Rabu, 22 Februari 2017

Jenis Kamera CCTV Yang Banyak Digunakan Saat Ini

Dulu, aku beranggapan bahwa kamera Closed Circuit Television atau yang disingkat CCTV itu hanya dibutuhkan di mal-mal dan diperkantoran gitu. Di tempat-tempat keramaian, yang dianggap rawan dengan berbagai tindak kriminal. Namun sekarang kamera CCTV udah digunakan dimana-mana, seperti di sudut-sudut jalan, rumah, dan di tempat-tempat umum lainnya.  

Kenapa ya? Apa karena angka kriminalitas semakin meningkat? Yang pasti, sebagai salah satu bentuk tindakan pengamanan, antisipasi terhadap tindak kejahatan, atau sekedar alat pengontrol di rumah atau ruangan, kamera CCTV merupakan pilihan yang banyak dimanfaatkan saat ini,  karena dianggap lebih irit biaya dan praktis.

Aku sering banget tuh ngelihat keberadaan kamera CCTV di beberapa sudut ruangan, dengan model yang berbeda. Ada yang bentuknya bulat, ada juga yang persegi. Kamera CCTV ini sudah  banyak di jual di pasaran dengan berbagai macam bentuk dan model. Dari sekian banyak jenis kamera CCTV, berikut ini ada beberapa jenis kamera CCTV yang banyak digunakan.


Jenis-Jenis Kamera CCTV

Ip Camera
Ip Camera atau network camera merupakan jenis kamera, baik yang menggunakan kabel maupun tanpa kabel atau wireless , yang dilengkapi dengan IP Address. Bicara tentang resolusi, Ip Camera ini memiliki resolusi gambar yang lebih tinggi dibandingkan dengan CCTV Analog.

Untuk mendapatkan hasil rekaman pada Ip Camera jenis wireless, kita dapat langsung mengaksesnya melalui jaringan LAN atau WAN tanpa menggunakan perlengkapan converter. Namun perlu diingat, untuk mendapatkan hasil dari rekaman, di area pemasangan kamera harus terdapat koneksi jaringan wireless internet. Begitu pula dengan Ip Camera tanpa kabel, untuk memasang kamera tipe ini, dianjurkan menggunakan kabel UTP, dan jarak penarikan kabel ke router hanya 80-100 meter saja.

Jika kamu berniat memasang jenis kamera ini, kamu harus menyiapkan budget lebih, karena harga kamera CCTV jenis ini lebih mahal. Kamu juga harus menyiapkan dana untuk membeli hard driver dengan kapasitas yang lebih besar, karena resolusi kamera yang lebih tinggi.


Dome Camera
Nah, yang bentuknya bulat seperti kubah dengan design yang simpel ini di sebut juga Dome Camera. Ada dua jenis Dome Camera, yaitu jenis fix camera, dimana kamera hanya bisa merekam pada satu arah saja atau satu titik area, dan yang kedua adalah jenis speed dome, dimana kameranya dapat memutar dengan cepat. Namun harga jual CCTV jenis speed dome lebih mahal dibanding fix camera.

Dome Camera termasuk yang banyak dipilih, karena mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya:
  • Pemasangan Dome CCTV termasuk relatif mudah.
  • Terdapat lapisan dome yang berfungsi menutupi posisi mata kamera yang membuatnya tidak terlihat, sehingga orang tidak akan tahu arah mana yang sedang dipantau kamera.
  • Desainnya yang simpel.
  • Lensa kamera tidak mudah rusak, karena dilindungi oleh lapisan dome.


Box Camera CCTV
Kamera CCTV yang berbentuk seperti kotak atau box ini biasanya dipasang pada bidang vertikal seperti tembok. Jika pemasangan jenis CCTV ini dapat dijangkau oleh tangan, sebaiknya diberi pelindung pada lensa kamera cctv untuk mencegah pengrusakan pada kamera. Untuk merekam pada tempat minim cahaya, kamera ini dapat diberi peralatan tambahan eksternal berupa lensa infrared.


PTZ Camera CCTV
PTZ (Pan Tilt Zoom) Camera, merupakan jenis kamera CCTV dengan fitur terlengkap dalam satu kamera. PTZ CCTV memiliki lensa yang dapat di zoom hingga berkali lipat. Selain itu lensa kamera PTZ ini dapat bergerak ke kiri dan ke kanan, serta ke atas dan ke bawah secara otomatis, baik secara manual maupun terkontrol. Jenis kamera ini sangat cocok untuk memantau area yang cukup luas.


Infrared CCTV
Kamera penghasil gambar hitam putih ini merupakan jenis kamera yang mampu merekam dengan baik di malam hari, dan di area yang memiliki penerangan kurang. Ketajaman gambar dan jarak yang bisa ditangkap dari CCTV Infrared ini dapat dilihat dari banyaknya titik LED infrared. Tentunya kamera Infrared ini sangat cocok dipasang pada area gudang atau penyimpanan barang.

Itulah lima jenis kamera CCTV yang banyak dijadikan pilihan oleh pembeli dan pengguna kamera CCTV selama ini. Sama seperti membeli produk elektronik lainnya, ponsel, laptop, tv, dan lain sebagainya, biasanya kita akan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan. Mau yang sederhana, atau yang komplit, tentu saja juga disesuaikan dengan budget yang kita miliki.

Jika kamu ingin membeli kamera CCTV, dan ingin menentukan pilihan, sebaiknya cari tahu lebih dulu atau lebih banyak lagi mengenai kamera CCTV ini. Bisa dengan cara survey langsung, dan bertanya langsung pada toko yang jual CCTV. Atau jika kamu malas keluar, kamu bisa membelinya di toko online yang dapat berinteraksi langsung dengan penjualnya.

Oya, sebagai informasi aja nih bagi kamu yang berminat beli CCTV. Kamu bisa coba di salah satu market place online penjualan CCTV murah yaitu Indotrading.com. Indotrading ini merupakan pusat supplier dan distributor untuk penjualan kamera CCTV. Semoga informasi ini bermanfaat yaa ^^


2 komentar:

  1. di sini pakainay type done camera, pas banget di depan aku hehehe

    BalasHapus
  2. Wah saya juga lagi berencana beli kamera CCTV, tapi yang spy cam

    BalasHapus