Minggu, 23 April 2017

SUZUKI Kenalkan IGNIS, Si Sporty untuk Kaum Urban

Cieee, Suzuki punya produk baru nih ya :D Sebenarnya ini baru untuk Indonesia ya, karena di beberapa negara lain, seperti India, produk ini sudah lama masuk. Aku kenal Suzuki tuh udah lama, sejak masih kecil. Almarhum Papa yang membuatku kenal dengan merk brand otomotif yang satu ini. Yup, papa itu Suzuki mania. Beliau suka gonta-ganti kendaraan tiap tahun, dengan merk yang sama *ah jadi inget almarhum papa :’)

Kalau yang seangkatan denganku pasti tau istilah libur 40 hari kan ya :D Nah, setiap libur sekolah 40 hari, papa ku biasanya akan ambil cuti di kantor, dan kami sekeluarga akan berlibur ke Jakarta (yah, hampir tiap tahun aku dan keluarga pergi liburan ke Jakarta). Aku ingat banget, kalau sudah saatnya pergi liburan, mama yang paling sibuk menyiapkan segala sesuatunya. Mulai dari bantal, selimut, pakaian, susu buat adek, termos berisi air panas, dan bekal makanan yang disiapkan dalam sebuah keranjang yang terbuat dari rotan.

Perjalanan ke Jakarta biasanya ditempuh dalam waktu 3 hari 2 malam. Jangan ditanya kenapa, karena selain papa menyetir kendaraan sendiri – tanpa menggunakan sopir cadangan (dan sampai akhir hayatnya, papa masih kuat menyetir kendaraan sendirian dalam jarak tempuh yang jauh), kami juga sering mampir dulu ke rumah saudara-saudara di sepanjang jalur yang kami lewati. Jadi sekalian liburan, kami juga bersilaturrahmi dengan keluarga yang tinggal di daerah lain.

Sesampainya di Jakarta, biasanya kami menginap di rumah adiknya nenek di daerah Tanah Abang. Nah, saat kami berlibur ke berbagai tempat wisata bersama Nenek dan Kakek Tuo (begitu aku memanggil saudaranya nenek), papa malah sibuk mencari-cari kendaraan yang ingin ditukar tambahnya dengan kendaraan yang lama >.< Begitulah rutinitas liburanku tiap tahun, hehe….

Papa memang suka banget dengan yang berbau otomotif. Beliau suka bongkar-bongkar kendaraan sendiri atau bersama dengan teman-temannya. Peralatan perkakasnya pun komplit, dan garasi penuh dengan barang-barang berbau otomotif milik papa :D Namun entah mengapa, papa sangat suka dengan kendaraan merk Suzuki, aku pun tidak menanyakan alasannya waktu itu, karena aku yang masih kecil taunya duduk manis di jok belakang, sambil menikmati pemandangan dan semilir angin di sepanjang perjalanan (kala itu belum ada fasilitas AC di mobil).

Makanya saat mendapat undangan dari Suzuki yang akan memperkenalkan produk terbarunya, yaitu IGNIS, pada hari Kamis, 20 April 2017 kemarin, di IGNIS Exhibition Mal Kota Kasablanka, aku sangat senang, karena selain merk kendaraan ini mengingatkanku pada almarhum Papa, aku juga ingin mengenal lebih dekat lagi dengan kendaraan Suzuki ini (kali aja ntar ikut koleksi Suzuki juga seperti papa, iya kaan :D )


Sesampainya di Atrium Mal Kota Kasablanka, aku melihat 4 unit Suzuki IGNIS di pajang di sana. Ada 4 varian warna yang kulihat, yaitu merah yang terlihat cantik di atas stage, sedangkan tiga lainnya yang berwarna hitam, putih, dan biru dipajang mengelilingi stage. Pertama memandang, aku langsung naksir dengan si merah. Body IGNIS ini terlihat begitu sporty dan kokoh di mataku. Apalagi desain fender garnish pada bagian sampingnya, membuat IGNIS tampil keren dan as move a flash :D
SUZUKI IGNIS
IGNIS ini merupakan genre terbaru di kelas Sport Utility Vehicle (SUV) nya Suzuki. Melihat ukurannya yang sedikit kecil, dengan muatan 4 orang penumpang, IGNIS cocok bagi keluarga kecil atau keluarga yang baru menikah, serta bagi masyarakat urban dengan mobilitas yang tinggi. Walaupun membawa desain baru dengan karakter yang unik, namun IGNIS nampak masih membawa unsur Suzuki dalam kemasannya :)

Ibu Anne
“IGNIS ini merupakan SUV pertama yang dikeluarkan Suzuki. Dapat dilihat, IGNIS ini memang beda dari model-model mobil Suzuki lainnya. Jadi ini agak out of the box ya,” kata Ibu Arviane D. Bahar, Head of Corp. Communication PT Suzuki Indomobil Sales, yang memberi sambutan saat kami datang.

Produk IGNIS ini baru saja launching di Indonesia tanggal 17 April 2017 lalu. Dan ternyata IGNIS ada singkatannya juga lho, yaitu I (Irit bahan bakar), G (Ground Clearance yang tinggi, yaitu 180 mm), N (New genre), I (Interior modern dan futuristic), dan S (Sporty). Ground Clearance yang tinggi membuat IGNIS bisa dengan aman melewati banjir atau jalanan yang berlubang.

Untuk eksteriornya, pada bagian depan IGNIS, terdapat lampu dengan LED Projector, yang bisa di stel ketinggian lampunya. Jadi saat mobil memasuki sebuah jalan kecil atau gang, lampu ini bisa di stel ketinggian, dengan menurunkan lampu sehingga tidak menyilaukan warga yang sedang nongkrong di pinggir jalan atau gang tersebut.

Fog Lamps, and LED Projector Headlamps with DRL
Oya, ternyata IGNIS punya 6 pilihan warna untuk tipe IGNIS GL. Selain warna merah (Uptown Red Pearl), Hitam (Midnight Black Pearl), Putih (Arctic White Pearl), dan Biru (Tinsel Blue Pearl Metallic) yang aku lihat tadi, ternyata ada warna Silver (Silky Silver), dan Abu-Abu (Glistering Grey Metallic) juga. Sedangkan untuk tipe IGNIS GX ada 7 pilihan warna, yaitu Silver, Hitam, Putih, Abu-Abu, perpaduan warna merah dan hitam, perpaduan warna biru dan hitam, serta perpaduan warna biru dan putih.

Jadi Suzuki mengeluarkan 2 tipe untuk produk IGNIS, yaitu tipe GL dan tipe GX, dengan 2 pilihan transmisi, yaitu yang manual atau AGS. Untuk AGS kelebihannya adalah kita bisa menggunakannya secara otomatis dan juga manual tanpa kopling. Bagaimana dengan kerangka yang mendukung IGNIS ini? Karena desain yang keren saja, tanpa kerangka yang kuat, tentulah kurang baik untuk keselamatan penumpangnya ya.

Hal ini sudah dipikirkan oleh pihak Suzuki, yang ternyata juga mengutamakan keselamatan pengendaranya. IGNIS didukung dengan platform baru yang bernama HEARTECT, yaitu berupa struktur baru high-rigid underbody bermaterial high-tensile steel yang kuat. Dengan mengusung struktur body yang Total Effective Control Technology, membuat IGNIS memungkinkan untuk dipakai di jalanan offroad.

Melirik ke bagian Interior IGNIS, ternyata tatanannya cukup modern dan futuristik, seperti tampilan jok penumpang yang terlihat sporty dengan model bucket seat. Di bagian dashboard terdapat MID (Multi Information Display), dilengkapi juga dengan bluetooth connection, sehingga bisa terkoneksi dengan ponsel untuk menerima dan menolak panggilan.


Pada bagian meter cluster yang ada di depan kemudi, pengemudi dapat melihat informasi tentang baterai aki, immobilizer, power steering, ABS, hand brake, oil indicator, RPM meter, Speedometer, Safety Belt, dan Airbag. Oya, agar pengemudi dapat berkendara dengan nyaman dan bisa bermanuver dengan ringan, kemudi IGNIS menggunakan Electric Power Steering, sehingga tingkat respon kemudi bisa lebih presisi :)

Mas Emir
Menurut Mas Emir Reza Isnafi, Corporate PR 4W & OBM - Strategic Planning Department PT. Suzuki Indomobil Sales, dalam segi keamanannya, IGNIS dilengkapi dengan 3 fitur utama, yaitu ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brakeforce Distribution), dan BA (Brake Assist). Selain itu terdapat juga dual SRS Airbag di dua jok bagian depan, dan sabuk pengaman dengan fitur pretensioner & force limiter.

Satu lagi fitur yang keren menurutku, yaitu fitur Keyless Entry. Selama kunci ada di jarak yang tak lebih dari 80 cm dari mobil, cukup dengan menekan tombol warna hitam yang terdapat di pintu, kita bisa membuka pintu. Jadi nggak perlu repot-repot mencari kunci mobil yang terselip dibalik tumpukan barang-barang yang ada dalam tas atau kantong kita. Begitupun untuk menghidupkan mesin mobil, cukup dengan menekan tombol START/STOP pada dashboard tanpa perlu memasukkan anak kunci, untuk bisa mengaktifkan mesin.

Ngomong-ngomong soal irit bahan bakar, IGNIS memang efisien terhadap bahan bakar, karena mesin bensin empat silinder K12M berkapasitas 1.197 cc ini didukung dengan Variable Valve Timing (VVT) dan juga DOHC. Hasil tes jalan, konsumsi bahan bakar IGNIS mencapai 23,64 km/ liter untuk transmisi manual, dan 23,44 km/ liter untuk transmisi AGS.

Usai mendengarkan penjelasan dan informasi lengkap mengenai IGNIS dari Ibu Anne dan Mas Emir, aku dan beberapa teman blogger yang hadir diajak untuk test drive guna menguji ketangguhan dan performa Suzuki IGNIS. Yup, teori saja tanpa praktek nggak kan lengkap rasanya ya :D 

Test drive SUZUKI IGNIS di lapangan
Aku pun ikut sebagai penumpang dan merasakan ketangguhan IGNIS saat dikemudikan oleh salah seorang teman. Saat memasuki IGNIS, walau dari luar terlihat imut, namun saat masuk, ternyata ruang bagian belakang lumayan lega ya. Bangkunya juga nyaman saat diduduki. Cover bangkunya terlihat modern dan stylist. Warna-warna ornamen dalam kabin disamakan dengan warna body-nya :)


Melewati jalanan yang berkelok, temanku nampak dengan ringan memutar kemudi. Bunyi mesinnya juga halus. Lalu saat IGNIS melewati beberapa tanjakan yang memang sengaja dipasang, aku yang duduk di bagian belakang dapat merasakan betapa lembutnya hentakan yang dihasilkannya. Mungkin kenyamanan ini berkat suspensi depan MasPherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang Torsion Beam Coil Spring yang dipasangkan pada IGNIS ini. So far, Suzuki IGNIS sangat menawan dan memikat untuk dipinang dan dibawa pulang :D

Berapa harga yang harus ditebus untuk bisa membawa pulang IGNIS? Untuk tipe GL MT dimulai dengan kisaran angka Rp 139.500.000,- Sedangkan untuk tipe GX MT seharga Rp 159.500.000,- dan tipe GX AGS dengan harga Rp 169.500.000,- Harga ini masih bisa dicicil secara kredit dengan bunga 3,26%, cicilan 1,5 jutaan, uang muka mulai dari 15%, dan dengan cicilan sampai dengan tenor 7 tahun. Ini merupakan paket spesial dari Suzuki untuk calon konsumennya.

Bahkan untuk pembelian IGNIS selama periode April 2017 ini, Suzuki akan memberikan hadiah langsung, berupa uang elektronik senilai 1 juta rupiah lho! Atau kamu bisa dapetin hadiah utama berupa Suzuki GSX-S 150 atau Suzuki Satria 150, dengan cara mengikuti test drive di IGNIS Exhibition, seperti yang aku dan teman-temanku sudah lakukan tadi :D

Kamu juga bisa melihat IGNIS ini di Indonesia International Motor Show (IIMS) yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 April – 7 Mei 2017 besok. Di sana, kita dapat melihat produk-produk lain dari Suzuki, tidak hanya mobil saja, tapi juga produk motor Suzuki. Jika ingin mendapatkan informasi yang lebih komplit lagi, silakan call Halo Suzuki di nomor 0800 1100 800, atau kunjungi website resmi Suzuki di www.suzuki.co.id dan akun media sosial seperti FB Suzuki Indonesia dan Twitter @suzukiindonesia yaa :)



Sumber Foto : Pribadi

4 komentar:

  1. udah ngincer suzuki nih mbak kalau nanti mau beli mobil, katanya lebih terjangkau ya

    BalasHapus
  2. Lah perasaan tadi udah komen hahahhaa... (perasaan dek Tanti ajaaa)

    Iya aku kagum ama stylishnya ignis ini. Juga kagum dengan runutnya kenangan tentang almarhum papa. Pasti kangen ya Dewi 😢

    BalasHapus
  3. Kalau lihat kelengkapan fiturnya, saya suprise sama harganya ^_^

    BalasHapus