Minggu, 04 Juni 2017

Program Lazada Berbagi Selama Bulan Ramadan

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah. Bulan dimana pintu ampunan dibukakan bagi umat Islam yang menjalankan ibadah, termasuk ibadah puasa. Puasa bukan hanya menahan lapar dan nafsu saja, namun kita juga dianjurkan untuk berbuat amal. Setiap amal baik yang kita lakukan di bulan Ramadan akan diganjar berkali lipatnya.

Hal ini dirasakan juga oleh sebuah e-commerce besar seperti Lazada Indonesia. Lazada yang berkomitmen untuk berkontribusi  di bidang pendidikan, ingin berbagi berkah di bulan Ramadan ini. Informasi ini saya ketahui saat Lazada mengadakan buka puasa bersama di Aston Kuningan Suites Jakarta, pada hari Rabu, 31 Mei 2017 kemarin.

Selain buka puasa bersama dan memperkenalkan Program Lazada Berbagi, pada acara yang digelar dalam bentuk talkshow ini juga dibahas mengenai tips tetap bugar selama Ramadan. Hadir sebagai narasumber yaitu Ibu Seala Septiani, S.Gz, M.Gizi, seorang Nutrition Consultant, Ibu Laila Munaf, selaku Co-Founder of Sana Studio, Bapak Haikal Bekti, sebagai Head of Online Marketing Lazada Indonesia, Bapak Alles Saragi, selaku Direktur Yayasan Sahabat Anak, serta Mr. Sebastian Sieber, sebagai Chief Marketing Officer of Lazada Indonesia.



Tips Bugar Selama Berpuasa

Ibu Seala
Bagaimana caranya menjalani puasa selama sebulan penuh, dengan tubuh yang tetap bugar, tetap fokus, sehingga segala aktivitas sehari-hari dapat berjalan lancar? Menurut Ibu Seala, sebenarnya puasa itu banyak sekali manfaatnya, seperti lemak tubuh menjadi lebih berkurang. Kunci agar bisa tetap bugar selama berpuasa adalah dengan menjaga pola makan yang bernutrisi dan bergizi seimbang.

Namun masih banyak yang belum mengerti bagaimana caranya menjalani pola makan yang sehat ini. Jangankan saat puasa, dalam kondisi biasa saja masih banyak yang belum menjalani pola hidup yang sehat. Makanya saat berpuasa, kesempatan bagi kita untuk mendetoksifikasi tubuh, dengan mengatur pola makan gizi seimbang.

Pemerintah sendiri menganjurkan agar masyarakat mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Gizi seimbang di sini maksudnya adalah makanan yang lengkap, kaya serat, dan tercukupi gizinya bagi tubuh. Makanan yang berserat seperti sayur dan buah, mampu menjaga cairan tubuh agar tetap bertahan di tubuh selama kita berpuasa.

Jangan berpikir dengan banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat, seperti nasi, bakal bisa menahan rasa lapar hingga waktu berbuka. Pikiran seperti ini salah, karena makanan mengandung karbo malah yang membuat oerut jadi cepat lapar. Makanya yang paling baik dalam menjaga cairan tubuh adalah makanan yang banyak mengandung serat.

Baca juga tips agar tetap bugar selama ramadan di sini.

Ibu Laila
Ada mitos yang mengatakan bahwa selama berpuasa hindari olahraga. Menurut Ibu Seala mitos ini salah, justru orang akan sakit jika kurang gerak. Hal ini benarkan oleh Ibu Laila. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan saat kita sedang berpuasa. Misalnya dengan melakukana gerakan-gerakan ringan. Manfaatkan energi yang masih ada yaitu sebelum waktu dzuhur, untuk melakukan olahraga ringan. “Sedangkan yang biasa melakukan olahraga berat atau mau melakukan olahraga berat, bisa dilakukan setelah berbuka puasa,” jelas Bu Laila.


Ibu Laila saat mencontohkan salah satu olahraga ringan
yang bisa dilakukan saat berpuasa


Program Lazada Berbagi

Di Lazada, bulan Ramadan tidak hanya sekedar belanja, namun juga ingin ada makna lebih pada pelanggannya. Seperti yang kita ketahui, bahwa belanja online sudah menjadi sebuah tren di masyarakat. Nah, di bulan Ramadan ini, hampir 70% orang Indonesia mengalokasikan dananya khusus untuk belanja online. Baik itu mau belanja mukena, gamis, snack, aneka parcel, peralatan dapur, serta gadget.

Mager selama bulan puasa menjadi alasan bagi masyarakat untuk berbelanja online. Selain mudah, praktis, banyak pilihan produk, nggak bikin capek, hemat waktu dan ongkos, belanja online juga banyak memberikan harga promo dan diskon. Belanja online bisa dilakukan dimana saja, bisa sambil bekerja, saat lagi dijalan, atau melakukan aktivitas lainnya di rumah.

Bapak Haikal
Nah, di bulan Ramadan ini, banyak barang-barang yang lagi diskon dan promo di Lazada. "Setiap hari ada Flash Sale, yaitu harga diskon gila-gilaan selama beberapa jam. Waktu Flash Sale ini dibagi menjadi 4, yaitu Flash Sale waktu sahur, waktu siang, waktu menjelang magrib, dan Flash Sale malam hari," ujar Bapak Haikal.

Selain itu juga ada Bingkisan Lebaran Lazada. Dengan belanja minimal 3 kali di Lazada selama bulan Ramadan, pelanggan akan mendapat Bingkisan Lebaran Lazada, seperti voucher belanja Lazada, langganan 1 bulan JOOX, gratis tiket bioskop, voucher ZenRoom, Ezy Travel, dan Hotelpon, serta grand prize berupa perjalanan umroh untuk 2 orang.   

Tak lupa selama bulan Ramadan, Lazada berbagi berkah dengan menyelenggarakan program donasi #LazadaBerbagi untuk membantu proses belajar anak-anak dalam binaan Yayasan Sahabat Anak. Program #LazadaBerbagi sudah dimulai sejak tanggal 27 Mei 2017 kemarin, dan berakhir pada 21 Juni 2017 nanti. Tujuannya adalah untuk mengajak para konsumen seluruh Indonesia untuk turut berbagi kebahagiaan dengan memberikan donasi setiap pembelian di Lazada selama bulan Ramadan.

Bagaimana caranya untuk ikutan #LazadaBerbagi ini?
  1. Belanja minimal 200 ribu di lazada.co.id
  2. Masukan kode voucher “LazadaBerbagi”
  3. 1 kode voucher senilai 5000 akan didonasikan
  4. Kamu sudah ikut berdonasi dan berbagi
Bisa juga dengan cara :
  1. Upload foto moment berbagi di bulan Ramadan versi kamu di Instagram
  2. Gunakan hastag #LazadaBerbagi
  3. 1 hastag #LazadaBerbagi senilai 5000 akan didonasikan
  4. Kamu sudah berpatisipasi dalam Program #lazadaBerbagi

Yayasan Sahabat Anak

Sedikit informasi mengenai Yayasan Sahabat Anak. Yayasan ini mendirikan dua sekolah nonformal yang diperuntukan bagi remaja jalanan putus sekolah, yaitu PKA(Pusat Kegiatan Anak) yang berlokasi di belakang kantor Sekretariat dan Sekolah Mandiri, di Museum Mandiri, Kota Tua. Selain itu Yayasan Sahabat Anak juga memiliki dua sekolah PAUD di Grogol, Jakarta Barat dan di Cijantung. 
   
Bapak Alles
Selama 20 tahun sejak didirikannya Yayasan Sahabat Anak ini, 99% kepanitiaannya terdiri dari para relawan, seperti mahasiswa, alumni, dan profesional. Setiap tahunnya Yayasan Sahabat Anak menyelenggarakan Jambore Sahabat Anak, yang membutuhkan sekitar 400 relawan. Dalam kurun waktu 24 jam, bisa terkumpul sekitar 1000 orang relawan yang mendaftar. “Jadi bisa dilihat betapa jiwa-jiwa relawan tumbuh sangat besar di masyarakat kita, sepertinya keinginan membantu ini sudah menjadi lifestyle,” ungkap Bapak Alles.

Para relawan nantinya akan menjadi sahabat bagi anak-anak yang membutuhkan. Jadi bukan mengajarkan anak-anak, karena profesi mengajar ada ahlinya sendiri. Ketika relawan menjadi sahabat untuk anak-anak ini, maka anak-anak akan mendapatkan satu pelajaran berharga yang bisa dijadikan panutan bagi mereka, yang mana selama ini tidak mereka dapatkan.

Salah satu cara untuk meningkatkan standar hidup sosial anak-anak melalui pendidikan. Kebutuhan terbesar bagi Yayasan Sahabat Anak adalah sarana belajar, seperti alat peraga. Makanya dana donasi yang didapatkan nantinya akan mendirikan sarana prasarana, seperti perpustakaan, dan buku-buku bacaan untuk anak-anak.

Satu hal yang diharapkan oleh Lazada selama bulan puasa ini adalah bagaimana membuat Ramadan kita menjadi lebih bermakna lagi. Begitupun bagi Yayasan Sahabat Anak, yang berharap agar seluruh pelanggan Lazada mau membantu anak-anak dalam binaan mereka, agar anak-anak ini bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik, dan dapat mewujudkan cita-citanya. Amiin :)



Foto : Pribadi

2 komentar:

  1. Asik ya, bisa sambil belanja plus beramal

    BalasHapus
  2. Waduh, kalo istriku tau bisa lapar mata nih. Hehehe

    BalasHapus