Jumat, 24 Maret 2017

Cheerful & Creative Mums, Happy Family


Wanita adalah makhluk yang unik, yang katanya susah ditebak apa maunya. Namun kenyataannya, wanita juga merupakan makhluk yang lebih kuat dibandingkan kaum pria. Nah lho! Yap, menurut penelitian, wanita itu lebih kuat dalam mengelola beban pekerjaan yang ditanggungnya dibandingkan pria. Banyak wanita yang multitasking kan ya. Jadi ibu pekerja, yang mengerjakan seluruh pekerjaan rumah tangga, ngantor juga, merawat anak-anak, ngurus suami, sampai terkadang malah tidak sempat mengurus dirinya sendiri. Waktu 24 jam serasa tidak pernah cukup *curhaat XD

Nah, mungkin karena itulah makanya wanita lebih gampang stres dibandingkan pria. Semuanya dikerjain, yang ada kemudian capek, lalu jadi mudah tersinggung dan uring-uringan. Makanya, kita wanita jangan sampai stres deh! *ntar cepat tuir lho! :D Sesekali cobalah untuk refreshing. Banyak cara untuk menghilangkan stres, tergantung kitanya, senengnya apa.

Ada yang suka me time dengan cara jalan-jalan ke pantai atau pelesiran, ada yang pergi ke salon, menghirup aroma terapi, massage, shopping, membaca buku kesukaan, dengerin musik, bahkan kulineran macam saya, wekeke…. Pokoknya berbagai hal yang menyenangkan baginya deh.

Jika sudah cukup me time-nya, tentu wanita akan merasa lebih relax, lebih bahagia. Iya nggak! Jika wanita bahagia, ia akan menularkan bahagianya dan energi positifnya pada orang-orang yang berada di dekatnya atau keluarganya. Bagi seorang ibu, energi positif ini sangatlah penting bagi anak-anak dan suaminya. Hubungan yang harmonis, yang terbina antara orangtua dan anak-anaknya, dapat membantu anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang resilien.

Banyak lagi cara lain untuk merilis stres ini. Seperti yang dijelaskan oleh Dr. Endang Mariani Rahayu, M.Si, seorang Pengamat Psikologi Sosial & Budaya serta Peneliti Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, pada saat acara diskusi dan workshop kreatif bersama SoKlin Softergent, hari Rabu,tepatnya pada tanggal 22 Maret 2017 kemarin, di Nanny’s Pavillon Central Park.

Ibu Endang
“Perempuan itu lebih banyak mengalami depresi dibandingkan lelaki. Tapi perempuan lebih kuat dalam menghadapi stres itu. Cara mengelola stres itu secara umum adalah dengan membaca, bersosialisasi atau bicara dengan teman, olahraga, dan melakukan berbagai hal menyenangkan lainnya,” papar Bu Endang.

Cara untuk menghilangkan stres itu adalah dengan melihat sesuatu yang indah-indah, mendengar yang enak didengar, dan mencium aroma wewangian. Itu salah satu untuk mereduksi stres, makanya ada aroma terapi saat kita massage. Ada satu penelitian yang mengungkapkan bahwa walaupun seseorang sudah memandang yang indah-indah, serta mendengarkan musik yang menyenangkan, namun jika saat itu mencium aroma yang tidak sedap, maka semua keindahan tersebut bisa hilang. Dari studi tersebut disimpulkan bahwa keharuman itu lebih membuat kita merilis stres dibandingkan melihat dan mendengarkan sesuatu.

Untuk mendukung wanita Indonesia, SoKlin meluncurkan So Klin Softergent, yaitu detergen plus softener yang mampu membersihkan dan melembutkan pakaian dalam satu langkah mudah. Wanita kan pengennya waktu nyuci itu cepat ya. Jadi dengan detergen yang udah ada softener-nya, maka waktu mencuci bisa dipersingkat lagi.

Pada Softergent juga ditambahkan fresh protection formula (anti bacteria), sehingga pakaian tidak bau apek, meskipun dijemur di dalam ruangan. Apalagi saat ini musim hujan ya. Dimana pakaian bakal lama keringnya karena dijemur di dalam ruangan, yang biasanya bikin pakaian malah jadi apek. Nah, formula ini bisa bikin pakaian jadi nggak apek. Asyiknya lagi, SoKlin Softergent ini tidak panas di tangan lho!

Tahu kalau mencuci pakaian itu merupakan salah satu pekerjaan rumah tangga yang lumayan menyita waktu, menjadi beban, dan bikin capek (hayoo ngakuu, iya kaan :D), SoKlin Softergent diramu dengan aroma yang segar, lembut, dan harum, sehingga aroma ini dapat menjadi aroma terapi, yang mampu membangkitkan mood para wanita atau ibu saat mencuci pakaian.

Ibu Joana
“Aroma sensory dari SoKlin Softergent ini mampu mengubah suasana hati. Jadi diharapkan, rutinitas mencuci pakaian menjadi saat yang menyenangkan bagi wanita, yang mampu membuat wanita relax, dan mengurangi tingkat stres yang dialami sepanjang hari,” jelas Ibu Joana Elizabeth Samuel, Senior Product Manager Fabric Care PT. Sayap Mas Utama (Wings Group).

