Sabtu, 11 Maret 2017

Cerita Inspirasi di Tupperware International Women Day 2017

Yups, setiap tanggal 8 Maret diperingati sebagai Hari Perempuan Sedunia atau International Women’s Day. Saya ingatnya pas mendapat undangan untuk menghadiri acara bersama Tupperware Mal Taman Anggrek, yang menyelenggarakan kegiatan ini dalam rangka memperingati International Women’s Day 2017, (nggak peka banget yak, hehe).


Acaranya sendiri dilaksanakan di Showroom Tupperware Mal Taman Anggrek, pada hari Rabu sore, tanggal 8 Maret 2017. Waktu sampai di Showroom Tupperware MTA, saya pikir acara sudah dimulai, karena ramai sekali orang terlihat di sana. Namun ternyata Tupperware lagi ada program tukar produk bekas merk lain dengan produk Tupperware.
Ketika teman blogger lain mulai berdatangan, saya pun barengan masuk dengan mereka buat nyari pewe di ruang acara, hihi. Di dalam nampak seorang pria sibuk mempersiapkan berbagai bahan makanan untuk cooking class – yang ternyata adalah Chef Lutfi. Pada sesi pertama, memang ada Kegiatan Cooking Class oleh Chef Lutfi.


Cooking Class

Karena nggak lama lagi bakal diperingati Hari Bekal Nasional, yaitu tanggal 12 April mendatang, maka Chef Lutfi mempraktekan cara bikin salah satu menu untuk dijadikan bekal, yaitu Butter Rice, Chicken Nugget, dan Bola-Bola Ayam Saus Asam Manis. Beberapa bahan untuk membuat menu ini dibantu dengan peralatan dapur dari Tupperware.

Chicken Nugget

1 kg Dada Ayam, digiling menggunakan penggiling daging Tupperware FusionMaster Mincer. Mincer Tupperware ini nggak menggunakan listrik, cukup menggunakan tenaga tangan saja, sehingga praktis digunakan dimana-mana. Produknya juga mudah dibongkar untuk dibersihkan. Selain itu Mincer Tupperware memiliki berbagai ukuran buat mencincang, bahkan bisa untuk membuat isian sosis. Dengan Suction Base Vacuum Action, penggiling mampu berdiri kokoh di segala permukaan.


Tambahkan wortel parut ke dalam adonan ayam yang sudah digiling tadi, untuk menambahkan nutrisi pada nugget. Setelah itu tambahkan juga irisan buncis, kaldu bubuk non msg, merica bubuk, lalu aduk rata. Nah, kemudian adonan dimasukan ke dalam mesin pencetak yaitu Tupperware Handpress. Alat ini bisa digunakan untuk mencetak apa saja, asalkan memiliki tekstur yang lembut, seperti kue, pempek, otak-otak, dan lain-lain.



Adonan nugget yang sudah dicetak bisa langsung digoreng sampai berwarna kuning keemasan. Tapi jika ingin disimpan dulu di freezer, balurkan adonan nugget yang sudah dicetak tadi dengan tepung terigu terlebih dulu. Adonan ini karena tidak menggunakan bahan pengawet, jadi jangan lama-lama simpan di freezer yaa, paling lama seminggu, kata Chef Lutfi. Oya, jika ingin nugget-nya dipakein tepung panir atau tepung roti, setelah adonan cetak tadi dibalurin tepung terigu, celupkan ke dalam telur, baru kemudian balurkan dengan tepung panir, goreng deh.


Bola-Bola Ayam Saus Asam Manis

1 kg Dada Ayam, digiling seperti adonan nugget. Lalu pada adonan giling tambahkan bubuk kaldu ayam, merica, dan garam, aduk rata. Bentuk bulat adonan seperti bakso. Lalu goreng dengan sedikit minyak dalam wajan panas. Jadi seperti dipanggang gitu di wajan, memberikan warna coklat pada bagian luar bola-bola ayamnya, sehingga kulit luarnya tidak mudah hancur saat dicampur dengan sausnya nanti.


Untuk kuah atau saus asam manisnya, saya lupaa XD Karena suasana yang ramai ditambah saya harus hunting foto juga, sehingga suara Chef Lutfi nggak gitu kedengaran. Tapi sepertinya tumis bawang putih yang telah dicincang menggunakan Tupperware Turbo Chopper, gunakan minyak goreng bekas menggoreng bola-bola ayam tadi. Setelah wangi tambahkan sekitar 200 ml air, irisan bawang bombay, kacang polong, garam, dan saus tomat. Aduk hingga mendidih, baru kemudian cemplungin bola-bola ayamnya ke dalam saus.


Sama dengan alasan di atas, untuk cara buat Butter Rice juga ke skip, tapi katanya resep ini bakal di publish di Instagram Tupperware. So, ceki-ceki di sana aja ntar deh, wkwkwk. Tapi pas saya cobain menu-menu yang buat Chef Lutfi enak, apalagi karena bahannya nggak ada campuran tepungnya, jadi daging ayamnya benar-benar terasa. Yummyy :d


Enterpreneurship Talkshow

Setelah semua peserta yang hadir puas mencicipi menu bekal sehat dari Chef Lutfi, acara dilanjutkan ke sesi berikutnya, yaitu Entrepreneurship Talkshow bersama dua orang wanita inspiratif, yaitu Ibu Hanifa Ambada dan Mba Susianti. Ibu Hanifa merupakan Founder Female Daily Network, sedangkan Mba Susi adalah seorang Manajer PT. Pijar Graha Cemerlang.

Berawal dari menjadi seorang Blogger sejak tahun 1999, kini Ibu Hanifa sukses menjadi seorang pembisnis di dunia maya, dengan membangun Female Daily Network, sebuah jaringan media digital dan komunitas khusus tentang perempuan, yang dikelolanya bersama dengan Affi Assegaf. Hingga saat ini Female Daily Network merupakan komunitas perempuan online terbesar di Indonesia. FDN mengelola beberapa situs, seperti FashionisDaily.com, MommiesDaily.com, PopsDaily.com.

“Bisnis ini dimulai dari sebuah hobi, yaitu nulis di blog, hingga kemudian bisa berkembang jadi seperti sekarang. Kita mengajak perempuan-perempuan Indonesia untuk bisa berkarya juga. Jika memutuskan untuk menjadi ibu rumah tangga, jangan hanya di rumah aja, tapi juga bisa berkarya dari rumah, untuk mencari sesuatu yang bisa bermafaat untuk diri sendiri dan juga untuk orang lain. Namun tetap punya waktu yang fleksibel untuk mengurus rumah tangga juga,” jelas Ibu Hanifa.

Ibu Hanifa mengungkapkan bahwa membangun komunitas ini memang banyak up and down-nya, begitulah dunia bisnis. Namun beliau senang, karena lewat komunitas ini ia bisa bertemu banyak perempuan yang inspiratif. Bu Hanifa banyak belajar dari perempuan-perempuan inspiratif ini.

Bisnis Bu Hanifa bisa berkembang seperti saat ini, semua karena bisnis ini dikembangkan dari sesuatu yang beliau suka banget, sesuatu yang datangnya dari hati, bisa bermanfaat bagi orang lain, sehingga apapun yang terjadi, semua dilewati dengan mudah, dan tentu juga karena dukungan penuh dari suami dan keluarganya.

Tips simpel membuka peluang bisnis sendiri ala Ibu Hanifa :
  • Sesuai dengan fashion
  • Konsisten
  • Harus punya mimpi besar
  • Punya target untuk diri sendiri

Menurut Bu Hanifa, wanita Indonesia sebenarnya mempunyai peluang bisnis yang besar, karena support system di Indonesia itu banyak, dan itu membantu banget. Karena kita dengan keluarga dan tetangga punya hubungan yang dekat, beda dengan di luar negeri yang individu. Ini bisa dimanfaatkan untuk bisa lebih berkarya.

Nah, Mba Susi merupakan seorang figur inspiratif dari Tupperware. Beliau berhasil menangkap peluang dan memanfaatkan peluang tersebut menjadi sebuah lahan bisnis, yang akhirnya bisa membantu banyak orang untuk hidup lebih baik. Memiliki 4 orang anak laki-laki yang masih kecil, tidak menghentikan langkah Mba Susi untuk terus berkarya.

Mba Susi bergabung dengan Tupperware sejak tahun 2011. Awal bergabung dengan Tupperware karena kecintaan Mba Susi pada produk-produk Tupperware. Jadi selain digunakan dan dikoleksi sendiri, Mba Susi juga menjual produk-produk Tupperware. Kan lumayan buat nambah-nambah uang dapur, hehe.

