Jumat, 28 Juli 2017

Batuk Ringan dan Cara Mengobatinya

Uhuk uhuk! Duh, batuk memang sangat mengganggu ya. Apalagi jika batuknya saat lagi meeting atau lagi khusuk beribadah. Walaupun batuk digolongkan sebagai penyakit ringan, namun kedatangannya bisa sangat mengganggu, dan membuat tenggorokan merasa tidak nyaman. Sebenarnya apasih yang menjadi penyebab timbulnya batuk, dan bagaimana cara mengatasinya?

Batuk merupakan respons alami dari tubuh, sebagai sistem pertahanan saluran napas jika terdapat gangguan dari luar. Dengan batuk, tubuh dapat mengeluarkan lendir atau yang menjadi penyebab iritasi, agar bisa keluar dari dalam tenggorokan atau paru-paru. Batuk ini dibedakan dalam dua jenis, yaitu batuk berdahak dan batuk kering.

Hidup di kota metropolitan dan sering beraktivitas di luar, membuat saya sering terpapar asap dari kendaraan dan juga debu. Apalagi kalau saya berkendara menggunakan motor, trus lupa menggunakan masker, yang ada saya terkena asap kendaraan di sepanjang perjalanan. Selain asap atau polusi udara lainnya, ternyata virus, makanan, dan gaya hidup yang buruk juga dapat menjadi pemicu timbulnya batuk.

Informasi lebih jelas mengenai batuk ini dipaparkan oleh DR. dr. Fauziah Fardizza, SpTHT-KL (K), Konsultan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala Leher Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo, pada saat acara Peluncuran OB Herbal Ziplong di XXI Club Djakarta Theater, Jakarta pada hari Rabu, tanggal 26 Juli 2017 kemarin.

Hadir sebagai narasumber, dr Fauziah atau yang akrab disapa dr. Ezzy mengatakan bahwa batuk bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Batuk bukanlah suatu penyakit, tapi merupakan suatu gejala, dan bersifat protektif bagi tubuh manusia.

dr. Ezzy
“Sebenarnya penyebab batuknya itu yang harus kita cegah, agar jangan sampai kita batuk. Batuk sendiri merupakan mekanisme tubuh untuk menghilangkan partikel debu, mikro bakteri, asap, atau benda asing yang mengganggu jalan napas kita,” jelas dr. Ezzy.

Batuk masih bisa dibilang normal jika disertai dengan bersin. Namun jika batuk sudah berlangsung selama berhari-hari, atau lebih dari 2 minggu, maka batuk perlu diwaspadai, dan sebaiknya konsultasikan ke dokter. Yang paling sering menjadi penyebab batuk adalah karena adanya iritasi di jalan napas. Lalu bagaimana caranya mencegah virus, bakteri, atau terjadinya infeksi pada jalan napas ini?

Pencegahan paling baik menurut dr. Ezzy adalah dengan minum air putih yang cukup, mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung minyak, serta menggunakan masker setiap bepergian. Saya sendiri jika sudah terkena batuk, suka mengkonsumsi air hangat setiap hari. Jika batuk terasa agak berat, saya biasakan untuk minum campuran air jeruk nipis atau lemon dicampur dengan madu atau kecap. Kadang cara ini bisa meringankan batuk yang saya derita. Jika tidak berhasil, barulah saya minum obat batuk yang banyak dijual di pasaran. Cara terakhir yang saya tempuh adalah dengan berobat ke dokter :)

dr. Ezzy juga menyarankan agar jangan langsung beli dan minum obat antibiotik setiap kali batuk menyerang. Penggunaan obat antibiotik yang kurang terkontrol, bisa mengakibatkan resistensi. Cara pencegahan yang baik adalah dengan menggunakan obat atau bahan-bahan tradisional, seperti madu, dan lain-lain.    

Setiap orang pasti pernah terkena batuk, paling tidak sekali dalam satu tahun. Bahkan menurut dr. Ezzy, anak-anak yang batuk-batuk kecil, paling tidak sepuluh kali dalam sehari, masih bisa dibilang normal. 90% pasien yang datang ke dr. Ezzy berkonsultasi karena batuk. Melihat fenomena ini, maka Deltomed Laboratories mengeluarkan sebuah produk yang dapat mengurangi batuk, dengan kemasan praktis yang bisa dibawa kemana-mana, yaitu OB Herbal Ziplong.


Peluncuran OB Herbal Ziplong
OB Herbal Ziplong dibungkus dalam bentuk kemasan sachet 12 ml, dengan sobekan yang memudahkan untuk langsung dikonsumsi. Kemasan sachet ini membuat OB Herbal Ziplong bisa dibawa kemana saja, dan bisa diselipkan dalam kantong, dompet, dan tas. Saya sendiri sudah mencoba OB Herbal Ziplong ini pada saat acara. Tenggorokan saya langsung terasa hangat, ada rasa dingin dari mint-nya, serta hidung dan tenggorokan saya terasa lega.


Ternyata semua bahan yang terkandung dalam OB Herbal Ziplong ini mempunyai khasiatnya masing-masing. Seperti jahe yang memberikan efek hangat, kencur dan madu yang dapat meningkatkan stamina tubuh, herba mimi yang berfungsi untuk mengeluarkan dahak, akar kayu legi untuk mengurangi lendir, serta daun mint yang dapat melegakan pernapasan.

Ibu Febby
Ibu Febby Intan, selaku Chef Marketing Officer Deltomed Laboratories Deltomed Laboratories yang juga turut hadir dalam acara mengatakan bahwa  Deltomed Laboratories selalu berkomitmen untuk memberikan inovasi yang bisa bermanfaat bagi masyarakat. Ibu Febby berharap kehadiran OB Herbal Ziplong bisa mendapat sambutan yang positif dari masyarakat, serta bisa memberikan kontribusi yang lebih baik lagi untuk Indonesia yang lebih sehat.

Selama lebih dari 40 tahun berkarya, PT. Deltomed Laboratories telah menjadi perusahaan farmasi nasional yang memproduksi obat herbal bermutu tinggi dan modern di Indonesia, salah satunya adalah produk yang baru saja diperkenalkan, yaitu OB Herbal Ziplong. Karena terbuat dari bahan herbal, maka OB Herbal Ziplong ini baik dan aman dikonsumsi oleh pria dan wanita, dewasa maupun anak-anak, serta direkomendasikan bagi mereka yang sering terpapar polusi, debu, dan gemar mengkonsumsi makanan pedas atau berminyak.

OB Herbal Ziplong ini sudah bisa didapatkan di pasaran seluruh Indonesia, khususnya Jawa, Sumatera, dan Kalimantan mulai akhir bulan Juli 2017. Harga per-sachet-nya adalah 1500 rupiah, atau per kotaknya 7500 rupiah (isi 5 sachet). Untuk mensosialisasikan OB Herbal Ziplong ini, akan ada roadshow di beberapa kota besar, seperti Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, dan kota-kota lainnya, mulai bulan Agustus hingga September 2017 nanti. Program yang diangkat selama roadshow ini adalah Carnaval Ziplong Sejuta Suara, dengan hiburan dari Brand Ambassador OB Herbal Ziplong, yaitu Candil bersama band-nya Rockalisasi.

Oya, bicara Brand Ambassador OB Herbal Ziplong, kenapa pihak Deltomed Laboratories memilih Candil ya? Menurut Ibu Febby, bicara mengenai OB Herbal Ziplong, berarti bicara tentang jalan pernapasan atau tenggorokan. Nah, Candil kan mempunyai suara khas dengan nada yang tinggi, suka bernyanyi sampai menjerit-jerit di atas panggung. Pasti Candil butuh jalan napas yang bagus agar suaranya tetap stabil. Candil pun merupakan public figure yang dikenal banyak orang. Dengan alasan itulah makanya Candil dirasa cocok untuk menjadi Brand Ambassador OB Herbal Ziplong.

Candil inThe Rockalisasi
“Saya sangat bersyukur bisa dipilih oleh Deltomed untuk menjadi Brand Ambassador Ziplong, sampai-sampai semua teman di kampung mengucapkan selamat,” kelakar Candil yang memang suka bercanda ini sambil tertawa.

Yang pasti menurut Candil, dia merasa sangat senang bisa dipilih oleh Deltomed. Ziplong sendiri sangat cocok dengan dirinya yang memang butuh tenggorokan yang lega saat mau bernyanyi. Biasanya Candil menggunakan kencur bila akan tampil di panggung, resep yang ia dapatkan dari Eyang Titiek Puspa. Dengan adanya OB Herbal Ziplong, Candil merasa terbantu karena obat ini ada kandungan kencurnya juga, rasa hangatnya lama bertahan di tenggorokan, serta praktis dibawa kemana-mana.

Selain puas berfoto dengan Candil karena orangnya humble banget, saya dan teman-teman yang hadir pun bisa mendengarkan beberapa buah lagu yang dinyanyikan oleh Candil dan Band Rockalisasi-nya. Suara Candil rock banget dan memang tiada duanya deh! Melengking tinggi dan itu bisa bertahan sampai lama banget :D


Oya, menurut saya, jangan mentang-mentang ada OB Herbal Ziplong, trus kita bisa seenaknya menjalankan gaya hidup yang tidak sehat ya, seperti makan gorengan, merokok, atau pun minum-minuman beralkohol. Tetap jaga pola hidup yang sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan. OB Herbal Ziplong berguna untuk mengurangi gejala batuk dan menjaga stamina tubuh, agar sakitnya tidak menjadi lebih parah lagi. Jika sakit berlanjut segera hubungi dokter yaa :)  



Sumber Foto : Pribadi
Referensi : alodokter.com

1 komentar:

  1. Bener banget bund, ziplong mampu mengatasi batuk ringan..

    BalasHapus