Pada acara diskusi dan workshop kreatif ini juga hadir seorang ahli fragrance, yaitu Ibu Jessmin Leong. Ibu Jessmin merupakan seorang Business Development Director Givaudan Fragrance House. Menurut Ibu Jessmin, indera penciuman berkaitan erat dengan emosi dan pengelolaan memori daerah otak.

Ibu Jessmin
“Saat kita mencium wewangian, maka reflek sensorik yang ada dalam tubuh akan menghubungkannya ke memori, emosi, dan mengasosiasikannya pada sebuah obyek, tempat, kata-kata, atau orang tertentu,” jelas Ibu Jessmin.

Bener juga sih. Aroma tertentu dapat mengingatkan saya ke momen-momen tertentu atau momen yang membahagiakan yang pernah saya alami. Misalnya aroma masakan tertentu yang mengingatkan saya pada nenek. Saat-saat bahagia bersama nenek, ketika beliau masih ada dulu. Atau aroma parfum yang biasa dipakai mama. Jika saya mencium aroma yang sama, maka saya suka ingat sama mama di kampung :)

Nah, selain tiga narasumber di atas, hadir juga nih Brand Ambassador SoKlin yaitu Mba Indy Barends. Tau aja deh gimana hebohnya artis yang satu ini. Mba Indy selalu terlihat ceria dan bahagia. Mba Indy mengatakan bahwa walaupun ia selalu terlihat bahagia, pasti kebanyakan ibu atau wanita itu mengalami stress juga seperti dirinya.

Yap, terlihat ceria di segala kesempatan, belum tentu bahwa ia tidak mengalami stres. Apalagi di tengah kesibukannya, mulai dari bangun tidur, menyiapkan bekal untuk anak yang mau berangkat sekolah, mengurus suami, lalu lanjut pergi untuk siaran radio. Belum lagi kegiatan-kegiatan lainnya.

Indy ingin menciptakan keluarga yang bahagia. Untuk itu ia harus selalu berusaha agar tetap bahagia. Cara untuk itu adalah dengan menghilangkan stresnya, yaitu  dengan ‘me time’. Me time ala Indy adalah dengan berkendara yang jauh, sambil dengerin musik, dan tentu saja dengan mencium aroma wewangian.

Mba Indy
“Mencium aroma wewangian itu dapat menenangkan, bahkan bisa membangkitkan mood lho! Kita bisa menjadi pribadi yang cheerful dan kreatif. Lalu menularkan energi positif tersebut ke orang-orang di sekeliling kita,” kata Indy sambil tersenyum lebar.

Sesuai dengan tema yang diangkat pada acara diskusi dan workshop SoKlin Softergent ini, yaitu “Cheerful & Creative Mums”, maka hadir juga seorang wanita muda yang kreatif, Mba Martha Puri, dengan akun Instagramnya @IdekuHandmade. Menekuni handmade scraf awalnya merupakan sebuah bentuk me time bagi Mba Martha, yang kemudian malah berlanjut menjadi sebuah bisnis.

Mba Martha sempat menceritakan masa kecilnya dulu, yang sempat cemburu sama teman-temannya sekolahnya yang sering dijemput sama orangtuanya, sedangkan ia tidak. Ia pun punya keinginan agar anaknya nanti tidak mengalami perasaan seperti yang ia rasakan dulu. Dari kecil, Mba Martha sudah bertekad agar bisa membagi waktu antara pekerjaan dan menjemput anak-anaknya.

Mba Martha
Seiring berjalannya waktu, ketika sudah dewasa, menurut Mba Martha dunia kerja begitu sulitnya, bahkan ia menjadi tidak tertarik lagi dengan kerja kantoran. Mba Martha mengambil kuliah jurusan desain grafis sesuai dengan minatnya. Setamat kuliah, Mba Martha sempat bekerja selama 2 tahun di salah satu TV swasta. Namun selama bekerja Mba Martha merasa sangat stres. Stres selama menempuh perjalanan dari rumah ke kantornya.

Mba Martha pun kepikiran untuk mengerjakan sesuatu yang disukanya sejak dulu, yang bikin ia happy, yaitu bikin prakarya, bikin barang-barang bekas menjadi sesuatu yang berguna. Hingga akhirnya ia bikin Ideku Handmade ini. Dari sebuah stress release, Mba Martha tidak mau terjebak dalam tingkat sres yang terlalu tinggi, kemudian mengerjakan sesuatu yang disuka, sesuai dengan passion, hingga akhirnya bisa menjadi sebuah bisnis sukses.

Mba Martha menunjukkan cara membuat gradasi warna saat workshop

Cheerful & Creative Mums
Banyak hal yang bisa dilakukan untuk merilis stres yah. Bisa disesuaikan saja dengan apa yang kita sukai. Bahkan jika sesuatu yang kita sukai itu merupakan sesuatu yang bisa dikembangkan algi mejadi sesuatu yang kreatif, misalnya seperti Mba Martha tuh, ditekuni dengan serius, malah bisa menjadi sebuah bisnis yang sukses. Senang bangetkan ya, bisa mengerjakan sesuatu yang kita sukai, lalu menjadi bisnis yang sukses. Cheerful & Creative Mums, Happy Family :)

Photo session


Foto-foto : Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar