Kamis, 18 Mei 2017

Nescafe Dolce Gusto seri Manual Pertamaku

Masih hangat cerita tentang mesin kopi seri manual yang saya tuliskan beberapa waktu lalu, sehangat kopi dan teh yang sekarang selalu tersaji di rumah. Tak hanya kopi dan ceritanya saja yang hangat, bahkan keluarga saya juga semakin hangat sejak ada Nescafe Dolce Gusto Piccolo Coffee Maker. Hampir setiap pagi dan sore atau malam hari, saya dan keluarga menikmati waktu bersama, walaupun itu hanya beberapa menit saja.



Sehari, saya bisa menghabiskan 5 sampai 6 kapsul NDG. Kalau untuk saya sih ganti-ganti ya, sesuai dengan seleranya apa saat itu, kadang kopi, kadang teh, kadang varian coklat, hehe. Sedangkan suami selalu kopi, dan anak saya selalu varian coklat. Biar nggak bosan, untuk suami dan anak, saya buatkan minuman dengan berbagai kreasi minuman ala saya. Misalnya untuk si kecil, di pagi hari saya sajikan minuman NDG varian Chococino hangat, lalu saat sore saya sajikan Milo dingin.

Untuk saya sendiri sih, nggak perlu dikreasikan, sudah suka dengan menvariasikan sendiri jenis minuman yang ingin saya minum. Gantian saja antara NDG Green Tea Latte, Chococino, atau Cappucino. Sedangkan untuk suami, yang memang coffee lover,  barulah kadang-kadang suka saya kreasikan. Misalnya NDG Cappucino saya mix dengan Chococino, atau Cappucino dengan Espresso. Yang penting kopinya harus disajikan hangat, nggak suka yang dingin sih :D

Untuk stok kapsul NDG, kadang saya suka hunting di beberapa e-commerce yang  terpercaya, kadang beli langsung di supermarket. Jika lagi nggak perlu buru-buru, saya suka mencari kapsul NDG di Lazada, Blibli, Bukalapak, dan beberapa e-commerce lainnya. Yang saya cari biasanya kapsul NDG dengan varian yang diinginkan, plus yang harganya murah tentunya, hehe. Tapi kalau butuh mendesak, saya akan segera cuss ke supermarket. Kebetulan dekat rumah ada Transmart dan Foodhall, jadi tinggal mlipir ke sana. Namun kadang kapsul dengan varian yang saya inginkan stoknya suka habis, jadilah saya pesan di e-commerce, dan kudu sabar menunggu paketnya datang.

Cara Merawat Mesin Kopi Nescafe Dolce Gusto Piccolo Manual


Nah, rajin bikin minuman, tentu harus rajin juga dong membersihkan mesin kopinya. Selain mesin kopi bisa jadi lebih awet, kehigienisan minuman yang akan dibikin, tentunya terjaga juga dengan baik. Sehabis dipakai, biasanya mesin kopi NDG Piccolo Manualnya saya bersihkan seperti peralatan lainnya, yaitu dibagian yang terkena noda, seperti tempat pegangan kapsul dan nampan penadah, sedangkan untuk tangki airnya tinggal saya telungkupkan di atas rak piring *jangan ditiru, hihi….

Selain itu, kata teman saya, mesin kopi itu harus dibersihkan juga dari kerak yang mungkin nempel di beberapa saluran airnya. Jadi paling nggak sekali 3 bulan, mesin kopi dibersihkan dengan cara mengisi tangki air dengan air bersih, menghidupkan mesin kopinya, menyiapkan gelas kosong untuk menampung air di tempat penadah, lalu alirkan air dengan cara menggeser tombol air panas. Biarkan air mengalir sampai air di tangki habis.

Jika aliran air terlihat tidak lancar, maka kemungkinan ada yang tersumbat di bagian injectornya. Cara membersihkannya adalah dengan menggunakan pin atau jarum yang telah disediakan dibagian belakang mesin kopi NDG atau dibelakang tangki airnya. Pastikan saat memasukkan pin ke dalam injector, aliran listrik mesin kopinya telah dicabut dari sumber listrik ya. Untuk lebih jelasnya, bisa lihat video di bawah ini.


Sering nanya-nanya tentang Nescafe Dolce Gusto, baik mesinnya maupun kapsulnya, saya akhirnya diajak teman saya untuk bergabung dengan Nescafe Dolce Gusto Club. Wah, baru tau ternyata NDG punya club juga. Enak dong ya, serasa exclusive bisa menjadi bagian dari Nestle Dolce Gusto. Tak hanya merasa exclusive ya, dengan bergabung dalam Nescafe Dolce Gusto Club, setiap saya melakukan pembelian mesin atau kapsul NDG maka akan mendapatkan poin.

Poin? Buat apa ya poin-poin ini? Yups, poin yang dikumpulkan ternyata nantinya bisa ditukarkan dengan kapsul NDG yang diinginkan, voucher belanja, hadiah-hadiah kece lainnya, atau bahkan dengan mesin kopinya. Wow! Trus ada cara cepetnya juga nih buat ngumpulin poin. Mau tau caranya?

Nih caranya, kamu tinggal promoin aja mesin kopi NDG sama sahabat, tetangga, atau teman kerja. Ntar kamu bakal dapat 50 poin deh! Oya, untuk registrasi di awal, kamu bakal dapat 50 poin juga. Nah, jika sudah terkumpul 100 poin, bisa ditukarkan dengan 1 box kapsul NDG. Rajin-rajin aja promonya, ntar kalau sering dapat poin, kan nggak perlu beli-beli kapsul NDG lagi, hihi :D Informasi lengkap tentang program refferal Nescafe Dolce Gusto Club ini bisa kamu baca di www.dolce-gusto.co.id/club.

Satu lagi nih, karena sudah sering pakai mesin kopi NDG Piccolo Manual ini, sekarang saya sudah jarang menggunakan Aplikasi Dolce Gusto Timer, saat bikin kopi atau minuman lainnya. Sudah ahli? Nggak juga sih, hehe. Sudah hafal aja. Lagian sekarang saya juga lebih suka berkreasi sendiri dengan minuman yang ingin saya buat, dengan kualitas setara cafe. Itulah enaknya punya mesin kopi Piccolo Manual ini, bikinnya suka-suka, dan sesuai selera kita ajaa *seperti barista aja diriku :D Tapi bagi yang masih belum tau, bisa gunakan Aplikasi Dolce Gusto Timer ini sebagai panduan yaa. Tinggal download aja di Google Play atau Apps Store.



Itulah cerita saat pertama kalinya saya memiliki mesin kopi Dolce Gusto Piccolo seri Manual. Sangat berkesan, baik dari segi menikmati cita rasa kopi ala cafĂ©, kehangatan bersama keluarga, maupun menikmati me time yang berkualitas ditemani dengan secangkir minuman hangat. Kamu sudah nyobain belum? Hmm, coba deh! Kamu akan dapatkan manfaatnya, dan rasakan sendiri sensasinya :) 



Sumber Foto : Pribadi 
Sumber Video : Dolce Gusto Indonesia 

10 komentar:

  1. Jadi pingin nyobain kreasi kopinya Mba ^^

    BalasHapus
  2. aku demen kopi, mba. penasaran pengen coba buat pakai alatnya deh :D

    BalasHapus
  3. mari nikmati ngopi dgn mesin yg pertama ini joss

    BalasHapus
  4. kayanya dewi pinter merawat mesin NDG. besok2 main ah kerumahmu....

    BalasHapus
  5. Duh secangkir kopi hangat sama biskuit cracker itu menggoda banget, Mbak.

    BalasHapus
  6. Ngopi makin praktis ya uni :)

    BalasHapus
  7. Wah, aku baru tahu cara bersihinnya kayak gitu. Barusan aja mau ngelap biasa. :)) Makasih infonya, Wi.

    BalasHapus
  8. aku pun pertama kali punya NDG ini nih dan langsung jatuh cinta sama mesin dan kopinya yang enakkk :)

    BalasHapus
  9. Secangkir kopi ditemani musik jazz di sore hari.. Juarak!

    BalasHapus
  10. halo mbak mau nanya seduh kopi tanpa mesin ini bisa ga sih? wkt itu sempet nyobain dan enak bgt tp kalo nggu beli mesinnya jadi lama:( sanggupnya beli capsule nya dulu hahaha

    BalasHapus