Rabu, 03 Mei 2017

K-Link Care Center Galang Dana untuk Anak-Anak Berkebutuhan Khusus

Pernah mendengar K-Link? Pernah? Kalau saya sering melihat store K-Link di beberapa ruas jalan yang pernah saya lewati. Awalnya saya pikir K-Link ini adalah sebuah mini market gitu *tutup muka pakai mouse. Ternyata bukan ya, hehe. K-Link ternyata merupakan sebuah perusahaan multi level marketing yang memasarkan produk-produk makanan kesehatan, dan alat-alat penunjang kesehatan yang bermutu.

K-Liquid Chlorophyll
Ini salah satu contoh produk K-Link yang saya konsumsi hingga sekarang, yaitu K-Liquid Chlorophyll. Kenapa saya suka mengkonsumsi Chlorophyll dari K-Link ini? Karena klorofil ini merupakan suplemen makanan yang terbuat dari bahan alami, sehingga aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping.

Tau kan kalau klorofil merupakan ‘darah’ bagi tanaman. Klorofil dibentuk melalui proses fotosintesis di dalam tanaman, yang kaya akan sumber mineral alami, vitamin, protein, dan mikro-nutrien. Nah, semua zat ini bagus bagi tubuh kita, terutama untuk menyeimbangkan kandungan asam dan basa di dalam tubuh.  

Klorofil bermanfaat untuk membersihkan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh, menyeimbangkan hormon dan kandungan asam basa dalam tubuh, serta memelihara dan memberikan nutrisi dalam pembentukan darah, untuk meningkatkan kadar oksigen dan jumlah sel darah merah. Jadi selama mengkonsumsi K-Liquid Chlorophyll ini, tubuh saya terasa lebih segar dan fit, serta membantu memelihara kesehatan tubuh saya.

Jadi K-Link memang concern dalam bidang kesehatan dan peduli dengan kesejahteraan masyarakat. Maka itu, sejak kehadirannya di Indonesia, yaitu pada tahun 2002, K-Link juga mendirikan sebuah yayasan K-Link Peduli atau K-Link Care Foundation, sekaligus sebagai wadah manifestasi corporate social responbility-nya.

Banyak program yang bersifat sosial yang telah dijalankan oleh K-Link Care Foundation. Dalam  bidang pendidikan misalnya, K-Link ikut membantu mengembangkan pendidikan untuk anak-anak usia sekolah, dengan cara memberikan beasiswa pendidikan untuk siswa berprestasi dari keluarga yang kurang mampu.

Nah, selain itu K-Link Care Center juga mendirikan sebuah sekolah dan tempat terapi untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Sekolah untuk Anak Berkebutuhan Khusus milik K-Link Care ini terletak di Legenda Wisata, Cibubur. Kemarin, tepatnya hari Rabu, 26 April 2017, saya berkesempatan bertemu dengan anak-anak ini, dalam acara Charity Cantik Yuukk di K-Link Tower Jakarta.

K-Link Charity Cantik Yuukk
Acara Charity Cantik Yuukk ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan ulang tahun ke-3 Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus K-Care Center Jakarta, serta ulang tahun ke-1 Butik Shamil Collection, sekaligus untuk menggalang dana untuk sekolah K-Care Center. Selain bertemu langsung dengan anak-anak yang bersekolah di K-Care Center, saya merasa senang karena bisa bertemu juga dengan Ibu Datin Rozy, Ketua K-Link Care Center, serta Bapak H. Md. Radzi Saleh, President Director K-Link Indonesia.

Jadi, yang mau ikutan dalam acara Charity Cantik Yuukk ini, cukup dengan cara membeli tiket seharga 100.000 rupiah. Dengan membayar seharga itu, peserta akan mendapatkan voucher belanja senilai 50.000 rupiah, sisanya didonasikan untuk amal, dan disumbangkan untuk K-Care Center. Voucher belanja yang diterima bisa digunakan untuk kulineran di bazaar yang digelar pada acara tersebut.

Voucher belanja untuk charity
Tak hanya menikmati kulineran, peserta yang datang bisa menikmati live music performance, penampilan dari anak-anak K-Care Center, serta fashion show dari Shamil Collection. Bahkan hujan yang turun, tak menyurutkan semangat saya untuk melihat performa yang dipersembahkan oleh anak-anak luar biasa ini.

Kegiatan di Acara K-Link Charity Cantik Yuukk
Anak-anak berkebutuhan khusus ini dididik untuk bisa mengatur dirinya sendiri, mengembangkan keterampilan yang mereka minati, seperti menari, menyanyi, memasak, mencuci baju, dan berbagai aktivitas lainnya. Bahkan anak-anak ini mampu membuat telur asin, cheese stick, dan kerupuk, yang kemudian dipasarkan ke masyarakat umum. Saya juga sempat melihat hasil produk anak-anak ini di salah satu booth pada saat bazaar Charity Cantik Yuukk kemarin.

Selain ada booth pemasangan henna, Sate Ayam, Tahu Gejrot, Siomay, Kue Cubit, Soto Ayam, Bakso, dan aneka minuman lainnya, juga ada booth Shamil Collection. Butik Shamil Collection ini merupakan butik yang menjadi salah satu sumber pencarian dana untuk K-Link Care Center. Dengan cara memasarkan busana-busana muslim, yang didesain sendiri oleh Ibu Datin Rozy. Hasil penjualan butik akan didonasikan ke K-Link Care Center.

Booth Shamil Collection
K-Link Care Center ini baru ada dua, yaitu di Jakarta Indonesia, dan satu lagi di Kuala Lumpur Malaysia. Jadi Program Charity Cantik Yuukk ini, setelah dilaksanakan hari Rabu, 26 April 2017 di Jakarta, maka pada tanggal 6 Mei 2017 nanti akan diselenggarakan juga di Kuala Lumpur. Tujuannya sama, yaitu menggalang dana untuk anak-anak berkebutuhan khusus di Sekolah K-Link Care Center.

Ibu Datin
“Untuk Jakarta, K-Link Care Center ini sudah berdiri sejak tahun 2013, jadi sudah mau 4 tahun ya. Ini sekarang kita merayakan ulang tahun K-Link Care yang ke-3. Kalau di Kuala Lumpur, K-Link Care Center baru berdiri pada tahun 2015, 2 tahun setelah K-Link Care Center di Jakarta berdiri,” jelas Ibu Datin.

K-Link Care Center menerima anak-anak berkebutuhan khusus dari berbagai spektrum, seperti autis dan ADHD, dyslexia, celebral palsy, down syndrome, serta slow learners. Makanya anak-anak ini mendapatkan penanganan dengan cara yang berbeda-beda pula. Walaupun rata-rata anak berkebutuhan khusus yang ada di Sekolah K-Link Care Center merupakan anak-anak dari keluarga yang kurang mampu, namun Sekolah K-Link Care Center tetap menerapkan prinsip ‘Kebajikan dan Berkualitas”.

Setiap guru dan pelatih yang ada di Sekolah K-Link Care Center adalah guru dengan latar belakang pendidikan berkebutuhan khusus. Jika ada guru yang tidak memiliki latar pendidikan berkebutuhan khusus, maka guru tersebut akan diberikan pelatihan terlebih dulu agar nanti guru tersebut bisa menangani anak berkebutuhan khusus nantinya.

Hingga saat ini, ada sekitar 17 anak yang bersekolah di Sekolah Berkebutuhan Khusus K-Link Care Kuala Lumpur, sedangkan di Jakarta ada sekitar 21 anak. Anak-anak yang bersekolah di K-Link Care dibagi dari 3 level, yaitu level intervensi awal (baby group), junior, dan level remaja. Untuk program intervensi awal ini sudah mulai diadakan di Kuala Lumpur, sedangkan di Indonesia sendiri akan diadakan juga jikalau memang dibutuhkan.

Di Kuala Lumpur, kebanyakan siswa-siswinya berada di level remaja, sedangkan di Jakarta kebanyakan adalah Junior group, yang masih membutuhkan terapi khusus. Makanya pelatihan yang diberikan pada setiap anak, tergantung pada usia dan juga spektrum kebutuhan khusus yang ada pada anak tersebut.

Tak hanya anak-anaknya saja, orangtuanya pun diajak untuk ikut counseling dan pelatihan juga, karena bagaimanapun peranan orangtua sangat besar dalam membantu anak-anak ini agar mampu berkembang dan mandiri nantinya. Setiap bulan orangtua diberikan pelatihan dan juga evaluasi berkala. Jadi orangtua diberikan tugas-tugas kerja agar melakukan hal yang sama di rumah seperti halnya yang telah dilakukan di sekolah.

Walaupun Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus K-Link Care Center ini disasar untuk anak dari keluarga kurang mampu, namun tidak menutup kemungkinan juga anak dari keluarga yang mampu untuk masuk ke Sekolah K-Link Care ini, karena memang Sekolah K-Link Care memiliki fasilitas dan pelayanan yang baik dan lengkap. Nantinya anak berkebutuhan khusus dari keluarga yang mampu bisa subsidi silang dana untuk anak-anak yang tidak mampu.  

Untuk mengembangkan K-Link Care ini dibutuhkan dana yang tidak sedikit, seperti untuk mambangun sekolah yang menghabiskan dana sekitar 10 miliar rupiah. Untuk itulah K-Link Care Center masih membutuhkan bantuan hibahan dari masyarakat, termasuk semua yang hadir dalam kegiatan Charity Cantik Yuukk ini.  

Bapak Radzi
Menurut Bapak Radzi, K-Link sebagai induk dari yayasan nirlaba K-Link Care Center ikut membantu dalam mendirikan Sekolah K-Link Care Center, seperti menyediakan lahan untuk sekolah, dan juga pembinaan sekolah. Harapan dari K-Link Care Center adalah semoga anak-anak berkebutuhan khusus ini diberi kesempatan yang sama seperti anak-anak normal lainnya, mereka bisa lebih percaya diri lagi, dan bisa memiliki masa depan nantinya. Amiiin :)

Foto bersama Ibu Datin, Bapak Radzi, dan siswa siswi Berkebutuhan Khusus
Sekolah K-Link Care Center 
Untuk informasi lebih lengkap mengenai K-Link, produk-produknya, serta K-Link Care Center, silakan berkunjung ke website resmi K-Link di www.k-link.co.id, atau akun media sosial K-Link seperti Facebook K-Link Indonesia, Twitter @official_klink, dan Instagram @klink_Indonesia_Official ya :)

~
“Excellence is perfection.
Although K-Link isn’t perfect, we do strive to be the best.”

Dato’ DR. H. Md. Radzi Saleh
President Director of K-Link Indonesia



Sumber Foto : Pribadi

7 komentar:

  1. nah perusahaan yang memilliki kepedullian sosial terhadap anak-anak berkebutuhan khusus perlu di apresiasi. ini wujud kepedulian mereka yang tidak melulu hanya mengejar profit tapi juga perduli dengan sekitar.. salut dengan Klink

    BalasHapus
  2. Smoga makin banyak yang peduli dengan anak2 berkebutuhan khusus ya mba, event charity cantik yuukk yaang diprakasai oleh K-LINK lewat CSR nya K-LINK Care benar-benar bermanfaat dan menjadikan anak-anak berkebutuhan khusus mandiri dan ounya karya, salut deh :)

    BalasHapus
  3. Senangnya ada yang peduli dengan ABK semoga dana yg terkumpul bisa dimaksimalkn

    BalasHapus
  4. Senangnya ada yang peduli dengan ABK semoga dana yg terkumpul bisa dimaksimalkn

    BalasHapus
  5. serius aku baru tau kalo klorofil juga bagus buat manusia, buat tanaman memang perlu banget

    BalasHapus
  6. Papaku tu dah lama konsumsi klorofil ini, tp aku sendiri belum cobain sih hehe.. Padahal klo bahan alami gpp ya di konsumsi segala usia?

    BalasHapus
  7. Jujur aku baru tahu malahan terkait produk dari K-Link ini ...
    Kyaknya sangat bermanfaat dan sesuai kebutuhan Tubuh Manusia nih

    BalasHapus