan sesama, dapat berkumpul dan melakukan kegiatan ini bersama keluarga dan teman-teman, serta terhibur dengan berbagai pertunjukan yang disuguhkan. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berkelanjutan yaa :)    




Foto-foto : Pribadi

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar