Minggu, 11 Juni 2017

Berbagi Kreasi KRAFT untuk Anak Panti Asuhan

Bulan puasa merupakan bulan dimana para ibu mulai mengeluarkan menu atau resep andalannya. Para ibu ingin menyajikan hidangan, yang bisa menggugah selera makan keluarganya. Apalagi saat santap sahur, yang biasanya selera untuk makan itu agak berkurang. Padahal makan sahur sangat berguna bagi tubuh, agar bisa tetap fit menjalani segala aktivitas selama berpuasa.

Di hari-hari biasa, kadang kita jarang bisa berkumpul dengan anggota keluarga lainnya, bahkan sekedar untuk makan bersama di rumah. Kesibukan masing-masing anggota keluarga, membuat kita jarang memiliki waktu bersama. Saatnya di bulan puasa ini, kita manfaatkan momen santap sahur dan berbuka puasa untuk berkumpul bersama. Nah, salah satu caranya adalah dengan mengeluarkan menu terbaik, agar anggota keluarga betah dan nikmat makan di rumah :)

Selain dimanfaatkan sebagai momen untuk berkumpul dengan keluarga, bulan Ramadan dimanfaatkan juga untuk memperbanyak ibadah dan amal. Karena tiap amal dan ibadah yang kita perbuat di bulan yang penuh berkah ini, akan diganjar dengan pahala berkali lipatnya. Untuk beramal, kita bisa melakukannya dengan berbagai cara, yang penting niatnya tulus dan ikhlas untuk membantu sesama.

Salah satu cara berbuat baik yang bisa kita lakukan adalah dengan berbagi resep. Nah lho? Hanya dengan berbagi resep saja, kita bisa membantu sesama? Bagaimana caranya ya? Informasi mengenai ini saya dapatkan saat menghadiri acara bertajuk “Berbagi Kreasi KRAFT”, pada hari Selasa, 30 Mei 2017 lalu, di Veranda Hotel, Jakarta. Hadir pada acara Mr. Sachin Prasad, Presiden Direktur Mondelez Indonesia, Ibu Putri Happy sebagai Senior Brand Manager Meals, Mondelez Indonesia, dan Ibu Endang Indriani, seorang moms yang gemar berkreasi di dapur.



Saat kita bersantap bersama keluarga, ternyata masih banyak saudara-saudara kita yang belum beruntung, dan bisa bersantap dengan keluarganya. Ketika kita sedang menikmati hidangan yang enak, kenyataannya masih ada saudara kita di luaran sana yang tidak bisa menikmati sajian yang lezat. Atas dasar itulah Mondelez Indonesia mengadakan sebuah program sosial yang bertajuk #BerbagiKreasiKRAFT.

Mr. Sachin Prasad
Mondelez Indonesia melalui Keju KRAFT berkomitmen untuk tumbuh dan berbagi manfaat yang baik, bersama dengan masyarakat Indonesia. “Salah satunya adalah dengan berbagi hidangan berbuka puasa untuk anak-anak panti asuhan, di bulan yang penuh berkah ini,” ujar Mr. Sachin.

Makna bulan Ramadan ini telah menginspirasi Mondelez Indonesia untuk berbagi kasih dengan sesama. Kegiatan berbagi kebaikan dengan tema #BerbagiKreasiKRAFT sudah berlangsung sejak awal Ramadan, dan akan berakhir pada tanggal 12 Juni 2017 nanti. Programnya sendiri dibagi menjadi beberapa konsep, yaitu berbagi inspirasi, berbagi momen spesial, berbagi kebahagiaan, dan berbagi manfaat baik KRAFT.


Bagi yang ingin berbagi kebaikan, dan berminat untuk berpatisispasi dalam kegiatan #BerbagiKreasiKRAFT, bisa ikut dengan cara :
  • Buka situs www.bundakraft.com
  • Login  dan isi data
  • Upload resep kreasi masakan berbahan keju
  • Setelah upload, pilih satu menu favorit dari partner utama Keju KRAFT, yang telah tersedia di situs bundakraft.com
  • Tiga resep favorit dari partner utama Keju KRAFT dengan jumlah terbanyak, akan menjadi sajian puasa untuk dibagikan pada anak-anak panti asuhan.
  • Satu peserta boleh meng-upload lebih dari 1 resep
  • Semakin banyak resep yang di-upload, maka semakin banyak pula hidangan yang akan disajikan bagi anak-anak panti asuhan.

Ibu Putri Happy
“Setiap satu resep yang di-submit di situs www.bundakraft.com, itu sama saja dengan mendonasikan sepuluh hidangan berbuka puasa ala Keju KRAFT untuk anak-anak panti asuhan. Nanti dari tanggal 12 sampai 16 Juni, setelah kita mendapatkan 3 menu favorit, kita akan langsung menuju ke panti asuhan yang sudah kita ajak kerjasama, dan akan kita bagi kan,” jelas Ibu Happy.

Selain berbagi resep inspirasi dengan para bunda yang lain, agar bunda yang lain dapat menghidangkan menu kreasi baru bagi keluarganya, dengan ikut meng-upload resep, berarti kita telah berbuat baik dan berbagi kebahagiaan bagi anak-anak di panti asuhan. Tak hanya itu saja, nantinya dari resep yang telah di-upload ini akan dipilih 5 pemenang utama, untuk mendapatkan hadiah utama THR dengan total 10 juta rupiah. Wooww!!

Ibu Endang yang hadir dalam acara, turut berbagi tips bagaimana caranya agar bisa membuat menu masakan yang kreatif dan inspiratif bagi keluarga, khususnya yang berbahan keju. Menurut Ibu Endang, keju merupakan bahan makanan yang fleksibel. Memandang keju itu harus ‘out of the box!’, jangan hanya memandang keju itu sebagai bahan topping, garnis, atau camilan saja.

Ibu Endang
“Keju bisa dijadikan sebagai bahan utama dalam satu resep masakan, karena keju itu memiliki rasa yang khas, yaitu asin, taste yang creamy, serta ada susunya. Artinya kalau kita masukan hampir ke dalam semua menu masakan, itu bisa saja. Yang penting kita harus tahu karakter kejunya seperti apa, dan masakannya seperti apa. Untuk pemula, sebaiknya mencari resep yang simpel, yang mudah dipraktekkan, dan bahannya tersedia di dapur,” jelas Ibu Endang.

Ibu Endang mengatakan bahwa beliau suka berkreasi dengan resep, mencoba satu resep dengan menggunakan berbagai macam bahan. Misalnya dengan mencampurkan keju KRAFT pada resep kue muffin. Kue muffin yang biasanya hanya ada kandungan tepung saja, dengan ditambahkannya bahan keju, akan menjadi lebih tinggi nutrisi, karena dalam keju KRAFT terdapat kandungan protein, Vitamin D, dan kalsium.


Pilihan untuk bahan keju KRAFT yang ingin digunakan dalam bahan masakan pun beragam, seperti Keju Cheddar, keju olahan siap saji berbentuk batangan yang lebih terasa kejunya, Quick Melt yaitu keju KRAFT dengan warna kuning ketuaan, tekstur yang lembut dan mudah meleleh ketika dipanaskan, dengan rasa gurih seperti butter, serta KRAFT Singles berupa keju lembaran siap saji yang biasa melengkapi resep masakan atau kudapan.

Saya sendiri, karena menyukai jajanan tradisional, mencoba membuat kreasi masakan dengan Kue Putu Ayu. Kalau biasanya Kue Putu Ayu berwarna hijau dan berbahan tepung terigu, santan, serta pasta pandan, maka pada Kue Putu Ayu Keju ini pada bahannya ditambahkan Keju KRAFT. Begini resep Kue Putu Ayu Keju yang sudah saya upload di situs www.bundakraft.com :



KUE PUTU AYU KEJU

Bahan :
  • 75 gram tepung terigu protein sedang, ayak
  • 50 gram tepung beras, ayak
  • 50 gram Keju KRAFT Cheddar, parut
  • 150 gram putih telur
  • 100 gram santan kental
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram kelapa parut
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt emulsifier (TBM atau SP)
  • 1 lembar daun pandan

Cara memasak :
  • Campurkan kelapa parut, garam, dan daun pandan. Kukus campuran tersebut di atas api sedang, selama lebih kurang 15 menit. Lalu letakkan kelapa di dasar cetakan putu ayu yang telah dioles minyak.
  • Kocok putih telur, garam, dan emulsifier hingga setengah mengembang. Masukan sedikit demi sedikit gula pasir sambil terus dikocok sampai mengembang. Kemudian masukan santan kental, tepung terigu, dan tepung beras perlahan-lahan dalam adonan sambil dikocokl pelan. Terakhir masukkan parutan keju, aduk.
  • Tuangkan adonan ke dalam cetakan putu ayu yang telah dialas dengan kelapa tadi. Kukus adonan di dalam kukusan yang sudah dipanaskan. Kukusnya dalam api sedang ya.
  • Setelah matang, keluarkan putu ayu dari cetakan, dan susun rapi di piring. Lalu taburkan Keju KRAFT Cheddar yang telah diparut di atas Kue Putu Ayu. Kue Putu Ayu Keju bisa dihias dengan buah cherry, dan siap dihidangkan.

Mudahkan cara bikinnya. Semoga camilan sehat yang biasa saya sajikan untuk keluarga ini, bisa menjadi inspirasi bagi bunda-bunda ya. Nah, ternyata saat acara #BerbagiKreasiKRAFT kemarin, Ibu Endang juga membagikan resep kreasinya juga lho! Berikut resep kreasi ala Ibu Endang :)


ES KEJU PELANGI


Bahan :
  • Buah Anggur
  • Buah Nanas
  • Buah Melon
  • Buah Strawberry
  • Buah Apel
  • Buah Kelapa Muda
  • Buah Naga
  • Sirup vanilla
  • Air kelapa muda
  • Susu kental manis
  • Keju KRAFT Cheddar, parut
  • Es batu secukupnya


Cara membuat :
  • Cuci bersih semua buah, lalu kupas dan potong sesuai selera.
  • Untuk kelapa muda dan melon, keruk tipis.
  • Masukkan air kelapa muda, sirup vanilla, susu kental manis, dan Keju KRAFT parut, ke dalam blender. Blend hingga halus.
  • Susun semua buah tadi ke dalam gelas atau mangkok, lalu tuangkan bahan yang sudah di-blend ke dalamnya.
  • Untuk lebih segar, bisa ditambahkan es batu. Es Keju Pelangi siap disajikan.


Ibu Endang mendemokan cara bikin Es Keju Pelangi

Masih banyak lagi menu kreasi masakan berbahan keju lainnya. Semua bisa dibaca di situs www.bundakraft.com bagi yang ingin menyajikan menu baru bagi keluarganya. Atau kalau kamu punya menu kreasi berbahan keju ala kamu, yang unik, lain dari yang lain, namun rasanya sangat diminati oleh keluarga, bisa lho ikutan upload resep kamu di www.bundakraft.com. Selain dapat menjadi inspirasi bagi bunda lain, berbagi kebaikan dan kebahagiaan untuk anak-anak panti asuhan, kamu juga bisa berpeluang jadi pemenang berhadiah jutaan rupiah lho! Selamat berkreasi! Semoga menginspirasi :)



Sumber foto : Pribadi

9 komentar:

  1. Wuiiih asyik benar Un itu keju kraft bisa diolah macam-macam.

    Ayoo dong kreasikan Un, pengen cobain hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayook Wan, kita bikin kreasi masakan menggunakan keju :D

      Hapus
  2. biasanyabelum dibuat kreasi udah habis dicamilin wi :-D

    BalasHapus
  3. Waw es keju kaya mana ya rasanya, klo anak ku lebih suka dimakan langsung mbak, asin katanya tapi keju kraft enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak dan segar Mba. Coba aja bikin. Bw ini kenapa anak-anak lebih doyan diemut langsung ya :D

      Hapus
  4. Wiiih Sulthan bisa abis 4 slices sendiri ini sekali makan. :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uthooooon, tinggalin buat abang dan kakak doong :D :D

      Hapus
  5. keju kraft memang enak ya hehee

    BalasHapus