Karena ketelatenannya, selain mendapatkan keuntungan dari berjualan produk Tupperware, Mba Susi juga mendapatkan benefit lain, yaitu jalan-jalan ke luar negeri yang dibiayai oleh Tupperware. Pertama kali keluar negeri adalah ke Jepang pada tahun 2012. Lalu dilanjutkan ke Hongkong, Thailand, Australia, dan terakhir tahun kemarin ke Shanghai. Ke semuanya gratis karena dibiayai oleh Tupperware.

“Nggak nyangka aja saya bisa jalan-jalan keluar negeri gratis, karena latar belakang saya sebagai ibu rumah tangga. Namun dengan bergabung di Tupperware saya bisa. Selain itu, networking saya semakin banyak dan luas,” papar Mba Susi.

Sejak bergabung di Tupperware, Mba Susi sudah bisa membangun rumah, membiayai sekolah pesantren anak-anaknya, mendaftarkan asuransi anak-anaknya, dan terakhir membeli mobil. Mba Susi ingin agar orang lain bisa sukses seperti dirinya. Saat ini sudah ada sekitar 50 orang yang telah bergabung di Tupperware, karena terinsiprasi dengan sosok Mba Susi. Mereka  ingin bisa sukses seperti Mba Susi. 


Wah, keren-keren ya kedua wanita ini, sangat menginspirasi! Jangan pernah takut untuk bermimpi, karena dengan bermimpi kita punya semangat untuk bisa meraihnya. Di tahun ini, Tupperware ingin mengajak sejuta wanita Indonesia mengubah hidupnya menjadi lebih baik, tangkaplah sejuta peluang yang ada - sesuai dengan kampanye #TupperwareSejutaPeluang. Ini tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, namun juga bagi orang lain. Acara kemudian ditutup dengan introduction produk-produk terbaru dari Tupperware, yang merupakan lini produk untuk membawa bekal makanan. Happy International Women’s Day! :) 


Foto : Pribadi

2 komentar:

  1. Waah saya perlu resepnya nih mba...keren ya pencapaian dua perempuan ini..inspiratif...

    BalasHapus
  2. We are a Finance Industry Company professionals with over 15 Years Experience and a focus on providing Bank Guarantee and Standby Letter of Credit from some of the World Top 25 Prime Banks primarily from Barclays, Deutsche Bank, HSBC,Credit Suisse e.t.c.

    FEATURES:
    Amounts from $1 million to 5 Billion+
    Euro’s or US Dollars
    Great Attorney Trust Account Protection
    Delivered via MT760, MT799 and MT103 Swift with Full Bank Responsibility
    Brokers Always Protected

    Purchase Instrument of BG/SBLC : 32%+2% Min Face Value cut = EUR/USD 1M-5B
    Lease Instrument of BG/SBLC : 4%+2% Min Face Value cut = EUR/USD 1M-5B

    Interested Agents/Brokers, Investors and Individual proposing international project funding should contact us for directives.We will be glad to share our working procedures with you upon request.


    We Facilitate Bank instruments SBLC for Lease and Purchase. Whether you are a new startup, medium or large establishment that needs a financial solution to fund/get your project off the ground or business looking for extra capital to expand your operation,our company renders credible and trusted bank guarantee provider who are willing to fund and give financing solutions that suits your specific business needs.

    We help you secure and issue sblc and bank guarantee for your trade, projects and investment from top AA rated world Banks like HSBC, Barclays, Dutch Ing Bank, Llyods e.t.c because that’s the best and safest strategy for our clients.e.t.c

    DESCRIPTION OF INSTRUMENTS

    1. Instrument: Funds backed Bank Guarantee(BG) ICC-600
    2. Currency : USD/EURO
    3. Age of Issue: Fresh Cut
    4. Term: One year and One day
    5. Contract Amount: United State Dollars/Euros (Buyers Face Value)
    6. Price : Buy:32%+1, Lease: 4%+2
    7. Subsequent tranches: To be mutually agreed between both parties
    8. Issuing Bank: Top RATED world banks like HSBC, Barclays, ING Dutch Bank, Llyods e.t.c
    9. Delivery Term: Pre advise MT199 or MT799 first. Followed By SWIFT MT760
    10. Payment Term: MT799 & Settlement via MT103
    11. Hard Copy: By Bank Bonded Courier


    Interested Agents,Brokers, Investors and Individual proposing international project funding should contact us for directives.We will be glad to share our working procedures with you upon request.



    Name:Richardson McAnthony
    Contact Mail : intertekfinance@gmail.com

    BalasHapus