Selasa, 14 Februari 2017

Cara Seru Makan Buah

Ada yang anaknya suka makan buah – berbagai macam buah gitu? Kalo ada, maka berbahagialah, karena beberapa anak ada yang susahnya minta ampun saat diminta untuk makan sayur dan buah. Pengennya permen dan es. Iya kaan :D Atau ada juga yang suka, tapi pilah pilih sayur dan buahnya, seperti anak saya, Najwa. Buah yang dia suka langsung ‘hap’ itu hanya buah pisang, jeruk, dan pepaya. Lalu untuk buah pir, apel dan semangka tergantung mood-nya aja. Strawberi, nenas, blueberi, dan lainnya? Maunya jika udah jadi selai ajaa >.<

Padahal sayur dan buah merupakan makanan yang banyak mengandung gizi dan nutrisinya. Kita orang dewasa aja butuh nutrisi dari buah dan sayur, apalagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Asupan nutrisi yang cukup, tentu akan membuat si kecil dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik.

FYI nih! Buah-buahan itu kan kaya akan kandungan Vitamin A, B2, B3, B5, C, Folat, Kalsium, dan Zink ya. Nah, ini berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak. Karena kaya akan serat, maka dengan mengkonsumsi buah, pencernaan pun akan menjadi lancar, berat badan anak juga terjaga, karena buah itu rendah akan kalori dan gula. Jika tubuh sehat, anak pun dapat beraktivitas dengan baik sepanjang hari :)

Nah, gimana jika si kecil susah atau males makan buah? Ya, kudu diakalin, pinter-pinter ibunya :D Seperti sayaa *lempar bakiak wkwkwk. Iyap, kemarin saya berhasil juga ngakalin Najwa untuk mau makan buah yang dia nggak begitu suka. Eh, ngaku deh, sebenarnya ide nya setelah liat postingan orang lain sih, wekeke.

Jadi, Najwa ini doyannya emang sama permen dan es. Permen dan es apa aja dia sikat. Bahkan bunga es yang nemplok di kulkas pun kadang jadi ‘mangsanya’. Saya jadi sering ngomelin dia karena kebiasaan jeleknya ini *taring emaknya sering nongol deh! Jadi setelah liat postingan tentang cara bikin popsicle, saya pun mikir, kenapa nggak saya sulap aja tuh buah jadi es ya, terutama buah yang dia males makan :D

Cara bikinnya sih simpel. Pagi setelah Najwa berangkat sekolah, saya ke dapur dan mencuci bersih buah strawberi yang saya beli kemarin. Lalu saya potong buahnya dan masukkan ke dalam blender. Untuk rasa manis yang alami, serta karena Najwa suka madu, saya tambahkan sedikit madu. Kalo ada yang suka yogurt, bisa juga ditambahkan secukupnya aja, biar nggak terlalu asam. Blender deh sampai halus. Nah, jika sudah halus, tuangkan ke dalam cetakan popsicle atau es loli. Tutup cetakan, dan bekukan dalam freezer. Tinggal nunggu si krucil pulang sekolah deh!  

Seperti biasa, tiap pulang sekolah, baru sampe rumah, belum ganti pakaian juga, Najwa udah ngibrit ke kulkas, nyari yang dingin-dingin. Sebelum dia ngambil minuman dingin, saya buka freezer di atasnya, dan nyodorin popsicle bikinan saya tadi. Jangan ditanya, gimana senengnya dia dikasih es popsicle ini. Etapi kemudian raut mukanya berubah heran. “Tumben mama ngasih es, biasanya Wawa minta dulu baru dapet,” katanya. “Kalo es yang ini bikinan mama sendiri, jadi aman dan sehat,” jawabku sambil senyam senyum :D


Masih dengan muka heran – mungkin masih bertanya-tanya, kok mamanya bisa bikin popsicle kali ya :D, Najwa pun dengan nikmat mengemut es nya. Ah, dia suka, syukurlaaaah :) Oya, untuk nyopotin es dari cetakannya, tinggal diemin aja cetakannya sebentar di dalam air. Ntar kalo pinggirnya dah keliatan meleleh, tinggal tarik tutup cetakannya. Tutup cetakannya ini berfungsi juga sebagai pegangan es nya. Jadi seru kan makan buahnya :D Eh, cara ini bisa jadi variasi juga nih bagi anak-anak yang emang suka makan buah :)

Informasi dikit ya, kalo ada yang lagi ingin beli blender, saya kasih tau nih, saat ini Philips lagi ada promo. Jika beli Blender Philips tipe HR2115 atau HR2116 berstiker khusus, dapet 6 cetakan es loli, gratis! Lumayan kan, buat nyobain sendiri bikin popsicle buah untuk anak-anak atau keluarga di rumah :)


Foto : pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar