Kamis, 13 April 2017

HokBen Sajikan New Rising Stars Menu untuk Pelanggannya


Bento atau o-bento adalah istilah di Jepang untuk makanan bekal, berupa nasi dengan lauk pauk dan sayurannya, yang dikemas secara praktis sehingga bisa dibawa kemana-mana, dan bisa dimakan di tempat lain. Ini sama seperti nasi bungkus di Indonesia, cuma beda dipengemasannya, plus cita rasa masakannya.

Bento biasanya ditata dan disusun rapi dalam wadah berupa kotak yang dilengkapi dengan penutup di atasnya. Bahan kemasannya pun beragam, ada yang berupa kotak kayu yang sudah dipernis, kotak roti, maupun nampan berbentuk persegi dari bahan plastik. Penyajian makanan ala bento ini mulai populer di Indonesia sejak hadirnya restoran siap saji Hoka Hoka Bento.



Hoka Hoka Bento mempunyai arti makanan hangat dalam box. Saya sendiri mulai rajin makan di Hoka Hoka Bento sejak tinggal di Jakarta, karena dulu di daerah asal saya, Sumatera, belum ada outlet Hoka Hoka Bento atau yang biasa disebut HokBen ini. Jika saya lagi capek masak, saya biasanya delivery order HokBen untuk makan siang. Tak jarang saat weekend, saya dan keluarga main ke mal, dan menikmati berbagai menu yang ada di outlet HokBen. Menurut saya, HokBen menyajikan hidangan ala Jepang yang lezat, praktis, dengan berbagai pilihan menu, yang bisa dinikmati bersama dengan keluarga maupun dengan teman-teman.

Makanya saya senang banget ketika mendapatkan undangan untuk ikut acara HokBen Blogger Gathering di Blok M Plaza, Jakarta Selatan, pada hari Sabtu, 8 April 2017 kemarin. Outlet HokBen yang ada Blok M Plaza ini merupakan salah satu dari 145 outlet HokBen yang ada di Indonesia, khususnya di wilayah Jawa dan Bali.

HokBen Blogger Gathering di Outlet HokBen Blok M Plaza Jakarta
Hoka Hoka Bento didirikan pada tanggal 18 April 1985 oleh Bapak Hendra Arifin, dibawah naungan PT. Eka Bogainti, dengan restoran pertamanya yang berlokasi di Kawasan Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Hoka Hoka Bento menyajikan berbagai makanan ala Jepang yang variatif, higienis, dengan harga  yang terjangkau. Dengan konsep baru ala Jepangnya ini, membuat Hoka Hoka Bento banyak diminati oleh masyarakat, dan menjadikannya sebagai Japanese Fast Food terbesar di Indonesia.

Pada tahun 1990 Hoka Hoka Bento mulai mengembangkan sayapnya dengan membuka outlet di Bandung. Hingga sekarang, Hoka Hoka Bento sudah memiliki 21 outlet untuk daerah Jawa Barat. Kemudian tahun 2005, Hoka Hoka Bento mulai merambah ke daerah Surabaya dan Malang, dan saat ini sudah memiliki 13 outlet di sana. Selanjutnya pada tahun 2007, Hoka Hoka Bento merilis Delivery Order-nya di 1-500-505, dan membuka order online juga via website www.hokben.co.id pada tahun 2008.


Setelah melalui proses yang panjang, barulah pada tahun 2008 Hoka Hoka Bento resmi memiliki sertifikat halal yang dikeluarkan oleh MUI. Dengan menganut sistem jaminan halal, Hoka Hoka Bento tidak hanya menjamin menu makanannya saja yang halal, namun juga pada semua stakeholder dan vendor yang berhubungan dengan Hoka Hoka Bento. Semua vendor daging, tepung, rempah, dan lain sebagainya harus mempunyai sertifikat halal juga.

Untuk sistem jaminan halalnya ini, Hoka Hoka Bento selalu mendapatkan nilai A, dan itu yang terbaik selama ini. Hoka Hoka Bento berkomitmen untuk selalu konsisten menyajikan hidangan yang berkualitas untuk consumer-nya. Pada tahun 2010, Hoka Hoka Bento memperluas gerainya hingga ke Yogyakarta, Semarang, Solo, dan Bali, serta mulai menyediakan fasilitas drive thru di beberapa outlet, seperti Hokben Alam Sutera Tangerang, BSD Square Tangerang, Harapan Indah Bekasi, dan Polisi Istimewa Surabaya. Hingga saat ini Hoka Hoka Bento masih mencakup wilayah Jawa dan Bali, karena Hoka Hoka Bento ingin lebih konsen dengan kualitas makanannya.

Tahun 2012, Hoka Hoka Bento menambahkan Ho Café di beberapa outletnya, seperti di Hokben Pondok Indah Mal, Hokben Plaza Festival, dan Hokben Karawaci. Bagi yang biasa makan di Hoka Hoka Bento atau sekedar lewat di depan outletnya, mungkin sering melihat logo berupa karakter sepasang anak-anak dengan gaya gambar manga Jepang, yaitu Taro dan Hanako, dengan tulisan Hoka Hoka Bento di bagian bawahnya.

Ibu Irma
Nah, pada tahun 2013, Hoka Hoka Bento mengadakan peremajaan untuk merk dan logonya tersebut. Logo sekaligus maskot Hoka Hoka Bento ini berubah menjadi lebih simpel dan berwarna cerah, dengan tampilan berupa gambar sepasang kepala remaja, tetap dengan gaya ala manga Jepang, lengkap dengan tulisan HokBen di bagian bawahnya. "Pemilihan nama HokBen ini tak jauh dari peran customers setia Hoka Hoka Bento yang sering menyingkat Hoka Hoka Bento dengan sebutan HokBen," jelas Ibu Irma Wulansari selaku Communication Division PT. Eka Bogainti (HokBen) yang turut hadir pada acara gathering

Dengan prestasi dan kualitas yang dimilikinya, HokBen sudah sering mendapatkan award dan accolades dari berbagai pihak. Seperti Top Brand Award 2009 (Fast Food Chain) oleh Marketing Magazine, Indonesia Original Brands (Fast Food Restaurant) pada tahun 2011 dan 2012 oleh SWA Magazine, Superbrand tahun 2010, 2011, dan 2012 oleh AC Nielsen, Pelaku Usaha Peduli Lingkungan pada tahun 2015 oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, dan yang terakhir pada tahun 2016 adalah League 300 Brand – Brand Advocacy tertinggi oleh MarksPlus.Inc.

Tak hanya logo dan merek, HokBen juga mulai mengubah konsep untuk outletnya secara bertahap. Outlet yang biasanya Japanese look dengan nuansa kecoklatan, mulai dirombak menjadi lebih putih dan lebih modern. Namun tentu saja ini tidak akan menghilangkan unsur Japanese-nya. HokBen sekarang lebih menganut pada konsep Japanese Modern, sehingga HokBen terlihat tampil dengan nuansa yang lebih fresh dan bersahabat :)

Good news bagi penggemar hidangan HokBen, HokBen yang selalu mengembangkan menunya, saat ini juga merilis beberapa menu baru untuk line snack, drink, dan dessert-nya. Peluncuran New Rising Stars Menu ini merupakan sebuah refreshment dari menu HokBen yang lebih banyak menyajikan makanan utama, serta sekaligus untuk melengkapi menu snack, drink, dan dessert yang sudah ada sebelumnya. Saya akan memaparkan beberapa menu baru yang ada dalam New Rising Stars ini ya.


Sakana Sticks


Sakana Sticks merupakan menu snack di HokBen, yang melengkapi kategori Tokyo Bites yang sebelumnya sudah ada, yaitu Takoyaki berupa produk olahan dari baby octopus, Tori Popcorn yang berbahan dasar daging ayam, Edamame yaitu kacang kedelai khas Jepang, serta Shumai Furai dan Shumai Steam yang berbahan dasar udang dan ayam, yang dibungkus dengan kulit pangsit.

Beberapa menu HokBen Tokyo Bites
Nah, Sakana Sticks sendiri terbuat dari produk olahan ikan air tawar, yang dibalur dengan tepung khas HokBen. Sakana Stick tersedia dalam dua pilihan rasa, yaitu Sakana Sticks Original dan Sakana Sticks dengan taburan seawed khas Jepang. Rasanya, hmm… crispy di luar, namun tetap lembut saat dikunyah.


Ocha Lychee Tea


Ocha Lychee Tea ini masih menggunakan base ingredients yang sama dengan minuman Cold Ocha-nya HokBen. Namun untuk Ocha Lychee Tea ini ditambahkan butiran nata de coco dan buah leci. Jadi khas original Ocha Hokben masih terasa dalam minuman ini. Penambahan nata de coco dan buah leci membuat Ocha Lychee Tea ini terasa lebih segar dan fruity, serta menjadikannya lebih sehat, karena buah leci mengandung nutrisi, seperti vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.


Soft Pudding


Ada dua Soft Pudding yang diluncurkan HokBen, yaitu Pudding Taro dan Pudding Mango. Sebelum mengeluarkan kedua varian soft pudding ini, pihak HokBen telah melakukan survey terlebih dulu, baik di bagian internal, maupun eksternal di masyarakat. Dari survey tersebut dihasilkan bahwa Pudding Taro dan Pudding Mango ternyata menjadi favorit di masyarakat.

Kedua Soft Pudding ini melengkapi menu dessert yang sudah ada sebelumnya di HokBen, yaitu Es Ogura, Es Sarang Burung, Kakigori, Soft Caramel Pudding, dan Chocolate Pudding. Es Ogura merupakan hidangan penutup berupa kacang merah yang siram dengan air gula, santan, dan es serut. Sedangkan Es Sarang Burung berupa es yang berisi air gula, dan disajikan dengan agar-agar dan buah kelengkeng.

HokBen Dessert
Kalau Soft Caramel Pudding berupa puding lembut yang dipadu dengan saus karamel spesial. Sedangkan Chocolate Pudding berbahan dasar coklat dengan teksturnya yang lembut. Nah, untuk Pudding Taro terbuat dari bahan dasar talas, sedangkan Pudding Mango seperti namanya terbuat dari bahan dasar buah mangga. Namanya soft pudding, maka kedua new dessert ini memiliki tekstur yang lembut dan melted di mulut. Rasanya juga beda dengan puding kebanyakan, lebih kekinian, dengan rasa manis yang pas di lidah.


Menurut saya new menu snack, drink, dan dessert ini akan disukai oleh generasi milenial, karena menunya yang ringan, sehat, dan kekinian, dengan harga yang terjangkau. Untuk bisa menikmati ketiga sajian baru ini, cukup dengan harga yang berkisar dari Rp 16.000 sampai dengan Rp 18.000 saja untuk masing-masing menunya. Ini tentu saja akan menjadikan HokBen sebagai tempat nongkrong yang asyik, yang saat ini memang lagi tren bagi generasi milenial. Namun tidak hanya bagi generasi milenial saja, HokBen bisa dijadikan tempat berkumpul juga bagi keluarga, serta tempat hangout yang nyaman dengan teman-teman kantor.

Jika mau pesan menu-menu di Hokben, misalnya untuk acara gathering kantor, acara sekolah, dan acara lainnya, bisa langsung hubungi ke nomor 1-500-505. HokBen akan memberikan paket khusus, yang bisa di-customize sesuai dengan range harga yang diinginkan. HokBen juga punya Paket Kidzu Bento dan Paket Ultah untuk anak-anak, dengan beberapa pilihan menu.

Oya, tak lama lagi HokBen akan memasuki usia yang ke-32 tahun ya. Selamat ya HokBen! Semoga tetap menyajikan hidangan yang berkualitas, layanan yang terbaik bagi consumers-nya, terus berkreasi sehingga tetap menjadi Japanese Fast Food terfavorit di masyarakat :)

So, bagi yang mau mencicipi menu baru HokBen ini, bisa pesan di semua outlet HokBen yang ada. Untuk informasi yang lebih komplit bisa kamu dapatkan di :

Website resmi HokBen Indonesia : www.hokben.co.id
Akun Facebook HokBen Indonesia : http://www.facebook.com/HokBenID
Akun Twitter HokBen Indonesia : http://www.twitter.com/HokBen
Akun Instagram HokBen Indonesia : www.instagram.com/hokben_id



Sumber Foto : Pribadi
Sumber Info : hokben.co.id dan Wikipedia

11 komentar:

  1. Satu Hal yang pasti kalau ke hokben, KENYANGGGGG ! Sukak bgt resto yg satu ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakaka...sekarang dah ada snack baru yang enak buat diajak nongki :D

      Hapus
  2. Menu-menu barunya HokBen enak-enak nih, kemarin saya pernah cobain beberapa menu barunya itu, benar-benar bikin nagih untuk ke HokBen lagi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Wan. Kalo saya suka dessert-nya sih. Kan saya penyuka yang manis-manis, hihi...

      Hapus
  3. Buat aku si pecinta takoyaki, menu baru Hokben ini kayaknya harus dicoba nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kudu nyoba Mbaa, sayang aja kalo belum pernah nyicipin menu baru di HokBen :)

      Hapus
  4. Mmh jaid lapar nih mba Dewi lihat menu makanna yang ditawarkan Hok Ben :)

    BalasHapus
  5. Mbak Dewi, ralat ya..acaranya tanggal 8 April :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, iyaa. Makasih koreksiannya Mbaa, udah aku edit :D

      Hapus
  6. Uni suka apaaah???
    Aku takoyakiii, gak rela bagi-bagi. Hahahah

    BalasHapus