Minggu, 11 Desember 2016

Whatever You Do, Wherever You Go, Stay Connected with Motorola TLKR Radios

Manusia itu tercipta sebagai makhluk yang tidak bisa hidup sendiri. Manusia saling membutuhkan satu sama lainnya. Untuk itulah dibutuhkan interaksi, sosialisasi, dan juga komunikasi antar sesama. Bermacam cara dilakukan manusia agar bisa berkomunikasi dengan baik. Yang awalnya hanya bisa dilakukan secara langsung, hingga kemudian terciptanya sebuah alat komunikasi jarak jauh.

Nah, taukah kamu alat komunikasi jarak jauh apa yang digunakan oleh manusia untuk pertama kalinya? Sandi morse? Telegraf? Radio? Pager? Yup, itu semua merupakan alat telekomunikasi satu arah. Dalam perjalanannya, alat telekomunikasi terus dikembangkan hingga berfungsi sebagai alat telekomunikasi dua arah, seperti walkie-talkie, telepon, hingga ponsel pintar. Beberapa cara berkomunikasi menggunakan alat ini ada yang sudah ditinggalkan, karena dianggap kurang efektif. Namun ada juga yang bertahan hingga sekarang, karena dianggap masih sangat efektif untuk digunakan.

Walkie-talkies merupakan salah satu dari alat telekomunikasi dua arah yang masih digunakan hingga saat ini. Sering melihat petugas security di mal memegang walkie-talkies? Atau petugas lalu lintas, tim SAR, serta pertugas pemadam kebakaran yang menggunakannya? Lalu pernahkah kamu bertanya dalam hati, kenapa mereka masih menggunakan alat ini? Padahal mereka bisa saja menggunakan ponsel pintar yang banyak beredar di pasaran, dengan harganya yang relatif lebih murah.

Sebaiknya kita bahas apa saja keunggulan walkie-talkies atau lebih sering disebut radio talkies ini, sehingga masih digunakan sampai saat ini. Radio talkies merupakan alat komunikasi yang menggunakan gelombang radio untuk memancarkan dan menerima suara. Alat ini dapat digunakan untuk komunikasi dua arah secara bergantian, sehingga dikenal sebagai two way radio atau radio dua arah.

Karena menggunakan gelombang atau frekuensi radio, maka radio talkies tidak memerlukan sinyal satelit atau jaringan dari provider telekomunikasi untuk melakukan fungsinya. Jika walkie-talkies tidak memerlukan jaringan, berarti tidak perlu menggunakan kartu dan pulsa dong ya. Ini berarti lebih hemat biaya pengeluaran untuk beli pulsa setiap saat :D

Nah, karena menggunakan gelombang radio pula lah, makanya radio talkies tidak pernah mengalami kendala saat berada di ruangan yang minim jaringan bahkan tanpa ada jaringan telekomunikasi sama sekali. Misalnya saat berada di ruangan bawah tanah suatu gedung, di daerah pelosok yang belum ada jaringan telekomunikasinya, atau saat berada di lautan.

Sekarang mungkin kamu mulai mengerti mengapa security hotel atau mal, masih menggunakan walkie-talkies kan? Karena dengan jangkauan frekuensi dari walkie-talkies yang lumayan luas, mereka bisa lancar berkomunikasi dengan rekan kerja lainnya, tanpa takut akan kehilangan sinyal. Apalagi jika ada kejadian darurat yang perlu ditangani dengan segera. Dengan adanya walkie-talkies, semuanya dapat segera ditindak lanjuti.

Begitu pun dengan petugas pemadam kebakaran. Saat terjadi kebakaran, biasanya listrik di area tersebut akan dipadamkan, untuk keamanan. Padamnya listrik biasanya dapat berimbas dengan hilangnya jaringan telekomunikasi. Dengan menggunakan walkie-talkies, petugas pemadam kebakaran dapat terus terkoneksi dengan rekan kerjanya di lokasi terjadinya kebakaran.

Makanya hingga sekarang walkie-talkies masih digunakan oleh sebagian orang untuk berkomunikasi. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli pulsa, yang paling penting lagi adalah tidak tergantung dengan sinyal atau jaringan telekomunikasi. Oya, satu lagi keunggulan dari walkie-talkie ini adalah free licence. Ini karena pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika mewajibkan setiap produk radio untuk mempunyai lisensi, sehingga pengguna tidak perlu register lagi saat menggunakannya. Informasi ini saya dapatkan saat menghadiri acara Motorola Solutions di XXI Lounge Plaza Indonesia, pada tanggal 10 November 2016 lalu.

Pada acara tersebut, Motorola Solutions memperkenalkan tiga produk untuk seri terbarunya Motorola Talker Radio, yaitu TLKR T60, T80, dan T80 Extreme. Jika dilihat sepintas, TLKR T60 nampak yang paling imut diantara ketiganya dalam balutan casing berwarna hitam. T80 tampil paling elegan dengan casing berwarna silver, dan T80 Extreme nampak yang paling gagah dan kokoh dalam casing warna kuning cerahnya.


Selain dilihat dari design-nya, ketiga produk ini juga memiliki perbedaan lainnya. Seperti untuk si imut T60, yang merupakan produk paling simpel dibandingkan dua saudara lainnya. T60 memiliki 5 call tones, sementara T80 dan T80 Extreme memiliki 10 call tones. Lalu T80 ini juga tahan terhadap percikan air (splash proof), sedangkan T80 Extreme lebih strong lagi karena tahan terhadap cuaca yang ekstrim (weather proof). Dan keduanya sama-sama memiliki LED torch atau senter. Bedanya T80 Extreme dengan dua produk lainnya adalah paket sudah termasuk handy carry case with accessories-nya.

Motorola TLKR T60

Jadi T60 memiliki 5 call tones, T80 memiliki 10 call tones, LED torch, vibrate alert, dan splash proof, sedangkan T80 Extreme memiliki 10 call tones, LED torch, vibrate alert, weather proof, serta handy case with accessories. Ini merupakan perbedaan ketiganya. Nah, untuk fitur lainnya, ketiganya memiliki persamaan juga, yaitu sama-sama licence free, rechargeable NiMH batteries (supplied), memiliki 20 channels + 121 codes, scan/ monitor, dan VOX (sehingga tidak perlu memencet PTT).

Motorola TLKR T80
Motorola TLKR T80 Extreme

Saya akan jabarkan sedikit informasi mengenai Motorola ya. Motorola sudah didirikan sejak tahun 1928. Wow, sudah lama banget ternyata ya, sudah lebih dari 85 tahun. Dua tahun setelah berdiri, untuk pertama kalinya Motorola menjual produk radio atau walkie-talkie. Dan tahun 1969, merupakan tahun yang bersejarah bagi umat manusia, dengan mendaratnya astronot pertama di bulan, yaitu Neil Armstrong. Saat melakukan perjalanannya ke bulan, Neil berkomunikasi ke bumi dengan menggunakan radio Motorola. Untuk lebih jelasnya, mari simak video yang sempat saya rekam di bawah ini.


Tak heran, produk walkie-talkies Motorola masih banyak dicari hingga saat ini, karena selalu berinovasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Saya sendiri sudah mencoba mengggunakan TLKR T60 di keseharian. Karena ada beberapa teman yang menanyakan bagaimana memasang produk TLKR T60 ini, maka saya pun membuatkan videonya. Silakan ditonton ya :)


Saya termasuk orang yang suka menjelajah hingga ke pelosok desa. Senang saja melihat pemandangan yang masih asri di pedesaan. Namun tau sendiri kan kalau saat ini, daerah-daerah di pelosok atau terpencil masih belum terjangkau oleh jaringan telekomunikasi. Nah, di saat seperti inilah walkie-talkies sangat diperlukan agar saya dapat terus berkomunikasi dengan teman-teman yang lain.


Bahkan di desa teman saya, yang masih terbilang di wilayah Jawa, sinyalnya suka hilang-hilang timbul. Apalagi jika saya berkunjung ke rumah kakeknya yang terletak jauh di bawah rumah orangtua teman saya tersebut. Jaringan telekomunikasinya benar-benar hilang blas! Padahal saat itu kami butuh komunikasi dengan teman yang berada di rumah atas, untuk mengantarkan kekurangan bahan-bahan yang kami perlukan di bawah. Yah, pada waktu itu, saya dan beberapa teman cowok sedang berusaha membantu memasangkan pompa air di sumur kakek teman saya.

Untuk pengaplikasian radio talkies ini sangat mudah dan simpel. Tinggal memencet tombol yang ada di radionya. Dengan adanya walkie-talkies ini dapat membantu saya saat membutuhkan koneksi ke teman-teman yang lain, dimana jaringan telekomunikasi tidak bersahabat. Dan kalaupun ada, biasanya akan menghasilkan suara yang putus-putus atau kurang jelas. Nah, kalau walkie-talkies dapat menghasilkan suara yang lebih jernih dan jelas.

Untuk ketahanan baterai TLKR T60 ini lumayan lama, yaitu hingga 14 jam untuk pemakaian secara terus menerus, sehingga dapat digunakan seharian. Sedangkan untuk jangkauannya lumayan jauh, yaitu untuk T60 ini bisa menjangkau hingga radius 8 km.

Itulah sebabnya kenapa penggunaan walkie-talkies masih diperlukan hingga saat ini. Karena di kondisi tertentu, walkie-talkies sangat membantu untuk menghubungkan kita dengan teman yang lain. So, whatever you do, wherever you go, stay connected with Motorola TLKR Radios.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar