Sabtu, 17 Juni 2017

Roro Mendut, Perawatan Kulit Tradisional Ala Putri Keraton

Meskipun saya sudah berkeluarga dan memiliki seorang anak, penampilan tetap jadi perhatian dong. Walau mau pakai daster di rumah sekalipun, yang penting kesehatan tubuh tetap terawat:D Bukan hanya untuk menyenangkan pasangan, tubuh yang terawat tentu dapat membuat diri saya merasa nyaman, trus meningkatkan rasa pede juga. Perawatannya nggak perlu yang ribet dan musti ke salon segala. Kalau saya, carinya yang murah dan praktis, namun tetap aman dan berkualitas, hehehe….. Memang ada ya?

Jangan ngaku orang Indonesia deh kalau nggak tahu dengan kekayaan rempah-rempahnya. Sejak zaman dulu, Indonesia memang sudah terkenal dengan aneka rempahnya. Bahkan para putri keraton yang terkenal dengan kecantikannya itu, menggunakan rempah-rempah untuk melakukan perawatan tubuh mereka. Kalau dulu, untuk mengolah bahan perawatannya masih agak ribet ya, bahan-bahannya harus dibikin dan diracik sendiri. Kalau sekarang sudah enak nih, aneka perawatan ala putri keraton ini sudah tersedia dalam bentuk kemasan.

Salah satu produk perawatan tubuh yang patut dicoba adalah Roro Mendut. Mendengar nama Roro Mendut, jadi keingetan dengan cerita rakyat klasik dalam Babad Tanah Jawi itu ya. Dimana Roro Mendut merupakan seorang perempuan yang terkenal dengan kecantikannya, hingga digandrungi oleh semua lelaki, termasuk Adipati Pragola, penguasa Kadipaten Pati dan Tumenggung Wiraguna, Panglima Perang Sultan Agung.

Nah, rahasia kecantikan Roro Mendut inilah yang kemudian diadaptasikan pada produk Roro Mendut. Yang saya sukai dari rangkaian perawatan Roro Mendut ini adalah karena produknya menggunakan bahan organik, diramu dari bahan tumbuhan herbal yang merupakan komoditi unggulan Indonesia, sehingga aman bagi kesehatan. Semua produk Roro Mendut juga sudah terdaftar di BPOM dengan standar GMP, sehingga tak diragukan lagi kualitasnya.

Oya, saya akan memberikan sedikit review mengenai produk Roro Mendut ini, khususnya untuk produk masker dan lulurnya. Karena Roro Mendut memiliki banyak produk lainnya juga, seperti perawatan wajah anti aging, anti acne, selulit, masker ketiak, masker payudara, dan banyak lagi hingga perawatan pengantin Keraton Yogyakarta. Di sini saya menggunakan Roro Mendut Lulur Rempah Hitam (Royal Black Spice Whitening Scrub) dan Masker Pemutih Rempah Hitam (Royal Black Spice Whitening Mask).

Roro Mendut Lulur Rempah Hitam


Bisa dibaca pada kemasannya, bahwa bahan Roro Mendut Lulur Rempah hitam terdiri dari rempah-rempah seperti teh hitam, kopi, rumput laut, dan beras ketan hitam organik. Disebutkan juga bahwa lulur ini berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati dan kotoran penyumbat pori, mencerahkan kulit yang kusam, mengatasi noda bintik hitam, serta memperbaiki tekstur kulit.

Cara pemakaiannya, pertama-tama keluarkan setengah atau satu sachet lulur bubuk ke wadah/ mangkok, sesuai dengan kebutuhan pemakaian. Lalu masukkan air sedikit demi sedikit, sambil diaduk hingga lulur mengental, dan pastikan lulurnya tidak encer. Setelah itu usapkan merata ke seluruh wajah dan tubuh, sambil dipijat lembut.




Tekstur lulurnya memang terasa berbutir-butir gitu. Ini mungkin berasal dari bahan beras ketan hitamnya ya, yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit yang mati. Aroma kopinya juga sangat kuat tercium. Setelah lulur dibersihkan menggunakan air bersih, kulit terasa lebih lembut dan halus. Aroma kopinya pun masih menempel di kulit.

Karena lulur Roro Mendut ini berasal dari bahan herbal, jadi hasil yang diharapkan juga tidak bisa didapatkan secara instan, butuh waktu. Jadi jika rutin menggunakan lulur ini, minimal sekali seminggu, mungkin hasilnya baru kelihatan :)


Roro Mendut Masker Pemutih Rempah Hitam


Sama seperti lulurnya, untuk Masker Rempah Hitam ini terdiri dari bahan yang sama, yaitu teh hitam, kopi, rumput laut, dan beras ketan hitam organik. Masker ini berfungsi untuk mencerahkan kulit, mengatasi noda bekas jerawat, mengecilkan pori-pori, memperbaiki tektur kulit, mengencangkan kulit, dan menutrisi kulit secara optimal.

Masker ini sebaiknya digunakan setelah pemakaian lulur tadi. Setelah wajah dibersihkan, baru aplikasikan maskernya. Cukup dengan mencampurkan bubuk masker dengan sedikit air, dan aduk hingga bubuknya mengental. Usapkan masker ke seluruh wajah dan leher, lalu diamkan. Jika kulit sudah terasa mengencang dan maskernya kering, bilas wajah dan leher dengan air bersih.



Tekstur masker ini lebih halus dibandingkan lulurnya. Aromanya pun lebih wangi, dengan aroma teh yang sedikit kuat. Namun saat dibilas, aroma kopinya lah yang terasa masih menempel di kulit wajah :D Kulit wajah terasa lembut dan terlihat lebih cerah. Sama seperti lulur, masker ini pun harus digunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, paling tidak digunakan sekali seminggu.

Oya, sebagai tambahan informasi, selain sudah mendapatkan izin dari BPOM, produk Roro Mendut juga sudah memiliki label halal dari MUI, sehingga aman digunakan. Seperti yang saya sebutkan di atas, bahwa Roro Mendut memiliki jenis produk lainnya juga. Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap lagi mengenai produk-produk Roro Mendut, silakan kunjungi website roromendutofficial.co.id 




Sumber Foto : Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar