Senin, 14 Agustus 2017

Indonesia is ME, Cintai dan Lestarikan Budaya Indonesia

Seperti biasa, tiap main ke Car Free Day (CFD) di seputaran kawasan Sudirman Jakarta, pasti padat dengan masyarakat yang beraktivitas, baik yang berolahraga maupun yang cuma sekedar jalan-jalan santai bersama teman atau keluarga. Yang nggak nahan sebenarnya adalah dengan aneka jajanan yang berderet di sepanjang jalan CFD-nya, bikin laper, hehe…

Kawasan CFD Sudirman, Jakarta
Seperti kemarin pagi, tepatnya Minggu, 13 Agustus 2017, saya yang baru turun dari halte bus TransJakarta Gelora Bung Karno sudah disuguhkan dengan aroma Sate Padang dan Lontong Sayur yang dijajakan tak jauh dari halte. Hmm, godaan banget ini. Belum juga jalan, sudah pengen makan aja XD Btw, minggu pagi itu situasinya emang lebih rame dari biasanya. Sepertinya lagi banyak kegiatan dalam rangka menyambut 17-an nanti.

Yap, tak lama lagi Indonesia akan merayakan hari kemerdekaannya yang ke-72 tahun. Salah satu kegiatan yang kelihatannya rame menjadi tontonan masyarakat adalah yang berada di depan fX Sudirman. Di sana saya melihat beberapa pengunjung menggunakan kain etnik Indonesia, dan berfoto di mini stage dengan background bertuliskan Indonesia is ME, Tunjukkan Indonesiamu.


Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari flyer dan juga teman yang tau mengenai kegiatan ini, ternyata Indonesia is ME merupakan sebuah kampanye yang digelar oleh Synthetis Development. Kampanye ini sudah beberapa kali digelar oleh pihak Synthetis Development, dengan mengusung tema yang berbeda-beda tiap tahunnya. Misalnya tahun sebelumnya tema yang diangkat adalah mengenai olahraga, dan tahun sebelumnya lagi tentang kesehatan.

Nah, pada tahun ini Indonesia is ME mengangkat tema budaya, yang diberi nama Kriya Nagri. Sebenarnya dalam rangkaian Kampanye Indonesia is ME ini akan digelar dua program acara, yaitu yang pertama, yang diberi tajuk “Tunjukkan Indonesiamu”, yang diselenggarakan Minggu pagi itu, di CFD tepatnya di depan gedung fX Sudirman. Yang kedua, diberi tajuk “Kriya Nagri”, yang akan diselenggarakan di Grand Atrium Kota Kasablanka Jakarta, pada tanggal 15 – 20 Agustus 2017 besok, mulai dari pukul 10.00 – 21.00 WIB.

Acara “Tunjukkan Indonesiamu”, yang saya saksikan pagi itu berupa flashmob tarian daerah yang akan dimainkan oleh 2000 penari. Wah, pantesan rame banget yah! Tarian yang dipertunjukkan merupakan 7 tarian daerah dari tanah Betawi hingga tanah Papua. Para penarinya terdiri dari anak-anak dan juga remaja, yang dipandu oleh seorang instruktur tari dari atas panggung.     

Ibu Diah
Sebelum flashmob dimulai, acara ini dibuka dengan mendengarkan kata sambutan dari pihak penyelenggara dan juga pemerintah yang turut mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Ibu Diah, selaku Founder Yayasan Belantara Indonesia mengatakan bahwa mereka ingin mengajak semua pengunjung agar turut berkomitmen untuk mencintai dan melestarikan budaya Indonesia. Sebuah kalimat yang selalu diucapkan oleh penyelenggara, yang bikin semangat saya berkobar adalah : “Kami Indonesia! Karena berbeda kami satu! Karena beragam kami kaya! Tunjukkan Indonesiamu!”

Kemudian Ibu Fianty R. Gosal selaku Project & Operation Director of Sythesis Development menjelaskan bahwa Synthesis bersama dengan Belantara Budaya menghadirkan aktivitas yang mengangkat warisan budaya dan karya bangsa dalam ‘Indonesia is ME’. Kegiatan ini melibatkan semua proyek properti dari Synthesis Development, di antaranya Synthesis Residence Kemang, Samara Suites, dan Prajawangsa City.

Ibu Fianti
Indonesia is ME merupakan langkah dan inisiatif Synthesis Development untuk ikut merayakan kemerdekaan Indonesia dan dukungan untuk kegiatan yang berhubungan dengan budaya, pendidikan, kesehatan, historical, dan seni. Indonesia is ME juga wujud komitmen Synthesis Development yang berupaya memberikan karakteristik sentuhan Indonesia pada setiap karya produk properti yang dibangun. Oya, masih dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan RI, maka Synthesis Development memberikan paket Promo Merdeka berupa Buy 1 Get 1.


Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari pemerintah DKI Jakarta. Bapak Dr. Supriyatin S.Sy. MM, Kepala Bidang Kebudayaan, sekaligus mewakili Gubernur DKI Jakarta yang tidak bisa hadir, dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah akan berkomitmen untuk mendukung partisipasi masyarakat dalam rangka pelestarian kebudayaan, baik budaya Betawi maupun budaya dari daerah lainnya yang ada di seluruh Indonesia.

Bpk Supriyatin
“Pemerintah akan turut menfasilitasi, terutama pada saat anak-anak latihan, baik yang masih tingkat dasar, menengah, maupun mahir, untuk bisa mengadakan pertunjukan di 5 gedung theater yang ada di Jakarta. Jika kegiatan ini nantinya menjadi kegiatan rutin, maka pemerintah akan berusaha agar ini bisa didanai oleh APBD,” ujar Bapak Supriyatin.

Setelah mendengarkan kata sambutan tersebut, kegiatan ‘Tunjukkan Indonesiamu’ berupa flashmob tarian daerah pun resmi dibuka dengan pelepasan burung merpati. Secara berurutan para penari mulai menarikan tarian dari daerah, seperti dari Minahasa, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Betawi, Bali, Mamere, dan Kalimantan. Eh ya, saya juga melihat kehadiran seorang artis lawas Ita Purnama Sari juga lho! Ternyata Mba Ita juga turut mendukung kegiatan seni ini ya :)



Acara Indonesia is ME 'Tunjukkan Indonesiamu' resmi dibuka
Beberapa penonton yang menyaksikan flashmob tarian ini ada yang ikut menari juga bersama para penari, mengikuti gerakan instruktur yang berada di atas panggung. Saya sendiri turut bergoyang ketika mendengarkan lagu, yang mengiringi tarian dari daerah Mamere yang asyik didengar karena musiknya yang berirama gembira. Gerakan yang lumayan untuk mengeluarkan keringat di Minggu pagi itu, sekaligus jadi hapal lagu dan tarian dari daerah lainnya.
 
Rangkaian flashmob tarian daerah
Kelar menyaksikan flashmob tarian daerah tadi, perut saya mulai protes minta diisi. Akhirnya saya melipir mencari makanan, dan yang ada diingatan cuma Sate Padang tadi, wkwkwk. Jadilah saya melangkah ke Uda penjual Sate Padang, setelah sebelumnya ngademin body dulu di fX. Tak lupa sambil mengingat jadwal Kegiatan “Kriya Nagri” yang akan diselenggarakan pada tanggal 16, 19, dan 20 Agustus nanti, di Mal Kota Kasablanka Jakarta. Pengen lihat pertunjukan Indonesia is ME juga di sana ntar, pasti seru. Kalau dibaca di flyer, terdiri dari beberapa rangkaian acara, seperti Loka Nusantara, Belantara Budaya, Gending Etnik, Inspirasi Aksi, Teras Nagri, dan banyak tokoh-tokoh inspiratif juga yang hadir. Yang mau ikut juga, cuss aja ntar ke Mal Kokas yaa. Yuk, saya mau mamam sate dulu yap :D   




Foto : Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar