Senin, 21 Agustus 2017

Launching Buku Solusi Permasalahan Kucing

“Miaw miaw miaaaww,” begitu suaraku, untuk menarik perhatian si empus yang sepertinya lagi asyik tidur-tiduran di kandangnya. Biasanya tiruan suara kucingku ini berhasil memancing, paling nggak membuatnya menegakkan telinga, atau sekedar melirik ke arahku. 90% sih berhasilnya pada anak kucing, sampai anak kucingnya mendekat bahkan mengikutiku kemana-mana. Kalo pada kucing dewasa, sekitar 50% lah, haha….

Yes, berhasil! Si empus melirik ke arahku. Kesempatan ini langsung kugunakan untuk menjepret wajah ngantuknya. Lalu aku beralih ke kandang disampingnya. Di sana nampak seekor kucing ras sphinx, yang lagi duduk malas sambil menatap ke arah orang-orang yang lalu lalang dihadapannya. Masih ada beberapa kandang kucing lagi yang nampak di sini. Beberapa diantaranya ada yang kucingnya lagi digendong oleh pemiliknya.

Rabu, 16 Agustus 2017

Berkunjung ke Pameran Senandung Ibu Pertiwi di Galeri Nasional Indonesia

Senandung Ibu Pertiwi. Saya suka berkunjung ke museum-museum atau galeri-galeri seni. Suka takjub saja melihat benda-benda bernilai sejarah yang didokumentasikan di sana. Benda tersebut seperti bercerita mengenai kisah yang pernah mereka lalui. Apakah itu berarti saya penyuka seni? Yah, bisa dibilang begitu, tapi nggak sampai mania juga sih, biasa saja :D

Kalau bicara tentang seni, saya termasuk yang pemilih. Nggak semua kesenian saya sukai. Saya suka seni musik, tapi hanya di genre tertentu saja. Saya suka seni teater, tapi di tema-tema tertentu saja. Saya suka seni tari, tapi tidak semua jenis tarian yang saya sukai. Saya suka seni lukis, tapi milih-milih juga jenis lukisannya. Saya kadang masih kurang ‘nangkap’ kalau diminta melihat lukisan yang abstrak, hehe….

Selasa, 15 Agustus 2017

Prospek Benih Sawit Indonesia

Sawit Indonesia sebenarnya memiliki prospek yang sangat besar di dunia perindustrian. Namun dalam perjalanannya, banyak tantangan yang menyebabkan sawit Indonesia menjadi kurang berkembang. Padahal Indonesia merupakan penghasil sawit terbesar di dunia, yaitu sekitar 37 juta ton CPO. Ini membuat kelapa sawit menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia. Untuk itulah kita perlu menjaga keberadaan kelapa sawit ini.

Menanggapi lebih jauh mengenai prospek sawit di Indonesia, Media Perkebunan menyelenggarakan sebuah diskusi nasional pada hari Kamis, 10 Agustus 2017 di Menara 165 Convention Center, Jakarta. Selain diskusi yang bertemakan “Prospek Benih Sawit 2018”, pada acara ini juga diluncurkan sebuah buku karya Bapak Razak Purba yang berjudul “I’m Proud To Be an Oil Palm Breeder”.

Senin, 14 Agustus 2017

Indonesia is ME, Cintai dan Lestarikan Budaya Indonesia

Seperti biasa, tiap main ke Car Free Day (CFD) di seputaran kawasan Sudirman Jakarta, pasti padat dengan masyarakat yang beraktivitas, baik yang berolahraga maupun yang cuma sekedar jalan-jalan santai bersama teman atau keluarga. Yang nggak nahan sebenarnya adalah dengan aneka jajanan yang berderet di sepanjang jalan CFD-nya, bikin laper, hehe…

Kawasan CFD Sudirman, Jakarta
Seperti kemarin pagi, tepatnya Minggu, 13 Agustus 2017, saya yang baru turun dari halte bus TransJakarta Gelora Bung Karno sudah disuguhkan dengan aroma Sate Padang dan Lontong Sayur yang dijajakan tak jauh dari halte. Hmm, godaan banget ini. Belum juga jalan, sudah pengen makan aja XD Btw, minggu pagi itu situasinya emang lebih rame dari biasanya. Sepertinya lagi banyak kegiatan dalam rangka menyambut 17-an nanti.

Minggu, 13 Agustus 2017

Philips AVENT, Solusi Tepat dan Sehat untuk Pemenuhan Nutrisi Anak

Seorang ibu pasti ingin selalu memberikan yang terbaik buat anak-anaknya. Apapun itu, mulai dari si kecil masih di dalam kandungan, hingga akhir hayatnya. Iyap, hingga akhir hayatnya lho! Mau si anak sudah kerja dan mandiri, mau si anak sudah berumah tangga dan memiliki anak, kasih ibu akan selalu menyertainya. Apapun yang bisa diberikannya, pasti akan diberikannya. Bahkan mengasuh dan merawat cucu, yang notabene adalah anak dari anaknya *hayoo ngaku! Siapa yang suka nitipin anaknya sama orangtuanya, hehehe :D

Begitupun aku, saat tahu bahwa ada si mungil yang lagi bersemayam di dalam rahim ini. Aku langsung searching di majalah-majalah dan internet berbagai informasi seputar kehamilan, bagaimana caranya agar si dedek bayi bisa tumbuh sehat, apa saja yang sebaiknya dilakukan dan dihindari oleh ibu hamil, dan lain sebagainya. Makhlumlah, anak pertama, pasti deg deg an, takut salah karena belum berpengalaman. Terkadang aku minta tolong juga sama mama, yang pasti lebih berpengalaman :)

Rabu, 09 Agustus 2017

Kampung Terang Hemat Energi, dari Philips Lighting untuk Indonesia yang Lebih Baik Lagi

Sewaktu kecil dulu, saat masih belum sekolah, saya suka diajak nenek menginap di kampung halaman di Batusangkar, Sumatera Barat. Jika malam tiba, suasana kampung sangat gelap sekali, beda dengan di Kota Padang, tempat saya lahir dan dibesarkan, yang sudah terpancang lampu-lampu penerangan di sepanjang jalannya.  

Menjelang magrib, semua penduduk kampung akan bergegas pulang ke rumah masing-masing, walau ada beberapa pemuda dan bapak-bapak yang masih nongkrong di warung kopi, sambil menunggu azan magrib dan berangkat ke surau. Para wanita dan anak-anak biasanya sore itu pulang dari tempat pemandian yang biasa kami sebut luwak. Yap, di beberapa rumah penduduk kampung, ada yang belum memiliki sumur, sehingga segala keperluan seperti air untuk minum, mandi, dan mencuci, sangat bergantung pada luwak.

Kamis, 03 Agustus 2017

Pentingnya Dukungan untuk Ibu Hamil dan Menyusui

“Kamu ngapain berdiri di depan pintu? Kamu kan sedang hamil. Nggak baik lho, ntar lahirannya susah!” omel Ibu sambil melihat ke perutku yang mulai kelihatan membesar.

“Lagi nungguin abang yang jualan bubur kacang ijo Bu. Dari tadi ditungguin, kok nggak kliatan ya,” sahutku.

“Ya, nunggunya jangan di depan pintu juga. Kamu kan bisa nunggu di dalam, atau sekalian aja duduk di bangku yang ada di teras. Bubur kacang ijo bagus tuh buat janin yang ada dalam kandunganmu. Jangan lupa, rajin-rajin juga minum air kelapa ijo ya, biar kulit bayinya ntar bersih,” jelas Ibu panjang lebar.

Selasa, 01 Agustus 2017

Asah Keterampilan Si Kecil Sejak Dini Agar Menjadi Anak Generasi Maju

Orangtua mana sih yang tak ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang sehat dan pintar. Pastilah semua orangtua berharap agar anak-anaknya kelak menjadi anak yang sukses, yang bisa membanggakan, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi bangsanya. Berbagai cara dilakukan orangtua agar hal ini bisa terwujud, misalnya dengan memberikan asupan nutrisi yang baik pada anak-anaknya, memasukkan si kecil ke sekolah yang terbaik, mengikutkan kursus-kursus, dan banyak lagi cara lainnya.

Namun apakah semua itu sudah cukup? Apakah cara yang dilakukan para orangtua tersebut sudah baik dan benar? Kita tahu, bahwa tidak ada sekolah untuk menjadi orangtua yang baik, dan sekolah yang mengajarkan bagaimana caranya merawat anak agar tetap sehat dan bisa pintar. Biasanya orangtua mendapatkan pengetahuan merawat anak dari orangtua mereka, atau dari teman-temannya yang sudah berpengalaman, atau bisa juga dari berbagai artikel di majalah dan situs-situs parenting yang dibacanya.